16 Class Hero Yang Paling Mainstream Dalam Game MMORPG Bagi Anak Warnet

in

Masa muda memang sebuah proses dalam menuju pendewasaan, dimana masa muda (umumnya remaja) adalah salah satu proses paling unik dalam setiap perkembangan, dimana banyak melakukan hal yang dinilai menarik hingga nyentrik adalah suatu yang wajar bagi kaula muda.

Salah satu kegiatan/hobi anak muda adalah bermain Video Games misalnya, dalam bermain juga anak muda memiliki tempatnya masing-masing, bisa di rumah, warnet atau rental PS. Bagi kalangan kere-hore Warnet menjadi salah satu tempat paling favorit karena dinilai murah-meriah, biarpun aslinya juga banyak anak sultan yang main di Warnet.

Warnet Budiman

Karena tempatnya yang dapat dibilang ramah serta dapat menampung semua kalangan sosial, tanpa memandang derajat atau latar belakang sosial membuat Warnet menjadi salah satu destinasi paling favorit menjadi tongkrongan anak muda, biarpun orang tua juga banyak, sampai beberapa kali kami pernah mendapati seorang Ibu-ibu (Kemungkinan Istri) menjewer suaminya karena menghabiskan uang Belanja untuk sekedar membeli Chip Poker Online.

Masa Muda di Warnet

Ya itulah masa muda, dimana mencari jati diri adalah sebuah hal yang wajib diicip sebelum menghadapi ‘Realita’ di masa depan.

Bagi anak Warnet selain ada moment-moment yang terukir dalam memori sehari-hari juga tidak lepas dari peran Video Games yang dimainkan, salah satunya yang jarang kita bahas tanpa kita sadari adalah Class suatu karakter dalam sebuah Video Games bertajuk MMORPG.

Ada beberapa nama Game MMORPG yang menurut kami sangat dikenal bukan karena Gameplay nya saja, namun juga karena fitur didalam game yang menyajikan pemilihan sebuah Class Hero sebelum kita bermain.

Class Hero/Job dari sebuah karakter Game MMORPG adalah suatu patokan kalian bermain, ibarat kita sudah menentukan Cita-cita dalam hidup, bedanya kita menentukanya dalam sebuah Game Online, pembuatan Class pun dibuat selain memiliki fungsi memberi keaneka ragaman dalam Game juga membagi para pemain agar saling berinteraksi satu sama lain, yang biasanya kita kenal dengan sebutan Party, hal ini tentunya membutuhkan gabungan dari berbagai macam Class/Job.

Yakali satu game Class/Job nya sam semua, herus beda-beda dong hehe

Anya Geraldine Emang Asyique

Sayangnya, tetap saja dalam segala hal selalu ada Primadona nya, bukan cuma Anya Geraldine saja yang bisa menjadi Primadona, Class/Job suatu karakter juga bisa kok, hal tersebut dinilai berkat tarap ‘Mainstream’ nya suatu Job/Class, hingga menurut kami Populasi salah satu Class/Job sangatlah condong kedalam satu nama saja, Warrior misalnya.

Karena dinilai memiliki banyak Fungsi (PVP dan PVE), salah satu Class dapat terbilang Mainstream jika memiliki keunikan tersendiri, biasanya sih Skill/kemampuanya yang dapat dibilang Imba.

Maka dari itu kita akan memberikan beberapa nama Class/Job dalam sebuah Game MMORPG yang dinilai Ikonik, Mainstream atau Favorit, terserah kalian deh mau sebut apa hehe, ini dia List nya:


RF Online

Daftar pertama kami memberikan nama yang tentunya tidak mungkin tidak dikenal dalam Warnet, Lyto yang memperkenalkan game ini ke Indonesia sekitar tahun 2004/2005 ini sangatlah menjamur dimana-mana.

Dikenal dengan Chip War yang memiliki mekanisme Perang 3 Bangsa (Accretia, Bellato dan Cora), game ini sungguh sangat melegenda dalam kehidupan Warnet, dalam setiap Race (Bangsa) juga terdapat beberapa Class/Job paling Ikonik yang akan kita bahas dibawah.


Accretia

16. Striker

15. Mercenary

Kedua Class diatas adalah Favoritnya para Player Accretia, Siege Kit adalah senjata utama Striker dengan damage yang tidak logis, sedangan Shield dan Dager (One Handed Sword) adalah senjata utama Mercenery.

Mercenery adalah defender paling ikonik dalam bangsa ini karena kerasnya melebihi batu berjalan karena memiliki Resist Magic dan Skill yang memberikan efek Enhancement pada Potion yang digunakan, jadi tidak heran kalau kedua Class diatas adalah favorit para Archon dari setiap Bangsa Accretia.


Bellato

14. Armor Rider (Bemo)

13. Wizard


Armor Rider adalah salah satu Ikon RF Online, bukan cuma Bellato saja menurut kami, karena keunikanya yang dapat menaiki robot tentu saja ini menjadi favorit para pemain, terutama untuk farming, sangat mudah dan santai. Awas meledak MAU nya ya brott.

Sedangkan Wizard adalah salah satu Damage Dealer Magic favorit, yang biasanya sangat rajin rusuh di Gurun Sette dan Elan Plateau, atau biasanya di Ether juga, dulu kami sering sekali kena PK pokokya.


Cora

12. Templar


11. Grazier

Templar adalah salah satu Warrior yang memiliki damage paling sakit didalam game ini (Level Archon atau Dewan) dengan kemampuanya yang memutar tombak terus menghantam kearah musuh (Skill bawaan Class Templar) sangatlah sakit jika terkena karakter lawan, dengan Cooldown yang cepat membuat Templar adalah salah satu Class paling favorit untuk rusuh.

Grazier adalah Class yang memungkinkan kamu untuk memanggil sebuah Summon, memiliki nama dari berbagai mitologi seperti ISIS, Paimon, Innana, dan Hecate, Grazier sukses menghipnotis anak warnet untuk bermain sebagai Grazier.

Awas Becak Gold nya sakit pak kalau nembak hehehe


Seal Online

Salah satu Game MMORPG yang paling banyak HODE nya ya, sepertinya kesan HODE dalam dunia Game perwarnetan di Indonesia raya pada era 2007an sangat kental dengan game satu ini, namun dibalik praktek HODE mania tersebut Game MMORPG ini juga seru kok, memiliki unsur lengkap yang dapat dimainkan secara PVP dan PVE, tak mungkin Seal Online dilupakan oleh anak warnet.

10. Clown

9. Knight (Kernet)

Clown adalah Class hero jarak jauh, menggunakan Pisau lempar membuat kamu Farming dengan mudah, sebenarnya Clown adalah Class awal, dimana kamu dapat memilih menjadi Assasin atau Trickster saat mencapai level Change Class, Kami tidak tahu menariknya menjadi Clown karena kami tidak main Seal Online, hanya saja setiap kami menilik orang bermain Seal rata-rata sih pada suka pakai Clown.

Knight, panggilanya Kernet, salah satu nama Class paling mainstream dalam sejarah Gim-Giman, mau game apapun kami yakin Knight pasti ada, dalam PVP Knight juga menjadi salah satu favorit dalam Seal Online.


Diablo

Game Blizzard satu ini adalah salah satu Franchise yang paling memiliki banyak penggemar, sampai saat ini saja Diablo rencananya akan rilis lagi dengan nama Diablo IV, melanjutkan seri-seri sebelumnya, biarpun sempat Drama dengan penggemarnya karena akan juga rilis dalam Platform Mobile, penggemar Diablo masihlah tetap antusias dengan Projek seri terbaru yang mungkin akan datang tidak lama lagi.

8. Necromancer

Tak mungkin Player Diablo tidak mengakui kemampuan Class satu ini, dengan kekuatan kegelapan tentunya Class satu ini memang punya kharismanya sendiri dimata penggemar Franchise ini, Necromancer juga memiliki seri Khususnya sendiri yaitu pada saat Diablo III rilis dengan judul Rise Of The Necromancer.


Ragnarok Online

Tahun 2002 mungkin adalah awal era milenium bagi pecinta dunia maya, salah satunya adalah game online. Ragnarok datang dengan grafik 2D klasik dengan Gameplay asik. Biarpun sudah sangat lama Ragnarok tetap saja menjadi salah satu nama yang paling laris ada di Warnet, hingga saat ini pun pemainya yang sudah dibilang Uncle-Uncle masih banyak, jadi bisa dibilang penggemar game satu ini pasti setuju dengan 3 nama Class Ikonik dibawah.

7. Sorcerer

6. Shura

5. Arcbishop


Perfect World Online

Datang dengan grafik 3D dengan tema Fantasy Perfect World dapat dibilang mampu memenuhi segala macam keinginan para Playernya, dari kustomisasi Fisik hingga banyaknya pilihan Class yang dapat diambil membuat PW saat itu dapat menjadi pesaing utama game-game warnet favorit seperti Seal dan RF. Job yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri, contohnya adalah Beastial. Inilah Class yang paling Mainstream pada game PW.

4. Barbarian

3. Blademaster

Barbarian adalah Warrior/Tank yang berasal dari Race Beastial, dengan kemampuan utama menggunakan senjata Kapak, Barbarian menjadi salah satu Favorit dalam game satu ini berkat keluwesanya menjalani berbagai Mode yang ada. Selain itu dari banyaknya game MMORPG yang ada, nampaknya baru PW saja yang menyediakan bangsa Beast, jadi hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk Blademaster sendiri berasal dari Race Human, karena memiliki bentuk yang rupawan, banyak anak Warnet yang memilih Race ini karena ingin Pansos aja sebenernya, karena di game ini juga menyediakan fitur pernikahan, jadi biar dapat terkesan ‘Ganteng’ aja gitu biar kata cuma didalam game.

Ya nggak? ngaku deh hehehehe dasar penyembah Kirito!


World of Warcraft

Baru-baru ini World of Warcraft baru saja mendapatkan Cinematic perayaan 25 Tahunya, dengan hitungan waktu selama itu tentu saja perjalanan World of Warcraft dalam dunia MMORPG tidak boleh dilupakan.


Dalam Game MMORPG buatan Blizzard ini juga tentu ada Class Mainstream yang tentunya banyak digandrungi Playernya.

2. Paladin

1. Druid

Paladin sangat terbilang kuat sejak era WoW klasik hingga Modern, memiliki keluwesan dalam kegunaan membuat Class satu ini menjadi salah satu Favorit, Paladin dapat menjadi All Rounder disaat kamu kekurangan Opsi dalam bermain di Dungeon, bisa menjadi Tank, Healer bahkan Semi DPS membuat Paladin adalah salah satu Pilihan paling tepat bagi kamu yang belum tahu ingin bermain menjadi Role apa, saat Paladin berada dalam Party juga memberikan banyak Buff untuk menunjang kegiatan Dungeonmu.

Druid mirip-mirip dengan Paladin, dapat menjadi All-Rounder dalam Party, hanya saja Druid sangat jelek untuk bermain PVE jika menjadi DPS, Druid sangat cocok bermain menjadi Support Heal atau Tanker, namun dibalik itu Druid memiliki Heal Per Second, dan Caster Enhanchment yang mampu membuat rekan setim aman bermain Offensive sekaligus Deffensive.


Itulah 16 Class paling Mainstream namun Ikonik menurut versi kami, bagaimana dengan versi kalian? Jangan lupa berikan komentar kalian untuk menjadi bahan diskusi ya brott.! Sekian! dan sampai jumpa lagi di tulisan-tulisan saya yang lain. Akhir kata Terimakasih!

Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]