20 Game PS4 yang Wajib Kamu Mainkan ketika Baru atau Mau “Punya”

in ,

Tahun 2018 bisa dibilang merupakan tahun yang cukup pas bagi kalian yang sedang menimbang-nimbang untuk membeli konsol PS4 atau tidak ? Sudah begitu banyak game-game keren yang sudah dirilis di konsol kesayangan milik Sony ini. Namun, tidak semua game tersebut dapat kalian jumpai di platform-platform lain seperti Nintendo Switch, Xbox One, apalagi PC, SAYA ULANGI “APALAGI PC”. Jika kalian sudah memutuskan untuk membeli, bersyukurlah dan tetap tumbuhkan semangat optimisme di dalam pikiran kalian bahwa keputusanmu sama sekali tidaklah salah.

Setelah kalian merasa tidak menyesal untuk menyisihkan uang sekitar 3 hingga 6 juta Rupiah demi membeli sebuah box hitam elektronik tersebut. Kalian akan langsung dihadapkan pada fase yang paling menentukan, yaitu memilih game-game apa saja yang sekiranya cocok dan tidak akan mengecewakan. Lalu yang perlu diingat, memilih game di sini tidaklah mirip seperti memilih baju di pasar grosir. Harga gamenya yang beratus-ratus ribu tersebut membuat kalian harus benar-benar bijak dan berhati-hati dalam memilih.

Mencari informasi dan review di internet tentang game yang hendak kalian beli memang adalah salah satu langkah yang cerdas. Namun lebih cerdas lagi apabila kalian mau menyempatkan diri untuk membaca artikel kami. Karena di sini kami akan membagikan daftar 20 game PS4 yang sekiranya kami rekomendasikan supaya kalian tidak tersesat ketika hendak membeli. Meski berjumlah 20 buah, tidak berarti juga kalian kami suruh untuk memborong semua gamenya. Kecuali jika kalian adalah seorang anak bangsawan yang kekayaannya tidak akan habis selama 69 turunan, ya kami persilahken. Intinya sesuaikan saja dengan genre yang paling kalian suka dalam bermain video game.

Disclaimer: list dari game yang kami sajikan berikut tidak semuanya eksklusif milik Sony, hanya saja game-game tersebut memang untuk saat ini belum bisa kalian jumpai di platform PC.


1. Digimon Story: Cyber Sleuth – Hacker’s Memory

Baru saja dirilis versi Inggrisnya pada tanggal 19 Januari kemarin, Digimon Story Cyber Sleuth – Hacker’s Memory adalah game bergenre JRPG yang tidak boleh kalian lewatkan bagi para penggemar franchise Digimon di seluruh dunia. Selain karena menampilkan cerita yang lebih segar dibandingkan dengan prekuelnya, game ini juga memberikan tambahan sebanyak 92 Digimon baru dengan tampilan grafik yang begitu keren.


2. Frantics

Membeli PS4 tanpa mencoba menyicipi fitur uniknya jelas merupakan hal yang amat sangat disayangkan. Kali ini kami merekomendasikan sebuah game PS4 yang bisa dimainkan dan dikontrol lewat Smartphone kalian melalui fitur Playlink. Berjudul Frantics, game ini akan mengingatkan dirimu akan indahnya pengalaman saat bermain Mario Odyssey ataupun Bishi-Bashi bersama dengan sahabat dekat atau keluargamu.

Terdapat sekitar belasan mini game unik yang kami rasa siap mengocok perutmu dalam Frantics. Jika kalian rindu untuk saling mencemooh dengan teman ataupun kerabat dekatmu dalam bermain video game, game yang harganya cuma berkisar 300 ribuan ini bisa menjadi pilihan menarik bagi kalian.


3. The Last Guardian

The Last Guardian merupakan game yang paling cocok dimainkan oleh buah hati ataupun adik kalian yang masih kecil. Game ini memiliki genre petualangan dengan elemen puzzle yang tidaklah terlalu rumit namun tetap mengasyikan. Salah satu hal yang membuat The Last Guardian menarik adalah kalian akan bermain sebagai seorang anak kecil yang berpetualang bersama seekor binatang rakasasa yang menyerupai anjing dan burung bernama Trico. Persahabatan antara si anak dan Trico yang begitu erat dan setia inilah yang mungkin bisa membuat kita merasa terharu ketika semakin lama memainkan game ini.


4. Infamous Second Son

Sembari menunggu game Spiderman, tak ada salahnya bila kalian mencoba game open-world “superhero” yang satu ini. Merupakan sekuel dari Infamous 2 yang sempat sukses di Playstation 3 lalu, kali ini Infamous Second Son hadir dengan sesosok karakter baru sebagai suksesor dari Cole Macgrath, yaitu Delsin Rowe. Delsin adalah seorang manusia yang memiliki kekuatan super untuk menyerap dan mengendalikan berbagai macam energi-energi disekitarnya, berbeda dengan Macgrath yang hanya mempunyai kekuatan elektrik saja.

Seperti biasa, dalam Infamous Second Son kalian juga akan diberi pilihan untuk menjadi karakter karma yang baik atau jahat ? Kedua pilihan tersebut nantinya akan mempengaruhi bagaiamana aura kekuatan yang karakter kalian punya.


5. Gravity Rush 2

Merupakan game action petualangan unik dimana kalian dapat mengontrol gravitasi dan melayang bebas di udara. Gravity Rush 2 juga adalah sebuah sekuel langsung dari game pertamanya yang lebih banyak mendapat perbaruan positif di banyak aspek, seperti world mapnya yang lebih luas, combat system, sampai ke desain karakter ceweknya yang semakin atraktif dan mempesona. Gravity Rush 2 sendiri menceritakan tentang kisah lanjutan dari petualangan baru Kat (sang protagonis) yang ingin segera mengetahui rahasia dari asal-usul dirinya. Buat kalian yang mencintai game dengan grafis ala animu modern, sepertinya game ini patut untuk kalian coba.


6. Dissidia Final Fantasy NT

Masih ingat dengan game Final Fantasy yang cukup legendaris ini di PSP ? Di PS4 kalian juga bisa memainkan game berjudul Dissidia Final Fantasy NT ini dengan grafis dan gameplay yang betul-betul mengagumkan. Ditambah dengan sistem pertarungannya yang sudah tidak lagi 1 lawan 1, melainkan 3 lawan 3. Lalu jangan lupakan karakter-karakter Final Fantasy yang belum sempat mereka hadirkan di versi PSPnya seperti Ramza (Final Fantasy Tactics), Ace (Final Fantasy Type O), Yshtola (Final Fantasy XIV), hingga Noctis (Final Fantasy XV). Penggemar franchise legendaris Square Enix pastinya tak akan mau melewatkan game ini begitu saja.


7. Ratchet & Clank

Salah satu game ikonik PS2 yang sempat melegenda pada zamannya. Di PS4, kalian dapat berkesempatan untuk merasakan kembali petualangan si Ratchet beserta sahabat robotnya, yaitu Clank dalam menyelamatkan galaksi. Ratchet & Clank di versi PS4 ini benar-benar memiliki perombakan gameplay yang sangat luar biasa. Mulai dari sistem role-playing like seperti health upgrade, weapon upgrade, lalu tak ketinggalan dengan variasi senjata dan gadget menarik yang menawarkan sebuah replaybility tinggi ketika bermain.

Tampilan visual dari game ini pun juga sangat terlihat fantastis, karena merupakan salah satu alasan kenapa kalian harus tahu tentang game ini di PS4.


8. Crash Bandicoot N. Sane Trilogy

Siapa coba yang tidak ingat dengan aksi kocak si Tikus Babi ini dalam Crash Bandicoot ? Dengan grafis yang lebih keren di PS4, kalian dapat kembali merasakan sensasi pengalaman platforming yang sangat unik dan menantang di game ini. Seperti biasa, game yang sekarang dinamai Crash Bandicoot N. Sane Trilogy tersebut hadir dalam bentuk kompilasi dari seri trilogi Crash Bandicoot yang sudah lama dirilis di PS1 lalu. Jadi jika kalian ingin bernostalgia bersama pasangan, teman atau keluarga dengan bermain video game? Langsung segera takis saja game ini.


9. Gran Turismo Sport

Buat kalian pecinta game balap, tidak adil rasanya jika kami tidak memperkenalkan game bergenre berikut kepada kalian. PS4 juga punya game balap mobil keren berkualitas loh, yaitu Gran Turismo Sport. Seakan tak mau kalah dengan Forza, Need for Speed, Project Cars dan sebagainya. Game ini juga berani untuk unjuk kebolehan dalam menampilkan jumlah dan tampilan visual mobil beserta area lingkungannya yang sangat memukau.


10. Shadow of the Colossus

Salah satu game memburu monster yang sangat disegani di dunia. Disegani karena terlampau sangat epic untuk memburu monster yang ukurannya jutaan kali lebih besar dari kalian. Lalu juga merupakan salah satu remake dari game ikonik PS2 yang berjudul sama, yaitu Shadow of the Colossus. Didalam versi PS4nya, game ini dikabarkan menggunakan asset dengan kualitas ultra HD. Sehingga pengalamanmu bermain game ini di PS2 dijamin tentu akan sangat berbeda dibandingkan dengan di PS4. Game ini juga dikenal sangat begitu menantang, karena kalian harus jeli dalam mencari titik lemah dari para monster-monster raksasa yang harus kalian kalahkan.


11. The Last of Us Remastered

Baik kalian yang sudah memainkan versi PS3nya atau belum, menurut kami The Last Of Us Remastered tetaplah bisa menjadi pilihan yang tokcer untuk kalian. Karena tidak hanya grafisnya saja yang menjadi semakin dipercantik, namun game ini juga menambahkan beberapa konten beserta fitur menarik yang akan semakin mempermudahkanmu dalam bermain sekaligus menikmati gamenya. Jangan lupa bahwa game ini juga menghadirkan fitur multiplayer yang cukup mengasyikan karena dalam versi remasternya juga terdapat tambahan beberapa map baru di mode tersebut.

Sedangkan dalam single playernya,  kalian akan diajak untuk merasakan ketegangan dan roller coaster emosi dari petualangan Joel dan Ellie untuk bertahan hidup di dalam game ini. Beragam suka dan duka dari cerita yang sudah mereka berdua torehkan tetap akan menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan di dalam dunia video game.


12. Until Dawn

Buat para pecinta horror ala film-film, game ini bisa membawamu dalam menikmati ketegangan dan atmosfer yang sama menakutkannya seperti di dunia layar lebar. Meskipun begitu, tak perlu khawatir bila kalian tak jago dalam mengalahkan monster, sulit untuk lepas dari ketakutan ataupun tekanan yang sering kalian rasakan dalam bermain game horror pada umumnya. Karena game yang berjudul Until Dawn ini lebih banyak berfokus dalam aspek untuk menentukan pilihan dan jalan mana yang harus kamu ambil.

Oleh karena itulah game ini dikenal dalam menawarkan aspek replability yang begitu tinggi. setiap pilihan yang kalian ambil akan membawamu ke sebuah cerita dan konsekuensi yang berbeda pula. Mempertahankan seluruh karakter yang ada di game ini untuk tetap bisa hidup sampai akhir dari teror para “mahluk halus” dan psikopat adalah salah satu tantangan menarik yang harus bisa kalian pecahkan di Until Dawn.


13. Yakuza 6: The Song of Life

Ketika orang Jepang bikin game open-world ala GTA ataupun mafia-mafia begitu, kami jamin kalian akan kaget dengan hasilnya. Karena game ini sama sekali tidak menyajikan fitur untuk berkendara ataupun menyerang civilian. Game tersebut justru lebih berfokus pada pertarungan brawling atau biasa kita sebut pertarungan ala maddog (tangan kosong). Namun jangan salah, bukan berarti game yang berjudul Yakuza tersebut jelek. Justru seri-seri prekuel dari game ini tergolong sangat sukses dan luar biasa di pasaran. Kira-kira apa rahasianya ?

Rupanya game ini mempunyai story yang begitu kuat dan menyentuh, terutama lewat karakter Kazuma Kiryu yang sangat terlihat begitu badass. Lalu juga hal paling utama yang membuat kalian dijamin betah untuk memainkan franchise Yakuza, apalagi dalam seri terbarunya yang berjudul Yakuza 6: The Song of Life, yakni variasi dari jumlah mini gamenya yang terlampau banyak. Kami tak mungkin menyebutkannya satu per satu. Tapi mungkin bisa dimulai dari berkaraoke, menyewa para gadis, bermain softball, menyelam, hingga menjadi seorang babysitter. Hmm sungguh menarik bukan ?


14. Persona 5

Setelah sempat sukses dengan Persona 4, Atlus rupanya masih tetap yakin dengan kapasitasnya untuk merilis sebuah sekuel dengan judul Persona 5. Hasilnya, mereka masih tak main-main untuk tetap kuat merilis salah satu game JRPG yang bisa dibilang terbaik di era tahun 2010-an ke atas. Masih tetap kokoh dalam mengadopsi tema anak sekolahan yang begitu kental akan masa kekinian, namun dengan sub tema yang lebih berbeda dan menarik. Aspek dungeon crawling di dalam game ini juga makin terlihat sangat interaktif dan tidak monoton seperti di prekuel sebelumnya.

Persona 5 digadang-gadang disebut sebagai JRPG mahakarya yang belakangan ini cukup sulit untuk dicari. Jadi bagi kalian pengguna PS4 yang sangat menggemari JRPG, sebaiknya jangan sia-siakan kesempatan anda untuk tidak melewatkan game ini sebelum menyesal.


15. Bloodborne

Rindu untuk memainkan game yang ultra sulit ala Dark Souls ? Kalian bisa mencoba satu game yang berjudul Bloodborne. Kebetulan dibuat langsung oleh developer yang sama dengan Dark Souls, game ini menyajikan petualangan dalam menghadapi para monster ataupun para penduduk kota yang psikopat dalam nuansa gothic di era victorian. Sehingga Kalian bisa merasakan asyiknya menggunakan senjata semacam pistol untuk mengcounter serangan musuh ataupun dibully oleh mereka di game ini.


16. Horizon Zero Dawn

Horizon Zero Dawn adalah game Action RPG yang memiliki nuansa setting yang sangat unik. Yaitu di dunia post-apocalyptic yang mayoritas dihuni oleh mahluk nonorganik atau dalam artian “robot”, namun para manusia di sini justru memiliki peradaban yang terkesan amat “ndeso” sekali atau bisa disebut primitif. Akan tetapi hal tersebut adalah salah satu keunikan yang paling menunjang dari game ini.

Mirip dengan Shadow of the Colossus, kalian akan biasa dihadapkan dengan misi untuk berburu hewan robot raksasa dengan menaiki tubuh mereka, mengambil organ tubuh terpenting dari mereka, hingga membunuhnya. Tak ketinggalan, game ini juga dihadirkan dalam format open world yang  luas. Sehingga kalian dapat bereksplorasi secara bebas, berlindung di tempat yang aman, sampai mengatur strategi untuk melumpuhkan musuh.


17. Warriors Orochi 3 Ultimate

Bila kalian agak khawatir untuk membeli Dynasty Warriors 9 dikarenakan banyak reviewer yang memberikan banyak cacian dan makian terhadap game tersebut. Lebih aman kalau kalian kami rekomendasikan untuk mencoba game sebelumnya yang lebih bersifat crossover seperti Warriors Orochi 3 Ultimate.Sudah kita ketahui bersama bahwa game ini menghadirkan banyak sosok karakter terutama dari karakter Dynasty Warriors 7 dan Samurai Warriors 3.

Warriors Orochi 3 Ultimate juga mengundang banyak karakter dari game-game lain, seperti Ryu Hayabusa, Kasumi Dead or Alive, Sopithia dari Soulcalibur, sampai ke beberapa karakter tambahan dari mitologi cina dan jepang seperti Tamamo, Hundun, Yinglong, dan masih banyak lagi. Total game ini sudah menghadirkan lebih dari 100 karakter pendekar yang bisa kamu mainkan. Ditambah dengan munculnya mode baru berupa gauntlet mode yang sangat begitu hardcore dan bisa bikin kamu kecanduan untuk menghabiskan banyak waktu dalam bermain. Jadi sepertinya game ini bisa mengobati kesedihanmu atas gagalnya Dynasty Warriors 9 kemarin.


18. Uncharted 4: Thief’s End

Game action adventure yang wajib kalian perhatikan baik-baik sebagai seorang pengguna PS4. Dan bagi para penggemar action, bisa dibilang bahwa Uncharted 4: Thief’s End adalah game yang 100% dijamin akan memuaskan hasratmu. Karena menyajikan adegan sinematik yang terlampau keren di setiap aksi Nathan Drake dalam menghadapi para penjahat. Selain itu game ini juga menawarkan unsur storytelling yang begitu mengagumkan, dan dalam suatu kondisi tertentu bisa membuat kalian merasa terharu dan tersentuh

Melihat game Uncharted-uncharted sebelumnya di PS3 saja sudah tergolong berhasil dalam memuaskan para gamer di seluruh dunia. Game Uncharted keempat ini seakan menjadi sebuah hidangan penutup yang sempurna bagi franchise ini. Oh ya dan jangan lupakan game Standalone Expansionnya yang berjudul Uncharted: Lost Legacy. Game tambahan tersebut ternyata juga tidak kalah menariknya karena menampilkan cerita sampingan dari teman tapi mesra si Nathan, yaitu Chloe Frazer. Kalian mungkin akan melihat sosok yang lebih keren daripada Lara Croft ketika melihat Chloe di dalam game tambahan tersebut.


19. Monster Hunter World

Sebuah game yang menawarkan pengalaman memburu monster yang sangat tak terlupakan. Namun tidak seperti Shadow of The Colossus yang mengharuskan kalian untuk melakukannya sendiri. Dalam game Monster Hunter World kalian justru dapat melakukannya secara kolektif bersama dengan teman-teman dekat kalian. Tidak ada yang lebih mengasyikan selain berunding dalam mengatur strategi, melindungi temanmu yang terluka dengan menarik perhatian monster yang selalu menyerangnya, sampai memasang jebakan yang tepat dan brilian guna menyukseskan misimu di game ini.

Melalui kekuatan konsol masa kini, dunia dalam Monster Hunter World juga telah hadir dengen representasi alam yang jauh lebih indah dan hidup dibandingkan dengan seri Monster Hunter sebelumnya. Sehingga game ini bisa dijadikan sebagai salah satu alasan kenapa kalian sama sekali tidak salah dalam membeli konsol PS4. Walaupun game ini juga nantinya akan hadir di PC, rilisnya masih lama Brott, hehe.


20. God of War

Semua media ramai-ramai memberikan skor review yang nyaris sempurna tanpa cacat pada game ini. Walaupun sebelumnya sudah ada penolakan dari beberapa “fans” yang mengaku kecewa dengan perubahan yang diambil oleh SIE terhadap game terbaru franchise kesayangan mereka tersebut. Entah siapa yang berada di posisi yang paling benar, para “fans” yang hanya bermodal sepasang mata untuk melihat atau para reviewer kawakan yang sudah mendapat akses langsung dan merasakan gamenya ? Jawabannya simpan saja dulu di dalam hati kalian, dan baru boleh diungkapkan setelah game ini rilis pada tanggal 20 April nanti.

Yang jelas, game God of War ini sepertinya bisa menjadi umpan yang akan menggoda jiwamu untuk tertarik membeli PS4 sekaligus juga dengan gamenya. Terlepas dengan perubahan yang menurut kami justru boleh-boleh saja dan terlihat semakin membuat gamenya realistik.


Demikianlah list mengenai game PS4 apa sajakah yang sekiranya cukup wajib untuk kalian mainkan ketika baru pertama kali memiliki konsolnya. Meskipun PS5 mungkin akan segera muncul dalam beberapa tahun ke depan, tetap berpikir positif sajalah brott karena pada awal-awal kehadiran PS5 pun, PS4 juga masih tetap akan kebanjiran beberapa game baru yang eksklusif dan menarik.

Oke, semoga ini bisa menjadi pertimbangan kalian untuk memilih game yang tepat, sekaligus mengenai jadi atau tidaknya kalian membeli konsol PS4 bagi yang belum punya.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]