20 Tahun Mengudara, MMORPG Final Fantasy XI Masih Akan Bertahan Sampai 3 Tahun ke Depan

Final Fantasy Xi 3 Tahun Lagi Featured Image

Jika berbicara soal game Final Fantasy yang disajikan dalam bentuk MMO, kebanyakan dari kita mungkin akan langsung memikirkan “the critically acclaimed MMORPG Final Fantasy XIV yang masih kuat mengudara semenjak rilis di 2010. Namun tahukah kamu bahwa sebelumnya Square Enix juga merilis Final Fantasy XI sebagai game online di 2002, bahkan gamenya sendiri masih hidup sampai saat ini?

Terlepas bahwa Final Fantasy XI telah berusia 20 tahun pada bulan Mei tahun lalu, gamenya sendiri miliki playerbase setia yang masih cukup aktif berpetualang di dunia Vana’diel. Walau demikian, beberapa tahun ke depan ini akanya akan menjadi masa-masa terakhir gamenya.

Melansir dari Play Online, Square Enix mengumumkan bahwa Akihiko Matsui akan digantikan oleh Yoji Fujito sebagai produser Final Fantasy XI. Lebih lanjut, akan terjadi pengecilan tim pengembang yang dimana akan membuat gamenya mendapatkan update baru lebih kecil namun “padat”, serta masa maintenance yang mungkin memakan waktu lebih lama demi operasional yang lebih stabil dalam jangka panjang.

Yoji menjelaskan bahwa keputusan untuk mengurangi tim pengembangan ini demi memberikan kesempatan bagi developer untuk mendapatkan pengalaman baru lewat proyek Square Enix yang lainnya. Ia percaya bahwa bekerja dengan teknologi baru dan lingkungan berbeda bisa menjadi motivasi untuk berkembang lebih baik lagi. Namun ia juga berharap pengalaman baru tersebut akan disalurkan kembali ke Final Fantasy XI.

Akihiko Matsui dan Yoji Fujito selaku tim pengembang Final Fantasy XI

Akihiko sendiri percaya dengan kemampuan Yoji untuk melanjutkan keberelangsungan Final Fantasy XI. Ia mengungkapan bahwa Yoji lah yang menjadi sosok utama dari ragam peningkatan QoL (quality of life) yang dimplementasikan ke dalam gamenya (red). Namun yang membuat Akihiko semakin yakin adalah inisiatif dan keberanian dari Yoji untuk menlanjutkan perjuangannya.

Bersamaan dengan ini, Akihiko juga membagikan sedikit pesan dan rasa terima kasih atas respon positif para fans lewat perayaan Final Fantasy XI yang ke 20 atau 20th Vana’versary sekitar beberapa bulan lalu, terutama karena gamenya sendiri setidaknya masih akan bertahan selama tiga tahun ke depan. Dan mungkin saja di tangan Yoji gamenya masih bisa bertahan lebih lama lagi.

Final Fantasy XI dapat kamu mainkan di platform PC. Sedangkan live service untuk PlayStation 2 dan Xbox 360 resmi diberhentikan pada tahun 2016 lalu.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Final Fantasy atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version