15 Komposer Ternama Dibalik Keindahan Musik Dalam Video Game

in

Musik, backsound lembut, serta lagu-lagu dalam game, memang memiliki peran sedikit banyak. Sebuah musik dalam sebuah game mampu menghidupkan suasana, Feel, hingga atmosfer dalam game dan itu bukanlah tugas yang mudah. Tentu saja dibalik semua itu ada peran dari composer-composer hebat yang mampu membuat nilai dari sebuah game menjadi lebih. Berikut adalah 15 Komposer Ternama Dibalik Keindahan Musik Dalam Video Game.


1. Nobuo Uematsu

Karya: Final Fantasy Series

Siapa yang tak kenal dengan komposer yang satu ini. Ia adalah laki-laki yang memilki peran dari hampir seluruh lagu Final Fantasy. Ia hadir sejak Final Fantasy dibuat, meski sempat tidak menangani musik dari Final Fantasy terbaru, Nobue Uematsu bergabung kembali saat penggarapan Final Fantasy VII Remake dibuat.


2. Miki Higashino

Karya: Suikoden 1 dan 2

Lagi, composer dibalik lagu-lagu ikonik suikoden 1 dan 2 PS 1. Meski tidak sendirian namun ia adalah orang yang paling bersinar dalam lagu-lagu milik Suikoden 1 dan 2, ditambah dengan Genso suikoden 1 dan 2. Sayangnya saat ini ia tidak bergelut dalam membuat lagu-lagu untuk game lagi.


3. Motoi Sakuraba

Karya: Tales series dan Dark Souls 1 dan 2

Motoi Sakuraba mungkin memiliki bejibun karya dalam mencompose sebuah musik untuk game. Namun, yang paling menonjol, ia adalah composer dari Dark Souls 1 dan 2. Ia juga bertanggung jawab atas musik-musik dari Tales of Destiny serta tales lain. Ia juga salah satu orang dibalik keindahan musik Valkyrie Profile.


4. Bear McCreary

Karya: God Of War

Jika kita membicarakn Game of The Year, tentu kita tahu pemenang GOTY tahun 2018 God Of War. Game yang nyaris sempurna di segala aspek, ia adalah orang yang berperan membuat musik-musik untuk God of War, meski tak banyak berkarya dalam dunia game, Bear McCreary sudah sering berkarya dalam industri Film.


5. Marcin Przyby?owicz

Karya: CD Projekt Red Game

Marcin memulai berkarya sejak The Witcher 2 hingga sekarang. Ia juga orang dibalik musik-musik dari game The Witcher 3 termasuk DLC nya. Hingga saat ini ia adalah salah satu Founder CD Projekt serta composer dari game-gamenya. Bahka ia ikut terlibat dalam pembuatan musik dari proyek terbaru mereka Cyberpunk 2077.


6. Jasper Kyd

Karya: Assasin’s Creed – Revelation dan Borderlands Series

Jasper Kyd mungkin juga salah satu composer veteran yang telah membuat musik untuk banyak game. Sebut saja Assasin Creed, Hitman, Darksiders II, State of Decay hingga series terbaru Borderlands 3. Selain itu ia juga pernah menggarap musik dari beberapa film. Hingga sekarang Jasper Kyd masih dipercaya oleh beberapa developer game.


7. Harry Gregson Williams

Karya: Metal Gear Series

Mungkin Harry Gregson Williams lebih di kenal karya-nya di indurstri per-filman, tapi perlu diingat dia adalah orang dibalik musik-musik hampir di seluruh metal gear solid. Jasanya pertama kali ada pada game Metal Gear 2: Sons of Liberty, dan yang terakhir adalah Metal Gear Solid V. Setelah MGS V ia masih belum ada lagi karyanya dalam industri game.


8. Manami Matsumae

Karya: Megaman

Manami Matsumae adalah orang yang membuat musik-musik dari Megaman. Sebut saja opening Megaman yang menjadi salah satu lagu ikonik dari sejak dulu hingga saat ini. Selain itu jasanya sempat dipakai oleh beberapa developer game, game yang pernah ia tangani salah satunya adalah Dragon quest Sword.


9. Jeremy Soule

Karya: Elder Scroll Morrowin – Skyrim, dan banyak yang lain

Jika kamu pecinta The Elder Scroll maka kamu pernah mendengar karyanya. Ya, Jeremy Soule adalah orang dibalik lagu-lagu keren dari berbagai game, sebut saja The Elder Scrolls V: Skyrim, game-game dari harry potter, Guild Wars, bahkan ia adalah orang dibalik musik Dota 2 The International 2015.


10. Yasunori Mitsuda

Karya: Chrono Trigger, Chrono Cross, Xenogears dan yang lain.

Yasunori Mitsuda juga salah satu orang yang bisa disebut veteran jika berhubungan dengan composer Video Game. Karya-karya telah hadir di berbagai game sebut saja Xenogears hingga Xenoblades Chronicles 2. Ia juga orang yang bertanggung jawab atas musik-musik dari Inazuma Eleven baik itu anime ataupun game.


11. Austin Wintory

Karya: Banner Saga, Assasin Syndicate, Erica, Journey

Jika kamu pernah memainkan game- game seperti Banner Saga, AC Syndicate, Erica, Journey maka kamu telah mendengar karya-karyanya. Austin Wintory mungkin pertama kali dikenal dari karyanya di dalam game Journey, yang mampu menghadirkan keindahan bersama dengan gamenya.


12. Konji Kondo

Karya: Super Mario Bross, Legend Zelda dan lain-lain

Jika kamu adalah fans dari nintendo mungkin kamu pasti mengenal orang ini. Konji Kondo adalah orang dibalik musik-musik dari game-game franchise Nintendo mulai dari Super Mario Bross, Zelda dan lain-lain. Hingga saat ini Konji Kondo masih dipercaya oleh Nintendo untuk masalah musik dari franchise mereka.


13. Yoko Shinomura

Karya: Kingdom Hearts, Final Fantasy XV dan lain-lain

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa Yoko Shinomura adalah orang dibalik keindahan lagu-lagu dari game-game tersebut. Terutama Kingdom Hearts, hampir disetiap series Kindom Heart beliau terlibat dalam pembuatan musiknya. Hingga sekarang ia masih sering terlibat dalam industri game, terakhir ia terlibat dalam pembuatan musik KH 3.


14. Woody Jackson

Karya: RDR, RDR 2, GTA V

Tentu saja tak afdol jika kita tidak ngomong tentang game-game dari Rockstar. Woody Jackson adalah composer yang terlibat dalam pembuatan musik-musik dari RDR, RDR2, dan juga GTA paling panjang umurnya GTA V. Tentu saja untuk kualitas tidak perlu lagi dipertanyakan kapasitasnya.


15. Michael Giacchino

Karya: Medal of Honor, Call of Duty Finest Hour

Jika kalian memainkan game pertama dari seri Call of Duty, mungkin kamu pernah mendengar karya-nya. Tak hanya itu bahkan ia juga ikut andil bagian dalam pembuatan lagu beberapa series di Medal of Honor. Tentunya karya Giacchino tak hanya di video game, ia juga terlibat dalam film Up, dan Rattatoulie, dan ia juga bertanggun jawab atas musik dalam adaptasi gamenya.


Honorable Mention

1. John Mancell

Karya: Crash Bandicoot


2. Toby Fox

Karya: Undertale


3. Yashinori Nishiki

Karya: Octopath Traveler


4. Yuka Kitamura

Karya: Bloodborne, Sekiro, Dark Soul 2, Dark Soul 3


5. Joe Hisashi

Karya: Ni No Kuni


6. Masato Nakamura

Karya: Sonic

7. Ludvig Forsell

Karya: Death Stranding, MGS V


8. Ko Otani

Karya: Shadow of Collosus


Demikian adalah daftar 15 Komposer Ternama Dibalik Keindahan Musik Dalam Video Game. Tentu saja kualitas mereka dalam menciptakan musik tidak usah dipertanyakan lagi. Tapi bagaimana menurutmu brott, apa composer favoritmu masuk dalam list? Jika tidak silahkan sebutkan di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan G-List atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

Avatar

Written by Jendra