13 Soundtrack Video Game yang Buat Momen Boss Battle Jadi Lebih Epic

in ,

Video game zaman now pasti memiliki sederetan musik maupun soundtrack didalamnya. Mulai dari sekedar musik untuk menu utama game, kemudian musik yang menemanimu saat menjelajah dalam game, hingga musik yang mendampingimu saat dalam pertarungan. Namun satu hal yang menarik yang perlu kamu ketahui adalah musik dalam video game didesain sedemikian rupa agar kamu bisa menikmati soundtrack tersebut dan tetap bisa fokus dalam permainan.

Dalam game-game bergenre seperti Action, Adventure, dan terutama game RPG, cenderung memiliki boss battle atau pertarungan melawan sesosok boss didalamnya. Mulai dari boss-boss awal yang cenderung mudah dikalahkan, hingga boss-boss akhir maupun hidden boss yang terkadang bisa membuatmu kewalahan melawan mereka, dan tidak jarang juga masing-masing boss tersebut memiliki soundtracknya sendiri.

Soundtrack yang dibuat khusus boss battle biasanya memberikan iringan musik yang seakan-akan memberikan rasa seperti ‘pertarungan yang kamu hadapi akan sulit, namun kamu masih memiliki harapan untuk menang’ atau ‘kamu sudah sampai sejauh ini, jangan menyerah’. Tak jarang juga soundtrack boss battle secara tidak langsung mewakili kepribadian atau bahkan masa lalu sang boss yang sedang kamu hadapi, sehingga terselip juga cerita didalam soundtrack-soundtrack tersebut.

Soundtrack-soundtrack tersebut pastinya membuat pertarungan tidak monoton dan memberikanmu motivasi untuk terus berjuang. Maka dari itu, berikut ini deretan soundtrack video game yang bikin momen boss battle jadi lebih epic versi Gamebrott.

Penulis juga sertakan video dari YouTube jika kalian tertarik mendengarkannya. Gunakan Earphone ataupun Headphone biar feel musiknya makin terasa.


1. Persona 3 – The Battle for Everyone’s Souls

Beyond the beaten path lies the absolute end. It matters not who you are… Death awaits you.

—Nyx Avatar

Game Persona 3 bisa dikatakan menjadi pelopor kepopuleran serial Persona. Rilis pada tahun 2006 (2007 untuk diluar Jepang), game RPG garapan Atlus ini memiliki sederetan Soundtrack keren yang digarap oleh komposer berbakat bernama Shoji Meguro. Jika bisa dijelaskan dengan kata-kata, atmosfir permainan yang cenderung ‘gelap’ dalam Persona 3 ini menghadirkan iringan musik-musik yang mewakili rasa depresi, ketakutan, namun tetap berusaha tegar.

Salah satu Boss Battle terakhir dalam Persona 3 adalah melawan manifestasi dari kiamat dunia yang bernama Nyx Avatar. Iringan soundtrack berjudul The Battle for Everyone’s Souls yang menjadi soundtrack khusus untuk Nyx Avatar, serta sisipan monolog yang dilakukan oleh sang boss sepanjang pertarungan, membuat boss battle ini tentunya menjadi lebih berkesan dan mungkin menjadi salah satu boss battle terbaik di masanya.


2. Shadow of the Colossus – The Opened Way

 

Shadow of the Colossus hadir menjadi salah satu game fenomenal untuk platform PS2 pada zamannya. Game dimana kamu melawan 16 mahluk berukuran besar (Colossus) demi menyelamatkan nyawa seorang gadis ini mungkin memberikan mekanisme permainan yang terbilang unik, yaitu memanjat tubuh sang Colossus dan menusuk mereka pada titik kelemahannya.

Game yang digarap oleh Team Ico ini memiliki deretan soundtrack yang tentunya membuat pertarungan melawan para Colossus tersebut jadi tidak monoton. Salah satunya yang cukup berkesan buat penulis adalah soundtracknya yang berjudul The Opened Way, dimana musik ini dimainkan pada beberapa Colossus, termasuk Colossus yang pertama. Namun momen saat kamu melawan sang Colossus untuk pertama kalinya dan musik ini diputar, seakan mengatakan bahwa perjuanganmu dimulai.


3. DOOM (2016) – Mastermind

They are rage, brutal, without mercy. But you. You will be worse. Rip and tear, until it is done.

—Seraphim(?)

DOOM merupakan game FPS yang membuatmu bertempur melawan pasukan setan dari neraka. Namun satu hal yang identik bahkan sejak DOOM klasik pada tahun 1993 adalah iringan musik metalnya yang membuat game ini serasa menjadi game simulasi pembantaian setan.

Reboot DOOM pada tahun 2016 tentunya hadir lebih keren lagi. id Software bersama komposer Mick Gordon menghadirkan deretan soundtrack bergenre Metal yang makin membuatmu semangat dalam membantai setan, seperti BFG Division dan Rip & Tear misalnya. Namun salah satu soundtrack yang berjudul Mastermind juga nggak kalah keren dari soundtrack lainnya. Soundtrack yang juga mewakili nama dari final boss fight game DOOM yang berupa setan berbadan laba-laba ini pastinya bikin kamu nggak segan-segan untuk menghabisinya. Kamu mungkin bisa memutar soundtrack satu ini jika ingin membasmi laba-laba yang bersarang di rumahmu.


4. NieR: Automata – A Beautiful Song

https://youtu.be/YMKskuvJTcs

Is this a curse? Or some kind of punishment? I often think about the god who blessed us with this cryptic puzzle… and wonder if we’ll ever get the chance to kill him.

—2B

NieR: Automata garapan Platinum Games bisa dikatakan menjadi salah satu game fenomenal untuk zaman ini. Mengusung tema Action-RPG, game ini menghadirkan narasi cerita yang kompleks dan emosional, serta bokong sang protagonis yang cenderung jadi fantasi banyak mahluk cabul dimuka bumi ini. Namun satu hal yang pasti dari game ini adalah hadirnya deretan soundtrack keren berkat kerjasama dengan Square Enix. Game ini bahkan memenangkan penghargaan Best Score/Music pada The Game Awards 2017.

Salah satu boss battle pada awal permainan yang akan kamu lawan memiliki soundtracknya sendiri yang berjudul A Beautiful Song. Selain membuat pertarungan jadi lebih terasa menegangkan, kamu mungkin secara tidak langsung akan merasakan kesengsaraan yang dialami oleh sang boss, dimana kamu dapat mendalami kisahnya melalui interaksi dengan berbagai karakter dalam game. Dan satu hal lainnya adalah saat memasuki mode hacking, lagu tersebut (dan juga lagu lainnya) akan berubah jadi versi suara 8-bit.


5. Persona 4 Golden – I’ll Face Myself -Reincarnation-

https://youtu.be/u45xnDqPA-c

You’re going to make new memories with me, right?

—Marie

Jika game Persona 3 menghadirkan suasana dan atmosfir yang ‘gelap’, dalam game Persona 4 kegelapan tersebut berubah menjadi ‘terang’ yang menyilaukan. Hal ini tentu bisa dilihat dari deretan Soundtrack yang juga digarap oleh Shoji Meguro, dimana musik-musik yang dihasilkan untuk game Persona 4 ini mewakili perasaan-perasan ceria, kebersamaan, kebenaran dan kepercayaan diri.

Pada Persona 4 Golden yang hadir khusus PS Vita, Atlus menambahkan elemen gameplay baru dan karakter penting baru bernama Marie beserta dengan alur cerita yang berhubungan dengannya. Soundtrack yang berjudul I’ll Face Myself versi Reincarnation dibuat khusus untuk boss battle Marie. Berbeda dengan versi originalnya pada Persona 4, versi Reincarnation ini memiliki iringan instrumental piano dan biola, seolah berkata bahwa pertarungan tersebut harus dilakukan demi menyelamatkan Marie dari keinginannya untuk mengorbankan dirinya sendiri demi ‘menyelamatkan manusia’. Versi Reincarnation ini juga disematkan saat melawan Shadow Mitsuo pada Persona 4 The Animation.


6. Dust An Elysian Tail – Let’s End This

Just mash some buttons or something.

—Fidget

Dust An Elysian Tail mungkin terdengar asing bagimu, karena game ini memang game indie yang kurang populer saat perilisannya. Namun seiring berjalannya waktu, begitu banyak orang yang memberikan nilai nyaris sempurna untuk game ini, yang secara tak langsung juga membuatnya tambah populer. Side Scroller dengan mekanisme pertarungan yang sangat keren dan mudah dipahami, dibalut dalam alur cerita yang emosional penuh dengan karaker-karakter yang berkesan, menjadikannya salah satu game yang membuat penulis tertarik untuk menjelajahi game-game indie.

Game ini juga memiliki deretan soundtrack yang nggak kalah keren dengan soundtrack-soundtrack buatan game AAA. Salah satu soundtrack terbaiknya berada pada pertarungan terakhir melawan boss yang sempat memiliki masa lalu dengan sang protagonis. Soundtrack dengan judul Let’s End This ini tentunya membuat pertarungan terakhirnya lebih berkesan dan menyisakan sebuah kenangan yang spesial untuk sebuah game indie.


7. Final Fantasy XV – Apocalypsis Noctis / Aquarius

https://youtu.be/UGq5KNZxz7A

Coba kau pikirkan, coba kau renungkan, apa yang kau inginkan telah aku lakukan…

—Andika ‘Noctis’ Kangen Band

Disebut-sebut membutuhkan 10 tahun pengerjaannya, Final Fantasy XV garapan Square Enix memang menghadirkan game yang mendobrak jauh tampilan grafis dari game-game Final Fantasy sebelumnya. Salah satu hal yang menjadikan Final Fantasy menjadi serial game RPG yang ikonik adalah hadirnya soundtrack-soundtrack indah nan menggugah yang mendampingimu dalam menjelajah. Dibawah naungan Yoko Shimomura, Final Fantasy XV juga memiliki sederetan soundtrack yang nggak kalah keren.

Apocalypsis Noctis dan Apocalypsis Aquarius menjadi salah satunya. Kedua soundtrack tersebut diputar saat sang karakter utama Noctis harus melawan dua dari enam Astral (dewa) untuk mengetes apakah dirinya layak menjadi penyelamat dari kegelapan, dan mendapatkan sebagian dari kemampuan mereka. Apocalypsis Noctis diputar saat melawan Titan dan Apocalypsis Aquarius diputar saat melawan Levithan, membuat kedua rangkaian boss fight ini menjadi lebih epic dan sedikit memperlihatkan tekad dan perjuangan Noctis dibalik kepribadiannya yang diselimuti oleh keraguan.


8. Ace Combat Zero: The Belkan War – Zero

https://youtu.be/vGjwXI0n5-I

Those who survive a long time on the battelfield start to think they’re invincible. I bet you do, too, buddy.

—Pixy

Serial Ace Combat garapan Bandai Namco Games mungkin menjadi salah satu serial ikonik yang pernah ada untuk platform konsol PS2. Kamu mungkin mengenal atau pernah memainkan salah satunya yang berjudul Ace Combat Zero: The Belkan War. Walau memang alur cerita yang dihadirkan pada Ace Combat 4 dan 5 masih lebih berkesan, Ace Combat Zero menghadirkan final boss fight yang cukup membekas bagi penulis.

Diiringi musik yang juga berjudul Zero, player (Cipher) akan melawan sosok Pixy yang pernah terbang berdampingan dan menjalani misi bersama di tim Galm. Soundtrack yang mengiringinya tersebut seakan mewakili keinginan Pixy yang ingin meluncurkan misil nuklir demi menghancurkan dunia yang menurutnya sudah bobrok dan ‘meresetnya’ dari awal untuk generasi mendatang. Misi yang sangat berkesan ini bahkan sering direka ulang pada serial Ace Combat berikutnya oleh para fans, beserta dengan soundtrack Zero.


9. Persona 5 – Blooming Villain

https://youtu.be/hYMRJghFRBE

Let’s do this fair and square!

—Shadow Sae

Tidak bisa dipungkiri bahwa serial Persona memang selalu bisa menghadirkan deretan soundtrack-soundtrack yang keren. Shoji Meguro lagi-lagi bisa diandalkan untuk menggarap musik-musik untuk Persona 5, dimana kali ini musik-musik yang dihadirkannya mewakili cita rasa groovy, classy dan jazzy, dibalik temanya yang mengusung keadilan antara kebaikan dan kejahatan.

Soundtrack Life Will Change dan Last Surprise dalam Persona 5 mungkin menjadi soundtrack yang paling populer dan sering dijadikan bahan meme. Namun soundtrack boss battle yang berjudul Blooming Villain tentu memiliki kesan tersendiri dalam permainannya. Musik yang dibuka dengan alunan musik elektronik, yang seolah-olah mengatakan bahwa boss yang kamu hadapi akan sulit, namun tak berapa lama kemudian musik tersebut berganti menjadi alunan istrumental gitar yang secara tak langsung mengatakan ‘ini saatnya untuk membalikkan keadaan’. Benar-benar salah satu soundtrack boss battle terbaik yang pernah penulis dengarkan.


10. Final Fantasy XV – Hellfire

https://youtu.be/L6TycTt7DzY

Out of the frying pan, dot dot dot?

—Prompto

Masih dari Final Fantasy XV, Noctis akan kembali melawan sesosok Astral bernama Ifrit sebelum melawan boss terakhir. Ifrit diketahui sebagai Astral yang paling berbahaya karena sejarahnya yang kelam dalam mengkhianati astral lainnya. Berbeda dengan dua astral sebelumnya yang memiliki soundtrack serupa, Ifrit memiliki soundtracknya sendiri yang berjudul Hellfire, sesuai dengan desain dan kemampuannya yang banyak menggunakan api.

Hellfire memiliki 3 fase, dimana soundtrack tersebut juga akan menyesuaikan dengan 3 fase dalam pertarungan melawan Ifrit. Dua fase pertama memiliki musik orkestra yang seolah-olah memperlihatkan kengerian Ifrit, dan fase ketiga berubah menjadi musik yang seakan menandakan sudah saatnya untuk membalikkan keadaan. Pertarungan ini tentunya menjadi salah satu pertarungan terbaik dalam serial Final Fantasy.


11. The Last Remnant – Reversal

https://youtu.be/VLIcPh8daBg

Remnants may bring suffering, but I will live with it, just as my father did.

—David Nassau

The Last Remnant bisa dikatakan sebagai mutiara yang tersembunyi dari game-game garapan Square Enix. Memiliki banyak kendala seperti bug dan tidak optimal saat perilisannya membuat game ini menerima mixed review dan kurang begitu populer. Setahun kemudian muncul versi PC nya yang sudah diperbaiki serta lebih optimal, dan awal bulan Desember mendatang, The Last Remnant versi remaster akan hadir untuk PS4. The Last Remnant jadi salah satu game RPG dengan sistem battle terunik yang pernah penulis mainkan.

Untuk game satu ini pun Square Enix tetap bisa menghadirkan deretan soundtrack berkualitas, salah satunya yang berjudul Reversal jadi salah satu soundtrack terkeren dalam The Last Remnant. Pasalnya, soundtrack ini benar-benar hanya diputar ketika player berada dalam status low morale, namun berhasil memutarbalikkan keadaan saat melawan boss, mini boss atau lawan yang cenderung sulit dikalahkan. Soundtrack ini benar-benar memberikan secercah harapan dalam keputusasaan.


12. NieR: Automata – The End of YoRHa

Do you have any interest in helping the weak?

—Pod 042

Masih dari game NieR: Automata, salah satu soundtrack mungkin yang bikin emosional berada pada rangkaian final boss pada True Ending. NieR: Automata memang terkenal akan narasinya yang kompleks dan nggak terduga, karena kamu perlu menyelesaikan game ini dua kali dari perspektif karakter yang berbeda dan melanjutkan cerita untuk mendapatkan True Ending.

Kamu mungkin berpikir bahwa pertarungan antara 9S dan A2 menjadi pertarungan terakhir dalan NieR: Automata, namun jika kamu menerima permintaan Pod 153 saat credit berlangsung, layar credit akan menjadi error dan terjadi monolog antara Pod 153 dan Pod 042. Jika kamu memilih ingin bertahan, maka kamu akan dibawa ke rangkaian True Ending yang berisi pertarungan bullet hell melawan credit para staff Platinum Games dan Square Enix. Namun yang menjadikan pertarungan terakhir ini emosional adalah ketika pertarungan semakin sulit, kamu akan diberi kesempatan untuk mendapatkan bantuan dari data save pemain lainnya.

Namun ketika data save yang membantumu hancur, maka data save tersebut akan hilang untuk selamanya. Iringan soundtrack yang juga berjudul The End of YoRHa juga justru membuat pertarungan terasa berat karena ada orang-orang yang merelakan data savenya untuk kamu memenangkan pertarungan terakhir ini. Dan disaat pertarungan berakhir, kamu akan menonton rangkaian cutscene terakhir, kemudian kamu juga akan diberi pilihan apakah ingin mengorbankan data save milikmu tersebut demi membantu pemain lainnya untuk menghadapi rangkaian pertarungan True Ending.


13. Undertale – Megalovania

It’s a beautiful day outside, birds are singing, flowers are blooming… on days like this, kids like you…

—Sans

Undertale merupakan game indie bertemakan RPG dengan grafis pixel yang sempat fenomenal di rana Internet. Game yang sebagian besar dikerjakan sendirian oleh tobyfox ini mungkin sekilas terlihat seperti game murahan dengan kualitas mediocre. Penulis sendiri sempat berpikir demikian, namun setelah mencoba memainkannya, ternyata Undertale menyajikan elemen permainan yang lebih kompleks serta alur cerita yang sangat emosional.

Undertale juga memiliki deretan soundtrack-soundtrack yang enak didengarkan, mulai dari alunan melodi instrumental hingga melodi versi 8-bit akan menemanimu berpetualang dalam dunia Undertale. Namun satu soundtrack yang benar-benar epic dari game Undertale adalah Megalovania, soundtrack yang hanya akan diputar saat kamu melawan karakter bernama Sans dalam rute Genocide. Pertarungan melawan Sans ini mungkin menjadi salah satu boss fight tersulit yang pernah ada dan soundtrack tersebut benar-benar membuat pertarungan jadi lebih epic. Music Megalovania mungkin sering kamu dengarkan dalam berbagai meme.


Inilah beberapa musik dan soundtrack yang berkesan bagi penulis saat melawan para boss yang memiliki cerita sendiri dibalik perannya sebagai sosok yang harus kita lawan. Tentu beberapa soundtrack yang telah penulis sebutkan hanya segelintir dari berbagai macam musik yang bikin boss battle tambah epic. Dan kamu yang punya soundtrack favorit tersendiri selama bermain video game, boleh banget kamu bagikan dan diskusikan di bagian komentar!

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via author@gamebrott.com