11 Rekomendasi Game Online PC Dengan Tema Edukasi yang Ramah untuk Anak

5 Game Pc Online Dengan Tema Edukasi Yang Ramah Anak

Saat ini banyak game PC online hadir dengan berbagai genre yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tentunya dengan tampilan yang menyesuaikan dengan jenis game yang dimainkan. Tidak heran terkadang pada game yang diperuntukkan bagi orang dewasa hadir dengan tampilan yang lebih kompleks, dan terlihat real akan tetapi tidak ramah anak. Hal ini akan berdampak pada mental dan perilaku anak. Belakangan ramai diberitakan anak membakar rumah tetangga karena terpacu oleh sebuah game yang dimainkan tanpa pengawasan orang tua. Cukup membahayakan, bukan?

Bagi para orang tua, mengawasi game yang dapat dimainkan anak adalah salah satu kewajiban. Disarankan untuk memainkan game yang dapat melatih sensoris dan motorik anak. Sehingga bermain game sambil belajar pun menjadi solusi hiburan bagi anak.  Nah, berikut ini ada 11 rekomendasi game PC online dengan tema edukasi yang ramah anak.

Nancy Drew

Nancy Drew adalah sebuah game PC online dengan tema Detektif. Nancy Drew akan menyamar untuk menyelidiki sesuatu yang mencurigakan di sekolah. Player dalam game ini bertugas untuk membantu Nancy Drew bergerak mencari tahu dalam proses penyelesaian setiap misterinya. Dalam permainan ini dapat melatih insting, rasa ingin tahu dan bagaimana cara anak dalam memecahkan masalah yang ada.

World of Zoo

World of Zoo merupakan salah satu game simulator kebun binatang yang bertujuan mengasah kreativitas serta mengenalkan jenis-jenis hewan pada anak. World of Zoo adalah game PC online dengan tema edukasi yang memungkinkan anak-anak membangun sebuah kebun binatang virtual dengan puluhan jenis hewan yang berbeda.

Pemain dapat mengubah warna, pola bulu, hidung, ekor, cakar, hingga ukuran telinga para hewan yang ada di World of Zoo dengan memanfaatkan fitur Animal Editor.

My Sims

Terinspirasi dari game The Sims, My Sims hadir dengan tampilan yang ramah anak juga dengan jalan cerita yang lebih sederhana agar mudah dimengerti. Kini the Sims versi junior akhirnya bisa dimainkan oleh anak-anak.

Sama seperti the Sims, pemain bisa memodifikasi arsitektur, bermain mini game, chatting dengan menggunakan emotes, dan menari. Sebagai developer game My Sims, EA menghadirkan fitur multiplayer, sehingga anak bisa memainkan game PC ini bersama teman-temannya secara online.

Pada game My Sims, anak-anak akan belajar bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan sosial dan bagaimana mengatur kehidupan mereka sebagai anak-anak, tentunya bukan kehidupan secara kompleks layaknya orang dewasa, ya.

Star Wars the Complete Saga

Star Wars the Complete Saga merupakan sebuah game dengan karakter yang terbuat dari Lego dengan jalan ceritanya menggabungkan keenam film Star Wars. Karakter di dalam game terdiri dari pahlawan galaksi hingga penjahat ditampilkan dalam bentuk Lego.

Dalam game ini, untuk mempertahankan karakter yang dimainkan, anak-anak harus melakukan pertempuran. Saat karakter lego mati, maka lego akan hancur. Fitur menarik dari game ini, player dapat membangun item baru dengan balok yang tersedia. Dalam game ini juga dapat memancing ide ataupun kreativitas yang dimiliki anak.

Lucidity

Lucidity merupakan sebuah game dengan karakter yang berasal dari buku dongeng. Saat pemain sedang membaca buku dongeng di dalam game, lalu tokoh di dalam dongeng tersebut hidup dan tugas pemain adalah menolong tokoh di dalam dongeng untuk melanjutkan perjalanannya.

Pemain akan membantu dalam menempatkan barang seperti tangga, jembatan, dan springboards. Dengan kata lain, sebagai pemain anak harus memikirkan bagaimana karakter di dalam game tersebut bisa terus melanjutkan perjalanannya.

Pemain juga diminta untuk membantu karakter untuk terhindar dari jebakan dan hewan berbahaya. Terlihat sederhana, tapi cukup menantang dan memacu adrenalin anak dalam menyelesaikan game ini. Permainan ini juga bermanfaat untuk stimulasi motorik anak dalam berimajinasi.

Rayman Legends

Rayman Legends merupakan game multiplayer dengan visualisasi side-scrolling yang baik disertai musik yang ringan. Game ini termasuk dalam genre action tanpa menampilkan kekerasan. Rayman Legends memiliki berbagai versi karakter seperti, Globox, dan Teensies.

Dalam permainan ini, pemain harus melawan makhluk berbentuk aneh tapi lucu, juga bos yang lebih mudah dikalahkan jika sama-sama menyerang dari segala arah.

Dengan memainkan game ini, anak dapat melatih kemampuan dalam bekerja sama, dan eksplorasi untuk memecahkan misteri di dunia Rayman.

Rocket League

Rocket League merupakan game online pc yang menggabungkan permainan sepak bola dengan unsur akrobatik mobil yang futuristik. Orang tua dan anak dapat bermain dan bekerja sama untuk menyelesaikan game ini. Rocket League dapat melatih semangat untuk berkompetisi, kesabaran, kerja sama dan chemistry antara orang tua dan anak.

Rocket League awalnya terlihat mudah, ternyata untuk menyelesaikan game ini butuh perjuangan untuk mengarahkan bola dan mengendarai mobil. Disarankan untuk menyiapkan controller agar anak-anak dapat lebih mudah mengendarai mobilnya dan merasa seperti menggunakan radio kontrol pada mainan mobil-mobilan.

Super Mega Baseball: Extra Innings

Super Mega Baseball merupakan game yang memiliki grafis 3D seperti komik. Sebuah permainan bisbol yang cukup detail, lengkap dengan peraturan dan simulasi hukum fisika yang realistis. Meskipun begitu, jangan terlalu serius karena ekspresi lucu dari setiap karakter akan membuat anak-anak tertawa dalam memainkan Super Mega Baseball ini.

Cara bermain Super Mega Baseball cukup sederhana. Pemain dapat memilih untuk jadi penangkap atau pemukul bola. Saat bola berhasil dipukul, maka pemain cukup menekan satu tombol saja untuk berlari ke pos selanjutnya, dan arahkan karakter jika ingin menangkap bola yang melambung di udara.

Dalam permainan ini dapat melatih refleks anak-anak melalui sebuah pertandingan bisbol. Super Mega Baseball dapat dimainkan menggunakan keyboard ataupun controller. Agar memudahkan anak-anak, disarankan untuk menggunakan controller.

LEGO Marvel Super Heroes


Seperti namanya, game ini menceritakan tentang Super Hero yang ada di dalam komik Marvel. Jika anak-anak mengikuti kisah para Super Hero Marvel, memainkan game ini akan sangat menyenangkan. Tapi tenang saja, tidak mengikuti kisahnya tidak akan merubah keseruan dalam memainkan game ini. Melihat Hulk dalam bentuk LEGO yang mengamuk di tengah kota malah terlihat lucu.

Saat bosan menjalani misi, pemain bisa jalan-jalan di Marvel Universe, mengunjungi Stark Tower, X-Mansion, bahkan berkeliling mengendarai taksi. Dalam game ini, pemain dapat mengganti karakter, lho. Misi yang disediakan adalah memecahkan puzzle, menyusun LEGO, dan melawan musuh hingga pecah menjadi kepingan LEGO saat berhasil dikalahkan.

Lovers in a Dangerous Spacetime

Lovers in a Dangerous Spacetime merupakan game indie berbalut warna-warni neon dengan permainan yang sederhana namun tetap penuh aksi. Dalam game ini, pemain diminta untuk mengendalikan pesawat ruang angkasa berbentuk lingkaran. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Satu bagian untuk mengendalikan pesawat dan lainnya untuk menyerang lawan dengan tembakan.

Memiliki kontrol yang sederhana, cara main Lovers in a Dangerous Spacetime adalah dengan mengarahkan karakter menuju satu ruangan dan mengambil kendalinya. Komunikasi yang baik adalah kunci dari game ini. Untuk mengurangi resiko pemain berkumpul pada ruangan yang sama, jangan lupa tanyakan pada anak-anak atau partner bermainmu, bagian pesawat mana yang akan mereka tuju dan pilih senjata atau kendali. Selain itu, tempo permainan semakin lama akan menjadi lebih cepat, musuh pun berdatangan dari berbagai arah dengan jumlah yang semakin banyak. Para pemain harus berpindah tempat secara cepat.

Lovers in a Dangerous Spacetime akan mengajarkan anak untuk membuat sebuah keputusan dalam waktu yang singkat, mengatur komunikasi dengan rekan bermain, serta mengatur waktu agar tidak kalah dari lawan.

Sonic & All-Stars Racing Transformed

Sonic & All-Stars Racing Transformed merupakan game yang mirip dengan seri Crash Bandicoot. Dalam game ini pemain harus bisa memperlambat laju lawan dengan menggunakan senjata. Saat kamu bermain dengan anak, kali ini kamu tidak bekerja sama dengannya, justru kamu akan mengadu kecepatan melawan mereka.

Terdapat pilihan karakter yang bisa digunakan seperti, Dr. Eggman, Ulala, Alex Kidd, atau B.D Joe dari Crazy Taxi. Seiring dengan berubahnya medan balap, kendaraan yang dikendalikan pemain dapat bertransformasi jadi kapal laut ataupun pesawat terbang.

Melatih anak bermain sambil belajar cukup seru, bukan? Sebagai orang tua, sambil memantau permainan anak juga dapat bernostalgia dengan game yang dimainkan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Elvina Yanti. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version