15 Game yang Bisa Kamu Mainkan dengan Satu Tangan

in , , , ,

Semua controller gaming yang ada dari zaman dulu hingga sekarang mempunyai satu satu kesamaan yaitu semuanya didesain agar dapat dipegang kedua tangan manusia. Namun bagi gamer yang sedang cedera tangannya atau salah satu tangannya sibuk akan kegiatan lain, mereka mau tak mau harus mencari game yang dapat dimainkan dengan satu tangan saja.

Berikut adalah beberapa game menyenangkan yang bisa kamu mainkan hanya dengan satu tangan saja.


1. Heartstone: Heroes of Warcraft

Kebanyakan game dari Blizzard seperti Diablo dan Warcraft pada dasarnya bisa dimainkan dengan satu tangan di mouse saja, tetapi mungkin akan sedikit sulit untuk beraksi dengan cepat tanpa bantuan hotkey di keyboard. Untungnya ini takkan jadi masalah untuk game kartu online mereka, Heartstone.

Game ini begitu sederhana untuk dipelajari, namun sulit untuk dikuasai. Dengan belasan class, ribuan kartu dan jutaan pemain online, game ini bisa menjadi pengisi waktumu disaat absennya tangan yang satu lagi.

Tak hanya di PC, game ini juga kini sudah tersedia untuk iOS dan juga Android, membuat kamu bisa bermain dimana saja.


2. Seluruh seri Civilization

Dikenal sebagai salah satu game paling adiktif, Civilization akan jadi game yang dapat menemanimu disaat bersantai. Seluruh interaksi di game turn-based strategy ini dapat dilakukan dengan mouse, dan melihat gameplay yang diusung adalah turn-based, kamu tak perlu terburu-buru akan keputusanmu.

Game ini juga tergolong “ramah spek” bahkan di seri terbarunya yaitu Civilization VI, membuatmu tak perlu komputer yang begitu canggih untuk bisa menikmati game ini. Bagi pemula, game ini juga tak begitu kompleks dibandingkan game strategi lainnya dan selama kamu sedikit sabar dan mau mengerti mekanik dari game ini, kemungkinan besar kamu akan lupa waktu sangatlah besar.


3. Seluruh seri X-COM

Walaupun terlihat lebih action dan menantang, X-COM memiliki gameplay turn-based sama seperti Civilization. Namun bedanya adalah game satu ini lebih fokus akan melawan alien di lokasi tertentu dengan combat yang menggunakkan sistem RNG (random number generator), membuat seranganmu bisa saja kena atau tidak ke musuh nantinya.

Mungkin RNG ini bisa menyebalkan karena terlalu tergantung pada faktor keberuntungan. Akan tetapi RNG ini juga yang membuat gameplay di X-COM tak selalu sama dan dapat mengejutkanmu kapan saja.


4. Bayonetta

Kalian mungkin berpikir, “bagaimana bisa kamu memainkan game hack-and-slash dengan bermacam-macam kombinasi kombo dengan satu tangan saja?” Platinum Games telah sediakan difficulty khusus pada game ini yang membuat karaktermu bergerak sekaligus menyerang secara otomatis, dan yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan tombol apa yang muncul di game layaknya quick time event.


5. Huniepop

Dari seluruh game puzzle-casual yang ada seperti Bejelewed dan game PopCap lainnya, kenapa saya harus memilih yang ini? Karena game satu ini punya satu mekanik unik yang jarang diimplementasikan di game puzzle-casual lainnya- anime grills.

Tanpa panjang lebar lagi, biarkan review-review dari Steam ini menjelaskan kepada kamu game apa ini.


6. One Finger Death Punch

Jangan tertipu dengan visual stickman yang mungkin terlihat membosankan bagi banyak orang, game ini adalah salah satu game paling menyenangkan yang bisa kamu mainkan dengan modal satu tangan saja. Sesuai judul game, kamu bisa saja memainkan game ini dengan satu jari saja, namun dnegan semakin meningkatnya kesulitan di tiap level, kamu akan butuh dua jari untuk melawan seluruh mush yang datang satu persatu.

Di Game ini, yang perlu kamu lakukan hanya mengklik tombol mouse kanan untuk menyerang musuh yang datang dari kanan, dan tombol mouse kiri untuk musuh yang datang dari kiri. Meskipun terdengan terlalu sederhana, game ini ternyata seru untuk dimainkan karena gameplay yang cepat dan animasi yang over-the-top seperti kumpulan animasi stickman yang beredar di Youtube.


7. Clicker Heroes

Kamu mungkin sudah menebak jika akan ada game clicker di list ini, dan dari seluruh game clicker yang beredar, kenapa saya memilih Clicker Heroes? Karena di game ini kamu bisa merasakan apa rasanya memiliki DPS yang tinggi melawan monster-monster dengan HP tebal. Yup, tak ada alasan lain selain itu.

Untuk kedua kalinya, biarkan review dari Steam jelaskan game ini kepadamu.


8. Crypt of Necrodancer

Dengan perpaduan genre Rhythm, Rogue-like dan Dungeon crawler, game satu ini bisa saja membuatmu goyangkan kepala selagi menjalankan karaktermu mengiringi irama musik. Musik yang dipersembahkan oleh Danny Baranowsky sudah begitu asik untuk didengar, tetapi jika kamu ingin tambahkan musikmu sendiri, game telah sediakan opsi untuk menambahkan musik sendiri menjadi pengiring perjalananmu melewati satu-persatu dungeon yang ada di game.


9. Roller Coaster Tycoon atau Planet Coaster

Ada ratusan game tycoon yang dirilis untuk PC, namun jika harus memilih satu saja, maka sudah jelas Roller Coaster Tycoon yang menjadi game pertama yang muncul di kepala saya. Sesuai judulnya, di game ini kamu diharuskan membangun taman bermain Roller Coaster idamanmu sendiri dan memuaskan semua pengunjung yang ada.

Jika kamu punya uang lebih dan juga spek yang mumpuni, kamu mungkin tertarik untuk mencoba Planet Coaster, game dari kumpulan orang yang sama yang pernah kerjakan Roller Coaster Tycoon hanya saja dengan studio yang berbeda. Game satu ini bisa dibilang sekuel Roller Coaster Tycoon paling dinanti-nanti disaat sekuel RCT yang asli gagal untuk membawakan apa yang fans inginkan.


10. Seluruh seri Pokemon

Tampaknya saya tak perlu menjelaskan yang satu ini karena kalian pasti sudah tahu banyak soal Pokemon. Dan dengan keberadaan emulator mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kalian, kamu bisa mencoba seluruh game pokemon (hampir) dengan menggunakkan emulator yang tersedia di PC ataupun mobile.

Jika kamu ingin mencoba seri-serinya yang ada di 3DS (yang tampaknya hingga saat ini belum ada emulatornya), mungkin kamu mau mencoba membeli langsung console handeld tersebut.


11. Seluruh seri The Sims

Game life simulation terkenal ini juga mungkin sudah tak asing lagi khususnya untuk gamer PC. Dengan seri keempat dari game ini masih diurus expansionnya, bisa dibilang game satu ini masih terus hidup meskipun developernya sendiri sudah ditutup oleh EA (f*ck you, EA).

The Sims 3 mungkin jadi rekomendasi apabila kamu belum pernah mencoba franchise ini sama sekali, game tersebut adalah game dengan konten terbanyak meskipun tanpa DLC bejibun dari EA. Meskipun demikian, seri ketiga ini juga yang memiliki masalah teknis paling banyak khususnya pada loading pertama yang bisa saja lama minta ampun.


12. Osu!

Rhythm game biasanya memiliki setidaknya 4 tombol untuk ditekan agar bisa dimainkan, membuat memainkan game dengan genre seperti ini biasanya sulit untuk dilakukan dengan satu tangan saja. Untuk Osu! sendiri, kamu bisa saja mainkan hanya dengan modal mouse saja walau mungkin Keyboard akan membuat kamu lebih mudah menguasai game ini.

Game ini bisa dikategorikan “mudah dipelajari tapi sulit dikuasai”, melihat kamu hanya perlu mengklik dan menggerakan mouse untuk memainkannya, tetapi untuk bahkan menyelesaikan satu lagu saja untuk seorang pemula akan butuh waktu.


13. Football Manager

Bagi kamu yang penggemar sepak bola yang lebih tertarik untuk bermain sebagai orang yang dibalik lapangan ketimbang memainkannya yang berada di lapangan, mungkin ini game yang cocok untukmu. Di game ini kamu bermain sebagai pelatih klub sebuah sepak bola, kamu diharuskan untuk mengurus apa saja yang diperlukan timmu mulai dari formasi, strategi, transfer pemain, interview dan masih banyak lagi.

Saat pertandingan tiba kamu hanya akan menonton anak didikmu bermain sesuai formasi yang kamu terapkan. Menang atau tidaknya tim tersebut tak hanya tergantung pada performa pemain itu sendiri, namun juga keputusanmu sebagai pelatih.


14. Seluruh seri Sim City

Satu lagi game dari Maxis (RIP) yang masuk ke dalam list ini. Berbeda dengan The Sims dimana kamu fokus memainkan avatarmu sendiri, di game ini kamu disuruh untuk mengurus kota idamanmu sendiri. Seperti dunia nyatar, warga kota akan selalu komplain tentang kekurangan yang ada di kota, dan kamu harus mencari cara bagaimana untun mengatasinya.


15. Divinity: Original Sin

Game yang datang dari hasil Kickstarter ini berikan sensasi gameplay RPG yang amat sulit. Tak hanya kamu perlu berpikir strategis saat pertarungan yang dibuat turn-based, kamu juga harus cari tahu sendiri harus kemana dan bagaimana cara menyelesaikan tiap quest yang diberikan. Yup, tak ada marker atau bantuan apapun layaknya game RPG lain seperti Skyrim, kamu harus cari tahu sendiri mau kemana dan cari tahu sendiri harus apa sesudah mencapai disana. Game ini juga dilengkapi Co-op apabila kamu tertarik untuk mengajak temanmu bermain .


Inilah 15 game yang bisa kamu mainkan dengan satu tangan. Kami tahu masih banyak lagi game yang seharusnya masuk kedalam list ini, maka dari itu sebutkan game yang menurutmu layak berada di list ini!

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.