13 Game PC & Konsol Terbaik 2021 yang “Sepertinya” Jarang Diketahui Gamer Indonesia

Game Terbaik 2021 yang jarang diketahui

Tahun 2021 akhirnya telah resmi berakhir. Industri video game sendiri sudah resmi menyumbangkan Berjibun nama yang sukses meraih segala bentuk pengakuan baik itu secara positif maupun negatif. Nama-nama seperti It Takes Two, Forza Horizon 5, Tale of Arise, hingga Deathloop pun telah cukup dikenal serta dianggap bisa memberi banyak sekali nilai kepuasan di mata para gamer.

Meski begitu, hal itu pun masih termasuk sebagian kecil dari bermacam-macam isi “gebyar’ yang sudah disiapkan oleh para pelaku-pelaku industri game di tahun 2021 kemarin.

Karena sudah saatnya bahwa kami juga perlu membahas kumpulan game-game yang sebenarnya juga pantas untuk disebut sebagai yang terbaik, tetapi tidak sempat meraih rekognisi yang luas. Apalagi dari kelompok gamer-gamer yang berada di kawasan Indonesia.

Sehingga berikut ingin kami persembahkan deretan game-game konsol maupun PC terbaik 2021 yang cukup kami yakini keberadaannya nampak terdengar asing di telinga kalian.

Disclaimer:

1. Chicory: A Colorful Tale

Developer/Publisher: Greg Lobanov/Finji

Genre: Adventure

Platform: PC (via Steam), PS4, PS5, Switch

Dibalik visual hand drawing-nya yang dinilai simpel dan berkesan kanak-kanak, Chicory: A Colourful Tale menawarkan ide konsep yang brilian. Mirip seperti berinteraksi dengan buku mewarnai, kamu sebagai pemain dapat menggores berbagai coretan warna-warni dari dunia yang tengah dijelajahi hingga memodifikasikannya.

Isi ekseskusi yang dihadirkannya pun cukup luas. Layaknya game petualangan penuh eksplorasi maupun puzzle, banyak sekali rangkaian macam aktivitas mewarnai yang bisa kamu temukan di Chicory: A Colorful Tale. Dalam porsi yang bisa disesuaikan dengan kapasitas pemain, game ini pun juga membawa cerita emosional tentang upaya untuk menemukan seseorang yang dulu sempat memberikan warna bagi dunia.

2. Wildermyth

Developer/Publisher: Worldwalker Games

Genre: RPG, Roguelike, Tactics

Platform: PC (via Steam)

Game RPG yang hampir semua aspek gameplaynya cukup dipengaruhi oleh elemen prosedural. Wildermyth sendiri mengusung konsep yang mendorong pemain untuk bisa menemukan berbagai variasi ceritanya sendiri. Dengan keunikan visualnya yang diolah seperti gambar kertas (ala game Paper Mario), game ini menawarkan suatu pengalaman RPG yang amat berkesan.

Mulai dari pilihan randomisasi karakter yang bisa mempengaruhi cerita yang dijalankan lewat berbagai trait atau kepribadiannya, masing-masing dari mereka juga dapat beranjak secara umur demi berkembang menjadi karakter-karakter hero atau party yang terasa spesial. Sistem gameplay combat dalam game ini pun dikemas layaknya game RPG taktik yang cukup punya lapisan strategi dan keseruan tantangan yang membanggakan.

3. ENDER LILIES: Quietus of the Knights

Developer/Publisher: Adglobe and Live Wire/Binary Haze Interactive

Genre: Metroidvania

Platform: PC (via Steam), PS4, Xbox One, Xbox Series X, Switch

Merupakan game action RPG 2D yang menyimpan plot tentang misteri dari runtuhnya sebuah kerajaan. Dalam ENDER LILIES: Quietus of the Knights, kamu akan bermain dalam sudut pandang gadis kecil yang menjalani sebuah petualangan bersama dengan sosok arwah ksatria. Sang Ksatria tersebut siap menjadi pelindung dan senjata utamamu dalam bertempur menghadapi para musuh-musuh yang terkutuk.

Game ini dinilai banyak membawa kisah kelam dengan kesetaraan nuansa yang bisa mengingatkanmu dengan Hollow Knight. Punya gaya visualnya yang sangat fantastis beserta dengan musik yang menggugah emosi, sangat menopang esensi utama ENDER LILIES: Quietus of the Knights yang ingin mengajak pemain untuk memaknai segala upaya perjuangan yang tengah sang gadis dan ksatria pelindung lakukan di sepanjang permainan.

4. Death’s Door

Developer/Publisher: Acid Nerve/Devolver Digital

Genre: Action-Adventure

Platform: PC (via Steam), PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X, Switch

Menawarkan keunikan dari ide cerita dan dunianya, Death’s Door Berhasil memberi suatu kejutan yang positif di tahun 2021 ini. Game ini memiliki kisah yang begitu unik tentang kisah petualangan si burung gagak antropomorfik yang ditugaskan untuk menjemput jiwa-jiwa dari siapapun mahluk yang sudah meninggal. Dari sana, ia pun mendapatkan suatu problematika tentang adanya keberadaan satu jiwa yang harusnya ia pungut, malah tercuri hingga memaksa si gagak untuk harus menulusuri dunia asing yang sama sekali tak bisa disentuh oleh kematian.

Tidak hanya dari segi dunianya yang terlihat sangat asyik untuk dieksplor, game ini membawa sebuah gameplay aksi/bertempur yang bisa terasa menarik untuk diutilisasikan. Sebagai gagak jagoan, kamu bisa menggunakan berbagai senjata baik senjata yang sifatnta jarak dekat, jauh sampai serangan sihir yang penuh momen dan mekanika demi melumpuhkan para musuh. Hal-hal tersebut juga bisa semakin diimprovisasikan lewat aspek kustomisasi dan mastering yang perlu untuk kamu ulik secara menarik.

5. Inscryption

Developer/Publisher: Daniel Mullins Games/Devolver Digital

Genre: Roguelike, Deck Building, Horror

Platform: PC (via Steam)

Game horor unik yang lahir dari gabungan beberapa formula menarik. Mulai dari kartu deck-building, game first-person, game puzzle yang dialirkan melalui unsur horor psikologinya sendiri. Dari sana, Inscryption menyimpan segudang kejutan yang fenomenal. Apalagi dengan premis bahwa kamu seolah tengah diajak oleh “setan” untuk bermain kartu di sebuah rumah kabin misterius sembari harus berupaya kabur dari sana.

Tanpa perlu membocorkan banyak hal, game ini menawarkan banyak sekali kejutan kejutan dan kejutan. Tidak usah capek-capek melihat bocoran review atau malah spoiler yang bisa sangat mengacaukan momen. Di Inscryption, Segera secara polos rasakan dan resapi segala macam intimidasi yang ingin game ini berikan kepadamu.

6. Eastward

Developer/Publisher: Pixpil/Chucklefish

Genre: Adventure

Platform: PC (via Steam), Switch

Game buatan Pixpil yang secara khusus dipublisheri oleh Chucklefish yang kalian tahu biasa dikenal dalam mengembangkan game fenomenal sekelas Stardew Valley. Walau mengusung format dasar 2D yang kurang lebih serupa, Eastward mempunyai nuansa yang lebih imaginatif dengan setting di dunia fantasy sci-fi dan bergenrekan RPG .

Mengkisahkan tentang peradaban manusia yang berada di ambang kiamat karena sebuah bencana racun yang mengancam, Eastward mengajak pemain untuk menjelajahi segala harapan yang masih tersisa. Selain itu, game ini juga menyediakan aspek gameplay bertempur sekaligus menjalajah secara dungeon-crawling yang tidak hanya menantang, tetapi juga bisa memberi suatu kehangatan tersendiri ketika lolos dari sana.

7. The Forgotten City

Developer/Publisher: Modern Storyteller/Dear Villagers

Genre: Adventure

Platform: PC (via Steam), PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X, Switch (versi Cloud)

Kota yang terlupakan! The Forgotten City adalah game yang awalnya didasari dari sebuah mod Skyrim yang berjudul sama.  Mod yang sempat dirilis pada tahun 2015 tersebut rupanya bak sebuah peninggalan harta karun yang sebisa mungkin jangan sampai terlupakan (seperti di judulnya). Mengingat The Forgotten City sendiri menyimpan sebuah kompleksitas cerita dan penokohan yang luar biasa.

Sukses diadaptasi sebagai sebuah game yang betul-betul terpisah dari Skyrim, The Forgotten City bakal mengajak pemain untuk menjelajahi kota Roma kuno yang tengah menjalani sebuah era dan sistem pemerintahan yang unik. Ada banyak hal yang bakal kamu temukan dari sana mulai dari misteri hingga beragam karakter NPC yang perlu kamu interogasi hingga penggunaan portal waktu untuk mengulangi lagi hal-hal yang sudah terlewat. 

Semuanya benar-benar dikemas dalam narasi yang lebih dipanjangkan dan dievolusikan lagi dari versi modnya.

8. Loop Hero

Developer/Publisher: Four Quarters/Devolver Digital

Genre: Roguelike, RPG, Deck Building

Platform: PC (via Steam dan Epic Games Store), Switch

Loop Hero adalah game yang menempatkanmu sebagai karakter untuk harus bersiap menjadi lebih kuat ketika mengitar-ngitari suatu area. Terlebih, dengan membawa adanya sistem pengulangan atau loop di sini. Tak hanya tentang loop saja, game ini juga merupakan game roguelike berbumbu deck building kartu, idle, dan RPG yang siap memaksamu untuk terus memperhatikan progres dari karakter.

Kesan gameplaynya pun banyak dinilai sangat begitu inovatif dan kaya depth yang perlu kamu kuasai demi bisa menamatkannya. Sehingga Loop Hero dijamin bisa memberikan kepuasan rasa adiktif yang cukup tinggi ketika dimainkan.

9. Impostor Factory

Developer/Publisher: Freebird Games

Genre: Adventure, Story Rich

Platform: PC (via Steam)

Game yang mempunyai cerita fantastis yang berkaitan tentang kasus pembunuhan, mesin waktu, dan seekor kucing ? Ya, dengan pastinya membawa kisah yang susah ditebak, Impostor Factory adalah game ketiga dari Freebird Games atau developer yang dulu sempat dipuja-puji oleh sejumlah gamer lewat karya game The Moon dan Finding Paradise.

Impostor Factory sendiri masih tetap bertahan sebagai petualangan 2D yang story rich. Punya twist yang tentu saja siap memuaskan plus mengejutkan para gamer-gamer penikmat cerita lewat caranya yang sama sekali tidak biasa.

10. Metroid Dread

Developer/Publisher: Mercury Steam/Nintendo

Genre: Action-Adventure

Platform: Switch

Game asli Nintendo yang keberadaan seri barunya sudah cukup ditunggu-tunggu sejak lama dan akhirnya sukses membayar rasa kerinduan dari para fans setia. Meski tetap berformatkan side scrolling secara 2D, Metroid Dread masih membawa keseruan dari aksi epik si Samus bereksplorasi di planet asing. Pengalaman perjumpaan melawan musuh yang tidak bisa sembarangan untuk dilawan dan sisi juga penjelajahan yang berlapis-lapis menjadi pesona penting yang ingin dibawa oleh game ini.

Pesona tersebut pun ikut sukses mengantarkan game ini untuk dinominasikan sebagai calon Game of the Year di ajang The Game Awards 2021 kemarin, terlepas keberadaannya nampak begitu asing untuk diketahui oleh para gamer-gamer di Indonesia pada era ini.

11. Returnal

Developer/Publisher: Housemarque/Sony

Genre: Third-person Shooter, Roguelike

Platform: PS5

Hadir sebagai IP baru yang dirilis eksklusif untuk konsol PS5, Returnal sama sekali tidak menunjukan kualitas yang inferior. Sebaliknya, game ini justru sukses memberi suatu nafas baru di awal-awal kemunculan konsol next-gen PS5. Dengan mengusung konsep timeloop, roguelike dan gameplay third-person shooter, Returnal menyajikan pengalaman menjelajahi planet asing yang berkesan. Apalagi dari sudut pandang cerita karakternya yang nampak dihantui oleh sebuah penglihatan misterius dan bisa saling terintegrasi secara kuat dengan gameplay.

Keseruan gameplay menantang yang dibawakannya tentu juga menjadi sebuah ekstasi tersendiri. Lewat Layout map yang selalu berubah-ubah, banyak senjata canggih yang dapat ditemukan di sini. Berupaya untuk bertahan hidup dengan menghindar dan menghajar para musuh alien dengan cara-cara yang menuntut sisi ketangkasan pemain dalam menjalankan misi untuk bertahan hidup serta menguak segala misteri yang ada.

12. Psychonauts 2

Developer/Publisher: Double Fine/Xbox Game Studios

Genre: Adventure

Platform: PC (via Steam), PS4, Xbox One, Xbox Series X

Bagi kamu yang belum tahu, franchise Pscyhonauts merupakan game yang pertama kali dikenal pada era konsol PS2 dan Xbox, tepatnya di tahun 2005 silam. Dari sana, 16 tahun kemudian, akhirnya muncul sebuah sekuel penting yang langsung dinamai dengan judul Psychonauts 2. Keberadaan seri keduanya ini tetap dibuat dengan nafas yang sama dari versi prekuelnya, yakni masih berfokus menceritakan seorang agen mata-mata muda bernama Raz yang dikaruniai kemampuan psychic spesial.

Dalam gaya penggambaran yang penuh akan beragam unsur imajinasi untuk menyelami alam bawah sadar seseorang, Pcyshonauts 2 adalah game yang punya bumbu humor, kegilaan, dan petualangan penuh narasi epik yang bakal selalu membekas di hatu para pemainnya.

13. Kena: Bridge of Spirits

Developer/Publisher: Ember Lab

Genre: Action-Adventure

Platform: PC (via Epic Games Store), PS4, PS5

Sematkan sejumlah unsur budaya Bali di dalamnya, Kena Bridge of Spirits juga menjadi salah satu game terbaik yang hingga detik ini mungkin masih belum terlalu mendapat perhatian cukup dari para gamer-gamer Indonesia. Meski begitu, game dengan genre petualangan tersebut tetaplah sukses memikat hati para gamer.

Dimulai dari keindahan grafisnya dikemas ala-ala film animasi Pixar, Kena berhasil menyajikan atmosfer dan cerita yang menggugah. Khususnya mengenai perjalanan spiritual seorang gadis pemandu jiwa bernama kena beserta dengan upayanya untuk memulihkan segala keadaan yang telah dirusak. Sementara itu, game ini juga memiliki sisi gameplay action yang solid dengan menghadirkan banyak efek-efek memukau serta dunia penjelajahan yang walau tidak sepenuhnya terhubung, namun tetap dirasa sangat terbuka.


Itulah dia kumpulan game-game game PC dan konsol terbaik di tahun 2021 kemarin yang kami rasa nampak berkesan underrated sekali bagi para gamer-gamer Indonesia. Bisa dipastikan, Tahun 2022 juga akan siap memunculkan lagi sederetan game berkualitas yang bisa saja luput dari pantauan.

Dari list yang telah kami berikan di atas, manakah kira-kira yang sukses menarik perhatikan untuk mau kepo atau justru malah paling kalian kenal keberadaannya dan menjadi sebuah favorit ?

Exit mobile version