14 Mitos Rakit PC Gaming yang Sering Disalahpahami oleh Gamer

Mitos Rakit Pc Gaming Tahun 2023

Mitos Rakit PC – Bukan rahasia umum kalau aktivitas rakit PC merupakan sebuah kegiatan yang mengasyikkan. Biasanya aktivitas ini menandakan seseorang akan menjadi gamer seutuhnya karena pemilihan komponen yang digunakan pasti membutuhkan riset lebih mendalam, entah dari para suhu, maupun dari komunitas.

Sayangnya, ada bermacam mitos di dunia rakit-merakit PC yang seolah menghantui para awam dan gamer, menyurutkan minat mereka saat akan merakit PC yang mereka butuhkan untuk menunjang produktivitas.

Ditambah fakta di mana mereka yang ingin merakit PC haruslah memiliki pemahaman dasar tentang komputer, membuat segelintir orang menjadi ketakutan dan tidak jadi merakit karena tidak mau repot dan kesulitan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan ajakmu untuk membongkar beberapa mitos rakit PC gaming yang sering disalahpahami oleh para gamer di luar sana.

Mitos Rakit PC Gaming yang Sering Disalahpahami oleh Gamer

Memiliki gaming PC untuk bermacam kebutuhan

Inilah beberapa mitos rakit PC gaming yang sering disalahpahami oleh para gamer.

1. Ingin Performa Terbaik? Wajib Gunakan Komponen Termahal!

Komponen termahal untuk menunjang produktivitas

Kalau kebutuhan kalian hanya sekadar browsing internet, menonton anime favorit, atau sekadar mengerjakan tugas, rakitan sekian juta pun sudah bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut. Alhasil, gunakan komponen termahal pun tidak akan memberikan peningkatan produktivitas jutaan persen kalau toh aktivitas kalian hanya menonton anime, ‘kan?

2. Semua Komponen Wajib dari Merk Terkenal

Mewajibkan merk ternama untuk semua komponennya

Ketika merakit komputer, umumnya para suhu di komunitas senantiasa memberikan merk terkenal. Sayangnya hal tersebut tidak selalu benar. Faktanya, di dunia nyata merk yang disangka kurang terkenal ternyata mampu menghasilkan kinerja yang baik dan tidak kalah dengan yang bermerk terkenal.

3. Semakin Banyak RAM, Semakin Baik Performanya

Kapasitas memorinya harus besar

Kalau yang dimaksud standar spesifikasi komputer zaman now, mungkin hal tersebut ada benarnya. Namun, dalam kebanyakan kasus, kapasitas RAM yang terlalu berlebihan tidak selalu meningkatkan performa secara keseluruhan, terlebih bila tidak ada aplikasi atau game yang memanfaatkan kapasitas RAM yang ada.

4. CPU Lebih Penting dari GPU (Termasuk Kebalikannya)

Jangan gunakan kombinasi komponen yang salah

Mitos PC gaming selanjutnya adalah menentukan prioritas dalam memilih CPU atau GPU. Padahal, semua komponen sama saja pentingnya, dan alangkah baiknya untuk menyeimbangkan kemampuan antar komponen supaya tidak terjadi ketimpangan performa atau yang lebih kita kenal dengan bottleneck.

5. Mitos PC Gaming yang Pasti Butuh AIO Cooling

Padahal fungsinya tidak jauh berbeda

Kalau kalian masih percaya hal ini, tampaknya kalian terlalu banyak menonton YouTube atau menjadi korban flexing di komunitas. PC gaming mampu dijalankan dengan cooler, dan tidak terbatas hanya AIO saja. Malahan, AIO justru lebih merepotkan karena debu lebih cepat menumpuk pada radiatornya.

6. Mending Beli PC Siap Pakai Ketimbang Merakit Sendiri

Penampakan PC vintage untuk menunjang produktivitas

Mungkin kalian salah satu orang awam yang ingin main aman, dan merasa bahwa membeli PC siap pakai lebih terjamin ketimbang merakit sendiri. Namun, sadarkah kalian kalau justru rakit PC gaming secara mandiri bisa menghemat isi dompetmu? Bahkan, menawarkan kepuasan hakiki yang tidak bisa didapatkan ketimbang kita langsung membeli.

7. Gak Usah Overclock, Bahaya!

Aktivitas overclock tidak akan merusak selama dilakukan dengan benar

Mencoba overclock komponen untuk mendapatkan performa tambahan sebenarnya merupakan hal yang lumrah, dan sudah dilakukan banyak orang, tak terkecuali gamer. Bila kalian memang memiliki pengetahuan untuk melakukan overclock, justru hal ini sama sekali tidak membahayakan kok.

8. Lebih Baik Beli Prosesor dengan Banyak Core

Menjalankan gmae dengan core dan thread yang optimal

Membeli komponen, termasuk prosesor seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan. Membeli prosesor dengan banyak core pun tidak serta merta menjamin game atau aplikasi yang kalian jalankan bakal lebih lancar dari biasanya. Penulis sarankan untuk membeli prosesor yang sesuai dengan kebutuhan, atau mengikuti standar spesifikasi komputer zaman now.

9. Pingin Suara Bagus? Pake Sound Card!

Bisa mempertajam suara, meningkatkan kualitas secara keseluruhan

Di tahun 2023, aman rasanya mengatakan kehadiran sound card sudah tidak relevan sama sekali. Hal ini dikarenakan manufakutr telah membekali produk motherboard mereka dengan sound card terintegrasi yang tidak kalah bagusnya dari sound card harga jutaan. Intinya, yang penting bersuara!

10. Resolusi Lebih Tinggi Selalu Lebih Baik

Resolusi pada monitor tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan

Memakai monitor dengan ukuran dan resolusi lebih tinggi memang mampu tingkatkan kenyamanan ketika gunakannya. Namun, resolusi yang jauh lebih besar tidak serta merta jadikannya lebih superior dan nyaman – justru malah membuat komponen kita bekerja ekstra hanya untuk menampilkan sesuatu yang sebenarnya ringan.

11. Merakit PC Itu Lebih Ribet Ketimbang Beli Konsol

Lebih ribet ketimbang beli konsol? Yang bener?

Mitos rakit PC gaming menarik lainnya yang tidak boleh kita lewatkan adalah pemikiran di mana merakit sebuah komputer lebih ribet ketimbang membeli sebuah konsol. Untuk ukuran awam yang tidak memiliki teman, tentunya proses perakitan terlihat mustahil. Namun, kalian cukup hubungi teman kalian yang memahami proses perakitan dan masalah tuntas seketika.

12. Suara Kipas PC Biasanya Sangat Berisik!

Saking kencangnya putaran, bisa mematahkan kipas

Duh, lagi-lagi mitos yang berisikan misinformasi. Umumnya, kecepatan atau perputaran kipas akan mengikuti total load pada PC saat kita gunakan, dan mengeluarkan panas dari seberapa banyak beban yang diterima. Bila tidak, mungkin inilah saat yang tepat kamu membeli kipas PC yang lebih berkualitas.

13. Merk Thermal Paste Mempengaruhi Suhu CPU

Pada hakikatnya thermal paste menawarkan fungsi yang sama: menyebarkan panas

Bermacam merk thermal paste ternama memang terbukti mempengaruhi suhu CPU, namun tidak secara keseluruhan. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi suhu selain thermal paste, salah satunya adalah sirkulasi udara. Jadi, kalaupun kalian gunakan thermal paste terbaik sekalipun tanpa sirkulasi udara, panas yang dihasilkan jelas tidak akan berubah.

14. PC Gaming Wajib Pake RGB

Wajib RGB untuk menambah performa secara drastis

Mitos PC gaming terakhir dan yang paling mengena ialah mewajibkan para gamer untuk gunakan komponen yang serba RGB untuk mendongrak FPS di game yang mereka mainkan. Padahal, memasang komponen serba RGB ini sama sekali tidak memengaruhi kinerja PC sama sekali, dan malah menambah panas secara keseluruhan.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa mitos rakit PC gaming yang sering disalahpahami oleh gamer. Jadi, amat penting untuk mencari informasi yang akurat dan tentunya berdasarkan fakta sebelum memutuskan untuk merakit PC sendiri.

Jadi, kami harap kehadiran artikel ini mampu mendobrak bermacam mitos tidak berdasar yang telah lama bersemayam di komunitas. Semoga kalian tidak kebingungan saat akan merakit PC idalan kalian yah, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version