12 Game Alternatif untuk Kamu yang Tak “Mampu” Main Marvel’s Spider-Man


Follow Us

7 September 2018 bisa dikata adalah tanggal yang cukup bersejarah bagi Insomniac Games. Karena di hari tersebut, mereka telah merilis sebuah game superhero populer yang ternyata sangatlah begitu mengundang banyak perhatian dari hampir seluruh gamer di dunia. Dengan dihujani oleh banyaknya pujian atau review positif dari media-media reviewer game yang aktual dan terpercaya, tentu hal ini disinyalir sudah banyak memberikan “garam-garam” yang begitu asin kepada para gamer yang dengan “pongahnya” memilih untuk tidak mempunyai konsol PS4.

Nulis artikel dibayar

Marvel’s Spider-Man adalah game yang kebetulan saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh para khalayak, beserta dengan game yang ingin sedikit kami singgung pada paragraf sebelumnya. Isu-isu miring mengenai adanya semacam “downgrade” atau kurangnya jumlah genangan air yang tersaji nampaknya sama sekali tidak menghalangi kedigdayaan game ini untuk bisa sekali lagi menegaskan bahwa game single-player tidak akan pernah mati sampai kapanpun. Lewat hal tersebut, berapa banyakkah di antara kalian yang cukup “iri” dengan para pemain-pemain PS4 yang dapat menikmati indahnya pengalaman untuk menjadi sesosok super hero laba-laba yang cukup disegani oleh masyarakat ?

Sebenarnya kalian tidak perlu iri-iri sekali, karena faktanya konsep game open world dari Marvel’s Spiderman PS4 juga sempat banyak diadaptasikan oleh game-game lain. Sehingga berangkat dari “kegaraman” yang kalian alami itulah, kami ingin meredakan emosi kalian tersebut secara aktual lewat keberadaan list mengenai game-game yang sekiranya bisa menjadi sebuah obat penghibur bagi kalian. Kumpulan game yang telah terpampang di bawah, kami harap bisa mengobati rasa gundah gulanamu terhadap adanya suatu fenomena keeksklusifan yang memang dirasa terlalu kejam dan tidak adil bagi sebagian pihak.


12. The Incredible Hulk: Ultimate Destruction

Platform: PS2, Xbox, Gamecube

Untuk list yang pertama, game tentang superhero berkulit hijau ini kami rasa cukup bisa dalam mengobati amarahmu atas ketidakmampuan kalian dalam membeli konsol PS4. Meski merupakan game yang sudah lama dirilis sejak tahun 2005 silam, The Incredible Hulk: Ultimate Destruction bisa dianggap merupakan game Hulk terbaik bila dibandingkan dengan versi video gamenya yang lain. Terutama karena penyajian gameplay yang sangat intuisif melalui aspek hancur-hancurannya yang begitu melegakan.

Sama seperti Spiderman, kamu pun sebagai Hulk dapat menjelajah sebuah area yang tergolong open world dan melompat jauh dari tiap gedung atau jalannya. Akan tetapi, yang sedikit membedakan di sini adalah kamu bukanlah sesosok super hero yang disukai seperti Spiderman, karena kamu hanya dianggaplah sebagai mahluk pelarian yang mengamuk ketika diburu oleh para tentara atau polisi.


11. Kamen Rider: Battride War Genesis

Platform: PS3, PS4, PS Vita

Sosok superhero ikonik dari Jepang ini juga tidak kalah okenya dalam menyajikan suatu versi video game yang dapat membuat masa kecilmu menjadi lebih indah. Kamen Rider Battride War Genesis adalah satu seri video game tentang Kamen Rider yang menghadirkan banyak rider lengkap dari zaman showa seperti Kamen Rider 1 Go sampai ke yang terbaru di tahun 2016 saat itu, yakni Kamen Rider Ghost. Banyaknya pilihan rider yang bisa kamu mainkan tersebut tentunya juga dibarengi dengan skill/ability unik yang selalu menjadi ciri khas mereka.

Meski bukanlah game open world, karena gameplaynya agak sedikit mengingatkan kalian dengan game-game hack and slash seperi Dynasty Warriors, game ini mampu menghadirkan kesan superhero yang selalu tak lelah dalam membasmi kejahatan. Hal itu semuanya didukung dengan penggambaran map-map perkotaan yang membuatmu selayaknya berada di sebuah game open world.


10. Prototype

Platform: PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One

BACA JUGA  10 Pemandangan Terindah yang Tersaji Dalam Video Game

Ingin menjadi superhero yang terlihat lebih keras ? Selain Hulk, Alex Mercer dalam game Prototype juga dapat menjadi salah satu pilihan yang cadas dalam memainkan game-game bertemakan seperti ini. Dengan membawa premis bahwa kamu sebagai Alex adalah orang yang terinfeksi sebuah virus, kamu bisa memanfaatkan virus tersebut untuk melakukan hal-hal yang sangatlah luar biasa untuk dirimu, seperti menghisap musuh, menyamar, terbang, mengendalikan tank, dan masih banyak lagi.

 

Game ini juga sempat memiliki sekuel yang berjudul Prototype 2. Dengan adanya penambahan kualitas grafis yang lebih ditingkatkan dibandingkan seri pertamanya beserta satu karakter protagonis baru yang dapat memberi suatu dimensi berbeda, seri kedua dari Prototype tersebut nampaknya juga bisa menjadi alternatif tambahan bagi kamu yang sangat merindukan game-game super hero bernuansa “dark” dengan banyaknya adegan hancur-hancuran yang begitu sadis nan mempesona.


9. Infamous

Platform: PS3

Suatu game superhero bersifat open world yang patut kamu antisipasi ketika bermain Spider-Man di PS4 terasa terlalu berat untukmu. Karena game eksklusif PS3 yang berjudul Infamous ini mempunyai semacam mekanisme gameplay unik mengenai karma, dimana kamu di sini bisa dengan bebas berperan menjadi tokoh yang baik ataupun jahat. Selain itu, 2 sisi perangai yang berbeda tersebut juga akan mempengaruhi jenis kekuatan super yang akan kamu pakai di sepanjang game.

Game Infamous juga merupakan seri franchise game open world yang tergolong sukses, karena sudah melahirkan total 4 seri utama (bila tidak menghitung 1 seri DLC standalone) yang masing-masing mempunyai magnet dan kualitas yang betul-betul tidak mengecewakan. Namun, hanya Infamous 1 dan Infamous 2 (beserta dengan DLC Festival of Blood) saja yang bisa kamu nikmati di konsol PS3.

 


8. Saints Row IV

Platform: PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One

Biasa dikenal sebagai game pesaing GTA karena sangat menitikberatkan banyaknya adegan baku tembak antar geng atau sindikat mafia dalam dua seri pertamanya, Saints Row IV kali ini ingin mengambil sebuah pendekatan yang berbeda. Memiliki cerita bahwa kamu telah dipilih menjadi seorang presiden Amerika Serikat, anehnya kamu justru akan beraksi selayaknya superhero dengan menangkal aksi imperialisme dari para alien-alien yang hendak menginvasi bumi.

Lewat premis di atas, game ini sangatlah menawarkan banyak hal yang bisa kamu lakukan. Dimulai dengan pengakuisisian suatu kekuatan super yang dapat membuatmu bisa berlari cepat, melompat tinggi, hingga menghempaskan banyak musuh, jangan lupakan juga bahwa Saints Row IV juga adalah satu game open world yang sangat kaya akan sisi humor yang bisa membuatmu tertawa terpingkal-terpingkal. Sehingga kami rasa, game ini sangatlah cocok untuk melepas penat ataupun stres yang biasa kamu alami di kehidupan sosialmu.


7. Just Cause 3

Platform: PC, PS4, Xbox One

Pada dasarnya game ini memang bukanlah game tentang superhero, tapi aksi-aksi yang akan kamu lakukan di sini dapat membuatmu menjadi seperti layaknya Spider-Man. Bisa bergelantung lalu berayun-ayun kesana kemari dengan hanya bermodalkan sebuah wingsuit dan grappling hook, apa yang ditunjukan oleh Rico Rodriguez tersebut dalam Just Cause nampak cukup bisa memuaskan dahaga atas kerinduanmu pada game-game yang dapat memberikan suatu kebebasan yang tiada tara.

Selain itu, Just Cause juga sangat dikenal akan luasnya dunia open world yang bisa kamu telusuri. Seri ketiganya yang berjudul Just Cause 3 saja memiliki ukuran map sebesar 400 mil persegi. Jauh berkali-kali lipat lebih besar dari game-game open world yang kamu kenal seperti  GTA ataupun yang lain. Dibandingkan dengan seri kedua atau yang pertama, jelas Just Cause 3 adalah pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan peningkatan kualitas grafis lebih baik beserta dengan sisi hancur-hancurannya yang semakin imersif.


6. Dynasty Warriors 9

Platform: PC, PS4, Xbox One

Kalian boleh saja menganggap game hack and slash ini sebagai satu-satunya daftar game yang paling kontroversial dari kami. Namun ketahuilah bahwa update patch yang selalu digalakkan sang developer dalam memperbaiki dosa-dosa yang harus dipikul Dynasty Warriors 9, perlahan membuat game ini menjadi sedikit lebih baik. menyoroti secara langsung mengenai gamenya sendiri, aspek open world jelas adalah satu alasan mengapa game ini dapat menjadi substitusi yang pas bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menjadi seorang super hero berkedok jendral perang dari negeri tiongkok.

Fitur-fitur yang ada secara open world juga tidak terbatas dari berperang atau membantai banyak musuh saja. Kamu pun juga dapat memanjat berbagai tembok ataupun bangunan tinggi, melakukan bermacam aktivitas seperti memancing dan berburu, hingga menjelajah ke sebuah landmark-landmark daratan cina yang sangatlah menarik nan ikonik. Selain itu, adanya konsep bahwa setiap jendral di game ini punya semacam kemampuan supernya masing-masing selayaknya superhero dalam menyapu puluhan hingga ratusan musuh, jelas merupakan suatu wadah alternatif yang dapat memberikanmu banyak kesenangan dalam bermain bukan ?


5. Deadpool

Platform: PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One

Jika kamu menyukai Spiderman karena biasa dikenal sebagai superhero yang cerewet dan mempunyai selera humor tingkat tinggi. Maka dengan keberadaan Deadpool di dekatnya, Spiderman mungkin hanyalah sesosok pelawak murahan yang biasa dipekerjakan untuk acara pesta ulang tahun anak. Ya karena kalian tahu sendiri seperti apakah kenyelenehan Wade Wilson dalam membasmi kejahatan menurut kacamata dirinya ?

Dalam versi video gamenya sendiri, game ini memang bukanlah sebuah game open world, karena lebih menitikberatkan pada petualangan linear dari suatu cerita beserta dengan gimmick-gimmick yang dipunyai Deadpool sebagai sang tokoh utama. Lewat kefokusan tersebut, Deadpool nampaknya bisa menjadi sarana pelampiasan untuk kamu yang sedang sebal-sebalnya si manusia laba-laba tersebut


4. Batman Arkham Knight

Platform: PC, PS4, Xbox One

Seri Batman Arkham selalu menjadi salah satu seri game open world bertemakan super hero yang patut kamu perhatikan dari seluruh game-game superhero yang telah ada. Khusus untuk franchise Batman sendiri, seri Arkham Knight boleh dikata adalah game Batman dengan variasi gameplay yang cukup lengkap. Tak ketinggalan, game ini masih tetap mempertahankan nuansa gelap beserta dengan sisi-sisi psikologis yang dapat menusuk kalbu.

Bila melihat seri Arkham sebelumnya sudah banyak menyajikan beragam elemen eksplorasi, mulai dari adanya aspek investigasi, puzzle solving hingga dengan gameplay fightingnya yang bernuansa beat’em up, sekarang kamu pun sudah mulai bisa bepetualang mengitari kota Gotham dengan kendaraan Batmobile dari sang Batman yang sangat begitu legendaris. Selain itu, penampilan dari sesosok Arkham Knight juga merupakan suatu poin plus tersendiri di game ini, terutama lewat penampilan dan gayanya yang mengundang decak kagum.


3. Lego Marvel Super Heroes

Platform: PC, PS3, PS4, PS Vita, Xbox 360, Xbox One, Android, IOS, Wii U, NDS, 3DS

Banyak orang awam yang menilai bila Lego adalah benda mainan yang selalu diperuntukan untuk anak-anak. Namun, untuk game lego yang berkaitan dengan Marvel satu ini, nampaknya game Lego Marvel Super Heroes bisa menjadi wadah yang tepat bagi para penggemar komik Marvel untuk bisa belajar dan mengenali sosok-sosok karakter super hero ataupun super villain buatan opa Stan Lee tersebut.

Menariknya, game ini adalah sebuah game open world dimana kamu bisa menjelajah dan berperan sebagai berjibun-jibun karakter super hero hingga super villain dunia Marvel dengan kemampuan dan skill unik yang berbeda satu sama lain. Misal, bila kalian bermain sebagai Iron Man, kalian bisa terbang mengitari dunia perkotaan yang luas. Atau jika kalian bermain sebagai Spiderman, kalian pun dapat mengeluarkan jaring laba-laba untuk bergelantungan dan berayun-ayun di sana.

 

Jangan lupa bahwa game ini juga mempunyai sekuel menarik berjudul Lego Marvel Super Heroes 2. Meski tidaklah menghadirkan super hero dari kubu Xmen, Deadpool dan Fantastic Four karena alasan pertentangan lisensi dari pihak Fox dan Disney, versi lanjutannya tersebut juga merupakan satu game open world lego yang cukup menarik untuk kamu simak.


2. The Amazing Spider-Man

Platform: PC, PS3, PS4, PS Vita, Xbox 360, Xbox One, Android, IOS, Wii U, NDS, 3DS

Tidak bisa memainkan game terbaru Spiderman di PS4 memang sama sekali tidak menandakan bahwa kamu tidak boleh memainkan game-game Spiderman yang aktual (non lego) di versi sebelumnya. The Amazing Spiderman adalah salah satu dari sekian banyak bukti otentik mengenai bisanya kamu untuk memainkan game-game alternatif dari Marvel’s Spiderman di PS4.

Walau mempunyai grafis atau gameplay yang tidak sesuperior dari versi eksklusifnya, game ini tetap bisa menghadirkan pengalaman berayun-ayun dengan cukup baik. Terutama lewat sisi penempatan kamera yang terlampau sinematik sekali ketika kalian sedang bergelantungan mengitari dunia perkotaan manhattan yang luas. The Amazing Spiderman sendiri juga merupakan game yang diadaptasi langsung dari versi layar lebarnya yang sudah lama tayang di tahun 2012 lalu.

 

Karena versi layar lebarnya juga sempat menelurkan sekuel di tahun 2014, tidak ada salahnya bila kamu juga menengok versi lanjutan dari video gamenya yang berjudul The Amazing Spiderman 2. Seri game keduanya ini akan menampilkan adanya fitur untuk membangun reputasimu di mata para civilian. Dalam sesi-sesi tertentunya pun kamu juga dapat bermain sebagai Peter Parker langsung ketika diharuskan untuk berjalan-jalan guna menginvestigasi sesuatu.


1. Semua game GTA yang mendukung “MOD”

Marvel’s Spiderman buatan Insomniac Games adalah game open world. Itu adalah fakta yang tidak bisa kamu pungkiri. Sementara itu, game open world nyatanya biasa diindetikkan dengan Grand Theft Auto sebagai pihak pemrakarsa yang mempopulerkan adanya genre-genre “kebebasan” di suatu video game.

Melihat betapa legendarisnya seri GTA sebagai game open world yang paling dihormati oleh para pecinta genrenya. Game tersebut juga telah lama mulai berevolusi sebagai game yang paling sering dieksperimenkan oleh para komunitas. Istilah “eksperimen” yang kami maksud tentu adalah mod yang selama ini seringkali menjadi semacam fun factor tambahan yang bisa mengikat banyak dopamine di dalam tubuhmu.

Dengan mengambil contoh GTA V, game ini sudah tergolong begitu rentan untuk banyak dibuatkan sejumlah mod-mod bertemakan super hero yang dapat membuat hasrat terpendammu bisa tersalurkan. Video di bawah jelas adalah sepersekian persen contoh dari begitu berperannya sebuah mod dalam menghiasi dunia video game.


Demikianlah list mengenai game-game pengganti yang kami asumsikan karena kekhususan platform, sangatlah bisa sekali untuk mengobati rasa kekecewaanmu yang tidak dapat memainkan Marvel’s Spiderman. Bila list di atas masih tetap membuatmu galau, nampaknya kalian harus mulai berinisiatif sendiri dalam mengatasi gejolak yang ada di jiwa kalian masing-masing.

Atau mungkin jika ada diantara kalian yang bisa “move on” dari Marvel’s Spiderman dengan memainkan game serupa lain di atas, kalian bisa berkontribusi untuk membantu kawan-kawanmu yang mengalami sindrom tuna materi tersebut dengan mengopinikan pengalaman kalian melalui kolom komentar di bawah.

 


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+