13 Game yang Memaksamu Menamatkannya Berkali-kali

in

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tentu mengubah cara untuk membuat game. Dari tampilan visual yang luar biasa indah hingga mekanisme dan animasi yang menjadi lebih halus. Namun sayang, akhir-akhir ini banyak sekali game dengan ukuran puluhan giga tapi tak miliki replayability yang sesuai. Semua ukurannya hanya ditekankan pada dunia open-world atau tampilan visualnya. Oleh karena itulah banyak sekali game dengan ending bermacam-macam yang memaksamu untuk mengulang dan menamatkannya berkali-kali.

Dari sekian banyak genre, RPG atau adventure merupakan genre yang paling umum dapatkan banyak ending karena cerita yang diusung. Namun tak jarang, game horror action juga memiliki ending yang berbeda. Lalu, apa saja sih game yang akan paksamu menamatkannya berkali-kali? Daftar berikut mungkin akan menjadi referensimu.

13. Resident Evil 1


Resident Evil pertama mungkin menjadi game dengan banyak sekali ending dari dua protagonisnya baik Chris maupun Jill. Masing-masing karakter miliki enam ending di sepanjang perjalanannya. Beberapa karakter protagonis lain seperti Rebecca maupun Barry juga ditunjukkan dalam cutscene yang berbeda-beda sesuai pilihanmu. Entah salah satu dari mereka selamat, atau keduanya selamat. Buatmu harus menamatkannya berkali-kali demi mengetahui semua endingnya.

12. Grand Theft Auto V


Drama, pembunuhan, hingga kriminal, semuanya ada di Grand Theft Auto V. Dengan desain kota dan open-worldnya yang kompleks, Rockstar ingin mengajakmu untuk mendalami cerita tiga tokoh utama gamenya dengan tiga ending yang berbeda. Semua tergantung keputusanmu. Kamu bisa membunuh Trevor, Michael, atau mungkin mencoba untuk nekat. Menamatkannya tiga kali menjadi patokan untuk melihat semua endingnya. Atau mungkin kamu bisa manual save sebelum semuanya terlambat dari pada harus mengulangnya dari awal.

11. Dishonored


Game stealth action adventure dengan elemen RPG yang satu ini juga akan paksamu menamatkannya berkali-kali. Karena Dishonored miliki banyak ending tergantung semua yang kamu lakukan dalam gamenya. Beruntungnya, ia tak miliki lebih dari dua ending saja. Cara mendapatkannya juga cukup mudah, entah kamu membunuh semua musuhmu (high chaos) atau menyelesaikan gamenya dengan membunuh beberapa musuhmu saja (low chaos). Semua akan berhubungan dengan nasib Emily Kaldwin di akhir ceritanya. Namun terdapat satu lagi ending rahasia yang harus didapatkan selain dua ending tersebut.

10. Vampyr


Dibuat oleh Dontnod yang mencoba akan hal baru di samping game drama interaktifnya. Vampyr coba pendekatan baru dengan action RPG yang dimilikinya. Meski ceritanya sendiri kurang begitu detil seperti game Dontnod yang lain, namun gamenya miliki sistem yang sangat kompleks dalam dunianya. Kamu bisa dapatkan empat ending berbeda sesuai pilihan dan keputusanmu. Entah menjaga agar populasi penduduk tetap terjaga, membantainya, atau hanya membunuh beberapa tokoh ikonik saja. Gagal dapatkan ending terbaik? Ya ngulang lagi aja dari awal.

9. Heavy Rain


Game lain yang paksamu untuk memainkannya lagi dan lagi adalah Heavy Rain yang miliki banyak sekali ending karena banyaknya karakter yang ada. Setiap karakter bisa hidup atau mati tergantung keputusanmu. Sayangnya endingnya lebih condong ke cutscene yang akan kamu dapatkan sesuai keputusanmu dan bukan ke pemecahan kasus pembunuhan oleh Origami Killer. Terdapat 17 ending yang bisa kamu dapatkan dalam gamenya dari lima karakter yang ada. Temukan dengan menamatkannya lagi, lagi, dan lagi.

8. Beyond Two Souls


Beyond Two Souls adalah game drama interaktif selanjutnya dari Quantic Dream. Meski hanya memiliki dua karakter utama yakni Jodie si anak indigo dan Aiden si arwah yang selalu mengikuti Jodie. Namun game ini miliki sekitar 10-11 ending yang berbeda. Kamu bisa membuat semua karaktermu mati, hidup, atau hanya Jodie yang mati. Semua miliki cutscene yang berbeda dengan pilihan untuk bagian epilogue yang sama-sama berbeda. Tamatkan berkali-kali dan lihat ending mana yang menjadi favoritmu.

7. Detroit: Become Human


Sama seperti Heavy Rain, semua konklusi yang diberikan oleh Detroit: Become Human miliki ending yang harus kamu buka satu per-satu. Game karya Quantic Dream tersebut miliki sekitar 40 ending sesuai pilihan yang kamu pilih di setiap aksinya. Memang dalam ceritanya terdapat tiga karakter utama: Marcus, Connor, dan Kara, namun di akhir cerita kamu akan menemukan ending rahasia yang mengharuskanmu untuk menamatkannya berkali-kali jika kamu tidak mendapatkan endingnya.

6. Until Dawn


Game survival interactive horror yang satu ini akan membuatmu bergidik berkat akting voice actornya yang sempurna. Kamu akan terus menemukan banyak sekali kegagalan untuk menyelamatkan karakter yang ada. Entah mengorbankan satu karakter lain maupun keduanya. Semua tergantung pilihan dan keputusanmu. Belum lagi dengan adanya batasan waktu di beberapa scene yang membuat adrenalinmu meningkat. Coba lagi, lagi, dan lagi hanyalah salah satu cara agar kamu bisa menyelamatkan semua karakter. Ya, kamu bisa menyelamatkan mereka semua tanpa ada yang terbunuh seorangpun.

5. Dragon Age Inquisition


Dragon Age Inquisition memang terkenal dengan jumlah jam bermain yang sangat tinggi. Sebagai Inquisitor, kamu akan membangun kastilmu dan akan berhubungan dengan banyak NPC. Setiap pilihan yang kamu pilih akan berikan ending yang berbeda. Namun meskipun terdapat lebih dari 20 ending, hanya beberapa saja yang termasuk dalam kategori “unique ending”. Cari tahu dengan menamatkan gamenya.

4. The Witcher 2: Assassins of Kings


Meski Geralt of Rivia merupakan karakter yang netral, tidak baik dan tidak jahat. Namun keputusannya di Witcher 2: Assassins of Kings akan menentukan ending kisahnya. Dalam gamenya, kamu akan diberikan dua alur cerita utama sampai akhirnya dapatkan salah satu dari enam belas ending yang telah dipersiapkan oleh CD Projekt Red. Ya, sama seperti game dengan multiple ending lain, semua tergantung pilihanmu dalam menghadapi konflik yang ada.

3. The Witcher 3: Wild Hunt


The Witcher 3: Wild Hunt mungkin akan menjadi puncak dari petualangan Geralt setelah ia miliki anak angkat bernama Cirilla atau biasa dipanggil dengan Ciri. Dalam cerita basegamenya kamu akan berkutat dengan nasib anak angkatmu dan para kekasihmu baik Yennefer, Triss, dan yang lain. Terdapat sekitar 36 ending untuk base-gamenya saja. Sementara ekspansinya akan miliki ending yang berbeda-beda pula. Karena setiap pilihanmu di awal permainan akan menentukan endingnya. Maka, kamu wajib menamatkannya berkali-kali dan memilih pilihan yang tepat agar dapatkan ending yang sesuai.

2. Chrono Trigger


Chrono Trigger ini mungkin yang paling unik dari yang lain. Karena meskipun kamu akan disuguhi sekitar 18 ending dalam gamenya, kamu sebenarnya bisa melawan boss terakhir di awal permainan. Itupun jika kamu sanggup, karena bossnya miliki berbagai fase yang cukup sulit untuk ditaklukkan. Saya pribadi ngga nyaranin kamu buat namatin langsung di awal permainan karena terkesan boring banget. Pilihan, cara, dan semua keputusanmu memang sangat berpengaruh di setiap endingnya. Namun hanya satu ending saja yang termasuk good ending. Jadi, selamat berjuang menamatkan gamenya berkali-kali untuk dapatkan semua endingnya.

1. Star Ocean: Second Evolution


Dari sekian banyak game yang ada, Star Ocean: Second Evolution mungkin menjadi game yang bakal paksamu berkali-kali untuk menamatkannya sampai dapat semua endingnya. Bagaimana tidak? Game ini miliki sekitar 100 ending yang berbeda. Terlepas dari pertempuran melawan boss terakhir, setiap endingnya berhubungan dengan hubunganmu dengan karakter lain. Kamu bisa membuat mereka jatuh cinta denganmu atau bersaudara dengan mereka. Semua interaksimu akan mempengaruhi pola pikir karakter lain dalam satu partymu. Game ini merupakan puncak targetmu jika kamu adalah seorang completionist. Namun kamu harus menamatkannya berkali-kali untuk bisa mendapatkan semuanya.


Itulah 13 game yang akan paksamu menamatkannya berkali-kali. Semua butuh perjuangan bahkan meskipun hanya dalam video game. Jadi, kamu yang punya banyak waktu untuk menamatkannya bisa mencobanya sendiri jika ternyata game zaman sekarang cukup membosankan. Apakah ada dari kamu yang miliki rekomendasi game lain yang akan paksamu untuk menamatkannya berkali-kali demi dapatkan endingnya? Cantumin ya di kolom komentar.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]