15 Pekerjaan yang Ternyata Bisa Kamu Pelajari Lewat Video Game

AFDWA 1

Selain menjadikan fantasi menjadi nyata, video game juga membawa banyak realisme dari dunia nyata ke dalamnya. Beberapa publisher dan pengembang bahkan membawa realisme dunia kerja ke dalam video game. Dimana para pemain bisa merasakan simulasi dari pekerjaan tersebut namun tetap dapat menikmati unsur hiburan yang tentunya memang dibutuhkan.

Game-game simulasi pekerjaan tersebut mungkin tidak 100% akurat. Namun setidaknya sudah cukup realistis agar kamu dapat memahami konsep dasar dari pekerjaan tersebut. Maka dari itu kami telah merangkum 15 Pekerjaan yang Ternyata Bisa Kamu Pelajari Lewat Video Game setelah seharian bekerja di dunia nyata.

Petugas Imigrasi (Paper Please)

 

Ingin merasakan bagaimana menjadi seseorang yang bertugas di pintu gerbang negara yang kamu tinggali? Maka kamu bisa mencoba game Paper Please yang akan menugaskanmu menjadi seorang petugas imigrasi. Mungkin game ini tidak realistis secara mekanisme, apalagi dengan grafik pixel yang diusung. Namun secara konsep game kamu akan memahami bagaimana para petugas imigrasi harus berhati-hati dan cermat ketika memeriksa orang yang akan masuk. Karena bila salah, maka orang tersebut bisa berbuat onar dan membahayakan kemanan negaramu.


Pengelola Taman Bermain (Planet Coaster / Roller Coaster Tycoon)

 

Bercita-cita untuk membangun sebuah taman bermain untuk menyenangkan banyak orang? Namun tidak ingin pusing dengan masalah nyata seperti perijinan amdal, tender, dan berbagai masalah proyek lainnya. Maka Roller Coaster Tycoon dan Planet Coaster tentunya pilihan yang tepat. Kamu bisa memilih wahana apa saja yang kamu ingin pasang di taman bermainmu, mendesain tracknya, dan tentunya memenuhi semua fasilitas di taman bermainmu sekaligus mengatur manajemen mulai dari mengatur harga tiket masuk hingga mendatangkan karyawan.


Walikota/Arsitek Kota (Sim City / City Skyline)

 

Bila kamu merasa bahwa ranah yang dibawa oleh game sebelumnya terlalu sedikit dan ingin sesuatu yang lebih luas maka tentunya Sim City / City Skyline merupakan jawabannya. Karena disini bukan sekedar taman bermain tapi kamu akan membangun kota impianmu sendiri, mengatur bagaimana tata kotanya, memenuhi semua fasilitas umum yang dibutuhkan oleh pendudukmu, berusaha agar kotamu tidak mengalamai kerugian, dan bahkan melindungi mereka dari berbagai ancaman mulai dari bencana alam hingga serangan alien. Dari sisi realisme, game-game ini bisa dibilang realistis karena bagaimana kamu mengatur kotamu akan menentukan apakah bagaimana kotamu akan berkembang.


Ilmuwan Roket (Kerbal Space Program)

 

Siapa yang tidak ingin membangun roket miliknya sendiri dan menerbangkannya ke luar angkasa? Di game Kerbal Space Program ini kamu bisa menjadi NASA atau bahkan Elon Musk dan mendesain sendiri roket sesuai dengan keinginanmu sendiri. Meskipun game ini tidak terlihat realistis dengan mahluk alien cebol yang ada, namun untuk urusan kostumisasi roketnya maka Kerbal merupakan yang paling mendekati. Bagaimana kamu membuat roketmu, bagaimana roket tersebut akan bergerak, semuanya disimulasikan dengan realistis


Pendiri Startup (Startup Company)

 

Bagi yang penasaran bagaimana rasanya membentuk sebuah start up, maka kalian bisa terlebih dahulu memainkan Start Up Simulator. Disana kamu bisa mulai belajar dengan cara yang sederhana bagaimana membentuk sebuah kantor mulai dari menata, memenuhi fasilitas, hingga mendatangkan pekerja. Kamu juga akan memenejerasi kantor yang kamu jalankan, mulai dari pembagian jobdesk, jam kerja, gaji, dan banyak hal lainnya. Karena kamu juga akan berusaha agar startup yang kamu buat dapat terus bertahan dan dapat berkembang menjadi lebih besar.


Pemilik Perkebunan (Farming Simulator)

 

Bosan dengan pekerjaan-pekerjaan yang tersedia di perkotaan? Atau hanya sekedar ingin tahu bagaimana sih operasional kerja para pemilik perkebunan? Maka kamu bisa menjajal Farming Simulator. Game ini tentunya tidak akan menuntutmu belajar banyak hal rumit seperti teknik memanen atau teknik permesinan dari alat-alat yang ada. Semuanya akan lebih sederhana, namun tetap akan menuntutmu untuk mengatur perkebunanmu mulai dari perencanaan, pembelian tanah, hingga proses panen. Kamu bahkan bisa membeli mesin-mesin untuk pengelolaan dan panen sesuai preferensi kamu.


Pelatih Sepakbola (Football Manager)

 

Pernah bermimpi untuk menjadi seorang Jose Mourinho, Zinadine Zidane, atau Sir Alex Ferguson? Football Manager tentunya jawaban yang kamu butuhkan. Kamu bisa membangun tim impianmu, dengan pemain-pemain yang kamu inginkan, dan melatih mereka untuk menjadikan timmu yang terbaik. Football Manager sendiri menyajikan berbagai aspek yang mendukung realisme dalam gamenya seperti interaksi dengan para pemainmu, melakukan konferensi pers, mengatur latihan para pemainmu, dan banyak hal lainnya yang pasti akan membuatmu tetap sibuk untuk menjadikan timmu yang terbaik untuk menghadapi setiap pertandingan.


Investigator, Detektif Polisi (L.A. Noire / Her Story)

 

Menjadi seorang detektif mungkin terlihat keren, dimana kamu akan memecahkan kasus dan menangkap penjahat. Namun kenyataannya semua itu jauh lebih kompleks dan tentunya terkadang berbahaya. Tapi bagi kamu yang setidaknya ingin tahu bagaimana rasanya menjadi seorang detektif maka game yang bisa dibilang mendekati realisme adalah L.A. Noire. Ya, game ini bukanlah game simulasi. Tapi game ini setidaknya memberikan gambaran umum dari keseharian seorang detektif dalam memecahkan kasus. Dan untuk kamu yang menginginkan sesuatu yang lebih serius dan kompleks, maka kamu bisa menjajal Her Story dimana kamu akan memecahkan satu kasus dari rekaman-rekaman interogasi seorang wanita. Mengumpulkan fakta-fakta yang tersirat untuk dijadikan satu.


Pembalap (Assetto Corsa / Gran Turismo Sport)

 

Mengendarai mobil kencang, beradu skill dengan pembalap lainnya, menjadi seorang pembalap tentunya menjadi impian umum dari banyak orang. Dan terlepas dari banyaknya game yang mengusung titel simulasi kami merekomendasikan dua game ini. Assetto Corsa merupakan game balap yang mensimulasikan semua physic yang ada dalam mobil secara realistis. Setiap mobil yang kamu kemudikan akan terasa unik, dan kamu akan belajar mengontrol masing-masing mobilnya. Untuk GT Sport sendiri merupakan game yang mendapat lisensi dari FIA (Federasi Otomotif International) dan sudah terkenal menjadi salah satu game simulasi balap yang memang sudah hadir dan terus disempurnakan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.


Tentara (Arma III)

https://www.youtube.com/watch?v=eyPkk-o2te8

 

Dari sisi tampilan mungkin Arma tidak terasa realistis karena sudut pandang orang ketiga (TPS) bukan FPS yang digunakan. Namun untuk urusan realisme kondisi perang yang sesungguhnya maka Arma merupakan yang paling mendekati kenyataan. Tidak akan ada aksi tembak-tembakan brutal ala CS:GO atau Call of Duty. Atau bahkan perang masif yang megah seperti Battlefield. Karena Arma adalah tentang taktik dan bagaimana kamu beserta rekan-rekanmu memenangkan pertempuran. Apalagi dengan dukungan komunitas dan mod yang terus aktif menghadirkan pengalaman lebih realistis. Kamu bersama pemain lain dalam skuadmu akan memulai operasi dengan mengatur taktik, memilih perlengkapan, dan akan terus berinteraksi satu sama lain selama operasi tersebut.


Supir Kendaraan Besar (Euro Truck Simulator / Spintires)

https://www.youtube.com/watch?v=KAIZmvMmX8g

 

Bila sebelumnya kamu kurang tertarik untuk menjadi pembalap dan menginginkan situasi mengemudi yang lebih santai maka kamu bisa menjajal Euro Truck Simulator. Disana kamu bisa mencoba merasakan bagaimana menjadi supir kendaraan besar seperti bis ataupun truk. Mencoba membawa kendaraan besar tersebut dari lokasi awal ke tempat tujuan. Titik realisme yang dikedepankan game ini sendiri adalah tampilan yang kamu dapatkan ketika menggunakan pandangan kokpit dimana kamu bisa merasakan perasaan menjadi supir bis atau truk, kamu harus mengira-ngira haluan ketika akan belok ataupun parkir. Sedangkan bila kamu menginginkan sesuatu yang lebih menantang maka Spintires adalah jawabannya. Karena bukan jalanan ataupun pengendara yang akan kamu hadapi. Tapi medan berat seperti jalan menanjak, berbatu, maupun berlumpur yang harus kamu taklukan. Asal saja menerjang jalanan lumpur. Truk yang kamu kendarai bisa berakhir macet di sana.


Pilot (X Plane 11 / Flight Simulator X)

 

Menerbangkan sebuah pesawat di dalam game casual saja terkadang sudah sulit. Namun bila kamu menginginkan sesuatu yang lebih mendekati kenyataan maka kamu bisa mencoba salah satu atau keduanya. Sebagai game simulator kamu tentunya akan disuguhi berbagai macam aspek yang menunjang realisme mulai dari setiap pesawat yang memiliki keunikan masing masing, sehingga pesawat kecil tentunya akan berbeda dengan sebuah jumbo jet yang membutuhkan mekanisme lebih rumit untuk terbang. Dengan pilihan pesawat yang cukup beragam keduanya juga menyajikan peta yang cukup masif untuk memberikan pengalaman ‘perjalanan udara’ dari satu tempat ke tempat yang lain.


 Arsitek, Interior Design (House Flipper)

 

Kamu mungkin pernah melihat acara-acara semacam ‘bedah rumah’ di TV maupun internet dimana dalam acara tersebut mereka akan memilih satu rumah yang sudah rusak/kotor, membersihkan, memperbaiki, menata ulang kembali dan membuatnya menjadi sebuah rumah baru yang tampil cantik. Konsep itulah yang diangkat oleh game Hose Flipper ini, kamu akan bertugas rangkap sebagai pembersih rumah, arsitek yang memperbaiki dari kondisi awalnya, serta desainer mendesain ulang semua interior yang ada di dalam rumahnya hingga nantinya kamu dapat menjual rumah yang telah kamu perbaiki tersebut dan mendapatkan keuntungan dari apa yang kamu bayarkan. Kamu bahkan memiliki keleluasaan untuk mengubah bentuk rumahmu tersebut seperti menjebol dinding hingga mengisinya dengan perabotan pilihanmu.


Mekanik Mobil (Car Mechanic Simulator)

 

Memiliki sebuah bengkel restorasi mobil mungkin bukan menjadi impian banyak orang. Namun bila kamu menyukai membongkar kendaraan, mencari dan memperbaiki apa yang rusak, atau sekedar membersihkannya, atau bahkan mengganti spare part (modifikasi) maka Car Mechanic Simulator adalah jawaban yang tepat. Kamu akan diberi bengkel dimana kamu bisa memiliki proyek untuk memperbaiki berbagai macam mobil mulai sedan hingga SUV dengan beragam kebutuhan perbaikan yang berbeda-beda. Game ini juga merepresentasikan proses pembongkaran dengan lumayan baik meskipun sangat banyak disederhanakan dan pilihan perbaikan pun cukup banyak sehingga game ini tetap menyenangkan untuk dimainkan. Dan kamu setidaknya akan memahami konsep awal tentang part-part mobil itu sendiri.


Pemilik Pabrik Mobil (Automation)

 

Bila game sebelumnya masih kurang menantangmu, kamu bisa bertindak sebagai seorang carmaker, atau bahkan pemilik sebuah pabrik mobil di dalam Automation. Game ini sendiri memiliki beragam aspek simulasi. Karena kamu akan mulai membangun mobilmu dari nol. Kamu akan mulai dari mendatangkan para pekerja, mulai membangun mesin untuk konsep pertamamu hingga mendesain sendiri mobil konsep pertamamu sesuai keinginanmu. Ada banyak sekali pilihan dalam membuat mobil impianmu di game ini. Mulai dari city car, SUV, hingga supercar. Namun, ada beberapa hal yang cukup disayangkan dimana tampilan UI (User Interface) untuk game ini terkesan sangat jadul dan ketinggalan jaman. Namun sisi positif lainnya adalah kamu bisa meng-eskpor mobil konsep buatanmu untuk dapat dihancurkan dimainkan di game BeamNG Drive.


Bonus: Gitaris Band (Rocksmith)

 

Sebagai bonus karena kamu telah mencapai daftar terakhir maka kami akan merekomendasikan Rocksmith bagi mereka yang ingin menjadi seorang Rockstar. Bagi yang belum pernah memainkan Rocksmith maka jangan salah tangkap bahwa game ini hanyalah Guitar Hero yang dibuat oleh Ubisoft. Karena ketika game-game serupa hanya menyuruhmu memainkan suatu lagu hanya dengan menekan warna-warna yang sesuai layaknya sebuah game rhythm, Rocksmith akan menuntutmu menggunakan gitar sungguhan dan belajar bertahap agar dapat memainkan lagu-lagu yang ada di dalam gamenya. Game ini sendiri akan mengajarkan dasar-dasar dalam memainkan gitar seperti chord, dan akan terus meningkat hingga ke berbagai teknik yang bisa kamu pelajari. Namun bagi kalian yang sudah paham bermain gitar maka Rocksmith masih belum dapat menaikkan skill-mu secara signifikan.


Berikut tadi adalah 15 (+1) Pekerjaan yang Ternyata Bisa Kamu Pelajari Lewat Video Game. Perlu diingat bahwa meskipun kamu dapat belajar dari game-game di atas. Daftar ini tidak merepresentasikan pekerjaan yang diangkat secara penuh. Dalam prakteknya kamu mungkin hanya bisa memahami dasar-dasarnya saja atau bahkan hanya konsep dari pekerjaan tersebut. Namun game-game ini memang bertujuan utama untuk hiburan, bukan untuk mengedukasimu secara penuh tentang pekerjaan-pekerjaan ini.

Exit mobile version