15 Game Perang yang Jumlah Playernya Kayak Tawuran

Game Perang Tawuran2

Mendengar kata “perang” tentu yang terbayang dalam pikiran kita adalah adegan di mana ratusan orang yang saling bunuh dalam satu area luas tempat pertumpahan darah berlangsung. Mirip adegan pertama film Saving Private Ryan. Namun, bagaimana jika video game yang melakukannya? Tentu saja akan jauh lebih interaktif.

Kehadiran game perang dengan jumlah player super banyak terjawab dengan banyaknya developer yang mengembangkannya sejak era Battlefield. Kini, tak hanya genre shooter saja yang mendapatkan perhatian, mereka yang menyukai medieval hingga senjata tradisional seperti pedang bisa ikut berpartisipasi di dalamnya sembari melakukan “tawuran” virtual.

Lantas, apa saja gamenya? Berikut 15 game perang yang jumlah playernya kayak tawuran.

15. Mordhau

https://youtu.be/bzm-6_RCZns

Mordhau adalah game medieval first-person yang akan buatmu bisa melawan musuh dengan pedang, kapak, tombak, dan yang lain sebagai seorang ksatria maupun prajurit kerajaan. Kamu bisa melawan player lain dalam peperangan masif hingga 80 player. Tak hanya perang saling bacok atau panah, kamu juga bisa mengendarai kuda hingga menggunakan ballista untuk mengacaukan jalannya peperangan.

14. Chivalry 2

Melanjutkan iterasi pertamanya, Chivalry 2 bisa dibilang mirip dengan Mordhau namun dengan jumlah player lebih sedikit dan tampilan visual yang lebih baik. Kamu bisa melempar kapak, menendang musuh, menggunakan lagi-lagi ballista, dan menggempur kastil dalam game ini. Jumlah playernya? 64 dalam satu match.

13. Enlisted

Mirip Battlefield adalah kesan pertama saya saat memainkan Enlisted. Meskipun jumlah playernya tak sebanyak game buatan DICE tersebut, namun Enlisted cukup memuaskan fans yang hobi memainkan game dengan player masif.

Enlisted menggunakan sistem squad, di mana player akan bisa membentuk squad dan membuka yang lain dengan spesialisasi berbeda. Misalnya saja hanya squad tank yang bisa menggunakan tank, pilot yang bisa menggunakan pesawat, dsb. Satu player akan bisa menggunakan semua karakter dalam squadnya karena mereka akan bertempur secara real-time mengikuti kemanapun kamu pergi dengan dikendalikan AI.

12. PlayerUnknown’s Battlegrounds

Siapa yang tak kenal game yang satu ini. Sudah bukan sebuah rahasia lagi apabila PlayerUnknown’s Battlegrounds miliki jumlah player kayak tawuran. Game battle royale ini akan berikanmu pengalaman memainkan looter shooter dengan 99 player lainnya (tambah kamu jadi 100 player). Kamu bisa memainkannya sendirian, duo bersama temanmu, atau squad bersama tiga temanmu. Selain mode battle royale, game yang biasa disingkat menjadi PUBG ini memiliki mode deathmatch dan mode lain yang tentunya masih seru jika dimainkan.

11. Holdfast: Nations at War

Perang dengan senjata apapun meskipun yang paling utama adalah senapan menjadi dasar permainan Hodfast: Nations at War. Game yang bersetting pada perang Eropa ini mengajakmu bertempur layaknya Battlefield namun dengan jumlah player super masif yakni 150 player. Kamu bisa menggunakan senapan hingga pedang untuk melawan musuh-musuhmu. Game ini populer berkat meme internet dan komunitasnya yang sangat solid. Sayang, jumlah player yang memainkannya kini tak sebanyak masa jayanya tahun lalu.

10. Fortnite Battle Royale

Berawal dari game building dan zombie, Epic Games rupanya mengambil kesempatan kepopuleran battle royale yang diprakarsai oleh PlayerUnknown’s Battlegrounds. Melalui Fortnite: Battle Royale yang bisa dimainkan dengan cuma-cuma, Epic Games mencoba untuk ajak para player untuk menikmati mekanik Fortnite namun dengan rasa battle royale. Hasilnya? Kamu bisa menikmatinya bersama 99 player lainnya.

9. Naraka Bladepoint

Battle royale namun menggunakan pedang dan senjata tradisional mungkin sudah cukup umum dikembangkan oleh beberapa developer. Namun bagaimana jika kamu bisa menggunakan jurus yang biasa kamu lihat di anime lengkap dengan parkour? Naraka Bladepoint adalah jawabannya.

Game milik NetEase ini memang belum dirilis, namun player yang telah mencoba betanya menunjukkan segala potensi yang terkadung di dalamnya. Kamu bisa membantai musuh menggunakan katana, panah, golok, tombak, hingga pedang khas Tiongkok dalam gamenya. Tak hanya itu saja, wallrunning, grappling hook, dan ragam opsi traversal lain juga bisa dinikmati.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

8. Verdun

Tak hanya hardcore, Verdun adalah game perang dengan tema perang dunia pertama yang miliki elemen gore realistis yang mungkin akan membuatmu muntah jika tak tega melihatnya. Kamu akan bisa melihat anggota tubuh tentara yang putus karena bom dan tembakan kuat. Tak hanya itu saja, jika kamu tak menggunakan masker anti gas beracun, kamu bisa merasakan penderitaan luar biasa akibat serbuan bom beracun.

7. Planetside 2

Planetside 2 adalah MMORPG first person shooter bertema sci-fi dengan jumlah player kayak tawuran selanjutnya. Match gamenya miliki dukungan dari 32 vs 32 hingga yang paling masif yakni 100 player vs 100 player. Sama seperti Battlefield, kamu bisa mengendarai tank, memanggil orbital strike, hingga menggunakan turret yang ada dalam markas untuk melumat musuh-musuhmu. Namun karena MMORPG, maka progressmu akan berjalan secara real-time dan bukan per-match. Tiap fraksi yang kamu pilih akan miliki markasnya masing-masing. Kamu dan fraksimu bisa saling menguasai beberapa wilayah markasnya.

6. Arma

Hardcore militer dengan senjata modern yang nyaris sama dengan simulasi militer membuat Arma salah satu game perang yang tak hanya cukup realistis, namun miliki player dengan jumlah yang tak terbatas. Dengan kata lain, player bisa melawan lebih dari 200 player dalam pertempuran. Semua tombol keyboardmu akan digunakan untuk memainkan Arma, tak heran apabila tak sedikit player pemula kebingungan dengannya.

5. Squad

Squad bisa dibilang game yang lebih “friendly” dibanding Arma. Sama seperti “saudara”-nya tersebut, kamu akan memainkan tentara modern untuk berperang dalam operasi apapun. Bedanya, ia dibatasi sekitar 100 player atau 50 vs 50. Tidak, tidak akan ada indikator berapa jumlah pelurumu, darah, atau yang lain. Kamu hanya bisa mengakses beberapa hal seperti berapa teman satu squadmu, kompas, hingga peta yang harus dibuka secara manual. Kamu bisa menggunakan tank atau peralatan tempur lain.

4. Battlefield Series

Battlefield sudah sangat dikenal karena multiplayernya. Dukungan player 32 vs 32 atau sekitar 64 player menjadi hal yang biasa di setiap seri terbarunya. Bahkan seri yang akan dirilis nanti, Battlefield 2042 akan miliki jumlah yang lebih banyak yakni 128 player dengan dukungan 64 vs 64.

Namun hal yang menarik dari game perang yang satu ini adalah bagaimana player bisa hancurkan bangunan dan properti lain untuk mencegah agar tak ada dari musuh yang bersembunyi. Tank, helikopter, dan meriam adalah hal biasa di Battlefield.

3. Call of Duty: Warzone dan Ground War

Ground War di Call of Duty Modern Warfare merupakan “tiruan” dari mode conquest milik Battlefield dengan 32 vs 32. Dalam mode ini player bisa mengendarai tank, APV, hingga helikopter untuk mengambil poin dan melumat musuh. Bedanya, tidak ada properti yang bisa dihancurkan sama sekali dalam gamenya.

Sementara Warzone adalah standalone mode dan game yang bisa diakses oleh semua player karena gratis. Gamenya mirip dengan battle royale pada umumnya dengan zona bermain yang semakin mengecil hingga menyisakan satu tim yang bertahan hidup.

2. Apex Legends

Battle royale + hero shooter adalah gabungan dua kata yang bisa representasikan Apex Legends. Gamenya miliki beragam hero dengan kemampuan masing-masing. Karena ia dibuat oleh para mantan developer Call of Duty dari Infinity Ward, maka movement atau gerakan adalah salah satu yang ditekankan di dalamnya. Player bisa sliding, lompat, bahkan terbang untuk bisa tuju salah satu poin looting atau lancarkan serangan dadakan ke musuh.

1. Hell Let Loose

Hardcore layaknya Arma dengan berbagai alat perang seperti tank dan yang lain adalah kalimat yang bisa representasikan Hell Let Loose. Game hardcore first person shooter yang satu ini akan ajakmu untuk mainkan mode 50 vs 50 di map super luas dengan setting perang dunia kedua. Tak ada mini map, UI, dan shot indicator. Masih kurang? Bagaimana kalau kami memberitahumu bahwa game ini akan membutuhkan sekali tembak saja untuk membunuh musuhmu?


Itulah 15 game perang dengan jumlah player kayak tawuran. Mana yang kamu suka? Atau mungkin kamu pernah memainkannya? Atau kami tidak memasukkan game perang favoritmu dalam daftar di atas? Seperti biasa cantumin semua komentarmu di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version