12 Game Penuh Kekerasan yang Bisa Ditamati Tanpa Membunuh Seorang Pun

Pacifist

Video game itu terkadang simple, kamu pergi dari poin A ke poin B dan membunuh seluruh musuh yang ada di hadapanmu. Kamu pada dasarnya menjadi pembunuh berdarah dingin di dunia virtual, maksudku, pernahkah kamu menghitung berapa puluh musuh yang telah kamu bunuh di tiap game? Atau pernahkah kalian berpikir cara paling unik dan keren untuk membunuh musuh yang menghalangi jalanmu ke tujuan?

Tapi kekerasan tak selalu menjadi satu-satunya jalan untuk menyelesaikan game. Terkadang game yang terkenal penuh dengan kekerasan bisa kamu selesaikan tanpa harus menghilang nyawa satu orang pun. Kamu bisa selalu selesaikan game di bawah ini dengan cara biasa yaitu dengan menghabisi musuh satu persatu lalu sampai ke tempat tujuan. Tapi bagi kalian yang hatinya baik atau sekedar iseng-iseng semata ingin mencoba, inilah game yang bisa kalian selesaikan tanpa harus membunuh satu orang pun.

1. Trilogi Metro (2033, Last Light, Exodus)

20 tahun setelah perang nuklir terjadi, manusia terpaksa tinggal di bawah tanah karena kehidupan di atas mereka sudah penuh dengan radiasi nuklir serta hewan-hewan yang bermutasi menjadi buas. Kamu akan bermain sebagai Artyom yang mencoba untuk mencari bantuan dari orang-orang yang berada di Metro setelah diserang oleh makhluk misterius bernama The Dark Ones. Walaupun diperintah untuk memusnahkan The Dark Ones ini, keputusan Artyom akan tergantung pada cara bermain gamer dari awal sampai akhir.

Di game ini, jumlah orang yang kamu bunuh serta aksi kalian di Metro akan menentukan ending yang akan kau dapatkan nanti. Membunuh satu orang saja bisa mengubah ending kamu 180 derajat, maka  dari itu untuk kalian yang ingin mendapatkan ending terbaik akan ditantang sedikit untuk tidak menggunakan senjata mematikan kepada musuh manusia dan pandai-pandai menyelinap.

2. Dishonored

Kamu bermain sebagai pembunuh di game ini dengan kekuatan spiritual yang membuat kamu bisa membunuh musuhmu seunik mungkin mulai dari melemparkan musuh dari jendela, menggunakan jebakan atau bahkan memberi makan mereka ke tikus-tikus ganas. Atau juga kamu bisa gunakan kemampuanmu itu untuk menyelesaikan seluruh misi tanpa ketahuan dan membunuh satu orang pun.

Target yang seharusnya kamu bunuh juga tak harus kamu bunuh secara langsung. Jika kamu pandai, sabar dan mau mengelilingi lingkungan sekitar, kamu bisa membongkarkan rahasia kotor targetmu tersebut. Targetmu tak perlu mati sama sekali dan bisa kamu buat mereka dikirim ke penjara dan diberi hukuman yang lebih buruk dari kematian.

Game ini juga menganjurkan kalian untuk melakukan cara pasifis ini dengan memberikanmu ending terbaik, serta membuat game sedikit lebih mudah karena jumlah musuh yang harus diurus nantinya akan lebih sedikit. Sayangnya bermain dengan cara ini juga akan membuat misi terakhir sedikit anti-klimaks.

3. Deus Ex Series

Dikenal sebagai salah satu franchise stealth paling berpengaruh di dunia dan game PC terbaik sepanjang masa, Deus Ex “hampir” bisa dimainkan tanpa harus membunuh satu orang pun. Pada game pertama, kamu diharuskan membunuh 2 musuh pertama di awal game, namun hal ini bisa dihindari sendiri dengan mengexploitasi poor AI pada level tersebut. Setelah kedua musuh itu diurus, kamu bisa mainkan keseluruhan game tanpa harus membunuh musuh. Dan pada ending, mau tak mau Big Bad harus mati tapi ada salah satu ending yang terkesan ambigu apakah karakter ini benar-benar mati atau tidak.

Pada game keduanya, Invisible War, cara bermain pasifis bisa dilakukan walau nantinya ada beberapa karakter yang berhubungan dengan cerita terpaksa mati. Tapi di luar dari itu, kamu bisa selesaikan game ini tanpa membunuh musuh.

Untuk Human Revolution, cara bermain pasifis secara penuh bisa dilakukan pada Director’s Cut. Pada versi original, kamu dipaksa untuk membunuh boss, akan tetapi di Director’s cut, cara mengalahkan mereka tanpa harus dibunuh dipermudah dan bahkan akan memberikan kamu lebih banyak XP untuk non-lethal takedown.

Game terbaru pada seri ini, Mankind Divided, developer tampaknya mendengar permintaan fans dan membuat pemain bisa selesaikan seluruh game ini tanpa mengambil nyawa musuh dan boss.

4. Far Cry 4

Tak perlu panjang soal yang satu ini, karena kurasa sudah banyak yang tahu soal “secret ending” yang ada pada game ini. Untuk kalian yang belum tahu, pada bagian awal game ini, karakter utama disuruh menunggu di ruang makan oleh karakter antagonis game ini, Pagan Min karena villa tersebut sedang diserang .

Jika kamu benar-benar menuruti permintaannya dan menunggu di ruangan itu selama 15-20 menit. Pagan Min akan kembali ke ruangan tersebut dan mengantarmu ke tempat di mana kamu akan menaruh abu ibu Ajay dan menjadi BFF Pagan Min. Tamat, kamu tak membunuh satu orang pun dan bahkan tidak melakukan apa-apa sama sekali selain duduk manis selama 20 menit. Bravo, Ubisoft.

5. Postal 2

Postal 2 sudah tak asing lagi dikenal sebagai salah satu game paling kontroversi dan penuh dengan kekerasan sana sini. Jadi kenapa game ini bisa di sini? Kebanyakan orang yang memainkan game ini juga kemungkinan besar sudah membunuh satu orang di 10 detik pertama memainkan game ini. Tapi ternyata, kamu tak benar-benar harus melakukan kekerasan untuk menyelesaikan game satu ini. Kamu bisa berjalan santai dan tak peduli akan seluruh hal bodoh dan memicumu sepanjang game.

Mungkin sulit dipercaya untuk melihat game yang memperbolehkan kamu menjadikan anus kucing sebagai silencer shotgun punya solusi lain selain bunuh seluruh penduduk yang menghalangi jalan. Tapi nyatanya memang bisa. Dan jika kamu berhasil selesaikan seluruh misi game ini secara damai, kamu akan dapatkan achievement “Thank you for playing, Jesus”.

6. Metal Gear Solid 2

Keberadaan Tranquilizer gun mengubah segalanya. Keberadaan senjata ini membuat sequel Metal Gear Solid ini lebih mudah untuk melakukan no-kill run yang dulunya mustahil dilakukan pada game pertama. Keberadaan senjata ini juga membuat kamu bisa mengalahkan boss tanpa harus membunuh mereka walau mungkin lebih sulit ketimbang menggunakan senjata lethal.

Walau untuk beberapa boss yang kamu kalahkan dianggap sebagai “dibunuh” pada jalan cerita, tetap saja kamu tidak membunuhnya dengan senjata api. Kecuali Tranquilizer gun ini bisa membunuh orang jika ditembak berlebihan.

7. Fallout : New Vegas

Walaupun dianggap sebagai salah satu game dengan penuh gore dengan fitur V.A.T.S killcam dan anggota tubuh yang bisa hancur tiap kali ditembak. Ternyata pada game spin-off buatan Obsidian Entertainment, kamu bisa selesaikan game ini dengan hanya modal sosialisasi ke masing-masing NPC dan pandai stealth.

Yang lumayan sulit untuk melakukan cara bermain pasifis pada game ini adalah pada bagian ending. Karena 3 dari 4 ending di game ini menyuruhmu untuk membunuh Mr. House, dan jika kau berpihak dengan Mr. House, kamu harus menghancurkan Brotherhood of Steel. Tapi, secara teknis kamu tak perlu membunuh Mr. House tapi hanya perlu memutuskan koneksinya dengan sistem control. Proses ini membuat Mr. House terbuka dengan udara luar yang pada dasarnya akan membunuhnya karena infeksi yang dia derita selama bertahun-tahun. Tapi game tidak pernah memberitahu demikian jadi … gak dihitungkan?

8. Mirror’s Edge

Faith hanya seorang kurir dan bukan pembunuh. Dan dengan tubuhnya yang lincah, Faith bisa saja membunuh satu-satu penjaga di game ini dengan senjata mereka sendiri. Faith bisa dimainkan sebagai pembunuh berdarah dingin yang lincah tapi tak harus selalu dimainkan demikian.

Faith bisa melewati seluruh rintangan dan penjaga tanpa harus membunuh mereka. Game ini bahkan memberikanmu achievement “Test of Faith” jika kamu bisa selesaikan game ini tanpa menyakiti satu orang pun dengan senjata api. Tapi lucunya, mendorong musuh hingga jatuh dari gedung tidak mempengaruhi achievement ini, tapi bagi kalian yang true pacifist player gak bakalan mamfaatin itu kan?

9. Undertale/ Deltarune

Undertale miliki satu gimmick utama pada implementasi RPG-nya yaitu game bisa ditamatkan tanpa membunuh satu monster satupun. Tergantung pada rute bermain apa yang kamu pilih, jalan cerita, reaksi NPC, dan ending akan berbeda-beda pula.

Bermain sebagai pasifis atau tidak membunuh satu pun menjadi opsi yang terbaik dengan semuanya berakhir dengan bahagia di akhir game tanpa konsekuensi yang berat harus dibebani ke pemain. Tradisi bermain tanpa menyakiti satupun dan lebih pada ke opsi “bicara damai” ini dilanjutkan ke game selanjutnya yaitu Deltarune.

10. Watch Dogs 2

Bermain sebagai remaja dari grup hacker Dedsec yang miliki tujuan baik terhadap masyarakat dan hanya ingin merusak perusahaan korporat ctOS yang mereka anggap telah memonopoli dunia dan juga merusak privasi masyarakat membuat gameplay pasifis menjadi hal yang wajar untuk dilakukan di game ini.

Kamu memang diberi opsi senjata api, tetapi apabila kamu benar-benar miliki tujuan mulia dan hanya menargetkan ctOS, maka masyarakat biasa dan para polisi yang hanya melakukan tugasnya tidak harus ikut menjadi korban. Maka dari itu, kamu secara teknis bisa tamati game tanpa membunuh siapa pun lewat senjata stun gun yang hanya akan membuat musuh tidak sadarkan diri. Permasalahan dari opsi ini ialah kamu harus lebih jago stealth dan harus lakukan tembakan stun gun dari dekat karena jarak jangkaunya yang terbatas.

11. The Outer Worlds

Sama seperti Fallout New Vegas, The Outer Worlds dapat kamu selesaikan tanpa membuat konflik berdarah sedikitpun dengan memanfaatkan diplomasi, politik dan tentu saja karisma. Game ini fokus pada kehidupan kemasyarakatan yang terlalu dibedakan dalam kelas, tingkat sosial, dan kehidupan korporat dimana musuh utamamu bukanlah monster besar hasil radiasi, melainkan kapitalisme dan monopoli.

Untuk menyelesaikan game ini, berbegai cara dapat dilakukan yang semuanya bergantung pada keputusanmu di sepanjang game. Salah satu di antaranya ialah dengan kamu tidak membunuh siapapun dan selesaikan game dengan cara dialog semua NPC mulai dari potensi teman hingga para korporat jahat sampai mereka insyaf. Bermain cara ini memang tidak optimal karena kamu akan dibuat kewalahan nantinya di sesi open-world, tetapi jika kamu terlanjut overdosis pasifis, bermain seperti ini selalu menjadi opsi.

12. Thief: The Dark Project

Kamu bermain sebagai Garrett yang perannya kurang lebih seperti Robin Hood, hanya mencuri dari orang-orang kelas atas untuk diberikan ke rakyat miskin. Dengan misi kriminal dengan tujuan mulia tersebut, Garrett dapat kamu mainkan tanpa harus membunuh para penjaga yang hanya melakukan tugasnya.

Thief dapat dimainkan secara pasifis, tetapi memang akan butuh preparasi dan teknik yang lebih repot ketimbang sekedar datangi penjaga dan bunuh mereka satu per satu. Kamu diberi berbagai peralatan mulai dari panah basah, tanah untuk meredakan suara langkah kaki, dan batu untuk menarik perhatian penjaga. Kunci dari bermain pasifis di game ini ialah dengan distraksi, timing, dan aksi langkah yang tepat.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version