20 Game yang Mungkin Belum Kamu Mainkan, Namun Harus Kamu Coba

in

Dibalik game-game populer seperti Call of Duty, Skyrim, Fallout 4 dan lain-lain, selalu ada game underrated yang kamu mungkin tak tahu ada sama sekali. Hanya karena gamenya tak sepopuler game-game lain, tak berarti game tersebut buruk dan hanya akan membuang waktumu. Berikut adalah 20 game yang mungkin belum kamu main, dan kamu harus.

Tentunya ada lebih dari 20 game underrated diluar sana, namun untuk sementara mari kita fokus dengan 20 terlebih dahulu.


1. Furi

Tahun: 2016
Platform: PC, PS4 dan Xbox One
Genre: Action, Boss fight, Bullet hell

Bayangkan Shadow of Collussus bertemu musik Hotline Miami dan bullet-hell Touhou, maka kamu dapatkan Furi. Game ini dibuat sulit, namun tidak unfair karena kamu selalu punya kesempatan untuk comeback dari kesalahan fatalmu. Bagian walking-simulator dari game ini mungkin sedikit membosankan, namun bagian tersebut menjadi momen dimana salah satu karakter ceritakan apa yang terjadi. Oh, game ini juga punya story yang menarik dengan “plot-twist” yang perlahan dijelaskan ketimbang langsung spontan begitu saja.


2. Strider

Tahun: 2014
Platform: PC, PS4 dan Xbox One
Genre: Platformer, Hack-and-slash, Metroidvania

Strider miliki gameplay yang membuatmu serasa seperti ninja asli karena gerakan dan serangan cepat dari Hiryu. Game juga miliki sistem progression ala Metroidvania, yang berarti game tidak miliki level linear dan area yang sebelumnya tidak bisa dilewati dapat diakses dengan power-up baru. Game ini juga miliki visual 2.5D yang keren dengan efek-efek yang selalu memuaskan untuk dilihat.


3. Bulletstorm

Tahun: 2011, 2017 (remastered)
Platform: PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360, PC
Genre: FPS

Disaat game bertema militer kuasai pasar gaming, Bulletstorm hadir sebagai jari tengah kepada FPS militer ala Call of Duty dan Battlefield dan tawarkan gameplay brutal yang selalu menghadiahimu tiap kali kamu membunuh musuh dengan cara kreatif. Game mungkin tak tawarkan story yang mindblowing, tapi biasa yang peduli soal story ketika kamu bisa tendang musuh dan tembak burungnya selagi di udara.


4. Okami

Tahun: 2006 (PS2), 2009 (Wii), 2012 (PS3)
Platform: PS2, PS3, Wii
Genre: Action, Adventure

Okami merupakan peraih Game of The Year sekaligus game dengan rating terbesar di tahun 2006 yang sedikit orang yang mainkan. Game tawarkan visual cell-shaded yang khas dan memanjakan mata, combat dengan fitur Celestial Brush yang unik, serta story menarik yang diambil dari cerita rakyat di Jepang. Mungkin game yang paling kami rekomendasikan di list ini.


5. Spec Ops: The Line

Tahun: 2012
Platform: PC, PS3, Xbox 360
Genre: TPS, action

Game mungkin terlihat seperti shooter yang generik, dan memang iya. Tetapi story yang diceritakan di game ini merupakan salah satu story tentang perang terbaik yang pernah diceritakan lewat video game. Tanpa ingin membocorkan kejutannya, plot twist di game ini begitu membuatmu takut untuk kembali ke game ini. Apabila kamu mencari game dengan story yang bagus tanpa peduli gameplay yang sedikit mediocre, maka game ini harus masuk wishlist-mu.


6. Kingdoms of Amalur: Reckoning

Tahun: 2012
Platform: PC, PS3, Xbox 360
Genre: RPG

Kingdoms of Amalur: Reckoning dibuat seperti MMO yang kamu mainkan offline. Visual game terlihat seperti versi modern dari World of Warcraft, quest yang banyak dan disusun layaknya MMO, story yang cukup menarik, dan yang terbaik adalah gameplay combat dari game ini. Combat game ini dibuat seperti versi ringan dari hack-and-slash, tiap senjata punya moveset sendiri, dipadukan dengan skill yang kamu punya, combat begitu asik dimainkan meskipun sudah kamu lakukan ratusan kali.


7. LISA

Tahun: 2014
Platform: PC
Genre: RPG, Adventure

Cara terbaik untuk jelaskan game ini adalah bayangkan Undertale, namun ganti dunia monster dengan dunia dimana perempuan sudah punah. Game miliki visual yang pas-pasan, namun gameplay dari game ini adalah perpaduan Final Fantasy dan Earthbound dengan sedikit kesan komedi didalamnya. Game tawarkan story yang tragis dan bikin kamu sakit hati dengan ending yang berbeda-beda tergantung dari keputusanmu sepanjang game. Game ini juga miliki soundtrack yang lucu namun enak didengar, dan kemungkinan bakal masuk playlistmu selama tidak bermain. Jika kamu tak masalah dengan grafis yang ditawarkan game, maka game ini mungkin menarik perhatianmu.


8. Vanquish

Tahun: 2010 (PS3, Xbox 360), 2017 (PC)
Platform: PS3, Xbox 360, PC
Genre: Action, TPS

Kamu mungkin telah mendengar soal game ini dengan dirilisnya versi PC tahun ini, namun kamu belum mencobanya karena alasan tertentu. Jika kamu belum mencoba game ini, maka kamu harus karena ini TPS paling badass sejauh ini. Dibuat oleh Shinji Mikami yang terkenal akan game Resident Evil dan juga Platinum Games, game ini miliki mekanik-mekanik yang begitu memuaskan tiap kali dieksekusi dengan sempurna. Story dari game ini mungkin bukanlah fokus utama, tetapi masing-masing karakter terlihat menarik khususnya Sam dan Burns yang saling perang mulut tiap cutscene.


9. S.T.A.L.K.E.R: Shadow of Chernobyl

Tahun: 2007
Platform: PC
Genre: FPS, Survival horror

S.T.A.L.K.E.R: Shadow of Chernobyl merupakan game bertema post-apocalyptic yang tentu kamu kenal dari game seperti Fallout. Yang membuat game ini menarik untuk dimainkan adalah atmosfir yang fantastis, gameplay yang begitu sulit (kamu bisa mati dalam sekali tembak) namun memuaskan, NPC yang dinamis yang selalu lakukan aktifitas tersendiri yang unscripted, serta eksplorasi yang asik. Game ini mungkin dipenuhi oleh bug, namun ada beberapa mod yang bisa urus itu. Bicara soal mod, komunitas mod dari game ini sangat besar untuk game yang tak banyak orang dengar.


10. Lost Odyssey

Tahun: 2007
Platform: Xbox 360
Genre: RPG

Lost Odyssey merupakan salah satu game Final Fantasy terbaik yang bukanlah Final Fantasy. Game ini diurus oleh kreator dari Final Fantasy yang berusaha untuk hidupkan kembali old-school JRPG yang mulai perlahan hilang. Game miliki story yang menarik lengkap dengan short story yang juga menarik untuk dibaca. Apabila kamu penggemar JRPG, game ini mungkin jadi target utamamu.


11. Shadow Warrior franchise

Tahun: 1997, 2013, 2016
Platform: PC, PS4, Xbox One
Genre: FPS, Survival horror

Mulai dari yang jadul hingga yang modern, franchise Shadow Warrior selalu ditutupi oleh franchise FPS lain yang lebih terkenal seperti Duke Nukem, Doom dan lainnya. Yang membuat franchise ini layak untuk kamu mainkan adalah adanya melee combat yang menarik, lelucon yang corny, dan gameplay yang seru. Tiap seri dari game ini juga selalu tawarkan kesan yang baru. Game pertama dibuat seperti versi ninja dari Duke Nukem, reboot di tahun 2013 dibuat seperti perpaduan FPS modern dengan wave-based shooter ala Serious Sam, dan sekuelnya di tahun 2016 tambahkan loot ala Borderlands. Apabila kamu belum pernah dengar soal game ini, maka mungkin kamu mau mencoba.


12. Enslaved: Odyssey to the West

Tahun: 2010
Platform: PS3, Xbox 360, PC
Genre: Action, Adventure

Dibuat oleh studio dibalik DmC: Devil May Cry, Enslaved: Odyssey to the West benar-benar dibawah radar banyak gamer. Game ini miliki gameplay yang sama seperti Prince of Persia, namun yang membuat game ini masuk rekomendasi adalah karakter dan story yang dibawa dengan fantastis oleh game ini. Tanpa ingin membocorkan ceritanya, siap-siap untuk berkata “WTF” setelah selesaikan game ini.


13. Beyond Good and Evil

Tahun: 2003
Platform: PC, PS2, Xbox, PS3, Xbox 360
Genre: Adventure

Sekuel dari game ini mungkin baru saja diumumkan, namun dari apa yang dijelaskan oleh Ubisoft, sekuel tersebut tampaknya terlihat jauh berbeda dari gmae pertamanya. Game pertama lebih kid-friendly dan tidak dibuat begitu action. Meskipun beberapa mekanik dari ini game terkesan dated untuk standar gaming sekarang, game ini miliki platforming yang bagus, karakter serta story yang menarik. Kamu kemungkinan besar sudah punya game ini dari giveaway Ubisoft kemarin. Maka dari itu jika deskripsi membuatmu tertarik untuk mencoba game ini, berikan game ini kesempatan.


14. Grim Dawn

Tahun: 2016
Platform: PC
Genre: RPG

Ketika mendengar game “mirip Diablo”, ada banyak beberapa opsi seperti Torchlight, Path of Exile dan Titan Quest, namun ada satu game yang harus kamu coba apabila penggemar franchise ini yaitu Grim Dawn. Grim Dawn tawarkan gameplay yang sama seperti Diablo, namun latar yang diambil dari game ini adalah post-apocalyptic yang cukup aneh untuk game semacam ini namun siapa yang peduli apabila gameplay bagus.


15. Hyper Light Drifter

Tahun: 2016
Platform: PC, PS4, Xbox One
Genre: Action, Adventure

Apabila kamu tak punya console Nintendo untuk bermain Zelda, mungkin game indie ini bisa jadi alternatif. Story yang misterius, gameplay yang asik, gaya visual 16-bit yang artistik, game ini jadi must-play untuk penggemar game petualangan.


16. Metro Franchise

Tahun: 2008, 2013
Platform: PC, PS4, Xbox one, PS3, Xbox 360
Genre: FPS, Survival horror

Atmosfir post-apocalyptic yang menakjubkan, visual yang sampai sekarang masih terlihat cantik, gameplay yang menantangmu untuk memakai suplai sebaik mungkin, serta story yang miliki kesan moral, game ini miliki semua yang kamu perlukan apabila mencari campaign bagus. Game ketiga yaitu Metro Exodus sedang dikerjakan, maka sekarang saat yang tepat untuk mencoba game ini.


17. Va-11 Hall-A: Cyberpunk Bartender Action

Tahun: 2016
Platform: PC, PS Vita
Genre: Visual novel, simulation

Visual novel merupakan genre yang tak banyak gamer doyan, namun Va-11 Hall-A: Cyberpunk Bartender Action merupakan visual novel yang tergolong unik karena memiliki sentuhan genre tycoon didalamnya. Apabila kamu pernah terpikir untuk bermain sebagai bartender yang harus ramah dengan pelanggannya, maka game ini cocok untukmu.


18. Superhot

Tahun: 2016
Platform: PC, PS4, Xbox One
Genre: FPS

Satu lagi game tahun kemarin yang mungkin kamu kelewatan. Pada game ini, waktu hanya berjalan disaat kamu bergerak, memberikanmu banyak waktu untuk memikirkan mau menembak siapa dan juga menghindari peluru. Game tak tawarkan story yang bagus, namun mekanik kontrol waktu ini begitu unik dan menarik sampai-sampai kamu tak khawatir soal story. Dan apabila kamu sudah mencoba game ini, kamu harus beritahu temanmu dengan “SUPERHOT IS THE MOST INNOVATIVE SHOOTER I’VE PLAYED IN YEARS!


19. Singularity

Tahun: 2010
Platform: PC, PS3, Xbox 360
Genre: FPS

Singularity merupakan perpaduan dari Wolfenstein dan Bioshock. Kemampuan memanipulasi waktu memberikan kesan menarik saat bertempur melawan musuh ataupun saat menyelesaikan puzzle. Game mungkin tak tawarkan story yang memukau ataupun grafis yang bagus untuk standar sekarang, namun tak berarti single player campaign game ini tak berhak untuk dimainkan. Multiplayer juga bagus, sayangnya kamu takkan lagi temukan satu orangpun di game ini.


20. Valkyrie Chronicles

Tahun: 2008, 2014
Platform:  PS3. Xbox One, PC, PS4, Xbox One
Genre: Strategy, TPS

Bayangkan XCOM, namun dengan karakter anime dan ganti tema alien jadi perang dunia, maka kamu akan dapatkan Valkyrie Chronicles. Apabila harus ada yang dikomplain dari game ini mungkin adalah desain karakter tak terlihat cocok untuk terjun ke perang bersenjata seperti ini. Tapi hey … gameplaynya bagus dan kamu pasukanmu diisi karakter waifu-worthy.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.