13 Cerita Urban Legend Game Seram yang Membuat Bulu Kudukmu Merinding

in

Dibalik indahnya dunia ini, sudah pasti ada momen aneh atau supranatural yang tidak bisa dijelaskan oleh nalar manusia. Dimulai dari sebuah kisah berhantu atau bahkan sampai kisah urban legend (legenda perkotaan) yang membuat bumbu-bumbu dunia ini terasa lengkap. Urban legend ini mengacu pada rumor atau legenda-legenda aneh yang tersebar di masyarakat perkotaan. Ternyata tidak hanya ada di dunia nyata, namun urban legend yang terkait dengan video game juga ada. Berikut ini adalah list Urban Legend di game yang akan membuat kalian terkaget-kaget dan sekaligus ngeri.

1. Polybius

Cerita Polybius mempunyai bumbu yang lengkap bagi sebuah urban legend: seram, misterius, dan telah merenggut nyawa remaja atau membuat mereka trauma. Terlebih lagi hal ini berdasarkan kisah nyata dengan kadar tertentu. Lalu seberapa banyak?

Berdasarkan sejarahnya, Polybius adalah game yang muncul di beberapa arcade (Ding dong) di Portland, Oregon pada tahun 1981. Arcade Polybius ini berwarna gelap kecuali warna logonya dan memiliki bentuk layaknya ding dong Tempest dari Atari. Banyak anak-anak yang tertarik dan betah memainkan arcade ini. Anak-anak yang memainkan Polybius kabarnya mengalami efek samping seperti mual, insomnia, rasa aneh seperti waktu terasa lambat dan cepat, dan terkadang kejang-kejang.

Menurut pemilik arcade, ada beberapa orang yang datang menggunakan jas hitam untuk mendownload catatan arcade tersebut setiap hari. Lalu, tiba-tiba saja arcade ini menghilang dalam beberapa bulan.

Banyak orang yang mengira bahwa arcade ini dibuat oleh pemerintah rahasia tapi sayangnya masih dalam bentuk asumsi sehingga sampai sekarang masih belum terpecahkan.


2. Luigi Telah Mati

Tanpa kalian sadari, ternyata game Mario menyimpan banyak hal-hal seram. Seperti halnya konten tersembunyi yang ada di game Luigi’s Mansion di GameCube. Dalam game ini, Luigi memburu hantu di sebuah mansion lama.

Berdasarkan urban legend yang ada, kalau kalian memasuki satu ruangan tertentu, dan berdiri di spot tertentu, kalian akan mendapati sesuatu yang janggal saat petir datang. Disaat itu juga kalian akan menemukan bayangan Luigi  yang menggantung dari langit-langit ruangan layaknya orang yang menggantung diri.

Urban legend yang satu ini masih menjadi perdebatan apakah hal tersebut benar atau hanya sekedar bug dalam game.


3. Pokemon adalah hasil dari perang besar global

Pernahkah kalian menyadari bagaimana bisa beberapa Pokemon terlihat seperti versi imutnya binatang di dunia nyata? Dan sementara beberapa lainnya terlihat seperti gumpalan aneh tak berbentuk? Tidak hanya itu, mengapa masyarakat di dalam game Pokemon sudah menggunakan teknologi super canggih namun rata-rata masyarakat sana adalah pemancing dan pemburu serangga?

Teori urban legend yang ada mengenai hal ini adalah game ini mengambil latar waktu setelah terjadinya peperangan berskala global yang menyangkut senjata kimia yang bisa mengubah binatang menjadi mutan dan membunuh hampir semua orang dewasa yang ada. Teori ini diperkuat oleh sebuah fakta bahwa saat kalian pertama kalinya bertemu dengan Lt. Surge dalam game. Surge akan menyebutkan bahwa seekor Pokemon listrik menyelamatkannya saat perang. Dari sini kita bisa tahu bahwa telah terjadinya sebuah perang.

Inilah alasannya mengapa Ash dan karakter lainnya terlihat seperti tidak mempunyai ayah. Hal ini juga menjelaskan mengapa kalian akan menemui anak-anak dari awal sampai akhir game.

Sudah pasti aneh kalau ibu dari anak-anak tersebut mengijinkan si anak untuk menglilingi dunia memburu makhluk berbahaya.


4. Kematian Squall di tengah-tengah Game

SPOILER ALERT!

Bagi kalian yang telah memainkan Final Fantasy VIII akan menjumpai sebuah scene dimana Edea menusuk Squall dengan sebuah sihir es yang menusuk kedadanya.  Setelah itu cerita dalam disc 1 habis dan harus dilanjutkan di disc 2.

Saat kalian memainkan disc ke 2 dari game ini, kalian akan melihat Squall terbangun di sebuah ruangan dan sembuh sepenuhnya tanpa penjelasan bagaimana bisa sembuh dari luka parah seperti itu. Keanehan ini bertambah saat setelah pertempuran terakhir, Squall merasakan halusinasi yang lama yang menampilkan muka blur perempuan idamannya dan muka Squall bolong ditengah seperti black hole.

Semua hal itu bisa dibilang masuk akal bila semua cerita di disc 2 itu hanyalah sebuah mimpi akhir hidupnya Squall.


5. Ramalan masa depan di Fallout 3

Ketika banyaknya urban legend dalam game yang menakutkan hanya dengan kontennya, semua hal itu akan menjadi sangat mengerikan ketika urban legend yang ada berefek ke dunia nyata. Ketika kalian memainkan game Fallout 3, pasti kalian akan menggunakan radio. Kalau kalian menyalakan radio tersebut disebuah lokasi tertentu, kalian akan mendapatkan transmisi radio yang menunjukkan beberapa angka dengan suara seperti kode morse.

Ada fans yang menemukan bahwa angka-angka tersebut adalah tanggal. Tanggal tersebut berkaitan dengan memprediksi meninggalnya Gary Coleman dan tumpahnya minyak BP (Perusahaan minyak dan gas) yang masing-masing terjadi pada tahun 2010.

Ada satu pemain yang memecahkan kode morse tersebut dan menemukan bahwa kode tersebut memprediksi bahwa Birtney Spears akan mendapatkan Oscar di tahun 2023.


6. Bayangan manusia yang mengintai di Super Mario Galaxy 2

Super Mario Galaxy 2 adalah sebuah game yang berisikan banyaknya petualangan indah layaknya dalam franchise game Mario lainnya. Tapi ketika pemain pergi ke Shiverburn Galaxy, akan ada sesuatu yang terlihat aneh disana. Dimanapun kalian berada selama kalian masih di Shiverburn Galaxy, kalian bisa melihat keatas tembok besar hitam yang menghalangi level tersebut. Diatasnya kalian akan melihat ada sosok bayangan hitam yang memantaumu dari jauh. Makhluk aneh ini sangat susah untuk dilihat kecuali bila kalian memakai mod untuk dapat menzoom lebih jauh lagi.

Sampai sekarang, Nintendo masih belum memberikan informasi apapun mengenai makhluk hitam ini. Namun, ketika data game terdalam diakses oleh beberapa player, disitu ditemukan bahwa map diluar area yang dapat dimainkan di level tersebut bernama “Beyond Hell Valley” dan sosok itu bernama “Hell Valley Sky Trees” meskipun makhluk tersebut tidak terlihat seperti pohon (Tree). Tidak ada karakter dalam game yang menyebutkan keberadaan makhluk itu atau map tersebut.


7. A. I. GLaDOS Terlihat Seperti Manusia Yang Digantung Terbalik

Sang developer game Portal mengemukakan bahwa NPC AI Guide yang bernama GLaDOS ini seharusnya mencerminkan dewi Romawi yaitu Venus. Namun, gamer menemukan bentuk aneh dari GLaDOS ini malah justru terlihat seperti manusia yang digantung terbalik dengan tangan seperti terikat dan juga mulut tertutup. GLaDOS lebih terlihat sebagai sesosok perempuan yang diisolasi sepenuhnya.

Menurut legenda yang tersebar, GLaDOS ternyata hanya ingin dibebaskan. Itulah mengapa salah satu permintaannya terpenuhi saat kalian mengalahkannya di akhir game.


8. Lavender Town

Siapa yang sangka bahwa game yang terlihat aman dan menarik dengan monster-monster lucunya ini ternyata mengandung satu urban legend seram?

Game Pokemon Red/Blue versi Jepang mengandung satu musik background di Lavender Town yang menunjukkan kengerian sekaligus suara yang sangat menusuk untuk telinga kita. Saking menusuknya sampai musik ini diganti di versi Baratnya.

Lalu bagaimana dengan anak-anak yang mendengar musik ini? Kabarnya, beberapa anak-anak yang mendengar musik dari kota ini akan menjadi gila sampai ada yang bunuh diri.

Video dibawah ini adalah musik Lavender Town versi Jepangnya:


9. Bigfoot di Grand Theft Auto: San Andreas

Yap, bahkan kisah urban legend di dunia nyata sampai masuk ke dunia game. Urban legend tersebut adalah kisah urban legend Bigfoot yang muncul di game Grand Theft Auto: San Andreas.

Terry Donovan, co-founder dari Rockstar Games menyebutkan bahwa di dalam game ini tidak ada yang namanya Bigfoot tetapi benar ada sesuatu di hutan-hutan tersebut yang tidak ingin ia sebutkan.

Bisa saja penampakkan makhluk legenda ini adalah kerjaan dari seorang modder, namun sudah banyak laporan dari para gamer mengenai banyaknya penampakkan Bigfoot di hutan luar kota pada malam hari. Bigfoot ini biasanya hanya terlihat dari kejauhan dan akan menghilang bila player mendekat. Hal tersebut menjadikan verifikasi keberadaan Bigfoot ini menjadi susah sehingga hanya di bilang sebagai urban legend belaka.


10. Tiger Lily

Pasti banyak gamer-gamer lawas yang mengetahui game yang satu ini. Ya, Ragnarok Online sempat menjadi game yang paling di senangi oleh para gamer di jamannya. Bahkan fans setia sampai rela memainkan game ini di server internasional setelah penutupan server indo.

Tiger Lily ini merujuk pada sebuah nama player Filipina yang muncul di pintu masuk ke Orc Dungeon. Ia muncul saat event 2nd job belum muncul di server Indo.

Tiger Lily ini terlihat sangat aneh karena ia tidak pernah pergi dari tempat yang sama bahkan berpindah satu inchi pun tidak pernah. Disitu ia hanya terlihat duduk menghadap tembok yang terkadang mengeluarkan emoticon.

Para pemain yang mencoba mendekati Tiger Lily akan disuruh pergi oleh dia dengan berkata “PERGI!!, JANGAN DEKATI AKU! (Menyebut nama asli player yang mendekati)” Disini dia seperti mengetahui nama asli player yang mencoba mendekatinya. Sesaat kemudian, player yang mendekati mengalami putus koneksi yang tidak jelas mengapa.

Setelah di telusuri oleh developernya, ternyata Tiger Lily bukanlah seorang NPC melainkan ID Player beneran. Keanehan bertambah ketika Tiger Lily tidak terdaftar di list pemain yang sedang online. Usut punya usut, ternyata juga Tiger Lily adalah seorang player wanita yang meninggal didepan komputernya saat bermain Ragnarok Online. Menyeramkan bukan?


11. The Ratman

Franchise game GTA rupanya telah memberikan sejumlah mitos-mitos dan legenda aneh mengingat game ini berupa game open-world yang memiliki beberapa easter egg (Fitur tersembunyi). Seperti halnya ada penampakkan Bigfoot di GTA: SA atau UFO yang muncul tiba-tiba di GTA: Vice City, dalam satu game yang sama populernya, yaitu Grand Theft Auto IV juga ada mitos yang bernama The Ratman (Manusia Tikus).

Seperti halnya diskusi game-game pada umumnya, dimulai dari sebuah diskusi kecil sampai banyak pemain yang menceritakan pengalamannya bertemu dengan The Ratman di sebuah lorong kereta bawah tanah.

Banyak sekali bukti yang membenarkan legenda yang satu ini, termasuk suara marah yang meneriakkan “Get Out (Keluar!)”. Lalu ada juga klip suara dari pejalan kaki dan radio yang menyebutkan masalah tikus di lorong kereta bawah tanah dan juga mutasi yang disebabkan oleh bocornya cairan kimia di sebuah pabrik yang terbengkalai. Orang-orang percaya bahwa ia nyata namun tidak bisa membuktikan secara langsung apakah The Ratman ini benar-benar ada atau tidak.


12. Game Sonic Yang Terkutuk

Dalam game ini, karakter favorite para gamer dengan ciri khas kebiru-biruannya malah berubah menjadi aneh dan malah terlihat seperti makhluk menyeramkan dengan mata merah darah seperti iblis dan gigi taring yang tajam. Ada sebuah postingan Creepypasta yang sempat terkenal yang menceritakan tentang Sonic gila yang terlihat menyeret orang-orang kedalam dunianya dan juga terlihat adanya Knuckles dan Tails yang tersiksa. Meskipun begitu, urban legend tentang game ini ternyata nyata dalam bentuk Sonic.exe yang bisa dimainkan oleh semua orang.

Game tersebut ternyata sebuah versi suram dan anehnya game original Sonic The Hedgehog. Kalian akan bermain sebagai Tales, Knuckles, dan Dr. Robotnik yang akan menelusuri map layaknya sonic biasa. Hanya saja, dalam game ini, kalian akan dikejar oleh Sonic yang siap membunuh kalian. Bagi kalian yang ingin memacu adrenalin dengan video game, bisa mencicipi game yang satu ini.


13. Anak-anak Iblis Goldshire

World of Warcraft adalah salah satu game MMORPG yang tetap terkenal meski telah dirilis selama 13 tahun dari tahun 2004. Game ini hadir dengan dunia yang sangat luas sehingga sudah tidak aneh lagi bila ada sesuatu keanehan dalam game ini. Ada satu hal yang paling aneh dan juga mengerikan yaitu adanya anak-anak iblis di Goldshire. Goldshire adalah sebuah kota yang kalian datangi pertama kali di game ini. Di ujung sungai yang ada di kota ini  terdapat satu rumah kosong tak berpenghuni. Walaupun begitu, kalian bisa melihat 6 anak masuk ke rumah dan berdiri dalam bentuk formasi pentagram selama 1 jam.

Player melaporkan bahwa saat mereka berdiri di tengah-tengah formasi tersebut, akan terdengar suara aneh seperti teriakan, geraman, atau suara dalam yang mengatakan “Kau akan mati” dari suara Banshee. Suara tersebut juga disertai suara wanita tua ketawa girang. Munkin hal teraneh yang dapat kalian rasakan adalah saat kalian masuk kedalam rumah itu, sebuah musik mengerikan akan terdengar. Musik ini tidak ada dalam data game ini dan Blizzard juga tidak pernah memberitahu tentang masalah terkait anak-anak tersebut.


Berikut adalah list urban legend yang ada tersebar di gamer-gamer dari dulu sampai sekarang. Beberapa list ini masih ada yang bisa di cek seperti Fallout 3. Mungkin bagi kalian yang penasaran bisa mengeceknya sendiri.

Farhan

Written by Farhan

Give up until success. When success, don't forget to give up.