13 Game RPG Keren yang Mungkin Terlewatkan Oleh Generasi Millenial

in

RPG memang salah satu genre yang sangat di gemari hingga saat ini. Tidak bisa dipungkiri game-game RPG meledak bersamaan dengan munculnya PS 1. Beberapa series masterpiece terlahir, sebut saja Final Fantasy 7-10, kemudian BoF 4, Kingdom Hearts, Suikoden 2 dan masih banyak yang lainnya. Game-game tersebut telah menjadi teman masa kecil dari generasi millenial. Dibalik game-game tersebut ternyata ada beberapa game RPG underrated yang mungkin terlewat oleh generasi millenial. Berikut adalah 13 Game RPG Keren yang Mungkin Terlewatkan Oleh Generasi Millenial.


1. Jade Cocoon

Bisa dikatakan Jade Cocoon adalah game alternatif diantara semua RPG yang ada. Kamu akan menikmati kisah dari Lehvan seorang laki-laki yang menjadi seorang Cocoon Master. RPG ini tidak terlalu rumit, membawa gameplay turn based sederhana yang dihiasi dengan animasi ketika menyerang. Untuk kalian yang belum pernah memainkan game ini tidak ada salahnya untuk mencoba game ini di waktu luang kamu.

Platform: PS 1

Release Date: December 3, 1998


2. Arc The Lad Series

Arc The Lad Series membawa sebuah cerita klise tentang para pejuang yang melawan Demon. Arc The Lad membawa gameplay turn-based strategi, tidak unik, tapi tetap menyenangkan. Hingga ia merubah gaya turn-based strategi-nya di PS 2 yang membuatnya sedikit berbeda dari RPG yang lain. Jika kamu menyukai turn-based strategi, tidak ada salahnya kamu mencoba game yang satu ini. Grinding di game ini tidak terlalu melelahkan kok.

Platform: PS 1, PS 2

Release Date: June 30, 1995


3. Shadow Hearts

Shadow Hearts adalah game RPG karya Sacnoth. Berkisah tentang seorang laki-laki yang harus membasmi monster-monster dimuka bumi ini. Game ini juga memiliki sistem battle yang cukup unik dan memiliki elemen-elemen RPG  yang pantas dimainkan. Dengan storyline yang linier, random encounters, turn based dan beberapa elemen seperti HP, EXP dan Magic.

Platform: PS 2

Release Date: December 16, 1999


4. Tales Of Abyss

Memiliki gamestyle yang menggabungkan Action+Turn Based, membuat game ini dirasa cukup unik. Combo, change target, item , hingga magic juga ada di game yang satu ini. Gaya animasi cantik yang disajikan ala anime milik game ini juga cukup diacungi jempol. Kamu akan bermain sebagai Luke yang berusaha untuk melindungi keluarga dan yang lain  agar terjauh dari bahaya.

Platform: PS 2

Release Date: December 15, 2005


5. Shachou Eiyuuden: The Eagle Shooting Heroes

Mungkin sedikit dari kalian yang memainkan game ini. Bukan karena game ini jelek namun karena keterbatasan bahasa. Ya, untuk sebuah game RPG yang unik game ini berasa tenggelam. Fighting yang unik, hingga jurus-jurus dunia persilatan yang keren adalah andalan game ini. Game ini juga memiliki hal seperti elemen serta fighting yang mirip dengan batu-kertas-gunting. Jadi untuk setiap jurus memiliki kekuatan dan kelemahan dengan jurus lain.

Platform: PS 2

Release Date: November 30, 2000


6. Radiata Stories

Di game ini kamu akan bermain sebagai Jack yang ingin menjadi kstaria hebat seperti ayah-nya. Game ini mengusung gameplay action RPG yang terisolasi di dalam suatu arena. Game ini memiliki elemen-elemen RPG yang cukup lengkap, dan dihiasi oleh Animasi kerena dan Soundtrack menarik. Game buatan square enix ini bisa kamu nikmati jika kamu adalah pecinta JRPG yang kental akan ciri khas-nya.

Platform: PS 2

Release Date: November 30, 2000

7. Dark Cloud

Kamu adalah seorang laki-laki yang memiliki tugas untuk membangun Norune untuk menjadi lebih luar biasa. Game ini mengusung Dungeon Crawler yang di combine dengan jurus yang sangat mirip dengan rythim game untuk digunakan. Tapi basic dari pertarungan Dark Cloud adalah Action RPG. Game ini juga memiliki tingkat haus, lapar, MP, HP yang harus kamu perhatikan dan bisa membantu game kamu.

Platform: PS 2

Release Date: December 14, 2000


8. Suikoden 1

Suikoden memang adalah salah satu seri yang sangat terkenal di kalangan para pecinta game JRPG. Namun, secara spesifik pamor sukoden 1 jauh dari suikoden 2. Suikoden 1 adalah awal mula dimana semua cerita Suikoden bermula, sebuah kisah yang berhubungan dengan rune legendaris. Suikoden 1 sendiri membawa gaya bermain turn based dan yang lain yang masih dibawa hingga suikoden 2.

Platform: PS 1

Release Date: December 14, 2000


9. Shining Soul 2

Game Action RPG 2D ini sering dikatakan adalah game souls like. Meski hanya bermodal grafis sederhana, namun banyak yang game ini cukup sulit dimainkan. Tapi game ini memang super kece, untuk kalian yang belum pernah memainkan game ini, wajib untuk mencobanya. Game ini juga memiliki elemen-elemen RPG yang dirasa cukup lengkap dan unik. Selain itu grafis, storyline, serta musik juga cukup menghibur.

Platform: GBA

Release Date: July 24, 2003


10. Alundra 2

Alundra adalah game Action RPG yang cukup unik. Kamu akan bermain sebagai flint seorang ksatria pemberani yang berniat untuk menyelematkan dunia. Meski sedikit clunky namun didalam game ini kamu bisa bergerak bebas kearah yang kalian mau. Battle yang diusung game ini memang tidak terlalu memikat, namun jika mengingat game ini memiliki elemen-elemen RPG yang cukup lengkap sangat disayangkan saja jika tidak dicoba.

Platform: PS 1

Release Date: July 24, 2003


11. Legend of Legaia Series

Game ini memang cukup populer, namun tetap saja game ini under apreciated. Dibanding dengan RPG lain game ini memang cukup disebelah mata terutama seri kedua game ini. Meski memiliki battle yang cukup unik, namun beberapa orang justru merasa bahwa sistem battle seperti itu terlalu lama. Game ini juga memiliki storyline yang cukup linier dan tidak membingungkan. Membawa cerita klise tentang menyelamatkan dunia.

Platform: PS 1, PS 2

Release Date: October 29, 1998


12. Breath of Fire 3

Berbicara tentang Breath of Fire, tentu saja yang kita ingat adalah series ke 4 mereka. BoF 4 memang dianggap oleh berbagai sudut gamer adalah sebuah masterpiece, tapi bagaimana dengan BoF 3. Secara grafis dan gameplay game BoF 3 memang berbeda. Namun secara story dan elemen RPG BoF 3 tidak kalah dengan BoF 4. Tidak ada salahnya untuk para pecinta BoF 4 untuk mencoba series sebelum masterpiece tersebut muncul.

Platform: PS 1

Release Date: September 11, 1997


13. Okage: Shadow King

Okage adalah salah satu game RPG yang muncul dengan grafis unik, serta atmosfer yang berbeda. Tak hanya membawa gameplay turnbased RPG, game ini juga menyajikan berbagai elemen RPG yang legkap. Musik yang disajikan juga menarik. Kamu akan bermain sebagai Ari, anak laki-laki yang memiliki hawa kehadiran yang tipis, namun tak disangka-sangka ia harus menyelamatkan orang yang disayangi nya dari cengkraman raja iblis.

Platform: PS 2

Release Date: March 15, 2001


Demikian adalah list 13 Game RPG Keren yang Mungkin Terlewatkan Oleh Generasi Millenial. Bagaimana menurutmu, apakah game-game tersebut terlawatkan oleh kalian? atau mungkin kamu memiliki daftar RPG underated yang hanya sedikit orang mainkan dan pantas untuk masuk ke dalam list? Silahkan berkomentar dibawah ya, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan G-List atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

Avatar

Written by Jendra