20 Emulator Android Terbaik & Ringan Untuk PC atau Laptop 2019


Follow Us

Memasuki tahun 2019 menjadi sebuah momen yang pas sekali untuk para pemilik PC berbangga ria, semakin banyaknya game-game baru yang berat  terkadang membutuhkan spesifikasi handphone yang tidak biasa-biasa saja. Sehingga adanya Emulator untuk Android di PC membuat para gamers tak perlu lagi merogoh kocek berlebihan untuk memainkan game-game baru yang haus akan spesifikasi tinggi seperti PUBG Mobile, Honkai Impact, ARK Survival dll.

Nulis artikel dibayar

20. PrimeOS

Tampilan awal Prime OS

Secara konseptual memang PrimeOS bisa disebut emulator karena mensimulasikan Sistem operasi Android di PC. Namun mekanisme yang digunakan PrimeOS cukup berbeda dari kebanyakan emulator lainnya. PrimeOS sendiri akan mengganti sistem operasi PC kalian menjadi PrimeOS sehingga tampilan serta cara kerjanya akan menyerupai Android.

PrimeOS sendiri sangat cocok buat kalian yang membutuhkan produktifitas dan juga maniak gaming terutama FPS, karena pada emulator ini menyediakan fitur krusial seperti Gaming center yang dapat mendetek Mouse dan juga Keyboard, multi tasking juga akan teraasa lebih mudah dengan PrimeOS.

Download Link Prime OS

19. Xamarin

Developing App Xamarin

Simulator yang mirip dengan Android Studio. Cocok untuk user yang membutuhkan keleluasaan dan juga fitur untuk mengoprek-oprek aplikasi android. Sudah mensupport Microsoft Visual Studio untuk kalian yang ingin melakukan developtment.

Xamarin sendiri juga memiliki fitur bawaan yang mampu pengguna untuk melakukan test pada sebuah aplikasi atau ngetest game buatan mereka. Gratis untuk digunakan secara casual namun jika kalian sudah merupakan perusahan besar bisa menghubungi untuk payment fitur premium.

Download Link Xamarin

18. GennyMotion

Tampilan Simple Genny Motion
 

Berada di list kami pada edisi tahun 2018, GennyMotion masih langgeng bertengger sebagai emulator android yang bisa kalian install di tahun 2019. Memiliki tampilan yang cukup stylish juga sangat mudah untuk digunakan cocok untuk kalian casual user ataupun professional. UI yang super ramah namun fitur yang lengkap buat Genny Motion tetap jadi pilihan kalian di tahun 2019.

GennyMotion sendiri bisa dibilang versi advanced dan lebih terpoles daripada Xamarin, kalian yang berencana menggunakannya secara personal (penggunaan pribadi) bisa mendownload versi Trialnya secara cuma-cuma di Link dibawah

Download Link Genny Motion

17. ARChon

Archon Buatan Github

Dibilang terbaik sih ya gak terlalu ya, namun emulator satu ini memiliki satu hal yang cukup krusial jika dibandingkan dengan emulator lain kebanyakan. Ya, kemudahan, dimana kebanyakan emulator lain perlu sebelibet cara untuk digunakan, ARChon disisilain hanya membutuhkan browser Chrome sebagai tempat singgahnya.

Sangat cocok untuk kalian yang membutuhkan multi-tasking saat berkerja atau untuk kalian yang bertipe-tipe produktifitas. Namun karena kemudahannya ini Emulator ARChon tidak cukup cocok untuk GAMER hardcore.

Download Link Archon

16. Bliss

BlissOS

Salah satu emulator Android yang cukup unik untuk PC selain karena memang emulator ini sendiri bisa run dengan normal plus update yang masih sering. Emulator satu ini bahkan bisa berjalan hanya dengan mencolokan USB yang berisikan emulator itu sendiri.

Namun tentu step-step untuk menjalankan emulator tersebut dengan USB perlu kalian pelajari lagi, ditambah kalian perlu memiliki spek PC yang sesuai mungkin kalian tak terlalu memikirkan fitur ini. Bliss sendiri juga sudah support dual Boot jadi jika kalian ingin kembali menggunakan windows kalian tinggal men-switchnya kembali ke OS Windows.

BACA JUGA  SEGA Buka Tahap Pre-Register FIST OF THE NORTH STAR Legends ReVIVE Secara Global
Download Link Bliss

15. Android Studio Emulator

Developer Android Studio

Android Studio sendiri sudah sangat terkenal dikalangan para advance user serta developer-developer kecil. Emulator satu ini memang bisa dibilang tidak begitu ramah untuk user casual karena selain tampilannya yang terlihat kompleks, juga karena tujuan utama Android Studio Emulator adalah untuk test serta pengembangan aplikasi Android dan juga Game Testing. So kalau kalian kurang tertarik dengan bahsa pemrograman Android mungkin emulator satu ini bisa kalian pinggirkan terlebih dahulu.

Download Link Android Studio

14. YouWave

YouWave Classic

Jika kebanyakan Emulator memiliki tampilan serta spesifikasi minimal yang tidak terbilang ringan, YouWave justru mencoba mengembangkan suatu emulator khusus yang tidak haus akan spesifikasi komputer. Terlihat dari tampilannya memang YouWave terlihat amat sangat jadul. Namun Emulator ini sudah support penginstallan apk melalui Playstore maupun file apk itu sendiri. YouWave akan sangat cocok untuk kalian yang hanya butuh emulator untuk bermain game-game android ringan.

Download Link YouWave

13. MeMu

Menjadi pemain baru di dunia Emulator Android MeMu lahir ditahun 2015, jika berbicara mengenai kecepatan serta kelancaran emulator ini MeMu bahkan bisa disandingkan dengan emulator-emulator besar seperti Nox, BlueStack dsb. Namun jika diperhatikan MeMu memang bisa dianggap unggul dari segi performa dan juga kecepatan emulator namun dari segi grafik tentu masih ada emulator lain yang bisa kalian jadikan alternatif.

Keunggulan MeMu dianatara emulator lain mungkin terletak pada sisi processing support yang sudah bisa mensupport dua merek processor sekaligus yaitu AMD dan juga Intel. Menjadi berita baik bagi para pengguna prosesor AMD karena tak banyak Emulator yang ada serta optimize untuk prosesor tersebut.

Download Link MeMu

12. Remix OS

Remix OS merupakan emuator android yang berbentuk seperti OS atau Sistem Operasi, layaknya PrimeOS sistem operasi Remix juga membuat PC-mu seolah-olah beroprasi dengan sistem Android. Menggunakan versi Android Marshmallow Remix OS bisa dibilang cukup mudah digunakan dan memiliki banyak sekali fitur, mulai dari support integrasi dengan mobile kalian, juga bisa menggunakan joystick, keyboard, mouse serta banyak hal untuk mempermudah gaming. Tampilan dari Remix OS juga bisa dibilang sangat Fresh.

Download Link Remix 

11. Droid4X

Terbilang cukup klasik Droid4X masih bisa dibilang relevan untuk penggunaan di tahun 2019. Emulator satu ini bisa dibilang menjadi salah satu Prodigy dimasanya, memiliki tampilan yang simple, dapat bermain game-game yang tak terlalu kompleks, serta kalian akan sangat mudah membuka aplikasi multi tasking seperti browsing dan juga sosial media instagram. Sayangnya Droid4X sendiri sudah dalam tahap developtment lagi, sehingga tidak ada update lagi kedepannya untuk Emulator Droid4X.

Download Link Droid4X

10. Windroye

Salah satu emulator yang memiliki nama besar karena keunggulannya dalam hal ringan. Emulator satu ini terbilang sangat ringan, saking ringannya kalian seperti menjalankan aplikasi windows kalian yang lain.

BACA JUGA  Genshin Impact, Ketika Anime dan The Legends of Zelda Breath of The Wild Bertemu!

Hal ini dikarenakan Windroye merupakan Emulator Android pertama yang dibuat layaknya seperti kernel windows. Tersedia untuk versi windows 7, 8, 10 cocok untuk kalian yang memiliki spek PC sangat kentang ataupun Ringan.

Download Link Windroye

9. LeapDroid

Jika kalian mencari salah satu Emulator Android yang lumayan bisa memainkan game-game baru tapi simple LeapDroid bisa menjadi salah satu altenative bagi kalian gamer-gamer mobile. LeapDroid bisa dibilang menjadi salah satu emulator yang cukup ringan dikelasnya, sayang emulator ini hanya berjalan sampai dengan versi Android KitKat saja.

Meski tak memiliki banyak perubahan kostumisasi seperti resolusi dsb namun LeapDroid akan sangat menolongmu jika berbicara kecepatan emulasi. Cocok buat kamu yang ingin memainkana game simple seperti COC, Clash Royale sambil membuka instagram dsb.

Download Link LeapDroid

8. AMIDuOS

AMIDuOS mungkin bisa dibilang cocok untuk kalian kalangan pegawai atau orang-orang yang memiliki keseharian berkutat pada dokumen-dokumen serta kerja multi tasking. Emulator satu ini tersedia dalam dua versi yaitu berbayar serta versi Free Trial, perbedaan yang amat mendasari dua versi tersebut adalah versi Android yang berjalan dibelakangnya dimana versi berbayar sudah support sampai Lolipop, sedangkan yang gratis masih berada di versi Jelly Bean. Memang tak disebutkan secara khusus bahwa AMIDuOS menjadi salah satu emulator yang dikhususkan untuk bermain game, namun memainkan apk game berbasis android tidak menemui kendala-kendala yang krusial.

Download Link AMIDuOS

7. PhoenixOS

Menjadi pesaing berat RemixOS dipasaran karena PhoenixOS merilis emulator miliknya segera setelah RemixOS merilis emulator miliknya sendiri. Layaknya RemixOS, PhoenixOS juga berjalan di PC penggunannya seperti sebuah sistem operasi dimana OS tersebut mengemulasikan sistem kerja serta tampilan Android.

Hanya perlu menggunakan USB Flash Drive untuk di instal, membuat OS satu ini sangat mudah untuk dipakai. Support dual Boot, dan masih segudang fitur lainnya yang bisa kalian gunakan, membuat PhoenixOS bisa dibilang terbaik dalam kelas emulator OS.

Download Link PhoenixOS

6. FydeOS

 

Meski masih dalam tahap Beta FydeOS memang bisa dijadikan emulator altiernatif jika kalian merasa emulator yang kalian miliki sekarang belum menjawab kebutuhan penggunaan android kalian. FydeOS merupakan emulator yang berbasis Sistem Operasi, berbeda dengan kebanyakan emulator OS lain FydeOS berbasis open-source Chromium atau browser Google Chrome.

Emulator ini akan secara instant merubah PC atau Laptop kalian menjadi sebuah replika ChromeBook. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak adanya playstore memang menjadi kendala, karena emulator ini berbasis di China dimana Playstore masih diblokir disana.

Download Link FydeOS

5. LDPlayer

Bosen dengan Emulator Android nge-game yang itu-itu aja ? LDP Player bisa menjadi alternatif kalian untuk bermain game. Emulator satu ini memang dibuild khusus untuk bermain game di Android seperti PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Xiaomi Akan Hentikan Program MIUI Beta Global Mulai Juli

Cepat, Stabil dan memiliki fitur multitasking game ( buka lebih dari satu windows games yang sama), memang menjadi checklist yang wajib bagi kalian pengguna emulator Android untuk bermain game. Sudah banyak benchmark game yang dicoba menggunakan emulator ini dan membuahkan hasil yang lumayan memuaskan.

Download Link LDP Player

4. KOP Player

Menjadi salah satu emulator besar yang sudah terkenal di dunia gaming membutuhkan usaha yang tak biasa pula. KOP Player merupakan salah satu emulator yang patut direkomendasikan karena memang sudah support nyaris 99% game di Playstore, kaya akan fitur, serta terkenal cukup ringan.

Kalian bebas mengatur tampilan grafik emulator kalian mulai dari setting grafik adaptif, hingga resoulsi. Minimum memori yang kalian butuhkan sendiri hanya butuh 512mb saja terbilang cukup ringan.

Download Link KOP Player

3. Bluestack

Siapa yang tidak kenal dengan Bluestack, emulator satu ini sudah sangat melegenda yang sangat memfokuskan dirinya kepada gaming emulator. Memiliki segudang fitur seperti key mapping, multi-windows, multi-account, Graphics super dipoles, support android Nougat.

Hal yang cukup membedakan Bluestack dengan emulator android lain adalah untuk mengajak penggunannya mereka memberikan hadiah point tertentu kepada yang beruntung saat menggunakan emulator miliknya yang bisa diuangkan bahkan ditukar item in game.

Download Link Bluestack

2. Tencent Gaming Buddy

TGB atau Tencent Gaming Buddy mulai amat terkenal dikalangan gamer setelah lahirnya PUBG Mobile, TGB merupakan emulator official dari Tencent untuk memainkan game PUBG Mobile. Dikarenakan emulator ini dikhususkan untuk bermain PUBG Mobile, sehingga penggunaanya terhadap game PUBG Mobile bisa dibilang lebih bagus dan juga sangat mudah di setting untuk bermain PUBG Mobile.

Tapi jika kalian berfikir emulator ini hanya bisa memainkan PUBG Mobile, kalian tentu salah besar. Banyak sekali tutorial untuk memainkan game lain di Tencent Gaming Buddy, bahkan tampilan Home Tencent Gaming Buddy sudah bisa untuk memilih game Mobile Legends.

Download Link TGB 

1. NOX

NOX merupakan satu diantara nama emulator besar lain di Dunia. Emulator satu ini merupakan salah satu emulator terbaik yang bisa kalian pilih untuk menjadi kegunaan sehari-hari untuk keperluan gaming ataupun pekerjaan multi-tasking.

Mampu memainkan game-game berat dengan mudah, support kontrol mapp yang sangat mudah, dan juga telah optimize terhadap processor AMD ataupun Intel. Kompabilitas NOX bisa dibilang sangat fleksibel, ada segudang tutorial yang mereka sediakan untuk memainkan suatu game tertentu, meski sebenarnya cara bermainnya sangatlah mudah.

Download Link NOX

Itulah 20 Emulator Android yang patut kalian install dan juga ada di PC kalian. Semua emulator ini memiliki keunggulan serta kekurangan yang patut kalian perhatikan, semua aplikasi ini dijamin akan cukup mempermudah kinerja atau mengisi waktu luang kalian.


Jika kalian tertarik membaca tulisanku lain kalian bisa membacanya disini.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item