12 Tahun Kemudian, Komunitas Modding GTA: San Andreas Masih Ramai

1482017805 gta sa 2016 12 17 15 05 38 714

Salah satu alasan kenapa orang selalu menanti port PC dari game buatan Rockstar adalah rasa penasaran mereka akan seperti apakah game tersebut apabila diombrak-ambrik oleh para modder. Grand Theft Auto V yang dirilis tahun kemarin di PC saat ini komunitas modding-nya masih jauh dari kata “sepi”. Tapi bagaimana dengan seri lamanya sendiri seperti Grand Theft Auto: San Andreas yang telah berumur 12 tahun, apakah masih banyak modder yang aktif di game tersebut? Jawabannya adalah iya.

Mungkin tak seramai jumlah modder aktif di Grand Theft Auto V, akan tetapi hingga saat ini Grand Theft Auto: San Andreas masih diisi dengan mod-mod baru mulai dari reskin texture, tweak, dan bahkan mod grafis. Yup, game yang dirilis pada tahun 2004 ini dan masih ingin disulap oleh modder kualitas grafisnya padahal mereka bisa saja berpaling ke game yang baru. Tapi tidak, mereka lebih memilih untuk menyulap visual game ini biar terlihat lebih “modern”.

Salah satu mod grafis terbaru yang dirilis di GTAinside saat ini adalah Ziggmodder ENB Final yang dirilis tanggal 18 Desember kemarin. Berikut adalah beberapa screenshot dari mod tersebut.


Bahkan sampai sekarang ini masih ada channel youtube yang mendedikasikan channelnya untuk mempamerkan mod-mod keren dari game jadul ini. Salah satunya adalah Crusard Modding yang baru-baru ini memperlihatkan modpack “ultra realistic” di channelnya yang sekaligus compatible dengan SAMP (San Andreas Multiplayer).

Bagi kalian yang tidak tahu, San Andreas punya mode Multiplayer yang dibuat sepenuhnya oleh komunitas game ini. Yang paling populer adalah San Andreas Multiplayer atau lebih sering dikenal SAMP. Jumlah pemain mod ini masih begitu ramai yaitu sekitar 15.000 – 45.000 pemain yang hampir mengalahkan GTA Online yang merupakan multiplayer mode resmi dari Rockstar untuk game Grand Theft Auto V.

SAMP pada dasarnya hampir sama seperti GTA Online, hanya saja di SAMP pemain bisa memilih server yang mereka ingin main dan bisa mencangkup lebih dari 30 pemain tergantung dari server tersebut. Satu server bisa saja memberikan ruang untuk 100+ pemain, hal ini tentunya dikarenakan game ini sudah dianggap enteng bagi hardware sekarang untuk menaruh banyak pemain di satu server.

Baiklah mari kita berpaling ke modding lokal sekarang. Di Indonesia sendiri, komunitas modding San Andreas lumayan besar. Beberapa mod aneh bermunculan di website GTAind seperti “Pembasmi Koruptor“, “Aksi Damai 2 Desember“, dan juga “Klakson Telolet soundpack“.

Sampai kapankah komunitas modding game ini akan terus tumbuh? Atau mungkin saja game ini akan selamanya diabadikan oleh para modder? Hanya waktu yang bisa menjawab. Untuk sementara, yang saya perlukan adalah mod yang bikin misi kereta tidak buat sakit pantat.

 

Exit mobile version