14 Game MMORPG yang Wajib Dimainkan dan Dinanti Tahun 2019


Follow Us

2018 telah berakhir dan 2019 sudah menjadi awal dari segalanya, beberapa game AAA memang terus dirilis setiap tahunnya, namun tidak dengan game MMORPG atau Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Game bergenre ini sangat kompleks dibanding game sekelas Red Dead Redemption sekalipun. Meski terlihat simple, namun terdapat banyak sekali hal yang wajib diperhatikan developer agar gamenya tetap fresh setiap tahunnya. Lalu, bagaimana dengan tahun 2019? Adakah game MMORPG yang wajib dimainkan untuk mengisi kekosonganmu atau mungkin sekedar menunggu tahun 2019? Berikut listnya.

Nulis artikel dibayar
Disclaimer: List ini hanya game PC dan terbagi atas dua kategori: Dinanti dan Wajib Dimainkan. Tak semua game yang tercantum merupakan game baru untuk kategori Wajib Dimainkan. 

Dinanti

14. Ascent: Infinite Realm (In Development)


Dibuat oleh Bluehole, studio yang juga mengembangkan TERA dan PUBG PC, Ascent: Infinite Realm janjikan pertempuran angkasa dengan teknologi mesin uap dan pesawat uapnya. Kamu akan bisa bertempur di peperangan epik melawan player lain melalui fitur realm battle yang terjadi di beberapa saat tertentu. Saat ini gamenya masih dalam tahap pengembangan dan belum miliki tanggal rilis sama sekali. Namun banyak yang menantikannya tahun ini.

13. Ashes of Creation (Pre-Alpha)


Ashes of Creation tawarkan dunia luas yang sangat kompleks. Game yang dibuat oleh para veteran MMORPG ini akan hadirkan banyak ras dan kombinasinya, Guild vs Guild PvP, membangun desa hingga mengubahnya menjadi kota, mungkinkanmu untuk menjadi walikota hingga monster. Ia saat ini masih dalam versi alpha dengan fitur utama Arena Battle Royale dan Castle Siege Mode. Developernya, Interpid Studios berencana untuk merilisnya sebelum tahun 2020 dengan model bisnis pay per subscription yakni sebesar $15/bulan.

12. Chronicles of Elyria (Playable by Buying – In Development)


Jika game MMORPG miliki quest yang didesain sama untuk tiap player, maka tidak di Chronicles of Elyria. Ia miliki quest yang sangat unik bagi setiap playernya. Kamu akan menjadi salah satu bagian dari keluarga NPC untuk membuktikan dirimu di mata dunia. Game ini miliki realisme layaknya dunia nyata untuk masalah sumber daya, umur player, dan lingkungan yang bisa dihancurkan. Ya, kamu ngga salah denger, kamu bisa tua dan mati di gamenya yang kemudian dilanjutkan ke generasimu selanjutnya. Developernya, Soulbound Studios berencana untuk tidak berikan elemen grinding seperti game MMORPG kebanyakan. Mereka juga ingin agar kamu sebagai player bisa menikmati sesuatu yang berbeda setiap login ke dalam gamenya.

BACA JUGA  Seorang Modder Ciptakan Mod yang Buat Mr.X Bisa Dimainkan di Resident Evil 2 Remake

11. Crowfall (Beta Early Access)


Pernah berpikir untuk menjadi salah satu orang yang tercatat namanya dalam sejarah dunia MMORPG? Jika ya, maka Crowfall mungkin yang menjadi jawabannya. Game ini mungkinkanmu untuk membuat kerajaanmu sendiri. Layaknya hidup di dunia nyata, kamu akan bisa mengeksplorasi dunianya yang luas dan belum terjamah untuk kamu klaim dan jadikan sebuah peradaban. Semua yang kamu lakukan akan berpengaruh pada dunianya, jadi kamu harus berhati-hati untuk mengambil setiap keputusan. Saat ini gamenya masih dalam masa beta early access, kamu bisa mengunjungi websitenya untuk informasi lebih lanjut.

10. Lost Ark (Released – Korea, TBA – English Ver)


Lost Ark menjadi salah satu game top-down Action MMORPG yang dinanti perilisannya di seluruh dunia. Game buatan Smilegate ini fokus pada kustomisasi dan cerita dengan lebih dari dua puluh kustomisasi yang bisa dipilih baik visual karakter maupun skill. Saat ini gamenya hanya tersedia di Korea Selatan saja dan kemungkinan akan dirilis tahun 2019 untuk versi Inggris dan negara barat.

9. Project TL/The LineAge (In Development)


Diumumkan pertamakali dengan nama LineAge Eternal, NCSoft menamai ulang proyeknya tersebut menjadi Project TL, TL yang dimaksud adalah The LineAge. Usung top-down Action MMORPG, TL akan hadirkan pertempuran layaknya Diablo 3 dengan lingkungan yang bisa dihancurkan. Ia juga nampaknya akan hadirkan peperangan besar antar clan.

 

Wajib Dimainkan

8. Maplestory 2 (Free to Play, IP Block)


Sejak menghilangnya game imut sekelas Seal Online di mata dunia, mungkin Maplestory 2 menjadi salah satu “penerus” keimutan tersebut. Gamenya hadirkan action combat yang lucu dan tak begitu menonjol seperti game action MMORPG lain. Artnya yang terinspirasi dengan anime, berikan kustomisasi karakter yang di luar dugaan lebih unik dari yang diduga. Saat ini gamenya bisa dimainkan tanpa dipungut biaya sepeserpun oleh semua player. Sayangnya ia berlakukan IP Block bagi kamu yang memainkannya di luar Amerika dan Eropa.

7. Blade & Soul (Free to Play)


Fokus pada cerita, Blade & Soul merupakan salah satu game MMORPG gratis pertama dari Korea Selatan yang mengadaptasi sistem action dan open-world dalam waktu bersamaan saat dirilis. Didesain oleh beberapa orang yang juga mengerjakan Magna Carta, Blade & Soul tawarkan cerita sekelas game berbayar lainnya yang wajib kamu ikuti. Saat ini gamenya telah dirilis dan bisa dimainkan baik di Amerika, Eropa, dan Asia.

BACA JUGA  Ide Game Battle Royale Apex Legends Ternyata Bukan Berasal dari EA

6. Boundless (Buy to Play)


Game sandbox MMORPG yang satu ini hadirkan tema yang mirip dengan Minecraft. Dirilis dengan dunianya yang procedurally generated atau digenerasikan otomatis secara acak, Boundless mungkinkanmu untuk membangun kerajaan bersama teman-temanmu. Kamu bisa menjadi apa saja dalam dunianya, mulai pemburu hingga ahli bangunan. Saat ini gamenya telah dirilis di Steam dan bisa kamu beli dengan harga 380 ribu rupiah saja.

5. Black Desert Online (Buy to Play)


Menjadi game setelah masa kejayaan Blade & Soul, Black Desert Online seolah sempurnakan sistem action combat game action MMORPG yang telah ada di pasaran. Dengan combo layaknya game fighting, kamu akan bisa lakukan skill-skill unik jika kamu menekan tombolnya dengan benar. Selain combo, character creation game buatan Pearl Abyss ini merupakan character creation terbaik yang pernah ada di game MMORPG. Meski sistemnya dibatasi di beberapa titik tertentu, namun kamu akan mampu membuat karakter sesuai keinginanmu, mulai dari wajah, hidung, mata, hingga bentuk tubuh bisa dimanipulasi sesuka hati. Kamu juga bisa membagikan preset karaktermu hanya dengan melakukan copy paste filenya saja. Saat ini gamenya telah tersedia di Amerika, Eropa, dan Asia termasuk Asia Tenggara.

4. The Elder Scrolls Online (Buy to Play)


Fus ro dah! Mungkin jadi sihir ikonik dari Skyrim, namun hal tersebut mungkin takkan terjadi di game online Bethesda yang satu ini. Usung model bisnis pay-to-play, ia akan paksamu untuk membelinya sekali dan memainkannya selamanya. Namun, Bethesda rupanya juga angkat model bisnis premium bernama ESO Plus. Berikanmu akses DLC, XP boost, dan yang lain. Dengan model battle action combat, gamenya berikan sistem class yang unik. Mungkinkanmu untuk menggunakan class tergilamu.

3. Guild Wars 2 (Free -> Pay Once)


Dari sekian banyak game MMORPG berbayar, Guild Wars 2 mungkin merupakan game MMORPG dengan sistem trial yang cukup gila. Ia tawarkanmu untuk mainkan gamenya gratis dari awal hingga kisah akhir base-game menuju ekspansi pertamanya, tentunya dengan berbagai keterbatasan yang ditawarkan. Sama seperti game MMORPG berbayar lain, kamu akan bisa mendapatkan banyak opsi untuk mendapatkan EXP. Tak cuma grinding, kamu juga bisa dapat EXP dari kegiatan lain seperti mengeksplorasi dunianya dan yang lain. Game yang juga fokus pada cerita ini bawa model bisnis campuran free-to-play dan buy to play yang hanya berikanmu item kosmetik saja untuk membuat tampilan karaktermu lebih keren lagi. Ia juga tawarkan perang kolosal antar server yang super seru, buatmu menyesal kenapa tidak memainkannya lebih dulu daripada harus berkutat pada game Korea yang ada saat ini.

BACA JUGA  6 Games Android Untuk Hari Valentine Yang Bisa Dimainkan Bersama Pasanganmu

2. Final Fantasy XIV Online (Free -> Buy/Pay per Subscription)


Adaptasi beberapa sistem dari Final Fantasy XII, Square-Enix hadirkan pengalaman bermain MMORPG yang berbeda dari yang lain karena sangat fokus pada cerita dan dunianya, Eorzea. Dua ekspansinya yang saat ini telah ditambahkan memperluas dunianya semakin luas. Terlebih dengan kehadiran ekspansi lain yang segera mereka tambahkan tahun ini, Shadowbringers yang tentunya akan paksa player kembali dan menambah keseruan gamenya. Fokus mereka pada cerita buat developer tambahkan berbagai konten baik cerita utama maupun side-quest. Kamu yang penasaran dengan gamenya bisa memainkannya dengan percuma hingga level 30 saja tanpa dibatasi waktu, yang berarti kamu bisa memainkan gamenya selamanya namun terbatas level maksimal 30. Progressmu akan berlanjut saat kamu membeli gamenya. Kamu juga bisa memainkan Final Fantasy XIV bersama user PlayStation 4 dalam satu server.

1. World of Warcraft (Free Trial -> Buy/Pay per Subscription)


Siapa tak kenal World of Warcraft? Game buatan Blizzard yang dirilis tahun 2004 silam ini tetap merajai game MMORPG yang wajib kamu mainkan tahun ini, terlebih dengan ekspansi terbarunya, Battle for Azeroth. Ia juga merupakan salah satu game MMORPG yang sangat fokus akan cerita. Diawali dengan konflik simple ras manusia melawan Orc, gamenya akan bawamu untuk menikmati cerita konflik antar ras lain yang lebih kompleks lagi. Meski masih gunakan sistem pertempuran lawas yakni point to click atau tap targetting, namun tak bisa dipungkiri bahwa ia merupakan salah satu game dengan jumlah player terbanyak dan berada pada strata teratas game MMORPG. Kamu bisa mencoba memainkannya dengan percuma sampai akhirnya membeli ekspansi yang Blizzard tawarkan.

Itulah 14 game MMORPG yang wajib kamu nanti dan mainkan tahun 2019. Adakah list yang tak masuk penjelasan kami? Mungkin kamu bisa menambahkannya di komentar. Kamu bisa membaca lebih lanjut artikel serupa seperti game PC gratis yang wajib dimainkan tahun 2019 atau mungkin artikel lainnya.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+