15 Mobil yang Paling Banyak Muncul di Video Game

in

Keberadaan mobil di dalam video game tentunya bukan hanya sekedar moda transportasi ataupun sebagai pelengkap agar dunia yang dibuat terasa lebih realistis saja. Mobil ini bahkan menjadi hero di game-game balap seperti Need For Speed, sebagai senjata utama dalam perjalanan seperti pada Mad Max, dan tentunya menjadi koleksi yang menyenangkan seperti di game Grand Theft Auto Online.

Selama hampir 5 dekade sudah banyak game yang tentunya memasukkan mobil ke dalamnya. Dan tentunya sudah ratusan dan bahkan ribuan model mobil yang telah dimasukkan oleh para pengembang video game. Terlepas model mobil yang dimasukkan memang resmi mendapatkan lisensi dari produsen mobilnya, atau bahkan model yang meniru terinspirasi dari mobil yang ada di dunia nyata.

Dan Gamebrott telah mengumpulkan 15 mobil yang paling banyak muncul di video game. Asli maupun yang terinspirasi dari model aslinya.


Volkswagen Bus / VW Combi (70 game)

Mobil keluarga yang satu ini tentunya sudah tidak asing, karena mobilnya sendiri pasti pernah kalian lihat. Bentuk “kotaknya” yang ikonik, terlebih dengan cat dual-tone yang pasti langsung membuatmu mengenali mobil yang satu ini. Dan di dalam game mobil ini sendiri biasanya berlalu-lalang di jalanan, sekaligus sebagai aspek yang menunjukkan era 70-an atau kelompok Hippies dalam game.

Ada di game: GTA San Andreas, Asphalt: Overdrive, Cars (video game), MTV Pimp My Ride


Nissan Skyline GT-R [R34] (70 game)

Siapa yang tidak mengenal salah satu mobil balap terbaik yang pernah dibuat oleh pabrikan Jepang Nissan ini. Mobil yang mendapat predikat “Godzilla” ini tentunya menjadi salah satu mobil wajib di game-game balap. Meskipun kini posisinya telah digantikan oleh adiknya R-35, R-34 tentunya masih menjadi salah satu yang paling terkenal.

Ada di game: Need For Speed series, Initial D: Street Stage, Fast & Furious The Games


Chevrolet Bel Air (78 game)

Bel Air tentunya menjadi salah satu mobil klasik Amerika yang sering digunakan karena bentuknya yang unik dan ikonik. Dan memang di dunia nyatanya, Bel Air merupakan salah satu mobil paling laris yang diproduksi oleh Chevrolet. Apalagi desainnya yang baru dan fresh kala itu. Jadi tidak mengejutkan bila mobil ini akhirnya sering muncul di game sebagai mobil klasik.

Ada di game: Crazy Taxi, Forza Horizon series, Car Town


Volkswagen Golf IV (79 game)

Keberadaan mobil perkotaan (City car) dalam video game biasanya didominasi oleh mobil Amerika. Dan salah satu city car asal Eropa yang menjadi mainstream dan bahkan dapat masuk ke dalam game adalah Volkswagen Golf, terutama generasi ke-4nya. Memang desain mobilnya sendiri tidak unik, namun tentu banyak orang yang mengetahuinya.

Ada di game: Gran Turismo 2, Need For Speed Underground, Watch Dogs 2


Dodge Charger Series II (79 game)

Bila mengatakan salah satu muscle car yang paling ikonik, tentunya generasi ke-2 Dodge Charger ini masuk ke dalam daftar teratas. Bodi super panjang, dengan mesin besar dan turbo yang keluar hingga atas kap mesin tentunya menjadikannya mobil ini mudah dikenali. Dan pastinya menjadi mobil balap klasik dalam video game.

Ada di game: Forza Horizon 2 Present Fast & Furious, Grand Theft Auto V, The Dukes of Hazzard: Return of the General Lee


Ferrari F50 (83 game)

Salah satu, ya karena F50 ini adalah satu dari beberapa supercar milik Ferrari yang masuk di daftar ini. F50 sendiri tentunya sangat ikonik dengan era 90-an, dan supercar asal Italia ini memang memiliki bentuk yang unik sehingga membuatnya mudah diingat apalagi dengan bentuk yang landai dengan spoiler besar di belakang.

Ada di game: Outrun 2 SP, Need For Speed Hot Pursuit 2, Forza Motorsport 7, Project Gotham Racing


Ferrari F40 (84 game)

Langsung bersanding dengan sang adik ada sang kakak F40 ternyata 1 game lebih populer ketimbang F50. Namun mungkin tidak mengejutkan karena F40-lah yang membawa desain revolusioner nan ikonik tersebut yang kemudian digunakan juga di F50.  Namun ya, keduanya sebenarnya masih 11 12.

Ada di game: Grand Theft Auto San Andreas, Project Gotham Racing 4, Need For Speed 2015


Ford E-Series Ambulance (86 game)

Selalu ada namun tidak disadari kehadirannya, mungkin itulah yang dialami oleh mobil yang satu ini. Ya, mobil ini tidak pernah menjadi perhatian utama di dalam game apapun. Namun bila kita mengatakan mobil ambulan yang akan muncul di dalam video game baik game open world maupun game action, pasti pikiran kita akan tertuju pada mobil ambulan yang satu ini.

Ada di game: Grand Theft Auto series, Wreckfest, Watch Dogs, Need For Speed series


Toyota Hilux (88 game)

Cukup aneh bukan untuk mengetahui bahwa salah satu mobil buatan Toyota yang paling banyak digunakan dalam video game ternyata bukan mobil sportnya, namun malah truck SUV-nya. Namun Toyota Hilux ini sendiri memang salah satu SUV paling populer terutama di Amerika. Jadi tentunya tidak heran bila mobil ini akhirnya digunakan di banyak game, termasuk di game action dan bahkan first person shooter.

Ada di game: Forza Horizon 3, Far Cry 4, Delta Force: Black Hawk Down , Call of Duty series


Toyota Supra Mk.IV (91 game)

Untuk kalian yang sedikit kecewa di poin sebelumnya maka kalian bisa senang sekarang karena posisi berikutnya ini ditempati oleh salah satu mobil sport legendaris Toyota yaitu Supra Mk. IV. Mobil yang baru saja mendapatkan penerusnya ini tentunya tidak perlu diragukan lagi ke-ikonikannya di dalam video game. Dan bahkan bisa dibilang tidak pernah absen di berbagai game balap sebelum Toyota menarik mobil-mobilnya dari beberapa game balap.

Ada di game: Gran Turismo Series, Need For Speed series, Wangan Midnight


Ferrari Enzo (119 game)

Masuk ke 5 besar daftar mobil ini ternyata ditempati oleh supercar lain dari Ferarri yaitu Enzo. Kelihatannya nama besar Ferrari serta desain mereka yang ikonik membuat banyak developer game untuk menggunakan atau mengambil inspirasi desain dari mereka. Khusus untuk Enzo nama besar sang pencipta, mesin F1 yang spektakuler,  serta desain yang ikonik membuat banyak game yang memasukkan mobil ini.

Ada di game: Test Drive Unlimited series, Need For Speed series, Burnout Revenge


Chevrolet Step Van (156 game)

Mobil van tentunya menjadi salah satu kendaraan yang paling sering muncul di video game. Terutama di luar game balap, entah itu game petualangan, open world, atau bahkan action yang berlatar di perkotaan maka ada kemungkinan besar kamu akan menemui mobil van di jalanannya. Dan hal itulah yang membuat Chevrolet Step Van menjadi pilihan dan inspirasi utama untuk mobil van ini.

Ada di game: Twisted Metal, Grand Theft Auto Series, Need For Speed Series


Ford Crown Victoria (179 game)

Di posisi ke-3 ini saya yakin hampir semua gamer mengenal mobil yang satu ini. Atau bahkan membenci mobil yang satu ini karena tugas utamanya biasanya adalah mengganggu para pemian. Ya mobil Ford Crown Victoria ini tentunya sudah menjadi ikon mobil polisi yang pastinya muncul di hampir semua game yang memiliki polisi di dalamnya.

Ada di game: Need For Speed series, Driver San Francisco, True Crime: Street of LA


Chevrolet Camaro Mk.I (198 game)

Posisi runner-up ternyata ditempati oleh sebuah mobil muscle, yang mungkin memang paling ikonik dan menjadi basis dari banyak referensi mobil muscle di banyak game. Chevrolet Camaro, khususnya generasi pertama memang menjadi salah satu mobil dengan bentuk yang sangat mudah di

Ada di game: Dead Rising 3, Transformer: The Game, Midnight Club Los Angeles


Volkswagen Beetle (337 game)

Dan ternyata yang menjadi raja dari mobil yang paling banyak muncul dalam video game dipegang oleh Volkswagen Beetle atau yang di Indonesia lebih sering disebut dengan VW Kodok. VW Beetle ini berhasil mengalahkan mobil-mobil lain dan muncul di lebih dari 300 games, yang tersebar mulai dari game balap hingga menjadi NPC di berbagai macam game.

Ada di game: Gran Turismo series, Mafia, Forza Series, The Simpson


Dan itulah tadi 15 mobil paling banyak masuk ke dalam video game. Cukup mengejutkan ternyata bahwa yang masuk ke daftar atas dari mobil-mobil ini bukanlah mobil mewah ataupun supercar, namun melainkan mobil sedan dan perkotaan biasa. Yang mungkin tidak akan dilirik secara performa, namun tentunya cukup ikonik dan menarik untuk digunakan di berbagai video game yang ada.

Lalu, apa mobil paling favoritmu di dalam video game? Tuliskan di kolom komentar!


Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]