14 Operator Rainbow Six: Siege yang Berpotensi Mematikan di Season 4 Year 5

in , , , , ,

Rainbow Six: Siege (2015), video game besutan Ubisoft ini diketahui telah memiliki komunitas dan player yang stabil sejak perilisannya. tercatat sudah ada setidaknya 50 Operator di Rainbow Six: Siege dengan kedatangan operator terakhir, Aruni, sebagai operator ke-50 di tahun ini. Meta baru akan terus hadir di setiap season dengan memunculkan playstyle-playstyle uniknya.

Semakin sengitnya kompetisi di Rainbow Six: Siege, tentunya diantara mereka semua, penulis menyebutkan setidaknya ada 14 Operator yang dirasa sangat efektif apapun playstyle yang akan kalian gunakan. Beberapa operator yang penulis sebutkan ada yang termasuk meta lama dan ada operator yang memerlukan penguasaan senapan dan gadget.

Artikel ini ditulis mengacu pada balancing, rework serta patch notes di Season 4 Year 5, yang artinya artikel ini bisa tidak relevan di season serta patch mendatang.


Attackers

1. Zofia (G.R.O.M)

Pembaca harus paham betul timing serta penggunaan Zofia untuk beberapa situasi. Karena gadget miliknya, KS79 Lifeline, dapat menembakkan 2 jenis peluru. 1 untuk soft breach dan 1 lagi untuk stun (concussion grenade). Karena 2 jenis peluru tersebut, Zofia bisa menjadi Fraggers maupun Support (kondisional) yang tentu membuatnya bisa cukup ditakuti.

 

2. Fuze (SPETZNAS)

Patch Y5S2.3 membuat Fuze yang sebelumnya memiliki 3 Cluster Charge (semacam grenade launcher namun bisa tembus softwalls tanpa ketahuan) menjadi 4 Cluster Charge. Ini membuat Fuze semakin ditakuti bila kalian berada di posisi yang tidak strategis, terutama bila bom site berada di lantai 1 atau bahkan basement.

 

3. Ying (S.D.U)

Sebelum menuju Season terakhir di Year 5, Ying menunjukkan potensi kuat sebagai Fragger dibantu dengan gadgetnya, Candelas. Gadget milik Ying ini juga mengalami beberapa kali perubahan oleh developer. Dari yang menambahkan 1 unit Candela menjadi 4 unit Candela, dikembalikan seperti semula menjadi 3 unit Candela. Menunjukkan bahwa sebenarnya Ying merupakan operator yang cukup kuat di season saat ini.

 

4. Nøkk (JAEGER CORPS)

Pemilihan posisi yang tepat untuk melakukan entry-frag akan sangat bagus untuk melakukan serangan kejutan ditambah dengan gadget miliknya, HEL Presence Reduction Device, membuat dideteksi tim Defender karena dapat mengecoh kamera pengawas di dalam map. Bila kalian mahir secara mikro, Nokk dapat melakukan clutch tanpa dibantu siapapun karena recoil FMG-9 miliknya yang tidak terlalu besar.

 

5. Kali (NIGHTHAVEN)

Sebagai alternative dari Thatcher, Gadget milik Kali, LV Explosives Lance justru dapat menghancurkan gadget para defender seperti Evil’s Eye milik Maestro, Volcan Shield milik Goyo, serta Kaca Tembus Pandang milik Mira. Mungkin karena beberapa player tidak biasa menjadi Sniper di R6S, tidak begitu banyak yang menggunakan Kali sebagai salah satu komposisi tim.

 

6. IQ (GSG9)

IQ masih menjadi META yang efektif bila kalian solo roaming atau sebagai support untuk entry-fragger. Gadget IQ, RED Mk III “Spectre”, akan sangat berguna untuk mengumpulkan intel yang tidak terlihat oleh drone milik tim attackers. Pembaca juga bisa menguasai mikro atau penggunaan senapan karena memiliki damage output yang cukup besar serta mobilitasnya yang cukup tinggi untuk melakukan roaming.

 

7. Dokkaebi

Gadget milik Dokkaebi, Logic Bomb, dapat menangkal serangan mendadak musuh karena ia bisa menemukan posisi tim attackers melalui gangguan suara dari Handphone milik tim attackers. Selain untuk anti-roamer, Dokkaebi bisa melakukan hacking ke kamera pengawas milik tim defenders, membuatnya menjadi attacker yang cukup ditakuti oleh para roamers.

 


Defenders

8. Tachanka

Sebagai Operator pertama yang mendapatkan rework, gadget barunya, Shumikha Launcher menjadi alternative dari gadget milik Smoke. Gadget-nya dapat menembakkan peluru berisikan granat api (Incendiary Grenades) berjumlah 10 dan dapat menampung 5 peluru dalam satu magazine. Namun, yang menjadi kekurangannya adalah kecepatan reloadnya yang agak lama.

 

9. Melusi

Operator asal Afrika ini membuktikan kalau gadget miliknya, Banshee Sonic Defence, memiliki dampak yang cukup kuat untuk menahan musuh. Penempatan yang tepat dapat membuat pergerakan tim attacker sangat terhambat dan terbatas. Gadget Melusi hanya dapat dapat dihancurkan dengan melee attack, Kali Explosive Lance serta di-disable untuk beberapa detik dengan EMP Grenades milik Thatcher.

 

10. Mira (G.E.O.)

Gadget Mira, Black Mirror, masih menjadi META yang lumayan efektif, namun hanya di beberapa map saja. Meskipun begitu, penempatan peletakan akan sangat berpengaruh. Salah penempatan saja, Black Mirror hanya akan menjadi kaca tembus pandang biasa dan tidak akan bisa menahan attackers masuk menuju bomb site.

 

11. Ela (G.R.O.M)

Bagi penulis sendiri, Ela merupakan operator yang seharusnya sangat mumpuni. Grzmot Mine miliknya dapat memberikan intel sekaligus memberikan stun ke musuh untuk beberapa detik. Ela dapat melakukan roaming menuju beberapa titik entry yang membuatnya cukup sulit untuk dilawan balik. Banyak yang menjadi korbannya bila kalian melakukan roam sendirian dan bertemu dengannya. Penulis lebih memilih untuk meletakkan dekat dengan bomb site, agar para defender mudah mengetahui posisi attacker.

 

12. Frost

Perangkap Kaki milik Frost merupakan gadget yang terbaik dibandingkan dengan gadget defender lainnya. Karena menurut penulis bila kalian menempatkannya di tempat yang tidak diperkirakan oleh para attackers, perangkap tersebut akan langsung menghentikan dan menghabiskan HP hingga seperempatnya. Frost juga mendapatkan buff, yakni ia sekarang memiliki Shotgun ITA12S sebagai secondary weapon, membuat ia berpotensi menjadi roamer di beberapa situasi.

 

13. Aruni

Operator baru, Aruni, memiliki gadget yang kinerjanya mirip dengan gadget milik Castle dan dinamakan Surya Gates. Yang membedakan adalah Surya Gates sulit untuk dihancurkan dan bisa diaktifkan kembali setelah 15 detik. Ini membuat Aruni memiliki potensi kuat sebagai META saat ini untuk menahan beberapa entry point attacker yang sulit untuk dijaga oleh para operator defender serta alternatif dari Castle.

 

14. Kapkan

Operator asal Rusia ini sebenarnya jarang di-pick dalam ranked match. Tapi setahu penulis, Kapkan sebenarnya sangat berpotensi melakukan roaming di beberapa map. Penempatan gadget miliknya, EDD Traps perlu dilakukan secara hati-hati karena perangkap miliknya mudah ditemukan bila memasang secara sembarangan. Namun, damage yang dihasilkan bisa cukup sakit bila mengenai operator attacker dengan armor rendah.

 

Perlu pembaca ketahui, META hanyalah salah satu dari sekian cara untuk memenangkan sebuah game. Mengandalkan mikro dan makro sebenarnya tidak cukup dikarenakan sifat dari game ini yang tergolong sulit dimainkan dan sulit dikuasai (Hard to Play, Hard to Master). Maka dari itu, melalui artikel ini penulis mencoba untuk memberikan sedikit tips yang tentu masih berlaku hingga patch notes serta season mendatang. Good Luck, Have Fun!


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait dengan analisis video game serta insight menarik lainnya dari Gideonair.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Gideonair

Written by Gideonair

Avid Graphic Designer and Photography, also having huge interest in PC Gaming, Peripherals and PC Hardware. Fried Rice Addict.