20 Game Terbaik yang Wajib Kamu Antisipasi & Tunggu untuk 2017

in , , , , ,

Tahun 2016 sudah mencapai penghujungnya dimana selama hampir setahun ini dunia video game telah dipenuhi dengan beragam hal menarik mulai dari kejutan hingga kekecewaan. Dan kelihatannya para gamer pun kini tengah disibukkan dengan beragam game-game keren yang memang banyak dirilis pada akhir tahun ini. Namun bukan berarti tahun 2017 mendatang tidak memiliki game-game yang pantas kamu tunggu mulai sekarang, bahkan bisa dibilang 2017 mendatang juga telah memiliki daftar yang bisa dibilang cukup banyak menarik perhatian sehingga nantinya akan lebih baik bila kamu bisa mengantisipasinya mulai sekarang. Lalu, game-game apa saja yang wajib kamu tunggu untuk 2017 mendatang. Cek daftar keren yang sudah kami buat di bawah ini!

Resident Evil 7

Rilis: 24 Januari 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Setelah blunder yang sempat dilakukan di seri ke-5 dan ke-6nya terhadap seri Resident Evil, yang secara fatal merubah sebuah game survival-horror shooter menjadi terasa layaknya game shooter biasa. Capcom pun kelihatannya belajar banyak dari tanggapan para fansnya dan menaruh harapan besar untuk mengembalikan nama baik Resident Evil lewat seri ke-7nya ini. Resident Evil 7 (Biohazard 7 di Amerika) tampil secara memukau lewat trailer serta demo yang dapat dicoba oleh para gamer Playstation 4. Ia memang tampil berbeda dari seri-seri sebelumnya, pandangan orang pertama, suasana horror ala Outlast dan P.T. ketimbang horror zombie yang biasanya hadir di Resident Evil. Namun lambat laun, Capcom berhasil menyuntikkan rasa lama dari gamenya dengan penggunaan senjata serta sistem puzzle. Yang pasti, game ini akan me-redefinisikan seri Resident Evil, entah ke arah baru yang baik, atau yang buruk.


For Honor

Rilis: 14 Februari 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2015 For Honor memang menarik banyak perhatian para gamer, terutama bagi mereka yang menginginkan sebuah game bertema perang yang berfokus pada pertarungan menggunakan senjata tangan (melee combat). Kamu bisa memilih satu dari 3 faksi yang tengah bertarung yaitu Knights, Samurai, dan Vikings. Dimana kamu nantinya akan bertempur melawan satu sama lain di sebuah arena pertempuran. Salah satu yang membuat For Honor ini patut kamu tunggu adalah sistem pertarungan duel yang mengagumkan dimana setiap serangan yang kamu lakukan, dan setiap block yang dilakukan akan sangat berpengaruh pada duel yang berlangsung. Karena game ini akan menuntut reflek dan timing yang akan menentukan serangan yang dilakukan akan masuk atau bisa dihadang oleh musuhmu. Ditambah, motion-capture impresif pada karakter-karakter yang kamu mainkan menambah keseruan dari game ini.


Horizon Zero Dawn

Rilis: 28 February 2017
Platform: Playstation 4

Kelihatannya tahun 2017 merupakan tahun terbaik bagi para pengguna konsol Playstation 4, karena pada tahun tersebut Playstation 4 tidak hanya kehadiran seri game yang memang sudah ditunggu-tunggu seperti God of War, namun juga kedatangan beberapa IP baru yang terlihat menakjubkan. Salah satunya tentunya adalah Horizon Zero Down, sebuah game open-world RPG namun dengan tema unik dimana kamu tetap akan menemui dan berburu hewan-hewan raksasa seperti di Monster Hunter, bedanya hewan raksasa yang ada disini merupakan robot yang mengambil alih bumi. Ber setting di 1000 tahun yang akan datang, kamu akan berperan sebagai  Aloy, seorang pemburu hewan robot raksasa. Horizon sendiri awalnya direncanakan dirilis tahun 2016, namun diundur untuk penyempurnaan.


Crash Bandicoot Remastered

Rilis: 28 Februari 2017

Platform: Playstation 4

Siapa yang tidak mengenal tokoh yang satu ini. Bila kamu dulunya memainkan Playstation pertama tentunya tidak asing dengan ikon dari konsol yang satu itu. Crash Bandicoot sendiri memang sekarang bisa dibilang tengah berada di tengah hiatus lama. Sang pengembang, Naughty Dog sendiri tentunya tengah disibukkan dengan game-game AAA mereka untuk Playstation 4. Namun, sembari menunggu seri terbarunya datang kamu bisa menunggu versi remastered dari Crash Bandicoot ini. Game ini tentunya akan membawamu ke nostalgia masa kecil dimana kamu akan memainkan kembali trilogi asli dari gamenya yaitu Crash Bandicoot, CB: Cortex Strikes Back, dan CB: Warped. Crash sendiri juga muncul di game Playstation lainnya, yaitu Skylanders Imaginators.


Tom Clancy’s: Ghost Recon Wildlands

Rilis: 7 Maret 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Salah satu seri game milik Ubisoft dan Tom Clancy’s yang telah memiliki banyak seri. Disamping Rainbow Six dan Assassin’s Creed tentunya. Bila di instalasi terakhirnya Ghost Recon membawa pemain lebih dahulu ke era futuristis lewat Future Soldier. Maka sekarang mereka kembali ke pertempuran tactical-shooter di masa sekarang, namun dengan konsep yang berbeda. Seri Wildlands akan menjadi seri pertama Ghost Recon yang menggunakan dunia open-world. Bersetting di dunia fiktif yang terinspirasi Bolivia, Wildlands akan mengajak kamu dan 3 teman co-op lainnya ke petualangan untuk menaklukan kartel narkoba yang menguasai area tersebut. Kamu juga diberi kebebasan untuk menyelesaikan misi dengan cara stealth yang rapi ataupun langsung menyerbu lewat pintu depan yang tentunya tiap pilihannya memiliki konsekuensinya masing-masing.


Mass Effect Andromeda

Rilis: 21 Maret 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Trilogi petualangan Commander Shepard dalam dunia Mass Effect memang telah berakhir saat dia harus mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan dunia dari Reaper, namun dunia Mass Effect teruslah berjalan dan dalam Andromeda tentunya sebuah petualangan baru telah menanti. Awalnya game ini direncanakan untuk dirilis tahun ini, namun ditunda hingga 2017 agar Bioware mampu lebih menyempurnakan game ini. Dalam Andromeda nantinya kamu tetap akan dihadapkan dengan fitur-fitur yang serupa dari seri sebelumnya seperti dialog antar karakter, pilihan, romantisme, dan tentunya aksi tembak-tembakan. Dikemas dalam cerita baru dimana kamu akan menghadapi sebuah perjalanan untuk mencari tempat tinggal baru bagi manusia. Andromeda juga akan mengusung dunia open-world dimana kamu juga bisa berpindah dari satu planet ke planet lainnya untuk mengeksplorasi.


The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Rilis: Awal 2017
Platform: Wii U, Nintendo NX

Mungkin sangat sedikit dari gamer Indonesia yang main pada platform Nintendo, namun harus diakui bahwa The Legend of Zelda: Breath of the Wild merupakan salah satu game The Legend of Zelda yang paling ditunggu oleh para gamer di seluruh dunia. Karena nantinya bila jadi dirilis pada 2017 mendatang bertepatan dengan peringatan seri Zelda yang ke-30 tahun. Disamping itu, Breath of the Wild juga merupakan salah satu game yang akan menjadi debut perdana dari konsol terbaru Nintendo yaitu Nintendo NX. Game ini juga dikatakan akan lebih terasa mirip dengan game originalnya di NES dimana game akan berfokus pada dunia open world liar yang dipenuhi oleh beragam monster. Pastinya kamu yang pernah memainkan gamenya dulu di NES tidak mau melewatkan yang satu ini.


South Park: The Fractured But Whole

Rilis: Q1 2017

Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Game yang diadapatasi dari serial kartun untuk dewasa berjudul sama ini memang berhasil membentuk basis fans yang tidak sedikit di seluruh dunia. Buktinya, ketika diperkenalkan pertama kali, sekuel dari Stick of Truth ini langsung mendapat sambutan yang meriah dari para gamer terutama yang telah memainkan seri pertamanya. Masih seperti game pertamanya, The Fractured But Whole masih menggunakan mode RPG dalam permainannya, namun dengan konsep yang diganti dari Fantasy RPG di game pertamanya, kini South Park mengambil tema Superhero dimana kamu bisa membangun superhero South Park-mu sendiri beserta kemampuannya. Sayangnya, meskipun dikatakan akan dirilis pada awal 2017 belum ada kepastian tanggal kapan game ini akan dirilis.


Tekken 7

Rilis: Q1/Q2 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Game fighting yang satu ini mungkin bisa dibilang sedikit terlambat tiba untuk platform konsol maupun PC, karena sebenarnya game ini telah ada di pasaran Jepang sejak 2015 untuk mesin arcade. Tapi bukan berarti game ini sudah akan terasa usang dan tidak layak untuk ditunggu, sebaliknya, game ini layak ditunggu karena merupakan seri perdana dari Tekken (Setidaknya seri utamanya) yang akhirnya akan mengunjungi semua platform. Karakter-karakter barupun diperkenalkan seperti Lucky Chloe yang mengenakan kostum cosplaynya,Shaheen petarung baru dari timur-tengah, hingga ibu dari Kazuya, Kazumi. Tekken 7 juga hadir bersama fitur-fitur baru seperti Rage Art dan Power Crush yang akan membuat game Tekken ini akan menjadi jauh lebih menarik.


Sniper: Ghost Warrior 3

https://www.youtube.com/watch?v=wZTrvnq5piY

Rilis: 5 April 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC, WiiU

Satu lagi game military-shooter yang menyebrang dari gameplay linear menuju open-world. Setelah 2 serinya dikembangkan dengan keterbatasan, CI Games kini akhirnya bisa membuat seri ke-3 dari Sniper:Ghost Warrior sekelas game AAA yang lain. Dengan mengusung dunia open-world, pemain akan memainkan seorang sniper dari Amerika bernama Jonathan North yang diterjunkan di sebuah area hutan liar di utara Georgia, yang berbatasan langsung dengan Rusia. Sniper: Ghost Warrior 3 sendiri akan mengusung berbagai fitur baru yang mendukung konsep dunia terbuka seperti pergantian siang dan malam serta pergantian cuaca yang tentunya akan berdampak pada caramu menjalankan misi. Kamu juga bisa mengkostumisasi equipment dan aksesoris pada senjatamu, kendaraan, hingga drone.


Red Dead Redemption 2

Rilis: Q3/Q4 2017

Platform: Playstation 4, Xbox One  

Salah satu kejutan di akhir 2016 disamping konsol baru Nintendo tentunya adalah game baru dari Rockstar Studios, Red Dead Redemption 2. Sekuel dari game tahun 2010 dan merupakan seri ke-3 dari seri Red Dead ini memang sedikit kurang bersinar dalam sesi pengenalannya, selain karena harus berhadapan dengan NX, rumor tentang kehadiran dari game ini telah ada semenjak awal tahun ini sehingga banyak orang yang telah menduga bahwa game ini akan diperkenalkan oleh Rockstar di 2016 ini. Namun meski begitu, animo gamers di seluruh dunia tetap tinggi untuk menanti petualangan lanjutan mereka di dunia koboi. Apalagi semenjak meluncurkan Grand Theft Auto V pada 2013 lalu yang kemudian diikuti dengan GTA Online, selama hampir 3 tahun Rockstar disibukkan dengan update-update untuk GTA Online dan sama sekali tidak mengabarkan tentang game baru selanjutnya.


Shenmue 3

Rilis: Desember 2017

Platform: Playstation 4, PC

Bila membicarakan bagaimana komunitas gamer di seluruh dunia bisa melakukan hal yang menakjubkan, maka Shenmue 3 ini adalah buktinya. Bermula dari tidak kunjung hadirnya sekuel lanjutan dari Shenmue 2 pada 2014, sang pengembang –  Sega AM2 akhirnya menyerahkan nama Shenmue 3 kepada sang kreator Yu Suzuki untuk dapat mengembangkan seri ke-3. Dan cara yang diambil Suzuki dalam inisiasi game Shenmue 3 ini bukanlah menggandeng publisher besar, melainkan dengan crowdfounding yang ia lakukan lewat Kickstater saat memperkenalkan proyek game ini pada gelaran E3 2015. Namun cara tersebut terbukti efektif, karena dari target $2 juta dollar hanya butuh waktu 8 jam untuk memenuhinya. Shenmue 3 sendiri akan melanjutkan petualangan dari Ryo Hazuki dalam menemukan sang pembunuh dari ayahnya.


Rilis: TBA 2017
Platform: Playstation 4

Bisa dibilang Sony merupakan yang paling siap untuk menyambut tahun depan dengan game-game eksklusif andalan mereka nantinya. Salah satu yang paling diantisipasi tentunya adalah kembalinya sang ksatria pemburu para dewa mitologi, Kratos dalam instalasi ke 4 dari seri God of War. Yang menarik tentunya karena kini ia tidak lagi memburu para dewa Yunani, namun berganti ke dewa-dewa mitologi Norwegia. Yap, dan karena targetnya adalah para dewa viking Kratos pun kini tampil semakin garang dengan jenggot lebat yang membuatnya terlihat semakin bad-ass. Namun, di sisi lain Kratos kelihatannya harus sedikit menahan diri dan tidak seberingas dahulu karena ia menjadi sosok Ayah untuk seorang anak laki-laki berkekuatan listrik yang masih belum diketahui namanya. Mungkinkah dia Thor?


Scalebound

https://www.youtube.com/watch?v=D-ZVMU_KA-M

Rilis: TBA 2017
Platform: Xbox One, PC

Devil May Cry dan How to Train Your Dragon, mungkin 2 judul itulah yang muncul di benak kita ketika melihat gameplay Scalebound pertama kali. Tidak bisa dipungkiri ada perasaan seperti melihat Dante dari DMC yang bertarung menggunakan headphone sembari menunggangi naga. Diproyeksikan untuk dirilis pada 2016, Scalebound terpaksa mundur ke 2017. Game ini sendiri dikembangkan oleh PlatinumGames yang notabene juga mengembangkan game-game terkenal seperti seri Bayonetta, Transformers: Devastation, dan tentunya Metal Gear Rising: Revengeance. Meskipun dari gameplay yang diperlihatkan Scalebound tampil layaknya game hack and slash seperti DMC, dalam deskripsinya Scalebound merupakan game action RPG. Mungkin nantinya kamu bisa mengupgrade karakter yang kamu gunakan ini beserta naga yang kamu tumpangi.


Injustice 2

Rilis: TBA 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC

Para superhero dan supervillain DC berkumpul kembali untuk saling bertarung di dalam dunia Injustice. Melanjutkan seri pertamanya yang memang mendapatkan banyak pujian membuat DC beserta sang pengembang NetherRealm optimis untuk melanjutkan game pertempuran para superhuman ala Mortal Kombat tersebut. Kamu sekarang bisa membuka armor baru pada tiap karakter, yang bukan hanya saja berguna untuk tampilan namun juga memberi boost status masing-masing karakter. Belum banyak hal lain yang telah bocor dari game ini, namun yang pasti karakter-karakter yang dapat dimainkan akan semakin meluas ke DC Universe. Karakter-karakter ikonik seperti Supergirl, Harley Quinn, hingga Deadshot pun juga akan menyambangi game ini tahun depan.


Prey

Rilis: TBA 2017
Platform: Playstation 4, Xbox One, PC
Pada awalnya Prey merupakan game FPS-Shooter dengan unsur puzzle yang membuatnya cukup banyak mendapat pujian pada awal dirilis pada 2006. Dikerjakan oleh 2K Games, sekuel dari game pertamanya cukup ditunggu terutama ketika ia diperkenalkan pada 2011 lalu. Namun sekuel tersebut tidak pernah datang hingga akhirnya game Prey sendiri harus berpindah ke Bethesda Softwork. Di tangan Bethesda akhirnya Prey kembali di reboot dan mengusung konsep yang sedikit berbeda meskipun tetap memiliki premis yang sama dengan pendahulunya. Secara sederhana pihak Bethesda menjelaskan bahwa Prey baru ini didefinisikan sebagai hybrid dari sebuah game naratif yang digabung dengan aksi digabung dengan sebuah lapisan RPG untuk para pemainnya.


Days Gone

Rilis: TBA 2017
Platform: Playstation 4

Salah satu kejutan baru yang dikeluarkan Sony dalam perhelatan E3 tahun 2016 ini tentunya adalah Days Gone. Meskipun mengambil tema kiamat zombie yang sebetulnya bisa dibilang telah lewat dan sudah digunakan di banyak judul game sebelumnya namun Sony dan SIE Bend Studio kelihatannya masih dapat mengambil konsep untuk membuat game ini tetap terlihat menarik. Bila di game-game zombie lainnya biasanya kamu akan dihadapkan pada skenario layaknya film-film Hollywood dimana kamu bertugas untuk melindungi seorang atau sekelompok survivor dan menjadi pahlawan penyelamat, dalam Days Gone situasinya yang akan dihadapi terlihat lebih personal dimana kamu lebih difokuskan pada keselamatanmu sendiri dalam banjir kiamat zombi yang terjadi.


Need For Speed 2017

sfdhesrhgse

Rilis : TBA  2017
Platform: Playstation 4, PC, Xbox One

Setelah memutuskan untuk me-reboot seringnya dengan mengeluarkan Need For Speed pada 2015, dimana EA menjelaskan bahwa seri tersebut telah kembali ke “akar” dimana para pemainnya menyukainya. Sebuah Need For Speed yang berfokus pada cerita dan aksi balap jalanan malam hari, modifikasi, dan aksi kejar-kejaran dengan polisi. Yang sayangny pada akhirnya menempatkannya tak lebih dari reboot Most Wanted pada 2012. EA dan Ghost Game pun akhirnya memutuskan untuk melewatkan tahun 2016 ini demi pengembangan lebih seri selanjutnya dari Need For Speed. Dan untuk tahun 2017 tentunya kita penasaran akan seperti apa seri Need For Speed selanjutnya, apalagi info terakhir menunjukkan bahwa EA telah mendaftarkan nama Need For Speed Arena.


Assassin’s Creed 2017

wtgfeqqewsc-q

Rilis : TBA  2017

Platform: Playstation 4, PC, Xbox One

Selain EA, Ubisoft juga menempuh langkah yang sama untuk seri game andalan mereka, Assassin’s Creed. Setelah memperbaiki nama baik mereka lewat Syndicate pada 2015 lalu yang tercoreng oleh seri sebelumya, Unity yang penuh masalah dan bugs. Ubisoft kelihatannya belajar untuk menahan diri untuk mengeluarkan seri Assassin’s Creed secara tahunan. Namun disamping itu tahun ini pun Ubisoft disibukkan dengan rilis film Assassin’s Creed yang dibintangi Michael Fassbender. Beberapa rumor yang beredar di internet pun mengabarkan bahwa game Assassin Creed selanjutnya akan dirilis pada 2017, atau setidaknya akan diperkenalkan tahun itu dan akan bersetting di Mesir. Memang tidak ada kepastian ataupun bukti apa-apa karena hal ini masih murni rumor yang dikatakan oleh pihak yang disebut ‘orang dalam Ubisoft’.


Cyberpunk 2077

Rilis: TBA 2017

Platform: Playstation 4, PC, Xbox One

Tentunya, setelah kesuksesan besar yang didapatkan dari The Witcher series terutama seri ketiganya yang dirilis tahun lalu. Para gamer di seluruh dunia sangat berharap dan menantikan proyek selanjutnya yang akan digarap oleh pengembang CD Projekt Red, yaitu Cyberpunk 2077. Apalagi mereka mengatakan bahwa game selanjutnya ini akan lebih masif dan ambisius daripada The Witcher 3. Belum ada banyak detail dari game ini, selain teaser trailer. Memang hingga sekarang belum ada kepastian bahwa game ini akan dirilis pada tahun depan. Bahkan bila melihat The Witcher 3 kemarin, kelihatannya CD Projekt Red akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan game yang satu ini. Namun, memang ada spekulasi bahwa game ini diharapkan bisa hadir di penghujung tahun depan.


Berikut tadi adalah daftar dari 20 game keren yang wajib kamu tunggu untuk 2017, tentunya kini kamu sekarang sudah ada bayangan akan mengincar game apa dan juga bisa mulai menabung untuk mendapatkan game-game yang kamu inginkan tersebut. Kami akan terus mengupdate daftar ini apabila ada keterangan tanggal rilis ataupun info-info terbaru soal game-game yang tentunya akan dirilis tahun depan. Dari daftar yang ada di atas, game manakah yang pasti kamu beli?

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]