25 Game Yang Bisa Dimainkan Offline Co-Op Alias MABAR Dari Masa Ke Masa – Part 1

in
Mari main bersama-sama

Zaman now semakin maraknya game yang mengusung fitur online multiplayer. Tentu saja fitur tersebut sangat menarik dan kompetitif, player dapat bersua dan mengadu skill tanpa harus bertatap muka secara langsung. Namun tidak sedikit dari kita yang tidak memiliki fasilitas internet yang memadai. Banyak dari kita para gamer yang juga ingin menikmati game bersama-sama dengan teman dan keluarga. Disinilah peran game dengan fitur co-op multiplayer sangat membantu. Kami mencoba merangkum game-game yang memiliki fitur tersebut mulai dari arcade, NES, Playstation hingga konsol Next-Gen dan PC.

Gak mungkinkan sepanjang hidupmu main game cuma sendirian saja? Pastinya kamu ingin sesekali mabar bareng pacar tercinta misalnya.


1. Bloody Roar

Genre: Fighting

Platform: Playstation dan Playstation 2, Gamecube dan Xbox

Developer/Publisher: Hudson Soft / Activision, Konami, SCEA, Virgin Interactive

Merupakan game besutan Hudson Soft. Karakter-karakter di Bloody Roar dapat bertransformasi menjadi setengah hewan atau biasa disebut juga sebagai Zoanthrope. Sejauh ini, game ini telah dirilis hingga Bloody Roar 4, di mana rilis untuk platform Playstation 2. Sayang sekali sampai saat ini tidak ada rumor sama sekali mengenai sekuel terbarunya.


2. Bomberman

Genre: Maze, Puzzle, Action

Platform: NES, SNES, Gameboy, NDS, PSP, Playstation, Nintendo 64, Gamecube, Dreamcast, Playstation 2, Xbox 360, Wii, Playstation 3, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC

Developer/Publisher: Hudson Soft, Konami/Hudson Soft, Konami

Bomberman merupakan game yang disebut-sebut sebagai salah satu game tersukses sepanjang masa. Game ini pun telah mendapat beragam sekuel. Yang terbaru, di tahun 2017 silam Super Bomberman R dirilis untuk PC dan konsol next-gen.


3. Burnout

Genre: Racing

Platform: Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, PSP, Gamecube, NDS, Xbox, Xbox 360, Xbox One, PC.

Developer/Publisher: Criterion Games/Acclaim Entertainment (2001-2002), Electronic Arts (2004-sekarang)

Salah satu game racing yang populer bagi para fans berat genre ini. Fitur paling menarik dari Burnout adalah crash mode, di mana player dengan sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil musuh guna mendapat boost dan point yang cukup besar. Seri terbarunya Burnout Paradise Remastered telah dirilis pada 16 Maret 2018 untuk platform Playstation 4 dan Xbox One serta versi PC akan menyusul belakangan.

https://www.youtube.com/watch?v=f4JqCmt9hzE&vl=en


4. Captain Commando

Genre: Beat ’em up

Platform: Arcade, SNES, Playstation, Playstation 2, PSP, dan Xbox

Developer/Publisher: Capcom/Capcom

Game yang mengusung genre side-scrolling beat ’em up ini merupakan salah satu game ikonik miliki Capcom. Memiliki fitur 4 player co-op sehingga menjadikannya salah satu game beat ’em up yang wajib dimainkan di masa silam. Namun sayang, sampai saat ini developer yang bermarkas di Jepang tersebut tidak berencana merilis sekuel atau versi remaster-nya.


5. Dead or Alive

Genre: Fighting, Sport

Platform: Arcade, Playstation, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, Xbox, Xbox 360, Xbox One, 3DS, PSVita dan PC

Developer/Publisher: Team Ninja/Tecmo (1996-2009), Koei Tecmo (2009-sekarang)

Game fighting besutan Team Ninja ini bisa dibilang sebagai game yang paling dikenal karena karakter-karakter perempuan yang diusungnya. Bagaimana tidak, semua karakter perempuan dalam game ini memiliki bentuk tubuh yang sangat ideal, yang mana tidak hanya diidam-idamkan oleh para pria tetapi juga para wanita. Terlebih setelah adanya konsol next-gen, di mana tampilan visual para karakter perempuan tersebut menjadi lebih “menakjubkan”. Belum lagi dengan dirilisnya versi spin-off Dead or Alive Xtreme Beach Volleyball, yang lebih mengeksploitasi para karakter perempuan tersebut.


6. Double Dragon

Genre: Beat ’em up

Platform: Arcade, Sega Mega Drive, NES, SNES, Playstation, Playstation 3,Playstation 4, Xbox 360, Nintendo Switch dan PC

Developer/Publisher: Technos Japan, Arc System Works/Technos Japan, Atlus, Arc System Works

Double Dragon menceritakan tentang ahli beladiri kembar bernama Billy dan Jimmy Lee. Mereka pun kemudian berpetualang menghadapi berbagai macam rintangan dan cobaan. Buat kamu yang ingin bernostalgia memainkannya dapat membeli Double Dragon Trilogy atau Double Dragon: Neon di Steam.

 


7. Downhill Domination

Genre: Sport, Racing

Platform: Playstation 2

Developer/Publisher: Incognito Entertainment, SCE Santa Monica Studio/Codemasters, Sony Computer Entertainment

Game balap sepeda ini mengusung mekanik gameplay yang cukup unik, tidak hanya elemen racing namun juga terdapat elemen combat di dalamnya. Player dapat menyerang lawannya, dan serangannya pun dapat diupgrade dengan cara mengeksekusi trik tertentu, mengalahkan lawan dan mengoleksi power-up.


8. Dragon Ball

Genre: Fighting

Platform: Arcade, NES, SNES, Sega, Playstation, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, PSP, Xbox, Xbox One, Wii, NDS, Nintendo Switch dan PC

Developer/Publisher: Bandai Namco/Atari, Bandai Namco

Game yang diangkat dari salah satu manga super populer dan terlaris sepanjang masa. Dragon Ball merupakan karya Akira Toriyama, dan telah mendapatkan beragam adaptasi game. Yang terbaru adalah Dragon Ball FighterZ yang dirilis untuk platform PC, Playstation 4 dan Xbox OneDragon Ball FighterZ memperoleh penjualan yang sangat baik untuk versi digital di konsol, begitu juga dengan versi PC, di mana menjadi game yang paling banyak dimainkan secara bersamaan dengan jumlah player 44.234, memecahkan rekor yang dipegang oleh Tekken dengan 18.766 player.


9. Fatal Fury

Genre: Fighting

Platform: Arcade, SNES, Sega, Playstation, Playstation 2, Playstation Vita, Playstation 4 dan PC

Developer/Publisher: Takara, SNK/SNK

Salah satu game fighting legendaris besutan SNK. Fatal Fury mengusung duo kakak  beradik Terry Bogard dan Andy Bogard serta Joe Higashi yang mengemban misi mengalahkan sang bos kriminal Geese Howard. Usut punya usut, Geese Howard ternyata pernah membunuh Jeff Bogard, yang mana merupakan ayah angkat Terry dan Andy.


10. Fifa

Genre: Sport/Soccer

Platform: Playstation, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4 dan PC

Developer/Publisher: Extended Play Productions (1991-1997), EA Vancouver (1997-sekarang), EA Bucharest (2016-sekarang)/ EA Sports

Tidak dapat dipungkiri, Fifa merupakan salah satu game dengan genre sport yang paling populer di dunia. Mengusung olahraga sepakbola, eksistensinya di dunia game hanya dapat disaingi oleh Pro Evolution Soccer. Seri terakhirnya, Fifa 18 yang dirilis pada 29 September 2017 dan tersedia di berbagai macam platform seperti PC, Playstation 4, Xbox One dan Nintendo Switch.


11. Marvel vs. Capcom

Genre: Fighting

Platform: Arcade, Sega Saturn, Dreamcast, Playstation, Playstation 2, PS Vita, Playstation 3, Playstation 4, Xbox, Xbox 360, Xbox One, PC

Developer/Publisher: Capcom, Backbone Entertainment, Iron Galaxy Studios/Capcom, Virgin Interactive

Game fighting yang mengusung cerita crossover antara karakter-karakter yang ada di serial komik Marvel dan franchise game Capcom. Bermula dari mesin arcade hingga kini dirilis untuk beragam jenis platform. Seri terbarunya adalah Marvel vs. Capcom Infinite yang dirilis pada tahun 2017 untuk platform PC, Playstation 4 dan Xbox One. Seri terbarunya ini mengusung mekanik gameplay yang memanfaatkan Infinity Stones, yang membuat player dapat menggunakan ability unik tergantung dari jenis batu yang digunakan.


 12. Mortal Kombat

Genre: Fighting

Platform: Arcade, GBA, NDS, PSP, Playstation, Playstation2, Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, Xbox One, PC

Developer/Publisher: Avalanche Software, Eurocom, Midway Games, NetherRealm Studios/Midway Games, Williams Entertainment, Warner Bros. Interactive Entertainment

Salah satu game fighting terlaris sepanjang masa. Ironisnya, Mortal Kombat lah yang menjadi alasan hadirnya badan rating ESRB (Entertainment Software Rating Board) dan Australian Classification Board. Pasalnya, Mortal Kombat dianggap mengandung extreme violent content yang sangat berbahaya untuk perkembangan gamer di kehidupan bermasyarakat. Seri terbarunya Mortal Kombat XL dirilis untuk platform Playstation 4, Xbox One dan PC.

https://youtu.be/WhQ0IFlioy4


 13. Motocross Mania 3

Genre: Racing.Vehicular Combat

Platform: Playstation 2, Xbox

Developer/Publisher: Deibus Studios/Global Star, 2K Games

Ini bukan game balap motocross biasa. Serupa dengan Road Rash yang mengusung mekanik gameplay vehicular combat, di mana player dapat menyerang lawan dengan beragam senjata seperti tongkat baseball, linggis hingga tangan kosong. Terdapat Mania Meter yang apabila terisi penuh dapat memperlambat gerakan lawan menjadi slow motion.


14. Naruto

Genre: Fighting, RPG, Action

Platform: GBA, NDS, PSP, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, Xbox One, PC

Developer/Publisher:

Game yang berdasarkan manga populer dan terlaris sepanjang masa Naruto/Naruto Shippuden. Naruto telah didaptasikan ke dalam berbagai genre video game, seri terbarunya Naruto to Baruto Shinobi Striker akan dirilis untuk Playstation 4, Xbox One dan PC, namun belum mendapat jendela rilis resminya.


15. Need For Speed Underground

Genre: Racing

Platform: GBA, Gamecube, Playstation 2, Xbox, PC

Developer/Publisher: EA Black Box/EA Games

Need For Speed Underground menjadi salah satu game dengan penjualan terbaik sepanjang masa di Playstation 2, Xbox dan Gamecube. Mekanik gameplay yang diusung sangat menarik, player dapat membeli, mengupgrade dan mengkustomasi mobil sesuai bentuk dan tampilan yang diinginkan. Selain itu juga terdapat berbagai mode seperti Drift, Circuit, Drag Racing, Knockout Mode dan Sprint.


16. Pro Evolution Soccer

Genre: Sport/Soccer

Platform: GBA, NDS, 3DS, Nintendo Wii, PSP, Playstation, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, Xbox, Xbox 360, Xbox One, PC

Developer/Publisher: Konami/Konami

Pro Evolution Soccer bisa dikatakan sebagai satu-satunya pesaing berat Fifa untuk genre sport/soccer. Pro Evolution Soccer merupakan versi barat dari game berjudul World Soccer: Winning Eleven. Seri terbaru Pro Evolution Soccer 2018 diluncurkan pada 12 September 2017 untuk Android, iOS, Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, Xbox One dan PC.


17. The Raiden Project

Genre: Shoot ’em up/Vertical Scrolling Shooter

Platform: Playstation

Developer/Publisher: Seibu Kaihatsu, Seibu kaihatsu, Ocean Software, SCEA, Hamster Corporation

Di game ini, player akan mengendarai pesawat bernama Raiden dan membasmi alien yang menginvasi bumi pada tahun 2090. Seri terbarunya Raiden V, yang dirilis pertama kali di Jepang pada 25 Februari 2016 untuk platform Xbox One, dan kemudian menyusul versi Director’s Cut yang dirilis pada tahun 2017 secara global untuk platform Playstation 4 dan PC.


18. Road Rash

Genre: Racing

Platform: Sega Genesis, Nintendo 64, Playstation

Developer/Publisher: Electronic Arts/Electronic Arts

Road Rash merupakan game balap motor yang berbeda dengan game balap motor lainnya, lantaran balapannya adalah balap liar dan ilegal. Player akan bertarung dengan pembalap NPC lainnya, di tengah balapan player dibolehkan untuk menjatuhkan musuh dengan cara meninju dengan tangan kosong ataupun menggunakan senjata.


19. Samurai Shodown

Genre: Fighting

Platform: Arcade, Sega, Playstation, Playstation 2, PSP, Xbox, Xbox 360

Developer/Publisher: SNK, Arc System Works/SNK, Arc System Works, Sega.

Samurai Shodown dikenal juga sebagai Samurai Spirits di Jepang.  Game ini menceritakan tentang ksatria-ksatria di zaman Jepang kuno yang berusaha melawan Amakusa Hiro, di mana ia ingin melepaskan sebuah entitas jahat bernama Ambrosia ke dunia.


20. Soulcalibur

Genre: Fighting

Platform: Arcade, Playstation, PLaystation 2, Playstation 3, Playstation 4, PSP, Xbox 360, Xbox One, Android, iOS dan PC

Developer/Publisher: Project Soul/Bandai Namco Entertainment

Soulcalibur merupakan game fighting di mana setiap karakternya menggunakan senjata. Masing-masing karakter ini mempunyai senjata dan combo unik. Game ini menceritakan tentang dua pedang legendaris yang saling bertentangan yakni Soul Edge dan Soul Calibur. Seri terbarunya Soulcalibur VI akan dirilis tahun 2018 ini untuk platform Playstation 4, Xbox One dan PC.


21. Streets of Rage

Genre: Beat ’em up

Platform: Sega, Nintendo 3DS, Xbox 360, Xbox One dan PC

Developer/Publisher: Sega/Sega

Streets of Rage dikenal juga sebagai Bare Knuckle di Jepang. Game ini menceritakan tentang tiga orang polisi muda yang memberantas kejahatan akibat ulah Mr. X. Sejauh ini, Streets of Rage telah mencapai iterasi ketiganya, namun sepertinya Sega tidak berencana membuat versi remake untuk next-gen konsol. Meskipun begitu, bagi kamu yang ingin bernostalgia dapat membelinya di Steam.


22. Striker 1945

Genre: Shoot ’em up

Platform: Arcade, Sega Saturn, Playstation, Nintendo Switch

Developer/Publisher: Psikyo/PSikyo, Atlus

Striker 1945 merupakan game yang mengusung genre shmup atau bisa disebut juga sebagai shoot ’em up. Di game ini, player musti melawan organisasi misterius di mana organisasi berniat menguasai dunia dengan menggunakan superweapon yang belum pernah ada sebelumnya.


23. Tekken

Genre: Fighting

Platform: Arcade, Playstation, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, PSP, Xbox 360, Xbox One, Wii U dan PC

Developer/Publisher: Bandai Namco, Bandai Namco Entertainment, Sony Computer Entertainment

Tekken menceritakan tentang sebuah turnamen bernama King of Iron Fist Tournament. Turnamen ini diselenggarakan oleh Mishima Zaibatsu. Pemenang dari turnamen ini akan mendapat hadiah berupa kontrol terhadap Mishima Zaibatsu sendiri, dan menjadi penyelenggara turnamen selanjutnya. Selain itu, cerita game ini secara singkat menceritakan kutukan yang melanda klan Mishima.


24. Twisted Metal

Genre: Vehicular Combat

Platform: Playstation, Playstation 2, Playstation 3 dan PSP

Developer/Publisher: Single Trac (1995-1997), 989 Studios (1995-1999), Incognito Entertainment (2001-2007), Eat Sleep Play (2008-2012)/Sony Interactive Entertainment

Twisted Metal merupakan salah satu seri yang cukup populer pada masanya. Di game ini player musti bertarung dalam turnamen Twisted Metal yang diadakan setahun sekali. Pemenang dari turnamen ini akan diberikan hadiah berupa satu permintaan, di mana penyelenggara turnamen akan mengabulkan permintaan tersebut. Yang unik adalah, hampir setiap pemenenang turnamen ini mengalami ending yang tidak menyenangkan, meskipun permintaan mereka dikabulkan.


25.  Vigilante 8

Genre: Vehicular combat

Platform: Playstation, Nintendo 64, Gameboy Color

Developer/Publisher: Luxoflux, Vicarious Visions/Activision

Vigilante 8 merupakan game dengan genre vehicular combat, di mana player akan bertarung dengan melawan NPC dengan menggunakan kendaraan. Setiap kendaraan memiliki persenjataan unik masing-masing. Ketika battle berlangsung player dapat mengumpulkan power-up yang berserakan di map.


Perlu dicermati bahwa sebagian besar game diatas merupakan game yang dirilis sudah lama sekali, alhasil media/konsol untuk memainkannya sudah tidak tersedia di pasaran. Kalaupun ada, kamu wajib mencarinya ke pasar loak atau ke kolektor. Jangan bersedih hati dulu guys, kamu tetap dapat memainkannya di emulator. Sudah cukup banyak emulator yang beredar di internet, dan kualitas gameplaynya sendiri cukup playable selama PC yang kamu miliki cukup mumpuni.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.