15 Game Online Jadul yang Masih Dimainkan Hingga Sekarang

Rajelasramutu

Memang game online pernah jaya di masanya, namun bisa dikatakan popularitas game online memang sudah tak terlalu hingar bingar. Banyaknya pilihan demi pilihan membuat game online terkesan cepat hilang. namun tak sedikit pula yang masih bertahan dan mampu bersaing dengan game-game baru yang hadir. Meski dikatakan telah kuno, Berikut adalah 15 Game Online Jadul yang Masih Dimainkan Hingga Sekarang.


15. Lost Saga

Mungkin Lost Saga adalah game fighting online yang sangat unik. Hadir dengan karakter yang mempresentasikan setiap budaya di dunia dan juga game style yang berbeda. Meskipun game fighting, Lost Saga juga menghadirkan fitur-fitur seperti memancing dan juga tempat nongkrong ala MMORPG. Selain itu kustomisasi karakter yang bisa kamu gabung-gabung yang kemudian menghasilkan kombo yang berbeda menjadi kekuatan utama game ini. Meski citter di game ini cukup banyak, masih bertahannya server official Lost Saga di Indonesia membutikan bahwa game ini masih belum usai.


14. GTA SA MP

Siapa yang tak kenal game terbaik sepanjang masa ini. Dibanjiri bejibun mod atau modifikasi game ini memang tak lekang oleh waktu. Tentu saja untuk kalian yang gila terhadap GTA SA pasti mengenal yang namanya GTA SA MP atau biasa disebut dengan GTA SA Multiplayer. Menghadirkan berbagai macam fitur mulai dari Role Playing hingga battle royale mirip PUBG. Kalo masalah jumlah pemain tak usah kamu pertanyakan lagi, jika kamu tidak percaya silahkan saja coba sendiri.


13. Cross Fire

Ditengah ramainya game PB, Crossfire muncul sebagai penantang game FPS Online. Gambar yang jauh lebih tegas dan gameplay yang mirip dengan CS 1.6 membuat game ini tak membutuhkan waktu lama untuk dikenal. Meskipun pemainnya dipenuhi dengan bocah-bocah, namun tetap saja game ini tetap bertahan dari sekarang. Untuk masalah popularitas game ini bisa dibuktikan dengan masih memilikinya server official di Indonesia.


12. Dota

Defense of The Ancient atau yang sering kita kenal sebagai DOTA. Berawal dari Mod Warcraft tiga yang kemudian beralih menjadi game standalone DOTA 2. Meski demikian DOTA 1 tetap memiliki pemain setia walau tak seramai dahulu, terbukti dari server battle.net IDGS yang masih berdiri hingga sekarang, meski beberapa nama server terkenal seperti NUSA telah punah. Terlepas dari apapun niat pemain DOTA 1 tetap memainkan game tersebut, game DOTA 1 masih memiliki tempat di hati fans DOTA.


11. Atlantica

Hadir membawa konsep MMORPG baru Atlantica tak membutuhkan waktu lama untuk menjadi diminati. Gaya bertarung turn-base dengan konsep grinding ala MMORPG adalah ciri khas game ini. Gambar yang bisa dikatakan sangat apik, mampu menambah minat orang di Indonesia untuk mencoba game ini. Tetap memiliki beberapa pemain setia mampu membuat official server Atlantica masih bertahan, meski saudaranya yang sangat terkenal Dragon Nest telah tutup, tak menggoyahkan atlantica untuk tetap bertahan.


10. Starcraft 2

Mungkin ini bisa dikatakan salah satu game tertua yang masih bertahan hingga sekarang. Game bergenre RTS ini bisa dikatakan sebagai pelopor E-Sport di dunia ini. Terbukti dari namanya yang sangat sering terdengar jika membicarakan sejarah E-Sport. Meski bisa dikatakan cukup berumur, game ini tetap diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari muncul versi Remastered-nya hingga masuknya game ini dalam E-Sport SEA games. Jadi tidak perlu diragukan peminatnya bukan.


9. WOW

Baru-baru ini World of Warcraft merilis versi baru mereka yaitu WOW classic, dimana kamu bisa bernostalgia dengan versi lama WOW. Ini sebuah langkah yang cukup ampuh untuk menghidupkan kembali game ini dengan menyentuh sisi nostalgia beberapa player yang telah berhenti memainkannya. Untuk masalah peminat game ini tentu tidak dipertanyakan lagi. Kenyataan bahwa game ini masih berada dalam barisan atas stream twitch adalah bukti bahwa game ini memiliki pemain setia.


8. Minecraft

Siapa yang tak kenal game yang satu ini, baru-baru ini youtuber ternama PewDiePie juga memainkan game ini. Game ini memang terkenal dengan potensinya yang sangat luas, kebebasan, hingga mod-mod yang bertebaran. Hal ini lah yang membuat game ini sangat menarik untuk dimainkan. Fitur online yang membuatmu bisa bersenang-senang dengan kawanmu muncul sebagai nilai tambah game ini. Untuk mengetahui berapa banyak yang bermain game ini hingga sekarang, silahkan saja cek langsung pada gamenya.


7. Left 4 Dead

Jika ditanya tentang game co-op zombie apa yang pernah kamu mainkan, mungkin banyak orang akan menjawab game yang satu ini. Game besutan valve dimana kamu harus melawan segerombolan zombie agar selamat ini memang cukup diminati oleh banyak orang . Meskipun kerap kali hadir sebagai game sampingan saja, game ini tetap setia menemani dan selalu ada yang memainkan. Adanya game baru bertema sama seperti world war z, game ini tetap menjadi pilihan utama banyak orang.


6. Seal

Lagi-lagi MMORPG, Fly Valkyrie adalah salah satu pet yang sangat terkenal dari game ini. Animasi 3d yang bisa dikatakan cute adalah senjata andalan game ini. Selain itu seal selalu memamerkan kehidupan cinta dalam dunia virtual. Dungeon, PK, dan masih banyak lagi membuat game ini tidak habis dimakan zaman. Meskipun tidak memiliki server resmi lagi, penggandrung Seal masih bertebaran di seluruh private server di dunia.


5. Ayo Dance

Berbicara tentang adu ketangkasan, cepat dan tepata game ini adalah jawabannya. Siapa yang tak tahu game ini, disetiap warnet yang dipenuhi dengan game MMORPG dan FPS selalu muncul satu orang yang memainkan game ini. Berisiknya keyboard adalah salah satu ciri khas pemain game ini. Lagu-lagu yang enak didengar dengan tempo yang cakep menjadi salah satu keunggulan game ini. Umur yang bisa dikatakan tua, namun game ini masih memiliki official server yang bertahan hingga sekarang.


4. Perfect World

Siapa yang tak kenal game ini, game yang berani memberikan edit karakter yang mampu membuatmu untuk menciptakan karakter dengan wajah yang berbeda dari lainnya. Sistem Pet dan kostum juga menjadi poin utama game ini. Selain itu game ini juga hadir dengan konsep MMORPG pada umumnya yaitu PK, Dungeon, Guild, dan lain-lain. Masih berdirinya server official Perfect World Indonesia mampu menjadi bukti bahwa game ini masih digemari, terlepas dari hadirnya banyaknya private server PW yang tak kalah ramai.


3. RF Online

Motto dari game ini adalah Pertempuran tiada akhir yang sangat sesuai dengan gamenya yang bertahan hingga sekarang. Mulai dari masih adanya official server hingga beberapa private server yang berhasil menggaet hingga 1000 lebih pemain. Mungkin pertempuran brutal antar Race yang biasa disebut dengan Chip War atau War saja menjadi daya tarik yang sangat kuat. Dibalik itu harga setiap item RF yang cukup tinggi mungkin dilirik oleh orang yang ingin menghasilkan pundi-pundi uang dari sebuah game.


2. Point Blank

Beralih menuju game yang sering berganti-ganti publisher, tidak lain dan tidak bukan adalah point blank. Jika berbicara sebuah game FPS yang paling diminati kala itu, Point blank adalah jawabannya. Kalian pasti tidak asing lagi untuk mendengar Luxville dan Downtown. Kendati dikerubung oleh banyak cheater, namun pada kenyataan nya game ini masih bertahan hingga sekarang. Point blank sendiri masih terus menerus melakukan update pada gamenya dan yang perlu diingat, bahwa mereka juga kerap mengadakan Turnamen-turnamen yang bisa diikuti oleh para player PB.


1. Ragnarok Online

Game satu ini memang terkenal di seluruh penjuru dunia, sempat menjadi raja untuk genre MMORPG ternyata Ragnarok Online masih bertahan hingga sekarang. Banyaknya pilihan job, serta update berkala membuat game ini tetap bertahan dari pertama rilis di tahun 2002. Bahkan beberapa negara masih memiliki server official dari game ini. Disisi lain banyaknya private server yang dipenuhi banyak player, menjadi bukti Ragnarok online masih memiliki tempat di hati.


Demikian 15 Game Online Jadul yang Masih dimainkan Hingga Sekarang. Apakah kamu masih memainkan salah satu game diatas? atau kamu memiliki game online jadul favoritmu yang lain? Silahkan berkomentar di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan G-List atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

Exit mobile version