15 Cosplay Karakter Dynasty Warriors yang Bikin Kamu Tak Bosan Belajar Sejarah


Follow Us

Mempelajari kejadian yang terjadi di masa lampau terkadang membutuhkan sebuah energi khusus agar kamu bisa tetap fokus dalam menelusuri sejarah-sejarah yang ingin kamu pelajari di dunia ini. Energi khusus yang kami maksud bisa kamu interpretasikan sebagai semacam bentuk motivasi yang selalu ingin mendorongmu untuk penasaran dan ingin tahu tentang sebuah cerita yang sudah tercatat selama ratusan hingga ribuan tahun lamanya tersebut.

Nulis artikel dibayar

Dynasty Warriors adalah satu contoh dari bentuk energi yang bisa memancingmu untuk bertindak kepo sewaktu-sewaktu. Dimana seperti yang kita ketahui bersama, franchise game ini telah mengadaptasi langsung kisah sejarah dari 3 kerajaan yang sangat begitu fenomenal di daratan Cina. Dengan gameplay hack and slash-nya yang cukup adiktif, Dynasty Warriors sekarang telah menjadi satu seri game yang masih tetap awet lewat total 9 seri utama yang sudah dibuat sejak tahun 1997 silam.

Lantas, apa yang membuat Dynasty Warriors seringkali dijadikan sebagai satu bentuk “energi” yang dicari-cari ? Selain dari gameplaynya yang simpel namun menyegarkan ketika melihat banyak musuh-musuh yang terpental atau tersapu ke sana ke mari, tampilan dari para karakternya juga menjadi satu empasis yang tak akan pernah bisa kamu hiraukan begitu saja. Dengan semakin modernnya zaman, seri Dynasty Warriors juga telah mengalami pergeseran esensi ke arah yang betul-betul penuh dengan berbagai macam estetika ataupun gaya.

Berkat hal tersebut, franchise Dynasty Warriors kini juga telah sukses berkontribusi dalam menumbuhkan salah satu semangat pop culture yang sedang naik daun, seperti Cosplay. Kumpulan-kumpulan karakter yang biasa dicosplaykan selalu punya semacam bentuk karakterisasi yang menarik, baik dari kisah sejarah yang telah ditorehkan, kepribadian mereka di dalam game, hingga busana yang terkesan unik meski bersetting di zaman yang super jadul.

Dari sana, tentunya pasti akan ada semacam peningkatan mood ketika kamu mencoba menyempatkan waktu untuk memberi apresiasi pandangan kepada mereka. Sehingga di sini, kami ingin berusaha membangkitkan rasa malasmu ketika sedang mempelajari suatu hal, termasuk sejarah asli dari karakter-karakter Dynasty Warriors yang sesungguhnya.


1. Sun Shang Xiang

Cosplayer: Rainer | Sumber: Galcosplay

Para penggemar seri Dynasty Warriors klasik pasti kenal dengan tokoh pahlawan wanita yang satu ini. Putri Sun Jian dari kerajaan Wu dengan nama Sun Shang Xiang ini bisa dibilang adalah simbol penyemangat bagi para wanita yang ingin berjuang dan menunjukan kepada dunia bahwa mereka bisa melakukan hal yang luar biasa untuk orang-orang yang disayanginya.

Namun, Sun Shang Xiang juga menyimpan suatu kisah pelik di versi nyatanya. Dimana ketika ia menikahi Liu Bei, Sun Shang Xiang atau Lady Sun dikenal sebagai seorang nyonya kerajaan yang arogan. Bahkan ia pernah kedapatan menculik Liu Shan, putra Liu Bei dari pernikahannya dengan Lady Gan demi membawanya ke tempat kerajaan Sun Quan, sang kakak. Dalam versi novel, Lady Sun diceritakan mati karena menenggelamkan dirinya di tepi sungai setelah mendengar Liu Bei meninggal dan tak bolehnya lagi ia menginjakkan kaki di wilayah kekuasaan Liu Bei.


2. Da Qiao & Xiao Qiao

Cosplayer:  no_t_no_life (Xiao Qiao) & blackswan_dance (Da Qiao) | Sumber: Twitter

Dua kakak beradik ini telah cukup sukses dalam memberikan suatu warna tersendiri bagi franchise Dynasty Warriors. Baik Sun Ce maupun Zhou Yu boleh dikata sangat beruntung ketika berhasil meminang masing-masing dari mereka sebagai sang istri. Pada versi novel ataupun kisah nyata, para Qiao bersaudara memang diceritakan sebagai 2 sosok wanita yang konon memiliki kecantikan paras yang dapat membuat gulamu naik dalam sekejap.

Namun, sejarah tidak begitu mencatat secara detail mengenai cerita lengkap dari kedua wanita ini. Nama Xiao Qiao dan Da Qiao hanya merupakan nama simplistik yang menunjukan nama “Da” sebagai orang yang tertua (kakak) dan “Xiao” untuk yang termuda (adik).


3. Lianshi

Cosplayer: @Pinpaaaaaaan | Sumber: Twitter

BACA JUGA  Game Baru yang Ingin Dipamerkan Koei Tecmo Ternyata Adalah Game "Balap Kuda"

Merupakan istri Sun Quan yang kini punya penampilan lebih feminim semenjak seri Dynasty Warriors yang kedelapan dan kesembilan. Lianshi awalnya dikenal sebagai seorang pengawal pribadi Sun Shang Xiang sebelum ia akhirnya dipinang Sun Quan sebagai salah satu selir.

Dengan perawakannya yang sangatlah begitu keibuan, sejarah sama sekali tidak pernah menceritakan kisah-kisah yang jelek tentang sosok Lianshi atau Lady Bu. Namun, Sun Quan nampaknya terlihat sangat mengistimewakan wanita yang satu ini. Dibandingkan dengan selir-selirnya yang lain, Lianshi adalah orang yang berhasil membuat Sun Quan ragu untuk memberikan tahta permaisuri kepada istri pertamanya, yaitu Lady Xu meski Sun Quan pada akhirnya juga memutuskan untuk tidak memberikan gelar kehormatan tersebut pula kepada Lianshi.

Namun, tak lama setelah Lianshi meninggal, lewat sebuah tulisan tinta yang sudah Sun Quan gores khusus kepada almarhum istrinya tersebut, ia selama ini ternyata mengaku sangat sedih dan menyesal karena tidak memberikan posisi tahta permaisuri kepada Lianshi selama ia masih hidup.


4. Cai Wenji

Cosplayer: Joolng | Sumber: Facebook

Wanita ini dikenal sangat berbakat dalam melantunkan berbagai lagu dan puisi. Dibaliknya wajahnya yang cantik jelita, hasil karya-karya lagu dan puisinya mungkin bisa sekali untuk membuat hatimu meleleh. Dalam sejarah kisah nyata, Cai Wenji adalah seorang penyair yang punya nama asli Cai Yan. Nama “Wenji” sendiri merupakan nama bernada artistik yang disematkan secara khusus untuk Cai Yan (ibarat seperti nama panggung gitu loh).

Menariknya, nama tersebut diambil dari sebuah penamaan satu kawah Ts’ai Wen-chi dan Caiwenji oleh badan Astronomi Internasional di planet Merkurius dan Venus.


5. Wang Yi

Cosplayer: Maocosplay | Sumber: Deviantart

Punya deretan cerita panjang yang berujung pada rasa dendamnya kepada Ma Chao secara tak langsung telah membuat Wang Yi menjadi sosok karakter wanita yang cukup disegani dalam franchise Dynasty Warriors. Dengan penampilannya yang sedikit mengingatkan kami dengan karakter Lightning di Final Fantasy XIII, Wang Yi adalah satu contoh dari betapa luar biasanya perjuangan seorang wanita yang sudah merasakan langsung kekejaman dari dunia perang dan politik. Bahkan, ia pernah sampai mencoba untuk bunuh diri pada saat itu.

Dalam sejarah aslinya, Wang Yi adalah sedikitnya perwira wanita yang pernah berperang langsung di medan pertempuran. Ia punya seorang suami sesama orang kerajaan bernama Zhao Ang, beserta dengan keempat anak yang salah satunya sempat mati terbunuh oleh Ma Chao.


6. Zhen Ji

Cosplayer: Maocosplay | Sumber: Deviantart

Sensual namun ditakuti adalah kesan yang biasa kalian terima ketika melihat sosok istri dari Cao Pi ini. Kebiasaannya yang selalu meniupkan seruling juga bisa membiusmu untuk terperangkap ke dalam pesona yang terpancar. Akan tetapi, kisah sejarah nyata yang dialami oleh Zhen Ji ini seyogyanya dapat membuatmu tahu, bahwa ia sendiri bukanlah seorang wanita yang memiliki nasib seberuntung penampilannya.

Semenjak Cao Pi resmi menggantikan sang ayah dalam memimpin tahta. Seperti yang biasa dilakukan oleh raja-raja zaman dulu pada umumnya, Cao Pi telah menggandeng banyak wanita untuk dijadikan sebagai istri atau selir dan menaruh lebih banyak perhatiannya kepada mereka. Dimana hal tersebut telah membuat Zhen Ji iri dan menaruh banyak komplain kepada sang suami. Mendengar hal itu, Cao Pi justru malah murka, ia akhirnya mengirimkan sang algojo untuk menghukum mati Zhen Ji dengan memaksanya bunuh diri.

Imbas dari kematian Zhen Ji pada saat itu, ada cerita lanjutan yang menarik dimana Cao Pi sempat mendapat penglihatan atau mimpi bila dirinya telah diangkat ke sebuah langit, lalu melihat sekumpulan wanita-wanita kerajaan yang salah satu diantaranya telah difitnah dan dihukum mati. Setelah mendapat mimpi tersebut, Cao Pi merasa menyesal telah memberi Zhen Ji hukuman mati dan berusaha ingin menarik kembali putusannya, namun apa daya bila semuanya sudah terlambat.

BACA JUGA  Trailer Perdana Dead or Alive Xtreme 3: Scarlet Buatmu Semakin Panas Dingin

7. Xing Cai

Cosplayer: Fengxiao | Sumber: World Cosplay

Meski punya sifat yang sangat begitu dingin dan serius, Xing Cai tetap adalah wanita yang punya mental kuat untuk menjalankan tugasnya sebagai sang perwira kerajaan. Putra Liu Bei, Liu Shan telah menjadi sosok terpenting bagi Xing Cai demi mengetahui arti yang sesungguhnya dari sebuah kesetiaan atau loyalitas yang diemban tanpa syarat.

Dalam versi game, diceritakan bahwa Xing Cai adalah putri Zhang Fei yang ditugaskan menjadi pengawal pribadi Liu Shan. Dimana pada akhirnya ia juga telah resmi dipinang Liu Shan sebagai sang istri. Pada versi sejarah asli, karakter Xing Cai sendiri merupakan bentuk interpretasi fiksi dari sosok istri kedua Liu Shan yang bernama permaisuri Zhang (Empress Zhang).


8. Yue Ying

Cosplayer: Maridah | Sumber: Deviantart

Sama seperti suaminya yang dikenal sebagai strategis handal milik kerajaan Shu, Yue Ying juga tergolong sebagai orang terdidik yang banyak menimba berbagai macam-macam ilmu. Dalam sejarahnya, siapa yang menyangka bila istri Zhuge Liang ini disebut-sebut sebagai wanita dengan paras yang jelek ? Berbeda total dengan penggambarannya dalam versi video game.

Menariknya dalam suatu versi cerita rakyat, Yue Ying konon disebut sebagai wanita yang tidak berasal dari daratan Cina. Lewat satu cerita dimana ia mampu menciptakan semacam benda-benda seperti boneka yang terbuat dari kayu, ada spekulasi yang menyebut bahwa Yue Ying berasal dari Eropa atau bahkan INDONESIA.


9. Bao Sanniang

Cosplayer: Nagi MK02 | Sumber: World Cosplay

Istri Guan Suo ini mungkin dapat disebut sebagai versi lain dari Sun Shang Xiang di Dynasty Warriors. Karena sama-sama dikenal akan jiwa energik dan ketomboiannya yang dapat menarik perhatianmu. Bao Sanniang sendiri pada dasarnya juga adalah seorang tokoh fiksi yang tidak pernah muncul di dalam sejarah 3 kerajaan, begitu juga dengan Guan Suo yang konon dianggap sebagai putra ketiga Guan Yu.

Pada versi fiksinya, kehadiran Guan Suo selalu digambarkan tak akan pernah lengkap tanpa Bao Sanniang, Dengan berbagai keseruan dan kisah petualangan asmara yang dialami oleh keduanya, Mereka bisa dibilang adalah gambaran dari sesosok pasangan remaja yang suka menebar garam pada kalian-kalian yang masih jomblo ini.


10. Guan Yinping

Cosplayer: Tama | Sumber: World Cosplay

Salah satu karakter yang mulai menjadi ikonik sejak menjalani debut pada seri Dynasty Warriors 8. Selain dikenal akan kemanisan wajahnya yang bisa bikin gula darahmu meradang, putri bungsu Guan Yu yang bernama Guan Yinping ini juga merupakan seorang gadis dengan ilmu bela diri yang tak kalah hebatnya dari sang ayah. Sehingga, kamu sepertinya perlu untuk membuktikan banyak hal apabila kamu memang ingin serius mengenal orang seperti Yinping secara lebih dekat.

Sama seperti Guan Suo dan Bao Sanniang, Guan Yinping juga tergolong sebagai tokoh fiksi yang tak pernah tercatat dalam kisah 3 kerajaan.


11. Wang Yuanji

Cosplayer: Eiloria | Sumber: Deviantart

Istri Sima Zhao yang dikenal yang sangat cerdas dan punya daya nalar tinggi dalam mendeduksi suatu masalah meski terlihat pendiam. Bernama Wang Yuanji, ia adalah orang yang mungkin paling berperan dalam membantu dan memimbing Sima Zhao ketimbang ayah, ibu atau kakaknya sendiri. Hal itulah yang nampak menjadikan Yuanji sebagai salah satu karakter wanita yang cukup luar biasa dan dikagumi di game ini.

Dalam sejarah aslinya, Wang Yuanji adalah wanita yang berasal dari golongan cendekiawan yang disiplin dan sangat terdidik. Ia diceritakan punya jasa besar dalam mengetahui rencana pemberontakkan Zhong Hui pada masa Sima Zhao berkuasa. ketika suaminya meninggal dan tahtanya telah digantikan oleh sang anak (Sima Yan), Yuanji resmi diangkat menjadi sang permaisuri janda (Empress Dowager). Dengan gelar yang cukup terhormat untuknya, ia tetap memilih untuk hidup secara sederhana dan berusaha menjaga keharmonisan hubungan yang sedang dijalani oleh Sima Yan bersama dengan para istri-istrinya.

BACA JUGA  30 Foto Cosplay Assassin's Creed Female Version Paling "Menyegarkan"

12. Zhang Chunhua

Cosplayer: Rikka | Sumber: World Cosplay

Istri Sima Yi yang dari penampilannya terlihat sebagai seorang wanita ramah dan murah senyum, namun menyimpan suatu sisi misterius yang betul-betul mengerikan ketika dibuat marah dan kesal. Intinya, jangan coba macam-macam adalah kesan yang timbul ketika kamu bertemu dengan Zhang Chunhua.

Namun pada versi sejarahnya, Sima Yi dan Zhang Chunhua tercatat punya hubungan pernikahan yang sama sekali tidak sehat. Pada satu waktu ketika Sima Yi sakit dan Zhang Chunhua datang untuk menjenguk, Sima Yi membentak Chunhua secara kasar dengan menegaskan bahwa ia tidak ingin lagi melihat wajah jelek istrinya tersebut. Chunhua pun ikut kesal, dan melampiaskan amarahnya dengan cara tidak mau makan sampai ia mati demi membuat Sima Yi khawatir.

Melihat hal ini, anak-anak mereka ikut sedih dan memohon kepada ayahnya untuk segera meminta maaf kepada Chunhua. Sang ayah pun menyanggupi permohonan para anak-anaknya itu. Akan tetapi, diceritakan bahwa ia sebenarnya tidak peduli bila istrinya mati, karena dijelaskan bahwa Sima Yi terpaksa meminta maaf karena tidak mau membuat anak-anaknya khawatir.


13. Diao Chan

Cosplayer: Olivie | Sumber: Facebook

Merupakan seorang wanita yang biasa diperebutkan oleh Lu Bu dan Dong Zhuo. Kecantikannya yang luar biasa konon disebut-sebut telah berhasil membuat bulan sampai berpaling dari wajahnya dan nama wanita tersebut adalah Diao Chan. Jejak keberadaan Diao Chan dalam sejarah bisa dibilang agak samar, meski diceritakan bahwa Lu Bu juga punya semacam hubungan dengan salah satu pelayan-pelayan Dong Zhuo yang merupakan jabatan Diao Chan saat itu.

Sedangkan dalam versi novel, wanita ini bisa dibilang dengan sengaja telah mengadu domba Lu Bu dan Dong Zhuo untuk saling bermusuhan satu sama lain. Tujuannya yakni demi menyingkirkan Dong Zhuo dan membuatnya bebas dari tekanan sang tirani. Melihat bahwa Lu Bu adalah sosok jenderal dan pendekar dengan kekuatan yang luar biasa, Dong Zhuo pun akhirnya harus mati di tangan anak angkatnya tersebut. Hal ini juga akhirnya membuat Diao Chan memutuskan untuk mengikuti Lu Bu dan menjadi salah satu istrinya.


14. Lu Lingqi

Cosplayer: Rin | Sumber: World Cosplay

Putri Lu Bu yang sangat begitu mewarisi semangat bertempur yang sama seperti sang ayah. Terkadang juga sering disanding-sandingkan dengan Guan Yinping sebagai salah satu rivalnya. Dalam sejarah, Lu Lingqi tergolong sebagai nama fiktif yang disematkan pada salah satu putri Lu Bu yang tidak diketahui namanya.

Ia punya hubungan yang tergolong campur aduk dengan Diao Chan. Disamping Lu Lingqi mengakui posisi Diao Chan sebagai sang selir dari Lu Bu, ia tetap tidak bisa memaafkan tindakan Diao Chan yang sudah memanipulasi ayahnya.


15. Zhu Rong

Cosplayer: SooYong | Sumber: Deviantart

Istri Meng Huo dari suku Nanman yang bernama Zhu Rong ini merupakan sosok yang cukup supportif terhadap suaminya. Ia selalu mendukung dan mendampingi petualangan sang suami dalam melawan invasi dari pasukan-pasukan yang ingin mengancam kedaulatan wilayah mereka. Zhu Rong sendiri aslinya adalah seorang istri fiktif yang hanya muncul dalam versi novel.

Di sana (novel), diceritakan bahwa Zhu Rong dikenal sebagai sosok yang sering memberikan semacam motivasi berupa ejekan kepada Meng Huo agar ia bisa segera bangkit dari kesedihan yang menerpa setelah melihat rekan-rekan seperjuangannya mati dalam perang.


Nah, setelah menyaksikan deretan list mengenai foto cosplay dari karakter-karakter Dynasty Warriors di atas, apakah jiwa “JASMERAH”-mu untuk hal tertentu tiba-tiba berkobar kembali ? Bila iya atau tidak, coba kalian sampaikan bentuk pengakuanmu di kolom komentar Facebook kami.

Jangan lupa juga untuk membaca informasi-informasi keren dari game Dynasty Warriors, beserta dengan cerita menarik lain seputar video game dari saya, Ido Limando.

 


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+