15 Game Grafis Menawan yang Lancar di PC Kentang

in ,
Geralt Ok

Punya PC atau laptop dengan spek kentang emang bikin kesel kadang-kadang. Tentunya saat kamu butuh hiburan di masa pandemi yang wajib nyuruh kamu tetep di rumah. Ini karena video game yang menjadi salah satu sumber hiburan selain film butuh spek sangat tinggi. Terutama kalo kamu pengennya game grafik menawan tapi bisa lancar di PC kentang.

Tapi kalo kamu punya minimum spek dengan RAM 4GB aja, kayaknya beberapa game baru maupun lawas masih bisa lancar dimainin. Setidaknya untuk narget 30fps. Lantas apa saja gamenya? Berikut 15 game grafis menawan yang lancar di PC kentang.

Ohya tentu saja kalo kamu baca kentang harus tau batasan kentang kami di artikel berikut. Sebelum kamu emosi karena ngga sesuai ekspektasi, alangkah baiknya kamu baca catatan berikut.

Baca dulu sebelum emosi
  • PC kentang standar di artikel ini maksimum 4GB RAM.
  • GPU setidaknya maksimum the lord GTX750 Ti, ya GPU yang dirilis tahun 2014 silam. Kalo punya ini kamu bisa main banyak game baru kalo ngga narget 1080p.
  • Ngga perlu ngoprek file daleman, cukup low/very-low biar ngga sakit mata.
  • Target FPS lancar adalah 25-30fps, 60fps adalah hoki.
  • Target minimum resolusi adalah 720p, lainnya bonus.
  • Target minimum setting grafis adalah very low-medium dengan high sebagai bonus hoki.
  • Grafis menawan ya sewajarnya buat batasan di atas, ngga mungkin sekelas Final Fantasy XV, Metro Exodus, Doom (yang baru), atau Apex Legends.

15. Call of Duty Modern Warfare 1-3 (Bukan Remaster)

Trilogi kisah yang meninggikan status Activision di mata publik yang satu ini tak perlu spek tinggi-tinggi. Kamu hanya perlu setidaknya Intel HD 4000 buat mainin cerita orisinal captain Price, Ghost, Gaz, dan Soap dalam membasmi teroris. Kentang banget bukan? Perlu bukti? Mungkin video di atas bisa jadi referensi. GPU-mu 750Ti? Lancar parah jelas.

14. Counter-Strike: Global Offensive

Didesain sebagai game kompetitif, Counter-Strike: Global Offensive atau biasa disebut CSGO menjadi salah satu game yang ngga butuh tampilan visual super menawan. Tapi tetep gambarnya jadi salah satu yang termasuk bagus buat ukuran game kompetitif. GTX 750Ti kayaknya bakal overkill sih buat mainin ini tapi game ini lancar jaya saat kamu cuman punya Intel HD 4000 di CPU di setting very low tentunya.

13. The Elder Scrolls V: Skyrim Special Edition

Ngebet banget jadi Dragonborn dan penasaran sama salah satu game populer buatan Bethesda di masa lalu tapi masih punya PC kentang? Tenang, game ini masih bersahabat sama PCmu. Lihat, spek yang udah super jadul di atas aja masih bisa mainin Special Edition dari Skyrim. Gimana sama PC kentangmu yang mainin PUBG aja udah 30fps?

12. Genshin Impact

Wibu-wibu demen nih kalo PC kentangnya sebenernya bisa mainin Genshin Impact. Liat tuh laptop di video di atas bisa mainin game buatan miHoYo tersebut cuman pake intel i3 5005U dengan GPU NVIDIA 920M. 30fps ngangkatlah. 920M itu jauh lebih rendah dibanding GTX 750Ti btw. Saran kami, upgrade RAM kalo emang masih kurang lancar dan stuttering parah karena gamenya emang ngga didesain buat RAM 4GB.

11. Valorant

Kembarannya CSGO tapi dengan elemen hero shooter buatan Riot, Valorant ini juga salah satu yang punya grafis menawan tapi lancar jaya dimainin di Intel HD 4000. Di video di atas keliat kalo low di 768p aja lancar, gimana di 720p yang lebih kecil? Lancar banget dong tanpa problematika yang signifikan. Kamu juga ngga perlu ngoprek setting grafis lewat file .ini.

10. Grand Theft Auto 4

Ngga kami ngga bakal maksain kamu buat main GTA V di PC kentang karena udah jelas ga bakal kuat karena mapnya besar banget. Tapi kami bakal nyaranin kamu buat mainin kakaknya, GTA IV. Kalo dibandingin adiknya, seri ini punya grafik paling menawan meski model 3Dnya masih burik, tapi tetep bisa manjain mata. Terus, lancar ga di PC kentang? Jelas, 720p di intel i3-3220, RAM 4GB, dan GT 610 aja bisa lancar kok.

9. Murdered: Soul Suspect

Ngga pernah denger game ini? Kalo ngga, mungkin sudah saatnya kamu nyobain. Game ini ceritain detektif yang dibunuh dan masih gentayangan jadi hantu buat nyelesaiin kasus yang ternyata ada hubungannya dengan dunia astral. Minimum spesifikasinya aja Intel Core 2 Duo dengan RAM 2GB, tapi kalo kamu punya spek Intel gen 4 lengkap dengan 750Ti, game ini bisa melebihi ekspektasimu kayak yang ditunjukin di video di atas.

8. The Witcher 3: Wild Hunt

GOTY terbaik dari CD Projekt RED yang satu ini sekilas kayak ngga mungkin dimainin di PC kentang. Tapi kalo kamu cuman narget 720p aja kayaknya bisa deh 30fps dengan visual super low. Bayangin aja deh PC kentang di atas yang speknya core 2 duo dengan RAM 4GB DDR2 dan Radeon HD 5870 yang setara GTX 750Ti bisa lancar di resolusi 768p, gimana kalo kamu punya yang sedikit lebih tinggi dengan resolusi 720p?

7. Watch Dogs

Kalo yang ini kayaknya bakal masuk spesifikasi maksimum yang ditulis di catatan di atas. Kamu bisa mainin Watch Dogs pertama di resolusi 720p dengan sekitar 45-60 fps di setting medium kalo punya spek setidaknya i3-3220 dan GTX 750Ti. Kalo low? Tentu saja lebih lancar dikit. Tenang, PC kentangmu masih bisa jalanin kok.

6. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Jadi bajak laut tapi assassin bukan impian baru bagimu kalo cuman punya seenggaknya 750Ti, karena game yang nyeritain Edward Kenway ini bisa dijalanin di Intel i3 500U dan 920MX yang sebenernya bukan spek PC tapi laptop seperti yang keliatan di atas. Punya spek lebih tinggi dari itu khususnya 750Ti? Lancar banget jelas.

5. Devil May Cry 4

Devil May Cry 4 dirilis tahun 2008 di Xbox 360 dan PS3, gamenya akhirnya dilepas di PC yang dibranding ulang jadi Special Edition. Masih tetep menawan tanpa PC spesifikasi tinggi. Lihat video di atas pake Intel HD 4000 aja lancar men.

4. Far Cry 4

Kalo Far Cry 5 jelas ngga mungkin dimainin di PC kentang dengan RAM 4GB, tapi Far Cry 4 bisa lancar jaya. Game yang juga ngasih visual menawan ini bahkan bisa dimainin di 1080p kalo kamu punya GTX 750 Ti. Lumayanlah setidaknya 30fps bisa ngeburu Pagan Nim, eh Min.

3. Devil May Cry 5

Ngga kamu ngga salah baca, iya Devil May Cry 5 bisa lancar di PC kentang dengan RAM 4GB. Game ini versi upgrade yang jauh banget dari Devil May Cry 4 dengan tampilan grafis yang tentu saja lebih bagus dan keren banget. Sayangnya ya gitu kalo RAMnya ngga kuat bisa stuttering parah kayak video di atas. Emang gamenya ngga didesain buat RAM 4GB tapi bisalah seenggaknya GTX 750 di 30fps.

2. Prototype 1+2

Prototype ini cikal bakal game SpiderMan sebenernya tapi dibatalin dan jadi Prototype. Game dengan cerita dua tokoh utama berbeda ini emang ngga bagus-bagus amat tampilan visualnya, tapi bisa dimainin di PC kentang. Heyy tentunya dengan standar yang udah ditulis di atas. Kalo PC-mu udah seenggaknya ngikutin zaman dengan RAM 8GB ngga perlu ditanya lagi. Tapi kalo PC-mu kentang masih dengan RAM 4GB ya gas saja.

1. Just Cause 3

Open world bisa jadi salah satu genre yang butuh banyak banget RAM atau GPU super manteb. Tapi Just Cause 3 kayaknya selow aja kalo dimainin di PC kentang. 25-30 fps setidaknya bisa dinikmati dibanding 14 fps. Video di atas tunjukin kalo core 2 quad q6600 dengan RAM 4GB lengkap dengan lord GTX 750 Ti bisa mainin gamenya tanpa begitu banyak masalah.


BONUS: Tom Clancy’s Rainbow Six Siege

Biarlah video di atas yang berbicara. Game ini dijalankan di spesifikasi Intel i3-3220, GTX 750Ti, dan RAM 4GB.


Gimana? Udah ada yang menarik hati? Atau ada rekomendasi lain? Biasa, masukin ya di komentar di bawah. Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).