12 Daftar Game Ragnarok Online Hingga Saat Ini yang Mungkin Pernah Kamu Mainkan


Kalian pasti pernah mendengar game yang bernama Ragnarok Online. Game yang diciptakan oleh Gravity menuai kesuksesan yang sangat luar biasa ketika pertama kali rilis. Ketenaran nama Ragnarok kian mencuat, hingga pada akhirnya Ragnarok memiliki berbagai versi mulai dari PC Hingga Mobile. Berikut adalah 12 Daftar Game Ragnarok Online Hingga Saat Ini yang Mungkin Pernah Kamu Mainkan.


1. Ragnarok Online

Siapa yang tak kenal game yang satu ini. Pelopor dari segala jenis MMORPG dan seluruh game dengan judul ragnarok. Ragnarok Online pertama kali rilis pada tahun 2002 untuk platform PC. Game ini berbasis pada Legenda Nordic yang cukup terkenal dengan nama yang sama yaitu Ragnarok. Kesuksesan Ragnarok Online ini bahkan menghadirkan Series Anime dan munculnya Ragnarok Online 2 yang berujung pada munculnya bejibun Ragnarok di Mobile.

Platform: PC


2. Ragnarok Online 2

Berharap menjadi game pembangkit Ragnarok Online. Ragnarok Online 2 justru terperosok dan tidak ada yang menyentuhnya. RO 2 tak butuh waktu lama untuk hilang dari permukaan bumi. Sekilas Ragnarok Online 2 adalah upgrade yang sempurna, namun tidak. Para Fans Ragnarok tidak ada yang terambil hatinya Sebuah nasib yang sangat berbeda dibanding dengan Ragnarok Online yang super sukses yang bahkan masih memiliki official di berbagai Negara.

Platform: PC


3. Ragnarok Rush

Jika kamu ingin mendapat pengalaman bermain Ragnarok ala Game Mobile pada umumnya (Menggunakan Energy, Sistem VIP, DLL) kamu bisa mencoba game ini. Dengan menggunakan sistem turnbased yang sangat umum, tentu saja game seperti ini bakal berujung pada Pay To Win dan tentunya jauh dari ekspektasi para pecinta Ragnarok Online. Meski masih bisa di download pada playstore,  Ragnarok Rush lambat laun mulai menghilang 1 per 1.

Platform: Mobile


4. Ragnarok: Path Of Heroes / Valkyrie Uprising

Bisa dikatakan Ragnarok yang satu ini sangat mirip dengan Ragnarok Online yang pertama rilis. Dengan sistem Open world, pemilihan job dan lain-lain yang dikemas         dalam platform Mobile. Meski demikian game ini memiliki banyak masalah, seperti terlalu lag, auto patch yang tidak jalan, ditambah dengan lambatnya pergerakan Developer untuk memperbaiki game ini membuat game ini tidak diminati. Sayang sekali sebuah game yang dirasa cukup potensial dibiarkan begitu saja.

Platform: Mobile


5. RO: Idle Poring

Berbicara tentang gaya bermain AFK namun tetap progress ragnarok inilah jawabannya. Jika kalian familiar dengan game yang hanya berdiam diri mungkin kamu tidak perlu memikirkan yang lain. Secara Basic game ini hanya berjalan ototmatis dan mengalahkan setiap musuh didepanmu. Game ini bisa dibilang cukup diminati. Bahkan, game ini memiliki sistem PVP yang jarang ada pada game seperti ini.

Platform: Mobile


6. Ragnarok M Eternal Love

Jika bertanya game mobile Ragnarok mana yang paling mendekati Ragnarok Online, ini adalah jawabannya. Dimulai dari novice hingga job terakhir perkembangan dari job yang kamu pilih. Sistem Card, Zeny, Monster hingga WOE semua terimplementasi sempurna di game ini. Meski demikian banyak yang merasa bahwa game ini terlalu pay to win. Meski pemainnya telah banyak berkurang dari pertama rilis, Ragnarok M Eternal Love ternyata tetap ramai ketika WOE.

Platform: Mobile


7. Ragnarok Poring Pop

Bisa dikatakan bahwa game ini adalah salah satu game dengan judul Ragnarok yang sangat minim dengan kesan Ragnarok selain poring. Di game ini kamu hanya bermain dengan menekan nekan poring yang ada dan mencapai poin tertinggi yang bisa kamu capai. Jadi kamu tidak akan dapat satu kesanpun tentang RPG di game ini. Puzzle di game ini pun terlalu sederhana dan seolah game ini memang diciptakan untuk membunuh waktu tanpa menghasilkan apapun.

Platform: Mobile


8. RO Click H5

Apakah kalian familiar dengan game macam Clicker Hero? Ternyata ragnarok juga memilikinya dengan judul RO Click H5. Basicnya game ini adalah game AFK, bedanya ketika kamu mainkan dengan melakukan klik, maka progressmu akan berjalan lebih cepat. Untuk kalian yang hobi memainkan game macam ini, atau bisa dibilang game yang simple dan bisa digunakan untuk menghabiskan waktu. Mungkin game ini cocok untuk kalian.

Platform: Mobile


9. Ragnarok Tactics

Berikutnya adalah Ragnarok Tactics yang baru-baru ini rilis. Game ini cukup unik, karena mode battlenya sangat mirip dengan ROTK 13. Jadi setelah kamu meletekan pasukanmu pada kotak yang telah ditentukan. Kamu harus membentuk sebuah garis sebagai arah untuk setiap pasukanmu untuk menyerang kemana. Jika kamu penasaran kamu juga langsung bisa mencobanya dan download di playstore.

Platform: Mobile


10. Ragnarok DS

Dari semua segala judul game Ragnarok, Ragnarok DS adalah salah satu judul yang dimainkan secara offline. Jika kamu ingin mendapatkan sensasi RPG dengan rasa dan dunia Ragnarok game ini adalah jawabannya. Sayangnya, grafis pada Ragnarok DS sangatlah kurang, dan seperti namanya Ragnarok DS hanya rilis untuk Nintendo DS. Ketenaran game ini tidak bisa mengejar pendahulunya dan hanya menjadi game angin lalu.

Platform: Nintendo DS


11. Ragnarok Odyssey

Ragnarok yang satu ini rilis pada konsol PS Vita. Sebuah game offline dengan tema Ragnarok online yang dibalut dengan 3d yang cukup apik dalam game Action RPG. Jika dilihat sekilas game ini sangat mirip dengan monster hunter namun dengan tema Ragnarok. Namun, apakah game ini sukses? sama sekali tidak. Banyak orang kurang tertarik dengan Ragnarok Odyssey yang berujung Ragnarok yang satu ini terlupakan.

Platform: PS Vita


12. Ragnarok Battle Offline

Gameplay dari Ragnarok ini adalah Side Scrooling. Selintas gameplay dan story game ini sangat simple. Namun elemen-elemen di Ragnarok Online hadir pada game ini. Namun game ini sangat terlihat dibuat untuk para penggemar Ragnarok. Jadi mereka yang belum pernah memainkan ragnarok mungkin sama sekali tidak melirik game ini. Tetapi aksi yang di hadirkan game ini cukup menawan.

Platform: PC


Demikian adalah 12 Daftar Game Ragnarok Online Hingga Saat Ini yang Mungkin Pernah Kamu Mainkan. Apakah kalian pernah mencicipi game-game diatas? Bagaimana pengalaman kalian? atau mungkin ada game Ragnarok lain yang belum disebutkan? Silahkan komentar di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, Sekian dan Terima Kasih.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Ragnarok atau artikel keren lainnya dari Rajendra.