15 Game Online PC yang Tidak Deadgim

in
Deadgim

Menggagas sebuah video game sebagai deadgim memang bukanlah hal yang bijak sebelum memainkannya sendiri. Namun fakta bahwa banyak game populer di masa lampau tidak bisa bertahan karena updatenya yang terbatas atau terkendala masalah lain membuat banyak player yang ragu sebelum memainkannya. Karena game online tanpa player bagaikan hidup tanpa oksigen.

Meski pada dasarnya saat ini console sudah bisa memainkan game online dan banyak developer telah membuat beberapa gamenya menjadi crossplatform. Namun komunitas awal terbesarnya yang berada di PC seolah menjadi sebuah patokan mutlak kesuksesannya.

Lalu, apa saja game online PC yang sampai detik ini tidak dalam status deadgim? Berikut daftar 15 game online pc yang tidak deadgim. Namun sebelum melanjutkan ke artikel, kami sarankan kamu membaca disclaimer berikut.

Disclaimer
  • Game yang diambil bukan game super populer dan viral saat artikel ini ditulis seperti Valheim (saat ini tengah viral), PUBG, Counter-Strike, Dota2, Valorant, dan sejenisnya. Namun game yang sempat viral namun mungkin sekarang jarang diperhatikan
  • Urutan tidak menentukan yang paling populer atau tidak. Jadi, nomor 1 bukan berarti yang populer atau sebaliknya. Saya selalu membuat artikel list seperti ini dengan urutan yang acak.
  • Tidak ada patokan jumlah player, namun untuk game di bawah 2 ribu player yang online tidak akan kami masukkan.
  • Data diambil dari SteamDB, Twitch, Statistik Ragam Website, dan komunitas yang saya pribadi ketahui.
  • Data tidak termasuk game dengan launcher di luar Steam.
  • Data tidak terjamin keabsahan jumlahnya karena bersifat fluktuatif atau berubah-ubah.
  • Data tidak menjamin bahwa gamenya masih ramai tergantung kapan kamu membaca artikel ini. Sebagai catatan artikel ini dibuat tanggal antara 1-2 Maret 2021 karena saya mengerjakannya jelang tengah malam.

15. Destiny 2

Meski dianggap gagal saat Bungie masih bersama Activision, namun sejak mereka lepaskan diri, Destiny 2 kini nampak lebih baik meskipun masih terdapat ragam kendala yang perlu mereka selesaikan.

Dalam data SteamDB, tercatat sekitar 50-80 ribu player online setiap harinya dengan puncak player yang online bersamaan di angka 292513. Sementara komunitasnya masih ramai di berbagai grup dan forum, lengkap dengan penonton Twitch yang tembus sekitar 14-15 ribu viewer.

14. Black Desert

Black Desert menjadi salah satu game yang cukup rancu datanya jika dilihat dari SteamDB mengingat terdapat tiga judul yang sama dengan regional yang berbeda. Namun jika ketiganya ditotal setidaknya tercatat sekitar 30-40 ribu player yang online bersamaan setiap harinya. Ini belum termasuk dari mereka yang membeli gamenya via website resminya yang tentu saja tak tercatat data.

Sementara total puncaknya berkisar antara 70-80 ribu player. Peminatnya di forum lokal dan luar termasuk Twitch juga cukup ramai. Tercatat sekitar 11-12 ribu viewer yang masih menggandrungi gamenya.

13. Among Us

Game yang telat rame bisa jadi kalimat yang bisa representasikan Among Us. Meskipun sempat viral dengan jumlah player yang membludak, saat ini komunitasnya justru menurun dan tersisa player setianya saja. Namun hal ini tidak menutup masih banyaknya player yang memainkannya.

Tercatat 15-38 ribu player yang online bersamaan dengan total puncak online sekitar 400 ribu. Sementara komunitasnya masih tetap hangat membicarakan dan menikmati Among Us via Twitch dengan penonton sekitar 4 ribu orang.

12. Final Fantasy XIV

Model bisnis beli dan subskripsi atau berlangganan buat Final Fantasy XIV sebagai salah satu MMORPG yang miliki jumlah player yang fluktuatif. Terlebih dengan launchernya yang terbagi atas dua jenis yakni dari Steam dan terpisah via websitenya. Meskipun begitu, game ini masih ramai digandrungi setiap tahunnya.

Dari data SteamDB sendiri sekitar 16 ribu hingga 26 ribu player yang masih memainkan gamenya via Steam dengan puncak berkisar 41 ribu player dua tahun yang lalu. Sementara komunitasnya hingga kini masih ramai membicarakan gamenya baik di grup maupun forum. Tak terkecuali para penonton Twitchnya yang tembus 4 ribu orang.

Tentu saja jumlah ini tidak termasuk dari mereka yang membeli dan berlangganan gamenya dari luar Steam. Jika harus ditambah, player console juga ikut meramaikan jumlah player online setiap harinya untuk game ini mengingat Final Fantasy XIV memang didesain sebagai judul cross-platform.

11. Warframe

Meski sempat tergerus banyaknya game baru dengan tema serupa, namun hal tersebut takkan pernah turunkan tahta Warframe sebagai salah satu game yang digandrungi playernya. Ia masih menjadi top of the top game gratis dengan jumlah player yang cukup ramai.

Data SteamDB sendiri mencatat sekitar 44-53 ribu player yang online bersamaan setiap harinya. Meskipun pada kenyataannya gamenya tak begitu diminati untuk ditonton di Twitch dengan total penonton tak sampai 2 ribu karena grinding yang lama, namun hal tersebut tak membuktikan bahwa gamenya mati. Forum dan grup yang masih ramai membuktikan bahwa playernya masih aktif menghabiskan waktunya menikmati keindahan dunia buatan Digital Extremes tersebut.

10. Guild Wars 2

Senyap tanpa data menjadi bagian yang sulit untuk diketahui player saat mencari tahu berapa jumlah player Guild Wars 2. Namun dari beragam data yang telah saya kumpulkan terdapat jumlah player yang luar biasa yang online bersamaan.

Terdapat sekitar 100-200 ribu player yang masih aktif bermain Guild Wars 2 dengan jumlah sekitar 600 ribu player yang aktif memainkannya. Sementara komunitasnya di Twitch sendiri memang tak begitu banyak karena tak sampai seribu orang yang menontonnya di Twitch.

9. Overwatch

Satu lagi game tanpa statistik lebih detil karena tak semuanya miliki statistik seperti SteamDB. Overwatch memang sempat viral saat peluncurannya di tahun 2015 silam, namun jumlah playernya semakin dipertanyakan seiring berjalannya waktu. Terlebih setelah updatenya berhenti demi melanjutkan gamenya di iterasi selanjutnya.

Namun dari data yang saya kumpulkan, jumlah player Overwatch masih terhitung cukup ramai. Tercatat sekitar 100-400 ribu player yang online setiap harinya. Tentu saja data ini adalah total data dari semua platform dan tak terbatas di PC saja. Namun jika 10 ribu player saja sudah cukup ramai, bagaimana jika 100 ribu player? Ngga, Overwatch masih ngga deadgim kok, kecuali kamu ambil role DPS di setiap matchmaking, nah itu baru lama antreannya.

8. RF Online Indonesia

Rf Online Zigma Server

Dibranding berulang-ulang namun masih tetap rame, itulah RF Online Indonesia. Meskipun banyak private server yang jauh lebih baik dengan fokus PvP, namun masih banyak player lokal yang memainkannya. Saya jelas tidak bisa mendapatkan data khusus untuk game ini, namun jika kamu benar-benar memainkannya, gamenya masih rame hingga saat ini. Khususnya jika kamu adalah gamer warnet jadul yang sempat menikmati update-update khasnya termasuk Red Army dan lain sebagainya.

LYTO sendiri kini membagi gamenya menjadi dua: Classic dan Remastered, yang jelas Remastered adalah branding ulang saja dengan update baru sementara Classic bakal terbatas di level 50 saja. Remastered miliki tiga server: Zero, Alpha, dan Zigma dengan dominasi Cora dan Bellato. Sementara Classic hanya miliki 1 server yakni Niven yang didominasi oleh Accretia dan Cora saat chipwar.

7. SCUM

Game yang satu ini juga sempat viral saat peluncurannya. SCUM tidak dibranding sebagai battle royale namun lebih ke full survival dengan realisme luar biasa. Player bisa sakit, lapar, haus, kepanasan layaknya manusia yang hidup di dunia nyata. Tentu saja dengan fitur saling bunuh yang menjadi inti permainan SCUM.

SteamDB catat jumlah playernya cukup banyak yakni sekitar 8-10 ribu player setiap harinya dengan total jumlah player yang online bersamaan di 68 ribu player tiga tahun yang lalu. Viewernya di Twitch memang tidak banyak antara 300 orang saja, namun hal tersebut tak membuktikan bahwa gamenya deadgim.

6. No Man’s Sky

From zero to hero, begitulah mereka menyebutnya. Game eksplorasi luar angkasa yang sempat viral dengan kontroversi negatifnya, No Man’s Sky sukses capai puncak dengan update gratis yang diberikan Hellogames kala itu. Meskipun masih banyak kendala baik dari sisi konten maupun hal lainnya, namun jumlah playernya cukup banyak.

Sekitar 8-11 ribu player masih online secara bersamaan setiap harinya. Sayangnya, puncak online bersamaan yakni 200 ribu player hanya terjadi lima tahun silam saat gamenya masih hangat dirilis di Steam. Viewer Twitchnya sendiri tak begitu ramai yakni sekitar 400 orang saja.

5. Dragon Nest SEA

Game dungeon crawler yang rilis tahun 2011 silam ini sempat berpindah regional dari Korea Selatan, Amerika, Asia, Indonesia, kemudian tutup dan membuka server baru di regional lain. Puncaknya adalah bertahannya gamenya di Asia Tenggara di bawah naungan Eyedentity Games.

Saya tak memiliki data spesifik memang untuk Dragon Nest. Namun jumlah player yang masih banyak setiap kali gamenya dimainkan membuktikan bahwa masih banyak player yang menggandrunginya. Komunitasnya tersebar antara grup, discord, dan forum khusus yang masih memainkannya.

4. World of Tanks

Siapkan diri untuk masuk Steam, World of Tanks (bukan yang Blitz) menjadi salah satu game dengan jumlah player yang masih bertahan cukup tinggi setiap harinya. Game vehicular combat tersebut tetap bertahan hingga satu dekade perilisannya saat ini dengan ragam update menarik yang ditawarkan.

Meskipun jarang dilirik player lokal, namun jumlah player yang tercatat sekitar 200-300 ribu player dari semua regional buktikan bahwa World of Tanks masih ramai dimainkan oleh setiap playernya. Terlebih dengan update visualnya yang kini mengubah wujudnya menjadi lebih baik.

Game ini juga cukup diminati di Twitch. Tercatat sekitar 9800 orang yang masih menonton livestreamnya via Twitch.

3. Eternal Return: Black Survival

Out of the blue atau bahasa kerennya tau-tau nongol bisa jadi kalimat yang representasikan Eternal Return: Black Survival. Game ini simplenya adalah battle royale anime dengan kamera top-down yang tak terjerat permainan klasik “ring” namun dengan area layaknya Hyper Scape.

Tercatat sekitar 8-20 ribu player yang online bersamaan setiap harinya dengan total puncak player sebanyak 52 ribu tiga bulan yang lalu. Peminatnya memang sangat mengerucut di komunitas tertentu dan tak bisa dibilang menyebar layaknya game populer lain. Namun penonton Twitchnya yang cukup ramai yakni antara 7 ribu orang buktikan bahwa Eternal Return: Black Survival masih menjadi salah satu game online unik yang miliki komunitas yang solid.

2. Fall Guys: Ultimate Knockout

Satu lagi game yang sempat viral keberadaannya sampai servernya overload, Fall Guys: Ultimate Knockout hadirkan permainan klasik yang sempat muncul di acara lomba di televisi. Simplenya player akan dituntut untuk lewati halang rintang layaknya acara Benteng Takeshi atau Takeshi’s Castle.

Meski saat ini tak begitu ramai, namun jumlah player yang tembus sekitar 7-9 ribu player setiap harinya menjadi bukti bahwa gamenya masih seru untuk dimainkan. Sayang, jumlah tertinggi 170 ribu player tak bisa kembali terulang. Hal ini kemungkinan besar karena ragam kendala yang terjadi, salah satunya cheater. Hey, secupu apa sih kamu sampe ngecheat di game beginian?

Jumlah penonton Twitchnya juga cukup banyak yakni sekitar 4 ribu orang. Sementara komunitasnya masih tetap solid hingga saat ini.

1. Apex Legends

Munculnya tak terduga dan sempat viral karena kualitas game dan servernya yang baik buat Apex Legends salah satu game yang sangat diminati oleh para player fps. Memang, tema battle royale yang mereka angkat bukan sesuatu yang baru, namun hero-shooter dengan kecepatan, traversal, dan ragam teknik “kabur” membuatnya sangat seru dimainkan. Meski sempat alami masa kelam hingga dianggap deadgim oleh player lokal, pada kenyataannya Apex Legends tidak pernah berada dalam status tersebut.

Sejak kerjasama EA dan Valve, game ini juga pergi ke Steam, membuat website seperti SteamDB bisa mengambil data jumlah playernya. Saat ini tercatat sekitar 120-180 ribu player yang online setiap harinya. Dengan puncak berkisar antara 198 ribu player dua hari yang lalu. Namun jumlah ini belum termasuk playernya yang berada di Origin.

Sementara komunitasnya masih tetap solid hingga detik ini. Khususnya setelah peluncuran season 8. Penontonnya di Twitch kembali meroket hingga 100 ribu orang.


Itulah 15 game online PC yang tidak deadgim, semoga dengan daftar ini kamu bisa menjadikan referensi game apa saja yang saat ini masih banyak dimainkan player. Karena game online tanpa player bagai sayur tanpa garam.

Lantas, apakah kamu punya daftar game lain yang memiliki jumlah player yang masih banyak? Seperti biasa, cantumkan semua pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

2 Comments

Leave a Reply

    Leave a Reply

    Avatar

    Your email address will not be published.