15 Game Offline Android dan iOS Seru untuk Temani Kalian Selama Mudik Lebaran

15 Game Offline Android Dan Ios Seru Untuk Temani Kalian Selama Mudik Lebaran Header

Tak terasa libur lebaran kini telah tiba. Dan jika berbicara soal hari raya lebaran, tentu akan mengingatkanmu kepada hidangan ketupat opor, sekaleng nastar, dan tentunya angpaw lebaran. Namun satu hal yang nampaknya menjadi tradisi tersendiri di Indonesia, yakni pulang kampung untuk bertemu dengan sanak saudara, atau tentunya kita kenal sebagai mudik lebaran.

Mudik lebaran juga kerap identik dengan perjalanan yang macet, terutama jika kamu menaiki moda transportasi mobil maupun bus. Rasa bosan mungkin akan terus menghantuimu selama perjalanan, dan mungkin sedikit kesal kenapa kendaraan didepan tidak jalan-jalan, dan kenapa ada bis yang tiba-tiba datang melawan arah menghalangi jalan mobilmu.

Maka dari itu, penulis ingin merekomendasikan beberapa seru yang bisa kamu mainkan pada smartphone Android maupun iOS selama mudik atau saat arus balik. Dan game-game ini tentunya bisa dimainkan secara offline, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota atau tiba-tiba memasuki area susah sinyal misalnya.

Sekadar mengingatkan, beberapa game yang tertera dibawah ini ada yang gratis (free-to-play) dan ada yang berbayar (buy-to-play). Penulis juga akan sertakan link menuju halaman Play Store atau App Store untuk kamu yang ingin mengeceknya akan detail gamenya secara langsung.

1. Blades of Brim (Free-to-Play)

Kamu yang sedari dulu pernah atau suka memainkan game bergenre endless runner seperti Subway Surfer misalnya, mungkin akan menyukai game Blades of Brim. Tidak sekedar berlari menghindari rintangan, dalam Blades of Brim kamu juga akan menghabisi musuh-musuh yang menghadangi jalanmu, untuk mendapatkan uang hingga persenjataan demi memperkuat karakter-karaktermu dalam menghadapi rintangan yang lebih berat lagi kedepannya.

2. Archero (Free-to-Play)

Mengusung tema shoot ’em up, Archero merupakan game dimana kamu berperan sebagai seorang pemanah dalam menghadapi terpaan musuh-musuh yang tiada henti dalam menghabisimu. Kalahkan para musuh yang menghalangi jalanmu, dan naikkan level untuk mendapatkan akses kemampuan yang lebih keren dan tentunya lebih mematikan lagi. Namun jika dirimu mati, maka kamu harus mengulang dari awal.

3. Nonstop Knight (Free-to-Play)

Nonstop Knight merupakan sebuah game idle RPG, dimana sesuai namanya, sang jagoan yang kamu gunakan akan secara otomatis menghabisi musuh-musuh yang menghadang, bahkan disaat kamu sedang tidak memainkannya. Cukup dengan satu jempol, kamu dapat mempercepat serangan serta menggunakan kemampuan-kemampuan keren dan mematikan, untuk memenuhi kuota musuh yang harus dihabisi sebelum bertemu dengan boss dan berpindah level. Semakin tinggi level yang kamu capai, semakin sulit juga musuh yang akan dihadapi.

4. Stardew Valley (Buy-to-Play)

Stardew Valley merupakan game simulasi pertanian dan perternakan yang sangat terinspirasi dari game Harvest Moon klasik, namun dengan sedikit bumbu ala game RPG. Sebagai informasi tambahan, Stardew Valley digarap seorang diri oleh developer bernama Eric Barone aka ConcernedApe, dimana dirinya membuat game tersebut karena minimnya game yang serupa dengan Harvest Moon klasik. Menerima respon yang begitu positif, Stardew Valley juga tentunya telah menyabet begitu banyak penghargaan sebagai sebuah mutiara dari rana game indie.

5. Smash Bandit Racing (Free-to-Play)

Bukan sekedar game balapan biasa, Smash Bandits Racing merupakan game dimana salah satu objektif permainannya adalah menghancurkan berbagai bangunan maupun lanskap. Tidak hanya itu, sembari nabrak menabrak, dirimu juga akan dikejar oleh polisi-polisi yang akan menghentikanmu. Lepas dari kejaran mereka, terus hancurkan berbagai bangunan, dan dapatkan skor tertinggi. Tidak sampai disitu, dirimu juga akan mendapatkan mobil-mobil yang lebih kencang dan lebih keren.

6. Reigns (Buy-to-Play)

Reigns merupakan sebuah game dengan mekanisme swiping ala Tinder. Dalam game ini, dirimu akan berperan sebagai seorang penguasa dan akan dihadapi dengan berbagai pilihan yang dapat mempengaruhi hajat hidup kerajaan yang kamu pimpin. Bijaklah dalam memilih, agar sejahtera kerajaanmu dan panjang masa kekuasaanmu. Terdapat beberapa versi Reigns, yaitu versi original, versi Her Majesty dan versi Game of Thrones.

7. Rodeo Stampede (Free-to-Play)

Game endless runner lainnya dalam list ini, namun dengan premis yang cukup unik dan menarik. Tidak sekedar lari-lari menghindari rintangan, dalam Rodeo Stampede, dirimu akan lompat dari satu hewan ke hewan lainnya, dimana hewan-hewan tersebut memiliki karateristik seperti kecepatan yang berbeda, hingga kemampuan yang berbeda. Lebih lanjut, game ini juga hadirkan sedikit elemen ala game Tycoon, dimana kamu juga akan mengelola sebuah kebun binatang dan mengoleksi hewan-hewan yang dapat kamu temukan saat berlari-lari di alam liar.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

8. Once Upon a Tower (Free-to-Play)

Once Upon a Tower merupakan sebuah game platformer, dimana dirimu akan berperan sebagai seorang putri yang terjebak disebuah menara yang sangat tinggi, dan berharap akan ada pangeran yang menyelamatkan dirinya. Sayangnya, pertolongan tak pernah datang, namun dirimu menemukan semua palu yang dapat membantumu keluar dari menara tersebut. Hancurkan dan buka jalanmu dan habisi monster-monster yang menghalangi jalanmu.

9. Super One More Jump (Free-to-Play)

Game platformer lainnya namun lebih kepada arcade dan puzzle. Super One More Jump merupakan game dimana kamu hanya perlu menggunakan satu jarimu untuk melakukan lompatan dari satu titik ke titik lainnya, sambil melewati berbagai rintangan yang cukup unik. Tidak hanya Super One More Jump, sang developer juga menyajikan game platformer serupa lainnya yang tidak kalah seru seperti One More Line, One More Dash dan One More Bounce.

10. Alto’s Odyssey (Free-to-Play)

Alto Odyssey’s merupakan permainan endless runner dimana kamu akan menjelajah dengan berselancar di daratan padang pasir nan indah. Dirimu akan mengunjungi berbagai tempat-tempat yang tersembunyi diantara padang pasir, yang juga dipenuhi dengan berbagai rintangan yang akan menghalangimu dalam mengungkap misteri yang menyelimuti tempat tersebut. Tidak ketinggalan, alunan soundtrack yang lembut membuat game ini dapat dimainkan dengan sangat santai.

11. Does Not Commute (Free-to-Play)

Bukan game balapan, Does Not Commute merupakan sebuah game puzzle kendaraan dengan premis yang cukup unik. Pemain akan menggerakan beberapa moda transportasi dari satu titik ke titik lainnya secara berganti-gantian. Dan pada akhir level permainan, kendaraan-kendaraan tersebut akan berjalan secara bersamaan sesuai rute yang telah kamu jalankan sebelumnya. Dirimu akan berhasil jika tiap kendaraan tersebut sampai tujuan tanpa tertabrak kendaraan lainnya.

12. Soda Dungeon (Free-to-Play)

Soda Dungeon merupakan sebuah game RPG dengan sentuhan klasik ala 8-bit, dimana dirimu bukan berperan sebagai ksatria, melainkan seorang pemilik warung atau kedai minuman, atau mungkin lebih akrab disebut sebagai tavern. Dirimu akan menjual berbagai soda untuk mengundang para jagoan untuk bertempur didalam dungeon dan mendapatkan uang maupun item-item sakti. Kembangkan warungmu agar terlihat lebih ciamik, dan dapatkan soda yang lebih berkualitas untuk mengundang para jagoan yang lebih hebat lagi.

13. Badland (Free-to-Play)

Badland merupakan sebuah game side-scrolling, dimana dirimu akan menggerakan seekor maupun segerombolan mahluk-mahluk hutan dalam mencari tahu akan sesuatu yang mengusik tempat tinggal mereka. Setiap levelnya, dirimu akan dihadapi dengan berbagai rintangan yang berbeda-beda, serta semakin berbahaya ditiap levelnya. Lewati rintangan-rintangan tersebut dengan lihai untuk dapatkan skor yang tinggi.

14. Night of the Full Moon (Free-to-Play)

Menggabungkan genre RPG dengan TCG, Night of the Full Moon merupakan sebuah game yang terinspirasi dari cerita Red Riding Hood, dimana kamu akan berperan sebagai seorang gadis yang tengah mencari keberadaan neneknya. Kamu bisa memilih satu dari beberapa kelas pilihan untuk sang gadis, dimana kelas-kelas tersebut memiliki kemampuannya yang berbeda-beda dalam bentuk kartu. Setidaknya terdapat 400 kartu yang bisa kamu koleksi untuk menciptakan berbagai strategi dalam mengalahkan musuh-musuh yang menghalangi jalanmu.

15. Game Dev Tycoon (Buy-to-Play)

Menjadi salah satu game favorit penulis sepanjang masa, Game Dev Tycoon mungkin bisa menjadi alternatif dalam merepresentasikan bagaimana sebuah game diciptakan dengan mekanisme yang cukup simpel. Dirimu akan berperan sebagai developer yang dimulai seorang diri, dan terus berkembang untuk menjadi developer besar. Dirimu juga akan dibawa melewati puluhan tahun perkembangan industri game, dimana kamu akan terjun langsung dalam membuat game-game untuk berbagai konsol-konsol klasik hingga konsol generasi mendatang.

Itulah beberapa rekomendasi game offline untuk smartphone Android maupun iOS, yang tentunya dapat menghilangkan rasa bosanmu selama perjalanan mudik lebaran. Jika kamu punya rekomendasi game offline lainnya yang nggak kalah seru untuk platform, yuk, langsung aja dibagikan di kolom komentar!

Selamat mudik dan hati-hati dijalan ya brott!


Baca juga informasi Listicle menarik Gamebrott atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version