13 Karakter Video Game dengan Nasib Paling Apes


Follow Us

Pernahkah kamu merasa tidak beruntung? Mungkin mie instan yang baru saja kamu masak jatuh ke lantai saat mau disaring, mungkin gacha-mu ampas baru-baru ini, atau mungkin sosok yang kamu incar hanya membaca pesanmu dan tidak membalas. Apapun itu, kemungkinan besar kamu tidak seapes para karakter game berikut ini. Mungkin hanya sosok fiktif semata, tetapi apabila kamu merasa tidak hoki, selalu katakan dalam hati “seengaknya saya bukan si itu dari game ini.”

Nulis artikel dibayar

Berikut 13 karakter paling apes di video game. Kenapa ada 13? Karena akan tanggung untuk bicara soal karakter apes tanpa membawa angka 13 yang dikenal sebagai “unlucky number”.


1. Leon Kenedy – Resident Evil series

Leon mungkin menjadi karakter terfavorit banyak fans franchise zombie ini, tetapi layaknya seluruh action hero, Leon hadapi banyak pengalaman buruk terlebih dahulu sebelum menjadi sosok sekarang. Pada kemunculan pertamanya yaitu di Resident Evil 2, Leon muda baru saja diputus oleh kekasihnya tak lama setelah lulus dari akademi. Terbawa rasa sakit hati, dia habiskan satu hari hanya tidur dan mabuk-mabukan di motel. Telat kerja di hari pertama, dia bergegas pergi ke Racoon City hanya untuk melihat kota dimana dia ditugaskan telah dipenuhi oleh mayat berjalan. Ini hanya menjadi cobaan yang tidak seberapa dibandingkan apa yang dia hadapi di game keempat dan keenam. Singkatnya ialah, hidup pria satu ini tidak berjalan mulus sama sekali mulai dari hari pertama berkerja.


2. Max Payne – Max Payne Series

Max Payne, sesuai namanya, dihadapi oleh rasa sakit yang maksimum. Istri dan anaknya tewas dibunuh oleh orang asing kemudian tak lama sesudah itu dirinya dituduh telah membunuh rekannya sendiri. Meskipun seluruh hukuman yang dia hadapi dilepas karena hubungannya bersama seorang senator, luka dan trauma yang dia hadapi masih melekat dan mengubah dirinya menjadi sosok yang alkoholik dan pecandu painkiller.

Pada game ketiga, dia tinggalkan New York untuk menjadi penjaga pribadi seorang keluarga kaya di Brazil dengan harapan dapat memulai hidup baru yang lebih damai. Namun tak disangka keputusan ini justru membuat dirinya terdampar dalam posisi yang jauh lebih buruk lagi.


3. Kapten kapal – God of War series

Kratos sebelum God of War (2018) bisa dibilang sebagai karakter brengsek, banyak alasan kenapa tetapi salah satunya ialah karena perlakuannya terhadap karakter tak bernama satu ini. Kapalnya diserang oleh Hydra, gagal mengalahkan monster tersebut, dirinya ditelan hidup-hidup.

Kratos masuk kedalam tubuh Hydra dan bertemu dengan sang kapten. Awalnya dia merasa tenang karena menganggap akan diselamatkan, tetapi ternyata Kratos datang hanya untuk mengambil kunci yang tergantung di lehernya. Setelah mengambil kunci tersebut dia dibiarkan mati. Ini tak jadi satu-satunya pertemuan sang kapten dengan Kratos. Kedua karakter ini nantinya akan dipertemukan beberapa kali bahkan di sekuel, tetapi selalu berakhir dengan ending yang sama – sang kapten mati karena ulah si Ghost of Spartan.


4. Otacon – Metal Gear Solid series

Otacon bisa dibilang sebagai karakter yang apes dan juga pembawa apes di waktu yang sama. Di Sepanjang seri game, dia benar-benar jatuh cinta terhadap 3 karakter wanita yang berbeda, dan ketiga-tiganya pasti mati di pertengahan cerita. Lebih parahnya adalah kematian tersebut disebabkan oleh teman baiknya Snake mau itu secara langsung maupun tidak langsung.


5. Lara Croft – Trilogi reboot Tomb Raider

Meskipun sama-sama digambarkan sebagai karakter wanita yang kuat mau itu di versi original maupun reboot, apa yang dihadapi Lara di trilogi reboot mungkin membuatnya banyak gamer berpikir bagaimana wanita ini masih bisa hidup. Tenggelam, terserek ombang, jatuh dari tebing, terpental oleh ledakan, terjepit bebatuan gua, dikejar serigala, diserang beruang, ditembak, dipukul, dan segala macam cobaan fisik mungkin telah dirasakan oleh wanita satu ini. Walaupun pada akhirnya dia masih hidup dan tidak alami trauma selain dari kematian sang ayah, jumlah rintangan ekstrim yang dihadapi wanita ini cukup untuk mengategorikannya sebagai karakter terapes.


6. Satu keluarga Carmine – Gears of War Series

Berbeda dengan karakter-karakter sebelummya yang satu orang, yang satu ini melibatkan satu keluarga. Memiliki nama belakang ‘Carmine’ seakan menjadi pertanda apabila kamu akan mati tragis di game ini. Mulai dari game pertama hingga sekuelnya, seluruh karakter dengan nama tersebut berakhir tewas dalam perang  dengan luka fisik yang parah mulai dari ditembak sniper, dicekik sampai mati, putus kepala, dan bahkan terpeleset kulit pisang serta mati karena alergi.


7. Isaac Clarke – Dead Space Series

Isaac Clarke hanyalah engineer biasa yang setiap periode tertentu harus melakukan perbaikan rutin pada kapal penambangan luar angkasa. Dengan perkerjaan seperti ini, resiko cedera maupun kegagalan bisa terjadi kapan saja, tetapi takkan pernah disangka jika yang dihadapinya justru kumpulan alien super agresif, bayi lincah serta operasi mata yang punya resiko bakal gerek habis matanya apabila gagal.


8. Miles Upshor – Outlast

Ketika kamu menjadi seorang reporter maupun jurnalis, kamu terkadang harus berani berada di lokasi seekstrim apapun untuk mendapatkan informasi yang dapat disebarkan ke dunia. Inilah mungkin ambisi yang dimiliki Miles Upshur saat mengunjungi rumah sakit jiwa Mount Massive, tetapi dirinya tak tahu apabila bahan beritanya kali ini akan lebih ‘gila’ dari yang dia pikirkan. Tak hanya diserang oleh para pasien disana serta kehilangan dua jarinya, dia tak dapat sebarkan informasi yang dia dapatkan tersebut karena dia kini dikontrol oleh Walride – makhluk halus yang menjadi sumber kegilaan yang ada di rumah sakit tersebut.


9. John Marston – Red Dead Redemption

Kehilangan sosok ayah pada usia 8 tahun, John berusaha hidup sendiri dengan segala cara di tengah kerasnya wild west. Bertemu dengan Dutch, dirinya hidup selama puluhan tahun sebagai outlaw. Jatuh cinta dengan seorang pelacur bernama Abigail, John akhirnya memiliki keluarga lengkap dengan dua anak, tetapi kebahagian tersebut hanya berjalan sebentar.

Keluarganya diculik oleh Edgar Ross dan satu-satunya cara untuk menyelamatkan mereka ialah menuruti permintaannya yaitu musnahkan seluruh gang yang masih berkeliaran di wild west. Jatuh bangun menjalankan semua misi tersebut, yang dia dapatkan hanyalah penghianatan dari sang ketua BOI tersebut. Pada akhirnya John hanya bertemu istri dan anak-anaknya yang dia cintai selama beberapa menit saja sebelum dia memutuskan untuk merelakan dirinya diserbu oleh pasukan dari Ross.


10. Mario – Super Mario Bros Series

Maskot Nintendo ini telah selamatkan tuan putri sebanyak ratusan kali oleh orang yang sama, tetapi hingga sekarang hanya mendapatkan hadiah tak lebih dari sekedar ucapan “terima kasih” atau ciuman di pipi. Tak sekalipun terlintas di pikiran Princess Peach untuk setidaknya menaikkan status pria dengan logat Italia ini untuk menjadi bodyguard atau bahkan pacar.

Pada ending Super Mario Odyssey, setelah Mario lewati ribuan tantangan di 14 dunia dan rasuki ratusan makhluk termaksud si Bowser, satu-satunya yang dia dapatkan hanyalah status friendzone dari sosok yang telah dia selamati selama 3 dekade lebih.


11. Harold – Fallout Series

Pada usia 5 tahun, Harold menyaksikan langsung kepanikan dan keresahan para masyarakat yang bergegas masuk ke Vault untuk berlindung dari bom nuklir yang jatuh. Dia menjadi salah satu yang berhasil masuk kedalam vault, tetapi tidak disangka kehidupannya akan berubah drastis sesudah insiden tersebut.

Singkat cerita, Vault 29 yang dia tempati, layaknya vault lainnya adalah tempat yang menyimpan banyak rahasia kotor. Harold berhasil melarikan diri dari vault dan menjadi pedagang di dunia luar tetapi keberuntugannya tersebut berakhir sama disini. Dia terkena virus FEV yang mutasikan tubuhnya menjadi ghoul, tetapi berbeda dengan ghoul pada umumnya, pohon perlahan tumbuh di tiap bagian tubuhnya dan terus membesar.

Pada Fallout 3, kamu nantinya temukan pohon besar yang dapat berbicara, ia tak lain dan tak bukan adalah Harold yang sepenuhnya berubah menjadi pohon. Karena mutasi FEV, dia kekal meninggal karena usia, satu-satunya cara untuk mati ialah dengan dibunuh. Lone Wanderer – karaktermu di Fallout 3 diberi pilihan untuk mengakhiri hidupnya atau biarkan dia sengsara menjadi pohon yang terjebak di posisi yang sama selamanya.


12. Nathan Drake – Uncharted Series

Nathan Drake pada dasarnya sama seperti Lara Croft. Mungkin sama-sama berhasil di tiap misi yang dilakukan tetapi apa yang harus dihadapi sebelum mencapai keberhasilan tersebut cukup untuk membuat karakter ini dikategorikan sebagai manusia paling apes di video game. Pria satu ini tampaknya lebih sering bergelantungan di bebatuan atau infrastruktur yang mau roboh ketimbang berjalan kaki, dan sekiranya dapat kesempatan untuk berjalan, pasti selalu adau konflik mau itu dikerumuni musuh, dikejar mobil, atau lantai bebatuan tersebut mendadak runtuh.


13. Tiap keturunan Finch – What Remains of Edith Finch

Keluarga Finch bisa dibilang terkena kutukan apes hingga 5 generasi. Seluruh anggota keluarga dipastikan akan mati menggenaskan suatu saat mau itu karena kecerebohan, kecelakaan, atau musibah. Seakan berada dalam kondisi para karakter yang ada di film Final Destination, seluruh anggota keluarga dihantui oleh kutukan ini dan seberapa besar usaha mereka untuk mencoba menghindarinya, ajal selalu menjemput mereka dengan cara yang tidak lazim. Semua orang akan mati tentunya, tetapi “mati tenang” tidak ada dalam kamus keluarga ini.


Tentunya ini tidak semua karakter “apes” yang ada di sepanjang sejarah video game. Ini hanya sebagian dari apa yang terlintas di kepala kami. Siapa saja yang menurutmu harus ditambahkan?


Like it? Share with your friends!