15 Trik Rahasia yang Digunakan Developer Di Dalam Gamenya


Add Friend

Video game merupakan salah satu sarana hiburan yang paling kompleks, karena ia menyatukan visual, audio, dan bahkan aksi yang kamu lakukan ke dalam satu paket yang bisa kamu nikmati. Dan tentunya sudah menjadi rahasia umum bahwa para pengembang memiliki trik dan mekanik khusus yang ditambahkan ke dalam gamenya dengan berbagai tujuan mulai dari membantu pemain, atau malah menipu pemain dengan berbagai sensasi yang dihasilkan.

Dan dalam sebuah postingan di Twitter oleh Jennifer Scheurle – @Gaohmee yang merupakan salah satu desainer game mengajak para developer lain untuk mengungkapkan trik-trik rahasia yang ada pada game yang mereka kerjakan atau yang mereka tahu. Dan ternyata ada cukup banyak hal yang mengagetkan dari game-game yang kita tahu selama ini.

 

1. Kamu tidak benar-benar selamat dari pertempuran

Pembicaraan dibuka oleh Scheurle sendiri dengan fakta mengejutkan bahwa semakin sedikit health yang karaktermu miliki, maka ia akan menjadi lebih tanky dan dapat menerima serangan lebih banyak untuk memberimu  waktu untuk dapat menghabisi musuh yang tersisa.

 

2. Kamu tidak mungkin aman di Left 4 Dead

Left 4 Dead merupakan game yang menitik beratkan kerja sama dan bahu-membahu antar pemain dalam permainannya. Jadi bila kamu menjauh atau berusaha melarikan diri maka bersiaplah untuk menjadi target utama.

 

3. AI juga gak suka didiemin

Dalam fakta ini sang pengembang Firewatch dengan cerdik tetap menyeret ketidakaktifanmu dalam merespon dialog yang ada. Dimana bila kamu tidak mengambil pilihan, maka game yang akan memilihkannya untukmu. Yaa, AI pun ternyata tidak suka didiemin.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

 

4. Salah satu rahasia umum game racing yang akhirnya dikonfirmasi

Sudah menjadi rahasia yang diketahui oleh hampir semua pemain game balap. Bahwa musuh yang sudah tertinggal jauh akan dilontarkan ke depan untuk mengejarmu. Sayangnya mekanis ini kadang terasa menjengkelkan terlebih bila hampir mencapai garis finish.

 

5. Ternyata kamu tidak jago dalam membunuh secara diam-diam

Stealth game selalu memberikan kepuasan bagi para pemainnya dikala mereka dapat membunuh semua target atau penjahat yang ada tanpa ketahuan. Namun tentunya sedikit menyedihkan melihat fakta bahwa ternyata mereka memang tidak bisa menoleh ke belakang untuk memergokimu.

 

6. Dan tentunya rahasia klasik dari Pac-Man

Untuk jamannya implementasi 4 perilaku berbeda pada tiap AI secara real-time merupakan salah satu inovasi yang mengagumkan. Hal ini menjadikan Pac Man terasa lebih menantang karena kamu hanya mengira para hantu mengejarmu secara acak.

 

7. Bukan tentang kendaraannya, namun pengemudinya

Pernah bermain game balap dimana kamu telah memilih kendaraan dengan stat performa terbaik namun akhirnya kalah dengan kendaraan dengan stat minimum. Karena kemungkinan besar game balap tersebut menggunakan cara seperti di atas. Atau, mungkin hanya kamu saja yang payah.

BACA JUGA  Penemuan Kamar Rahasia Piramida Kemarin Ternyata Sudah ada di Assassin’s Creed Origins

 

8. Musuhmu mengerti keadaanmu

Untuk game-game bergaya survival-horror kabur merupakan salah satu opsi yang dihalalkan untuk tetap hidup. Dan ternyata game pun membantumu agar memiliki kemungkinan selamat lebih besar dengan melambatkan AI yang ada di belakangmu.

 

9. Boost hanyalah ilusi

Game-game balap non simulasi tentunya sudah cukup terbiasa dengan adanya nitrous / boost yang bisa kamu gunakan untuk memberi kendaraanmu dorongan lebih untuk mengejar atau melaju lebih cepat. Tapi siapa sangka dorongan tersebut tidak lebih besar dari ilusi yang diberikan kepadamu.

 

10. Maaf, tidak ada kata damai diantara kita

Siapa yang menyangka bahwa ketika game seperti Civilization memberikan opsi untuk kita berdamai dengan musuh, namun game tidak akan mengijinkannya dengan mengubah ideologi musuhmu agar dapat menyerangmu. Sepertinya memang tidak ada perdamaian untuk sekarang.

 

11. Bahkan triknya diaplikasikan ke dunia nyata

Menemukan jalan tembus atau shortcut dari map tentunya merupakan perasaan yang menyenangkan. Tapi siapa yang sangka trik ini bahkan bisa diaplikasikan di dunia nyata dan dapat memberikan sensasi serupa bahkan untuk orang-orang yang bukan gamer sekalipun.

 

12. Bos di Dark Soul sebenarnya tengah berdansa untuk membunuhmu

Dark Soul tentunya memang telah terkenal sebagai Dodge  Simulator dimana kamu harus menghindari kombo serangan dari musuhmu sebelum kamu bisa menyerng. Tapi ternyata semua serangan itu tersingkronasi dengan musik yang sedang dimainkan. Jadi mereka tengah berdansa sambil menghujamkan pedang ke dadamu.

BACA JUGA  Assassin's Creed Origins Konfirmasi Watch Dogs Berlatar di Satu Dunia yang Sama

 

13. Gravitasi tidak berlaku selama kamu tidak melihat ke bawah

Salah satu problem yang sering dialami pemain tentunya adalah timing, terutama untuk game-game platformer. Namun untuk game yang membutuhkan presisi tinggipun ternyata pihak developer akan memberikanmu keringanan bila kamu terlambat sepersekian detik untuk melompat.

 

14. Jangan Salty bila kamu terkena serangan kritikal terus menerus

Serangan kritikal yang dilancarkan oleh hero-hero Dota 2 ternyata telah diseimbangkan secara otomatis. Hero tersebut tidak mengeluarkan serangan kritikal? Maka presentase serangan berikutnya akan kritikal akan meningkat. Dan kembali bila telah keluar. Terkena serangan kritikal dari Phantom Assassin terus menerus? Kelihatannya kamu sedang bad luck.

 

15. Xenomorph ternyata menggunakan maphack

Alien Isolation memang menjadi salah satu game horror dengan tensi yang tinggi dikarenakan Xenomorph yang tidak bisa kamu tebak gerakannya, dan ia seakan selalu tahu dimana kamu berada. Dan, ternyata pada kenyataannya ia memang selalu tahu dimana kamu tengah berada, bersembunyi, ataupun melarikan diri.

Itu tadi beberapa trik dan mekanik rahasia yang diungkap dari game-game designer yang mungkin telah kamu mainkan. Bila kamu masih haus dengan fakta dan trik-trik lainnya kamu bisa melihat thread aslinya di Twitter karena kelihatannya trik-trik rahasia yang diungkap juga semakin berkembang. Apa kamu tahu rahasia lain dari game yang kamu mainkan?