13 Perbedaaan Call of Duty Mobile dan Call of Duty PC/Console

in

Identitas Call of Duty sejatinya memang dimulai dan selamanya ada pada campaign atau misi singleplayer. Namun dengan populernya model multiplayernya dengan pace permainan cepat dan kill/scorestreak rewards yang belum pernah ada, membuat franchise yang seharusnya dimainkan oleh orang dewasa tersebut juga disukai oleh anak di bawah umur. Saking populernya Activision selaku publisher bahkan izinkan kontrak eksklusif dengan Tencent untuk membuat Call of Duty Online versi PC yang hanya ada di China. Mempersulit player dari luar negara tirai bambu tersebut untuk bisa memainkannya karena masalah koneksi.

Dengan berkembangnya teknologi smartphone yang sudah semakin pesat. Maka kesempatan untuk memboyong franchisenya ke mobile menjadi semakin besar. Puncaknya adalah dengan dirilisnya versi mobile oleh Tencent dan Garena. Namun, apakah kamu tahu bahwa sebenarnya versi mobile cukup berbeda dari versi PC maupun consolenya? Berikut 13 perbedaan Call of Duty Mobile dan Call of Duty PC/Console.

13. Match Lebih Pendek


Jika normalnya tiap match multiplayer Call of Duty PC maupun console miliki waktu sekitar 10 menit, maka tidak di Call of Duty Mobile. Skornya yang kecil berkisar 45-50 buat matchnya menjadi cukup pendek. Keseruan yang sedang menggebu terkadang harus putus berkisal 5 menit karena match telah usai. Membuatnya kurang bagi fans setia gamenya.

12. Attachment Tak Perlu Dipasang Lagi

https://www.youtube.com/watch?v=-7HmltXs5zU


Hal menarik yang menurut saya berbeda adalah kamu tak perlu mengubah attachment yang telah kamu pasang saat berganti senjata. Dengan kata lain, jika kamu sudah memasang attachment suppresor di assault lalu menggantinya ke senjata lain, maka kamu tak perlu repot-repot memasangnya lagi. Ini adalah fitur yang menarik dan seharusnya ada di versi PC maupun console. Karena dengan begitu kamu tak perlu membuang banyak waktu untuk memasangnya kembali.

11. Tak Ada Attachment/Equipment Tertentu


Versi mobile dari Call of Duty ini memang sangat berbeda untuk pilihan attachment atau equipment yang disediakan. Meski mengadaptasi semua versi Call of Duty, namun hingga detik ini Tencent tak memunculkan attachment atau equipment seperti grenade launcher atau tube, claymore, atau C4. Sebuah fitur yang menurut sebagian player menjadi sebuah kelegaan. Karena jika salah satu dari ketiganya bisa digunakan dengan baik, maka kamu sebagai musuh akan sangat jengkel. Tapi tentunya kita takkan tahu apakan Tencent akan merilisnya di update selanjutnya.

10. Bot Kalau Match Sepi Player atau Level Rendah


Berbeda dari Call of Duty PC atau console yang takkan perbolehkanmu bermain jika matchmaking tak dapatkan player lain atau masih level rendah. Versi mobile gamenya hadirkan bot untuk menemanimu bermain. Keberadaannya memang sulit dipastikan. Namun jika kamu merasa bahwa musuh yang kamu hadapi sangat mudah dan terlalu bodoh, maka bisa dipastikan itu adalah bot. Beberapa player menyayangkannya, namun pada kenyataannya bot ada untuk player baru yang baru saja main game. Agar mereka bisa mempelajari gamenya dan tetap bertahan karena musuhnya cukup mudah karena gamenya seru untuk dimainkan. Begitu kamu sudah mencapai level yang lumayan tinggi, musuhmu adalah player yang tentunya akan lebih sulit atau justru mudah bagimu tergantung skill mereka masing-masing.

9. Create Class Butuh Grinding Lama


Model bisnis gratis yang disandang oleh Call of Duty Mobile tentu berdampak pada create class yang disandangnya. Jika versi PC atau console-nya hanya membutuhkan untuk menaikkan hingga level 4-5 saja untuk membuka 5 class, maka versi mobile akan butuhkan grinding super lama hanya untuk membukanya. Paksamu untuk menikmati 1-2 custom class yang bisa dibuka di awal permainan dengan cukup mudah. Lalu, apa hubungannya dengan model bisnis gamenya? Kamu bisa membeli XP untuk mempermudahkanmu membukanya di mobile.

8. Tak Bisa Gunakan 2 Primary Weapon


Hal lain yang membuatnya sangat berbeda adalah absennya perk one man army, rifleman, atau sejenis yang mungkinkanmu untuk membawa 2 primary weapon. Kamu masih bisa menggunakan assault dan assault dengan mengambil senjata lain dari musuhmu, namun tidak saat match dimulai. Bagi sebagian orang, mungkin perk tersebut tidak adil karena bisa menggunakan dua senjata utama sekaligus, namun bagi beberapa orang mungkin dengan hilangnya perk tersebut maka mereka tak menemukan keseruan gaya bermainnya sendiri di versi mobile.

7. Setiap Musuh Punya Tanda Merah


Camper menjadi hal yang paling menjengkelkan di game multiplayer. Mereka hanya diam menunggu untuk melumat musuh-musuhnya. Sebuah cara pengecut yang dibenci oleh banyak gamer. Namun rupanya Tencent melihat masalah tersebut dan mengimplementasikan solusinya dengan cukup simple, yakni dengan memberikan tanda merah di tiap musuh. Tanda ini sangat mencolok, sehingga takkan ada orang yang tidak tahu jika kamu tengah bersembunyi di balik rerumputan atau sudut gelap. Semuanya keliatan!

6. Ada Pre-Match

https://www.youtube.com/watch?v=FwYmiwwcYKM


Jika normalnya Call of Duty hanya akan langsung main dan tak perlu menunggu lama. Maka versi mobile tidak seperti itu. Tencent dan TiMi berikan pre-match agar jumlah player tetap seimbang atau sekedar untuk melatih aimmu. Memang, hal tersebut membuatnya sedikit membosankan karena harus menunggu player lain datang dan siap, namun ide kecil ini sebenarnya dibutuhkan untuk seri normalnya. Hal ini disebabkan karena kamu bisa mengecek semua settingmu seperti apakah kustomisasi senjatamu sudah nyaman hingga sensitivitas yang mungkin sedang kamu sesuaikan karena belum kamu setting.

5. 20 Kill untuk Nuke

https://www.youtube.com/watch?v=aH4NghLvb7Y


Nuke, MOAB, atau KEM merupakan kill/scorestreak dengan kebutuhan kill 25 kill (30 kill untuk Reboot). Streak ini adalah bonus yang tak bisa disetting sama sekali di Modern Warfare Reboot, 3, Online, dan Ghosts. Sementara Modern Warfare 2 bisa. Versi Reboot, Online, dan 2 akan mampu menyelesaikan match langsung dan memenangkan tim yang mengeluarkannya. Sementara yang lain tidak.



Namun untuk Mobile, kamu hanya membutuhkan 20 kill saja untuk mengeluarkannya. Ia akan menyapu bersih semua musuhmu ketika dikeluarkan. Sayangnya, efek insta-win yang ada di beberapa seri PC atau consolenya tidak diimplementasikan.

4. Drop Scavenger Berwarna Hijau

Perk scavenger adalah perk yang akan mampu membuatmu mengisi pelurumu setelah membunuh beberapa player musuh. Dalam versi normalnya kamu akan bisa melihat tas yang berada di atas mayat musuh setelah kamu membunuhnya. Sementara versi mobile, kamu akan melihat lampu berwarna hijau yang menandakan bahwa itu adalah drop amunisi dari perk scavengermu. Mengingatkan saya pada drop zombie di game orisinalnya.

3. Bisa Gunakan Skin ke Granat/Kendaraan

Bagi kamu yang suka dengan kustomisasi atau skin, maka mungkin fitur ini bisa memuaskanmu. Karena hanya di versi mobile saja kamu bisa mengganti skin granat atau kendaraan. Selebihnya tidak sama sekali. Versi PC dan console tak memberikannya karena setelah kamu membeli gamenya maka kamu tak perlu membeli beberapa skin tersebut. Namun tidak untuk mobile yang dari awal sudah digratiskan untuk memainkannya. Tencent membutuhkan uang untuk menjaga servernya tetap berjalan.

2. Bisa Main Map yang Diinginkan


Fitur yang satu ini mungkin yang tak pernah ada di versi PC dan console. Memilih map tertentu untuk memainkan Call of Duty Mobile mungkin adalah fitur yang bakal buat player console dan PC iri. Karena dengan begitu kamu akan bisa terus berlatih untuk fokus melihat beberapa sudut map yang didesain dengan sangat baik. Kamu bisa mengasah terus skillmu agar bisa menguasai map dan memanfaatkan setiap tempatnya untuk flanking atau strategi tempurmu yang lain.

1. Tidak Ada Singleplayer Campaign


Jika kita ingat Call of Duty tentu ingat Campaign atau misi singleplayer yang menjadi ciri khasnya. Bukan Call of Duty namanya kalau tidak ada singleplayer. Karena melalui itulah Activision dan Infinity Ward sebagai tim developer utama memulai dan membentuk franchisenya. Oleh karenanya pula banyak fans yang kecewa saat Black Ops 4 hadir tanpa campaign sama sekali. Versi mobile sayangnya hanya muncul untuk meramaikan mode multiplayernya. Berikanmu keseruan untuk menikmati pace permainan cepat yang mungkin belum kamu rasakan karena terlalu sering memainkan versi bajakan gamenya di PC atau console.

Sementara, kamu yang belum pernah memainkan singleplayer gamenya dan hanya tahu gamenya dari mobile, nampaknya masih perlu tahu banyak tentang identitas Call of Duty melalui misinya di PC atau console.


Itulah 13 perbedaan antara Call of Duty Mobile dan PC atau console. Manakah yang menjadi favoritmu? Atau mungkin kamu jadi ingin memainkan versi PC atau consolenya setelah membaca artikel ini? Cantumin semuanya di komentar ya. Ingin artikel seperti ini lagi? Mungkin kamu bisa mengunjungi G|List untuk membaca artikel unik kami yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]