12 Manfaat Bermain Video Game yang Telah Terbukti Secara Ilmiah bagi Gamer dan Semua Orang

Manfaat Bermain Game

Manfaat Bermain Video Game – Dewasa ini aktivitas main game sudah menjadi hal yang lumrah di kehidupan kita. Siapapun bisa bermain game berkat hadirnya banyak game yang tidak memerlukan biaya pembelian alias freetoplay.

Otomatis akses game sudah terbuka lebar bagi anak kecil baik itu lewat konsol maupun secara portable lewat smartphone. Namun belakangan ini sering pula muncul berbagai berita bahwa bermain game bagi anak kecil malah menghambat pertumbuhan anak itu sendiri. Anak akan dicap bodoh atau malas jika sudah bermain game sejak kecil. Namun benarkah ini adanya?

Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar namun juga tidak sepenuhnya salah. Kebanyakan malah sudah termakan oleh berita negatif yang memang sengaja dibuat untuk menakuti para orangtua. Sebenarnya ada banyak sisi baik dan manfaat bermain game. Beberapa manfaat itu juga sudah teruji secara ilmiah dari berbagai penelitian.

Penulis kali ini ingin mengajak kalian mendalami apa saja kira-kira keuntungan bermain video game yang sekiranya jarang diketahui oleh orangtua. Jadi buat kalian para ayah-ibu yang baru punya anak yang akan beranjak sekolah atau pun kalian yang ingin meyakinkan orangtua kalian, simak artikel ini baik-baik ya. Yuk, kita mulai.

Manfaat Bermain Game yang Tidak Banyak Orang Tahu

Keuntungan game bagi kehidupan

Sedikit disclaimer, game yang penulis maksud di artikel ini adalah secara spesifiknya video game yang ada di konsol, PC, ataupun mobile. Berikut ini manfaat bermain game yang terbukti secara ilmiah bagi gamer dan juga semua orang:

1. Game Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Bisa naikkan daya ingat

Menurut sebuah penelitian di Harvard University, bermain game bisa meningkatkan daya ingat. Penelitian tersebut mengambil sampel 27 orang yang aktif bermain game sejak remaja. Mereka pun ditest memainkan Super Mario 3D selama 1 bulan dan hasilnya cukup mengejutkan. Bagian otak yang bernama Hippocampus, merupakan bagian otak yang mengurus segala hal yang berhubungan dengan ingatan atau memori mengalami peningkatan ukuran.

Berarti sudah jelas jika memang terbukti, dampak bermain game secara positif adalah bisa meningkatkan daya ingat. Kalau kita gunakan logika ya memang cocok sih.

Dalam video game sendiri kita memang dituntut untuk mengingat peta dan arah jalan dengan sudut pandang tidak seluas mata asli kita. Otomatis kita harus mengandalkan ingatan yang berujung mampu menambah daya ingat. Jadi game bukan malah bikin tambah pikun ya.

2. Game Bisa Menghilangkan Stres

Ajang penghilang stres

Nah, yang satu ini memang sangat tergantung pada game yang kalian mainkan. Walau memang game kompetitif itu seru namun hampir semuanya itu adalah game yang dapat memicu atau menambah stres.

Jadi kalian bisa mengakalinya dengan bermain game yang lebih santai seperti simulasi berkebun atau game kasual yang tidak memiliki elemen kompetitif. Game seperti ini juga biasanya cocok untuk segala umur dan cocok buat dimainkan anak kecil. Jadi kalian bisa tuh habiskan waktu bersama keluarga sekaligus menghilangkan stres, double win.

3. Game Bisa Digunakan untuk Melatih Koordinasi Motorik

Bisa melatih sinkronisasi mata dan tangan

Banyak yang mengatakan jika kalian memainkan game sejak kecil, kemampuan motorik seperti tangan dan mata bisa lebih terlatih. Game memang memerlukan input secara konstan dan player biasanya harus bisa mengkoordinasikan tangan dan penglihatan secara akurat dalam sebuah stage game agar bisa melewati rintangan tersebut.

4. Game Membuatmu Terbiasa Berpikir Cepat

Jadi cepat dalam berpikir

Game juga tak jarang akan membuat kalian terbiasa berpikir cepat dan mengambil keputusan dengan cepat. Bagaimana tidak, game terutama yang punya gameplay fast-paced seperti FPS menuntut playernya untuk mengambil keputusan dimana posisi yang tepat, kapan harus menembak, dan kabar harus mundur. Jadi bukan tanpa alasan jika game justru malah bisa melatih decision making sejak kecil.

5. Game Bisa Jadi Sarana Belajar

Belajar sekarang banyak sumbernya

Tidak perlu game edukasi sekalipun seseorang tetap bisa menggunakan game sebagai media belajar. Game yang punya cerita interaktif ataupun game dengan elemen sejarah tentu bisa kita jadikan itu sebagai media pembelajaran.

Walaupun kebanyakan game adalah fiksi, setidaknya hal itu membangkitkan rasa keingintahuan kita sebagai gamer. Ujung-ujungnya kita sudah berada di puluhan halaman Wikipedia padahal awalnya hanya mencari cerita dibalik game yang barusan kita mainkan.

6. Game Bisa Digunakan untuk Melatih Emosi

Jangan emosi kalau kalah ya

Bermain game apalagi yang online tentu kadang membuat kita kesal. Sebenarnya jika balik konteksnya, game seperti itu malah bisa dijadikan media untuk melatih emosi. Kalian diharapkan untuk tetap bisa fokus dan tidak terbawa emosi selama bermain.

Jadi sebenarnya ada juga manfaat bermain game online yang selama tidak begitu diperhatikan oleh beberapa gamer. Segala hal ada kok sisi positifnya, tinggal bagaimana kalian menanggapinya saja.

7. Game Bisa Melatih Tingkat Percaya Diri

Jadi lebih pede

Bermain game sejak kecil ternyata bisa melatih tingkat percaya diri. Hal ini dikarenakan kita sudah diberikan tanggung jawab untuk mengambil keputusan sendiri. Jadi si anak sudah pede karena dirinya tidak perlu lagi bergantung pada orang tua dalam pengambilan keputusan.

8. Game Bisa Mengenalkan Kalian Pada Teknologi Terbaru

Jadi tahu spesifikasi perangkat gaming kalian

Bermain game tentu menggunakan PC, konsol, ataupun perangkat smartphone. Anak yang sudah kecil dikenalkan dengan teknologi seperti mesin game ataupun komputer cenderung akan lebih melek teknologi ketika mereka dewasa.

Hal ini pun bisa membangkitkan minat mereka terhadap hal berbau tekno yang dewasa ini sedikit banyak dibutuhkan karena dunia sudah semakin bergeser ke arah industri digital. Jadi bekal sejak kecil seperti permainan game dan pengoperasian komputer sudah hal yang wajib dipelajari.

9. Game Membangun Komunikasi dan Melatih Kerjasama

Kerjasama dalam menamatkan game

Game ternyata juga bisa melatih kerjasama dan membangun komunikasi anak-anak. Terutama jika mereka memainkan game online atau game yang membutuhkan interaksi lebih dari satu pemain. Selain lebih menantang, mereka juga harus saling membantu agar bisa menyelesaikan tantangan dalam permainan.

10. Game Melatih Kemampuan Bahasa Asing

Belajar bahasa Inggris

Jika membahas bahasa dalam game, tentu tidak jauh dari bahasa Inggris atau kadang bahasa Jepang untuk game anime. Gamer yang memainkan game dari kecil dalam bahasa tersebut tentunya lebih fasih karena semua menu serta dialog tentunya dalam bahasa yang tidak kita mengerti. Tetapi lambat laun kita akan penasaran dan menerka-nerka apa sih yang tertulis dan menjadi maksud tulisan dalam game tersebut.

Jadi manfaat bermain video game berikutnya adalah bisa menjadi metode belajar bahasa asing bila disajikan dengan tepat. Tentunya harus diawasi game yang menggunakan kata-kata tidak pantas dan bukan untuk demografinya.

11. Game Bisa Meredakan Sakit

Seketika lupa rasa sakit

Siapa sangka ternyata bermain game juga bisa meredakan rasa sakit. Sebuah riset di Madrid, Spanyol mengemukakan bahwa pasien mereka yang memainkan game menurunkan intensitas rasa sakit sebesar 44%.

Penelitian ini melibatkan 20 anak-anak yang terkena penyakit kanker dan setiap harinya bermain game selama rata-rata 2,3 jam per hari. Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang sedang asyik dengan permainan mereka, semua rasa sakit dan cemas akan terhenti. Jadi bermain game bisa jadi salah satu alternatif untuk meredakan atau setidaknya membuat penderita tidak terfokus pada bagian yang sakit ketika bermain game.

12. Game Bisa Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Jadi cepat membacanya kan?

Manfaat bermain game terakhir adalah selain banyak membantu dalam pembelajaran bahasa asing, game yang penuh dengan dialog dan interaksi ternyata mampu meningkatkan kemampuan membaca. Walau hal ini belum sepenuhnya teruji, tetapi jika kalian yang sering memainkan game yang banyak dialog tentu kemampuan membaca kalian akan jauh lebih tinggi dari orang yang minim membaca secara cepat.

Bonus: Game Juga Bisa Menghasilkan Uang

Turnamen game ternama

Manfaat yang satu ini mungkin tidak bisa diaplikasikan untuk semua orang, tetapi bukan berarti kalian bukan salah satunya. Belakangan ini bermain permainan online bisa dijadikan mata pencaharian layaknya pekerjaan pada umumnya.

Sekarang sudah ada istilah esports yang bisa membuat kalian mendapatkan sumber uang hanya dengan mengikuti pertandingan game. Tentunya ini merupakan kompetisi layaknya olahraga pada umumnya.

Jadi itulah, brott. 12 keuntungan bermain game bagi gamer maupun semua orang. Tentu sebanyak apapun manfaat game tentu harus dimainkan dalam jumlah sewajarnya. Kecanduan game adalah nyata adanya dan sudah menjadi problema skala internasional. Jadi kalian harus kondisikan seberapa banyak jam yang boleh digunakan untuk bermain game dalam seminggu.

Bagaimana menurut kalian apakah ada dampak bermain video game yang belum penulis sebut? Bisa kalian tambahkan di komentar ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version