13 Emulator Android Terbaik dan Ringan untuk PC atau Laptop 2020

emulator android

Tahun 2020 masih belum ganti smartphone ? atau smartphone yang lama mulai ngadat dan gak bisa digunakan lagi ? jika kamu masih punya PC atau laptop bisa dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi/game Android kesayangan melalui beberapa emulator yang akan kita bahas nanti. Tanpa mengurangi rasa hormat atas PC atau laptop kentang kalian, kita berikan daftar emulator yang masih layak dan ringan. Tak perlu berlama-lama lagi, simak selengkapnya di bawah ini :

1. LD Player

Ditujukan untuk kamu yang doyan main game AndroidLD Player juga menjadi pilihan emulator yang cukup menarik di tahun 2020. Masih mendapat dukungan dari developer, setiap ada game mobile baru, nantinya ada update yang meningkatkan performanya sehingga semakin smooth saat bermain game. Inilah yang membuat LD Player menjadi pilihan para gamer sebagai emulator Android yang digunakan di PC/laptop. Selain itu juga tersedia dua versi Android 5.1 dan 7.1 yang bisa kamu pilih sesuai dengan spesifikasi PC/laptop masing-masing.


Link Download – LD Player


2. Android-x86

Sebagai emulator AndroidAndroid-x86 ini berjalan sangat baik di PC maupun laptop kalian mengingat ini merupakan sistem operasi berbasis Android yang langsung berjalan di mesin PC maupun laptop kalian. Dengan begitu sistem berjalan akan stabil mengingat resource dari hardware PC/laptop kita bekerja sepenuhnya menjalankan sistem operasi Android ini tanpa terganggu sistem lain yang berjalan. Sudah pasti buat kamu yang ingin menginstall beberapa aplikasi kesayangan maupun game mobile “HD” sekalipun akan terasa ringan dengan Android-x86. Dan yang paling penting sang developer sepertinya masih mendukung pengembangan Android-x86 dengan update terakhirnya meningkatkan versi Android-nya ke Pie sehingga masih layak digunakan di tahun 2020.


Link Download – Android-x86


3. Droid4x

Berbeda dengan emulator diatas, Droid4x menghadirkan sebuah emulator yang menawarkan berbagai kemudahan didalamnya. Mulai dari menikmati berbagai aplikasi maupun game Android kesayangan hingga kustomisasi atau mapping tombol untuk memudahkan bermain game. Droid4x sendiri memiliki semboyan sebagai emulator Android yang menawarkan pengalaman penuh seperti penggunaan Android di smartphone maupun tablet. Dan yang paling menarik emulator ini diklaim dapat berjalan di spesifikasi PC/laptop yang tidak terlalu tinggi dengan settingan yang disesuaikan tentunya jika ingin berjalan maksimal.


Link Download – Droid4x


4. Bliss OS

Bliss atau yang lebih dikenal sebagai Bliss OS merupakan emulator Android yang berbasis sistem operasi. Tak jauh berbeda dengan Android-x86Bliss akan berjalan dengan baik di hardware PC/laptop kalian. Selain itu, yang menarik adalah tampilan dari dari Bliss yang terlihat begitu cantik. Warna hitam yang begitu elegean menjadi khas dari Bliss sehingga kita pun yang menggunakan juga merasa nyaman selain performanya yang memumpuni. Developer juga masih meluangkan waktunya untuk mengembangkan Bliss yang kini mengingkat ke versi Android 10 atau versi terbaru dari sistem operasi sejuta umat ini. Tak heran Bliss masih sangat-sangat layak untuk menjadi emulator Android yang direkomendasikan tahun 2020 ini.


Link Download – Bliss

5. Remix OS

Sempat populer pada tahun 2016 silam, Remix OS cukup digemari para penggunanya mengingat tampilan maupun performanya yang cukup baik. Selain itu hampir semua aplikasi maupun game di Android berjalan begitu lancar di emulator yang berbasis sistem operasi ini. Meskipun saat ini sudah tidak lagi dikembangkan oleh sang developer, yaitu jideRemix OS masih menjadi salah satu pilihan menarik emulator Android di tahun 2020 yang ramah untuk mesin PC/laptop yang kamu miliki saat ini.


Link Download – Remix OS


6. Genymotion

Emulator Android yang satu ini menawarkan fitur yang cukup premium. Emulator yang satu ini memang jarang digunakan oleh pengguna yang hanya sekedar untuk menginstall aplikasi atau bermain game AndroidGenymotion bisa dibilang sebagai emulator yang menjadi “sobat” karib para developer atau pengembang aplikasi berbasis Android. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan mulai dari yang gratis hingga premium dengan layanan cloud-based emulator, para pengembang aplikasi mobile lebih senang menggunakan emulator ini untuk menjalankan dan mengetes aplikasi yang sedang dikerjakan. Meskipun begitu, Genymotion juga masih bisa digunakan untuk menginstall aplikasi atau game yang tersedia di Google Playstore. Dan terakhir, Genymotion juga tidak membutuhkan resource yang begitu besar dari hardware PC/laptop sehingga kemungkinan besar emulator ini masih lancar untuk dijalankan, bahkan menginjak tahun 2020 seperti sekarang ini.


Link Download – Genymotion


7. Mumu

Buat kamu yang doyan main game Android ini dia emulator yang cocok. Mumuemulator Android yang satu ini memang ditujukan untuk para penggunanya yang gemar bermain game. Jika kamu merasa smartphone kamu di tahun 2020 sudah mulai “lag” dan tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan gaming, Mumu bisa menjadi alternatif emulator untuk bermain berbagai macam game Android populer. Bahkan Ragnarok M Eternal Love merekomendasikan Mumu sebagai salah satu emulator yang memungkinkan untuk menjalankan game tersebut dengan lancar. Tapi tenang saja bukan hanya Ragnarok M saja yang bisa dimainkan di Mumu. Kamu masih bisa menjelajahi Google Playstore untuk mencari game-game Android kekinian dan populer yang bisa didownload.


Link Download – Mumu


8. Memu

Mungkin terlihat sedikit mirip dengan nama emulator Android diatas. Meskipun begitu, emulator Android ini juga menjadi pilihan bagi para gamer mobile yang ingin berlama-lama bermain game namun smartphone miliknya tidak begitu gahar untuk memainkan game-game mobile terkini. Memasuki tahun 2020, Memu mendapatkan versi terbarunya dengan versi Android 7.1 dengan beberapa peningkatan performa tentunya. Sama seperti beberapa emulator Android lainnya, Memu juga menyediakan fitur mapping yang bisa dikustomisasi atau sudah diseting sedemikian rupa sesuai dengan game yang dimainkan sehingga kamu tidak perlu lagi ribet mengaturnya. Selain itu juga banyak dukungan game dengan mapping yang secara otomatis sudah disesuaikan pengaturannya. Tentunya ini menjadi pilihan emulator Android yang menarik mengingat sang developer masih aktif mengembangkannya bahkan menginjak tahun 2020.


Link Download – Memu


9. Phoenix OS

Mungkin kamu cukup kenal dengan emulator Android yang satu ini, berjalan dengan basis sebagai sistem operasi, Phoenix OS pun begitu lancar dijalankan di perangkat PC/laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun. Main game ? tenang resource hardware kalian akan sepenuhnya berjalan untuk sistem operasi Android yang satu ini, jadi untuk bermain game bisa dipastikan smooth, mungkin ada beberapa settingan yang harus disesuaikan jika hardware yang kamu miliki jauh di bawah minimal spesifikasi. Tapi setidaknya Phoenix OS ini masih sangat layak digunakan sebagai emulator Android di tahun 2020 plus tampilanya juga OK serta dukungan mapping yang sudah disesuaikan secara otomatis dengan berbagai jenis game mobile.


Link Download – Phoenix OS


10. Prime OS

Sama seperti Phoenix OSemulator Android yang satu ini juga berjalan sebagai sistem operasi. Namun yang menarik Prime OS hadir dengan berbagai pilihan versi, mulai dari Classic, Standard hingga Mainline yang memungkinkan penggunanya memilih sesuai dengan spesifikasi hardware yang dimilikinya. Tampilanya juga tidak terlalu asing dengan desktop yang biasa kalian gunakan, masih ada start menu hingga tampilan windows yang terlihat familiar. Selain itu, Prime OS juga masih sanggup untuk menjalankan berbagai aplikasi hingga game Android dengan dukungan mapping yang juga telah disesuaikan secara otomatis. Tentunya di tahun 2020 ini, Prime OS masih sangat layak untuk menjadi alternatif emulator Android yang bisa kamu gunakan.


Link Download – Prime OS



11. Bluestack

Jika kamu sudah cukup lama malang melintang di per-emulator-an Android pasti kenal dengan Bluestack. Benar sekali, Bluestack ini telah rilis sejak tahun 2014 silam sebagai emulator yang bisa dibilang “serba bisa”. Yang dimaksud serba bisa disini adalah Bluestack sejak pertama kali rilis bisa menjalankan aplikasi maupun game Android pada saat itu hingga sekarang dengan stabil. Bahkan notifikasi seperti chat masuk pun bisa tampil tanpa membuka emulator-nya sama sekali. Hingga kini Bluestack masih menjadi pilihan menarik yang terus dikembangkan oleh developer-nya. So, tidak perlu lagi diragukan di tahun 2020 Bluestack masih menjadi salah satu emulator Android yang masih bisa kamu gunakan di PC/laptop, baik hanya sekedar untuk menginstall aplikasi kesayangan maupun bermain game sekalipun.


Link Download – Bluestack


12. Nox

Berbicara tentang emulator Android yang ringan dan bisa main game, masih ada pilihan yang menarik dalam daftar kali ini. Benar sekali, Nox menjadi pilihan menarik sebagai emulator Android yang cukup powerful meskipun dijalankan di PC/laptop dengan spesifikasi yang minim alias kentang. Banyak dukungan aplikasi maupun game yang berjalan di emulator Android yang satu ini. Selain itu yang tak ketinggalan adalah fitur mapping yang tersedia untuk berbagai jenis game Android. Di tahun 2020, sang developer juga masih memberikan dukungan untuk emulator ini sehingga update masih terus diberikan demi kenyamanan dan pengalaman pengguna selama menggunakan Nox.


Link Download – Nox


13. Tencent Gaming Buddy/Game Loop

Emulator Android yang satu ini begitu menarik dan populer dikalangan gamer khususnya para pemain PUBG Mobile. Sesuai dengan namanya, emulator Android ini dirilis oleh Tencent, raksasa di industri game mobile yang termasyur. Awalnya emulator ini dirilis untuk pengguna PC/laptop yang ingin merasakan pengalaman bermain battle royale khususnya PUBG Mobile. Seiring dengan berjalannya waktu, Tenceng Gaming Buddy pun berkembang dan berevoluis menjadi Game Loop. Tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, Game Loop mendukung berbagai jenis game mobile populer yang secara otomatis juga sudah disesuaikan mapping tombolnya dengan penggunaan keyboard dan mouse. Bahkan yang lebih menarik beberapa judul game di TGB/Game Loop ini mendukung settingan hingga 60 fps yang berarti dapat berjalan dengan smooth alias mulus lus lus. Tentunya masih sesuaikan dengan konfigurasi PC/laptop masing-masing agar dapat berjalan maksimal.


Link Download – TGB/Game Loop


Demikian deretan emulator Android terbaik dan ringan untuk PC/laptop di tahun 2020. Semoga bisa memberikan referensi untuk kamu yang masih ingin menikmati aplikasi maupun game Android kesayangan namun terhalang dengan device/gadget yang kian menua dan cenderung tidak begitu layak untuk digunakan. Setidaknya dengan beberapa emulator Android diatas kamu masih bisa menginstall aplikasi chatting hingga bermain game Android di PC/laptop sembari nabung membeli smartphone baru.

Exit mobile version