25 Easter Egg Tersembunyi Dalam Marvel Spider-Man! (Warning Spoiler)


Follow Us

Sebelum kalian jauh-jauh membaca artikel berikut ini ada baiknya kalian memahami bahwa 25 Easter Egg dari game Marvel Spider-Man berikut akan mengandung spoiler. Resiko ingin membeli PS4 untuk memainkan game Spider-Man setelah membaca list berikut ini ditanggung sendiri ya brott!

Nulis artikel dibayar

Easter egg adalah fitur atau pesan tersembunyi yang berada disebuah sistem, film, ataupun hal-hal yang lain. Tentunya dimasukannya easter egg oleh sang perancang dengan berbagai alasan, ada yang iseng, atau justru merujuk pada hal lain yang lebih besar. Marvel sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang hiburan khususnya film dan komik, memang kerap mamasukan easter egg yang mengacu pada pesan tersembunyi dari kelanjutan fanrchisenya. Hal tersebut tidak luput di video game Marvel Spider-Man karya Insomniac, pasalnya dalam game ini tesebar berbagai easter egg dimana jika kalian cukup jeli, easter egg tersebut mengacu pada sequel dari game Spider-Man yang satu ini. Berikut 25 Easter Egg Tersembunyi Dalam Marvel Spider-Man!


1.Iron Man, dan Mr Fantastic Diawal Game

Bagi kalian yang cukup jeli saat permulaan game pasti tidak akan melewatkan easter egg yang satu ini. Diawal game sendiri kalian akan disajikan 3 buah easter egg yang tertulis post-its yang tertempel dan  mungkin bisa sedikit mengacu pada sequel dari game yang satu ini. Yang pertama adalah post-its yang mengacu pada “Call T.S. back, re: job offer” dan post-its yang tertulis “RR suit fabric ballistic? Call to confirm, yang mengacu pada Tony Stark sang Iron Man dan RR untuk Reed Richards si Mr. Fantastic. Mengingat dua karater tersebut merupakan tokoh penting di Marvel Universe dan akan didukung oleh easter egg lain dilist ini kemungkinan besar dua hero tersebut bisa hadir di sequel dari game buatan Insomniac ini.


2. Sholud We Kiss Now?

Setelah disajikan sebuah adengan boss battle yang sang memukau dengan si Wilson Fisk aka Kingpin, kalian bisa melihat sebuah easter egg yang diambil dari film Spider-Man besutan Sam Rammy yang dibintangi oleh Tobey Maguire. Dimana kamu bisa melihat Kingpin tergantung terbalik dan Spidey berkata “Sholud we kiss now”, yang jelas megacu pada adegan lengendaris saat si Peter Parker dan Marry Jane berciuman ditengah hujan dengan posisi terbalik.


3. Cameo Wajib Sang Creator

Kurang afdol rasanya jika franchise Marvel tidak menghadirkan sang sosok creator dibalik lahirnya karakter-karakter didalam franchise ini. Setelah berhasil menyelesaikan misi “Don’t Touch the Art”, kalian akan dibawa sebuah percakapan antara Peter dan MJ disebuah cafe, sesaat mereka meninggalakan cafe tersebut, Stan Lee muncul sambil berkata kepada MJ “You always were my favorites” yang mengacu Spider-Man sebagai salah satu karakter Marvel favoritnya.


4. Spider-Man Copycat

Insomniac Studio sepertinya juga tidak melupakan hal-hal populer didunia maya yaitu mengadaptasi meme “Spider-Man pointing at Spider-Man” menjadi sebuh sidequest dalam game buatannya. Bagi kalian yang cukup rajin grinding tentunya tidak akan melewatkan quest “Spider-Man”, dimana dalam misi ini akan dihadirkan sosok Spider-Man palsu yang juga ikut memerangi kejahatan dikota New York. Sidequest dan meme terkenal ini diadaptasi dari komik legendaris Spider-Man yang dirilis pada tahun 1967 dengan judul Double Identity.


5. Grand Theft-Spider

Meskipun bisa dibilang sedikit cocokologi namun, GTA 4 dan Marvel Spider-Man memang memiliki setting kota yang sama. Jika kalian sempat mengambil side mission  Spider-Man P.I. kalian akan menjumpai sebuah dialong dimana sekelompok penjahat sedang merencanakan sebuah misi perampokan. Uniknya dalam percakapan tersebut, kalian bisa mendengar nama-nama yang tidak asing seperti Niko sang protagonis utama GTA 4, Roman seseorang yang hobi bowling, dan beberapa supporting karakter lain dalam dunia game buatan Rockstar tersebut, seperti DeSean, Carmen, dan Evan Moss.


6. Si Pencuri Kuburan di New York!

Dirilis pada bulan yang sama dengan Spider-Man easter egg kali ini mengacu pada game yang dikembangkan oleh Eidos Montréal dan Square Enix, yaitu Shadow of The Tomb Raider. Meskipun begitu Tomb Raider dalam dunia Marvel Spider-Man Insomniac Studio ini digambarkan sebagai sebuah kedai kopi yang dietalasenya terpajang buku-buku. Sebuah kesengajaan atau tidak yang pasti hal tersebut bisa menjadi sebuah pengharagaan bagi salah satu game legendaris tersebut.

BACA JUGA  Epic Games Store Tawarkan Game Gratis Tiap 2 Minggu, Subnautica Jadi Game Gratis Pertama

7. Developer Bebas!

Bukan Stan Lee saja yang ingin muncul dalam game ini, sang pengembang pun tidak kalah eksis dengan sang kreator dengan ikut muncul dalam game buatannya sendiri. Jika kalian mengujungi wilayah Midtown yang berada dibawah Map kalian akan menjumpai sebuah gedung yang diatasnya bertuliskan Insomniac Studio. Belum puas sampe disitu Insomniac Studio juga memanjang seluruh tim dibalik game Spider-Man didinding F.E.A.S.T yang bertuliskan “Voulenteer of The Year”.


8. Easter Egg Paling Sedih

Beberapa bulan lalu sebelum Marvel’s Spider-Man rilis, seorang pria bernama Tyler Schultz ingin memberikan pesan lamaran terhadap kekasihnya yang bernama Madison dengan cara yang tak biasa. Tyler akhirnya meminta Insomniac Games untuk menaruh easter egg bertuliskan “Madison, Will You Marry Me”, Tyler yakin bahwa ini adalah hal terhebat yang akan berhasil, mengingat hubungannya dengan Madison yang sudah 5 Tahun lamanya. Insomniac Games merespon hal tersebut menepati janjinya dengan untuk menyematkan easter egg tersebut. Namun yang membuat easter egg ini begitu menyedihkan adalah  beberapa minggu sebelum Marvel’s Spider-Man rilis,  ternyata Tyler justru telah putus dengan Madison.

9. Daily Bugle dan J Jonah Jameson

Mengambil setting delapan tahun sejak pertama kali menjadi Spider-Man, tentunya Insomniac tidak melupakan begitu saja elemen terpenting dalam Spider-Man Universe yatiu kantor lama Peter Daily Bugle. Seperti yang kalian ketahui Daily Bugle adalah sebuah koran pimpinan  J. Jonah Jameson yang selalu memberikan berita-berita miring tentang Spidey. Dalam game ini sendiri Daily Bugle digambarkan hanya sebuah gedung, sedangakan untuk J Jonah Jameson sendiri akan terus muncul lewat dialog-dialog menyebalkan sepanjang game. Tentunya Daily Bugle sendiri bisa menjadi sebuah peran penting dalam sequelnya jika dari pihak Insomniac berani menghadirkan arc Issue dimana Mysterio merubah dirinya menjadi Spider-Man dan mencoba membunuh J Jonah Jameson.


10. Damage Control

Jika kalian bertanya siapakah yang membersihkan kekacuan kota yang diakibatkan oleh Superhero dan para penjahat, jawabannya adalah Damage Control. Damage Control sendiri juga ikut muncul sebagai sebuah easter egg dalam game Spider-Man, dimana Damage Control sendiri adalah sebuah peruasaahan yang dibentuk oleh Tony Stark. Sehingga dengan adanya easter egg ini seolah-olah membenarkan bahwa Tony Stark kemungkinan besar akan hadir dalam sequel dari game ini.


11. Perusahaan Energi Terbesar Marvel

Bagi kalian fans-fans garis keras Marvel tentunya sudah tidak asing dengan perusahaan energi terbesar yang satu ini. Roxxon sendiri lebih sering muncul dalam serial Netflix yaitu The Defendres dan beberapa kali difilm MCU. Roxxon sendiri adalah sebuah perusahaan dibalik terciptanya Winter Solider dan bertanggung jawab atas kematian kedua orang tua Tony Stark. Sepertinya dengan semakin banyaknya easter egg yang mengarah ke Tony Stark, debut Iron Man di sequel game ini benar-benar akan terjadi.


12. Inhuman Teleportation Dog

Selain easter egg Iron Man yang memang sudah betebaran diawal game, sepertinya Insomniac juga tak lupa menambahkan easter egg dari karakter Marvel yaitu Lockjaw dari Inhuman. Lockjaw sendiri adalah anjing berukuran raksasa yang memiliki kemampuan untuk berteleportasi diberbagai tempat didunia. Patung Lockjaw sendiri merupakan pengganti patung Charging Bull yang terkenal dikota New York. Apakah Lockjaw hanyalah sekedar pengganti landmark kota New York saja, atau Insomniac sudah menyiapakan kejutan pada sequelnya nanti? Mari kita tunggu saja.


13. Tempat Tinggal Si Dokter Aneh

Sepertinya bukan hal asing lagi jika menempatkan Sanctum Sanctorum yang merupakan tempat tinggal Dr. Strange didalam game yang satu ini. Pasalnya, berdasarkan versi komiknya Sanctum Sanctorum memang berada di New York  dibawah pengawasan Wong dan merupakan tempat penyimpanan barang-barang mistis seperti Dark Specter dan Cloak of Levitation. Tentunya Sanctum Sanctorum bisa menjadi aset yang berharga bagi game Marvel Spider-Man, jika memang Insomniac sendiri berniat menghadirkan Morbius sebagai salah satu musuh Spidey di sequelnya bukan tidak mungkin sang manusia laba-laba ini bisa team-up dengan Dr.Strange. Apalagi sosok asli Morbius aka Dr. Morgan Michales sendiri sudah muncul dalam game ini!

BACA JUGA  50 Video Game Dengan Rating Tertinggi di Sepanjang Tahun 2018

14. Symakraia Embassy

Symkarian sendiri adalah tempat tinggal dari Silver Sable yang memang muncul pada game ini, sebagai tentara yang ditugaskan oleh Norman Osbron sebagai pasukan keamanan. Syamkaria sendiri merupakan negara fiksional yang diciptakan oleh Marvel layaknya Wakanda. Syamkaria sendiri adalah sebuah negara yang semua penduduknya adalah tentara bayaran terlatih. Sepertinya Syamkraia akan memiliki peranan penting dalam salah satu DLC dari game Spider-Man, pasalnya salah satu DLC tersebut berjudul Silver Lining yang sepertinya akan befokus pada story Spider-Man dan Silver Sable. Dimana Kraven sendiri adalah musuh utama dari Black Panther dan Spider-Man setelah sebelumnya dia mencuri tanaman superhuman power di Wakanda.


15. Wakanda Forever!

Wakanda Forever! Kalimat itulah yang sepertinya paling melekat bagi para fans-fans Marvel jika berbicara tentang Black Panther. Insomniac sendiri menambahkan Wakanda Embassy kedalam game besutan mereka sebagai salah satu easter egg, yang bisa saja diartikan bahwa dalam dunia Marvel Spider-Man versi Insomniac ini Wakanda sudah terbuka terhadap dunia luar. Black Panther sendiri bisa saja dihadirkan oleh Insomniac jika saja mereka berniat memunculkan Kraven sebagai salah satu musuh dari Spider-Man.


16. The Defenders is Here!

Sepertinya kemunculan easter egg ini memang sudah bukan hal yang asing lagi, mengingat Spider-Man sendiri berada dikota yang sama dengan superhero lain, sehingga wajar saja jika dalam game ini kalian akan menjumpai Rand Corporation, Alias Investigations, Nelson and Murdock law office, dan Josie’s Bar, yang begitu melekat pada Jessica Jones, Iron Fist, Daredevil, dan Luke Cage. Apakah mereka akan muncul pada sequelnya nanti?


17. Avanger Tower Adalah Kunci!

Well, sepertinya easter egg yang satu ini benar-benar menjawab semua easter egg yang ada diatas. Dengan adanya Avanger Tower sepertinya Insomniac benar-benar menyiapakan game Maverl Spider-Man sebagai sebuah pondasi awal dari game Superhero Marvel. Jika hal tersebut benar-benar terjadi buka tidak mungkin bahwa Insomniac memang sudah menyiapakan landmark-landmark penting dari dunia Marvel tersebut bukan menjadi sebuah easter egg saja, namun sebuah bangunan yang memang akan memiliki pernan penting dikemudian hari lewat sequel mauapun IP baru mereka. Jadi, kemungkinan Spidey team-up dengan para The Defenders ataupun Iron Man,dan bahkan Black Panther suatu saat nanti akan benar-benar terwujud.


Mohon perhatian!!! 7 List teakhir ini akan mengandung spoiler! Jadi bagikan kalian yang tidak ingin menyeseal karena tidak menabung jauh-jauh hari untuk membeli console PS4 dimohon untuk segera menabung agar bisa memainkan game Marvel Spider-Man! Namun alangkah baiknya jika kalian tetap membaca kumpulan easter egg yang sudah kami susun ini! Terimakasih!!


18. The Enemy of Avenger’s

Easter Egg yang satu ini juga bisa kalian jumpai jika kalian cukup rajin dalam menyelsaikan taskmaster challange. Sesuai dengan namanya challange ini dirancang oleh salah satu penjahat paling berbahaya dalam Marvel Universe yang dapat meniru kemampuan musuh-musuhnya, yaitu Task Master. Task Master sendiri akan muncul didalam game ini sebanyak dua kali saat kamu berhasil menyelesaikan challangenya untuk kalian hadapai. Dengan adanya Ester egg Iron Man, Avanger Tower yang ada dalam game ini kemungkinan besar Task Master akan menjadi salah satu musuh utama Spidey di sequel gamenya.


19. Ben dan Marry Graveyard

Bagi kalian yang belum sempat memainkan game Spider-Man tentunya akan dibuat dongkol dengan easter egg yang satu ini. Dimana saat minggu pertamanya peluncurannya banyak tersebar foto “kurang ajar” dimana menunjukan Spider-Man berfoto selfie dimakam Ben Parker. Namun karena dengan alasan balas dendam mimin sengaja memberikan spoiler bahawa akan ada 1 makam  yang akan ada disamping Ben, yaitu makan Aunty May. Tentunya kematian Aunt May dalam game ini akan menjadi sebuah momen paling sedih, dimana Spider-Man akan mendapatkan pilihan yang begitu sulit.

BACA JUGA  Crash Team Racing Remaster Akan Diumumkan Besok Lusa?

20. Green Goblin Helmet and Pumpkin Bombs

Bagi kalian fans-fans berat Spider-Man pasti akan dibuat kegirangan dengan easter egg yang ditampilan saat misi menyelinap kedalam rumah Norman Osbron. Disana terlihat prototype dari helm dan senjata iconic dari Green Goblin, Pumpkin Bombs.  Tentunya ini menjadi sebuah sinyal bahwa Green Goblin memang akan hadir sebagai salah satu musuh dalam sequel Marvel Spider-Man. Yang jadi masalah, siapakah yang akan menjadi Green Goblin? Apakah Harry atau Norman?


21. Miles Morales dan Spider 42

Nasib Miles Morales sendiri memang sepertinya memang sudah ditebak oleh kebanyakaan fans bahwa dia akan menjadi suksesor dari Peter Parker sebagai Spider-Man. Miles Morales sendiri dipastikan akan menjadi Spider-Man di sequelnya, setelah tergigit spider 42 yang terbawa oleh MJ setelah misi menyelinap ke laboratorium Norman. Miles sendiri menunjukan kemampuannya sebagai Spider-Man kepada Peter disaat adegan Mid credit scene, dimana dia merasa ada yang aneh dengan dirinya, lalu sejurus kemudian Miles sudah merayap di dinding. Tentunya dengan adanya fakta ini kita bisa melihat Miles sebagai side kick dari Peter di sequelnya, tanpa harus melihat kematian tragis dari Peter seperti yang terjadi di versi komiknya.


22. Eddie Brock = Venom!

Spider-Man tanpa Venom bisa di ibaratkan bagi sayur tanpa garam, namun kalian tidak perlu khawatir karena sepertinya Insomniac memang telah menyiapkan hal tersebut. Easter Egg yang satu ini bisa bilang juga memperkuat easter egg Daily Bugle dimana akan memiliki pernan penting dalam sequelnya. Jika kalian cukup rajin mencari Spidey backpack disana kalian akan menemukan bahwa Eddie Brock sudah eksis dalam dunia Marvel Spider-Man versi Insomniac. Hal tersebut terlihat dari tanda tangan Eddie Brock yang berada disurat perpisahan Parker saat meninggalkan Daily Bugle.


23. Harry adalah Carnage?

Easter Egg kali ini muncul di post credit scene dari game Marvel Spider-Man dan merupakan pintu pembuka bagi sequel game ini. Seperti melengkapi easter egg dari Eddie Brock diatas, easter egg ini menjelasakan bahwa Harry yang sepanjang game dicerita sedang dalam masa studi di Eropa ternyata sedang terkurung dalam sebuah healing capsule dilaboratorium miliki Norman Osbron. Yang lebih mengejutkannya, dibagian akhir tampak bagain tumbuh yang khas dari Symbiote, tentunya ini bisa diartikan bahwa Harry adalah wadah dari symbiote yang tidak lain adalah Carnage. Ditambah lagi dengan teori Eddy Broke yang sudah eksis di universe game ini, bukan tidak mungkin disequelnya nanti kita akan disajikan dua villian utama yaitu Venom dan Carnage.


24. Tuan Kuda in Marvel Spider-Man

Bagi kalian yang memang rajin menonton video-video postingan Gamebrott pastinya tidak asing dengan sosok si Tuan Kuda. Lama tak terlihat di video Gamebrott ternyata si Tuan Kuda membuat kejutan dengan hadir sebagai cameo dalam game buatan Insomniac tersebut. Tuan Kuda sendiri bisa kalian jumpai di misi yang akan membawa mu kedalam sebuah pesta Hallowen. Tentunya easter egg yang satu ini dibuat berdasarkan cocokologi saja yaa brott,sejak berita list ini ditulis keberadaan Tuan Kuda masih belum diketahui.

Sepertiny 25 easter egg diatas memang berisi pesan-persan tersembunyi yang mengarah pada sequel dari game Spider-Man versi Insomniac. Gimana brott, apakah kamu menemukan easter egg lain yang ada digame ini? Tulis dikolom komentar yaa brott!!


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+