29 Tahun Evolusi Perubahan Senjata Unik Scorpion di Franchise Mortal Kombat

20210517 202128

Scorpion merupakan karakter fiksi dalam serial game fighting Mortal Kombat yang dibesut oleh Midway Games A.K.A NetherRealm Studios. Dia adalah seorang mayat hidup ninja dari clan Shirai Ryu. Scorpion dibangkitkan oleh Quan Chi untuk menjadi pion dalam rencananya sendiri.

Di balik latar belakang tersebut, Scorpion dikenal dalam menggunakan senjata kunai  yang diikat dengan rantai/tali untuk menarik lawan mendekatinya. Selain itu, Scorpion juga menggunakan senjata kapak, pedang panjang, pedang ninja, Mugai Ryu, dan Tantou.

Berikut kita akan membahas perubahan icon senjata Scorpion yaitu kunainya dari ketika pertama kali dia muncul dalam serial game Mortal Kombat (1992) sampai dengan Mortal Kombat 11 (2019 – 2021).

  1. Mortal Kombat (1992)

    Pada serial pertama game Mortal Kombat ini, Scorpion masih tampak menggunakan kunai yang berbentuk batu yang diikat bersamaan dengan tali besar berwarna coklat. Kalau teman – teman perhatikan dengan detail, tali yang dilempar oleh Scorpion melaju dengan sangat kaku dan disajikan dengan tampilan grafik 2D.

  2. Mortal Kombat 2 (1993)

    Masih belum banyak terdapat perubahan pada tombak Scorpion pada seri game ini. Tali yang digunakan masih berbentuk besar dan bentuk kunai masih sama dengan seri game sebelumnya.

  3. Mortal Kombat 3 (1994)

    Sama dengan seri game Mortal Kombat 2, perubahan pada “tombak” Scorpion belum juga tampak. Akan tetapi ketika kunaiya mengenai lawan, akan muncul efek darah. Ini sangat cukup untuk menambah segi realistis dalam game. Dan ketika berhadapan dengan karakter Smoke, lawan akan mengelurkan darah berwarna hitam.

  4. Mortal Kombat Gold (1999)

    Kita beralih ke tahun 1999, kunai yang digunakan scorpion mulai tampak berubah. Dapat teman – teman lihat bahwa tali yang digunakan berubah menjadi warna silver dan mata kunai menjadi warna kuning/emas dengan bentuk yang diperkecil dari game sebelumnya.

  5. Mortal Kombat Deadly Alliance (2002)

    Sekarang kita akan dibawa masuk ke abad 20. Tahun dimana Mortal Kombat sudah rilis di Playstation 2. Tampilan games sudah menjadi 3D dan tidak burik lagi. Tapi bagaimana dengan kunai Scorpion? Ternyata perubahan bentuk mata kunainya berubah 180 derajat menjadi berbentuk pisau scyte yang tebal. Kalau kita perhatikan sekilas, pisau scyte ini menyerupai bentuk pisau pemotong daging. Kemudian tali yang digunakan untuk mengikat pisau kembali berubah warna menjadi coklat.

  6. Mortal Kombat Deception (2004)

    2 tahun setelah seri game sebelumnya, Midway Games menjadikan bentuk kunai kembali menjadi bentuk awalnya. Hal ini menurut saya lebih cocok untuk digunakan Scorpion sebagai seorang ninja. Sayangnya, tali yang digunakan kembali diperbesar.

  7. Mortal Kombat Shaolin Monk (2005)

    Hanya dalam 1 tahun setelah game sebelumnya, Midway Games merilis seri game Mortal Kombat yang menjadi awal mula perubahan grafiknya. Bisa dinominasikan sebagai seri game yang paling baik dari pendahulunya. Kembali ke pembahasan senjata Scorpion, telah terdapat perubahan besar terhadap tali yang digunakannya menjadi rantai kecil. Dengan adanya detail ini, lebih masuk akal untuk seorang Scorpion menyimpan rantai ditangannya. Dan bentuk kunai berubah kembali menjadi kecil. Yang paling epic adalah akan muncul efek api ketika ketika kunai akan dilempar atau mengenai lawan. Keren banget ya brott perubahannya.

  8. Mortal Kombat Armageddon (2006)

    Sangat disayangkan, pada seri game ini rantai yang digunakan Scorpion pada Seri game Mortal Kombat Saholin Monk dirubah kembali menjadi seutas tali yang besar. Perubahan juga terjadi pada kunainya menjadi berbentuk mata tombak senjata Poseidon.

  9. Mortal Kombat VS DC Universe (2008)

    Midway Games melakukan kolaborasi bersama karakter – karakter DC untuk dimasukkan ke seri game nya yaitu Mortal Kombat. Pada seri game ini, kunai yang digunakan Scorpion berubah kembali menjadi bentuk yang kecil dengan diikat tali yang masih saja besar. Suatu hal yang membuat lucu adalah, efek ketika Scorpion melemparkan kunainya. Pergerakan tali yang digunakan berbentuk zigzag patah menjadikan seperti kembali ke masa tahun 90-an.

  10. Mortal Kombat 9 (2011)

    Perubahan besar telah terdapat pada seri game ini. Grafik yang disuguhkan menjadi tampilan HD dan kerealistisan game juga sudah sangat tampak. Dapat dilihat dari rantai yang digunakan Scorpion di atas. Bentuk tombak yang digunakan menjadi lebih kecil dan masuk akal untuk digunakan. Bahkan dia tampak menggunakan 2 rantai untuk menarik lawannya.

  11. Mortal Kombat X (2015)

    Dapat kita lihat pada gambar di atas, pihak developer memberikan efek cahaya terang ketika Scorpion menyerang menggunakan tombaknya. Bentuk tombak berubah menjadi tombak runcing tipis dengan 2 mata pisau di sisinya. Hal ini lebih masuk akal. Ketika tombak mengenai badan lawan dan menusuknya, kedua sisi pisau akan tertancap seperti hal nya mata pancing. Scorpion juga dapat melemparkan 2 tombak sekaligus ke arah lawannya.

  12. Mortal Kombat 11 (2019 – 2021)

    Seri game ini merupakan yang terbaru dimainkan oleh pecinta game Mortal Kombat sampai sekarang ini. Scorpion hadir dengan senjata kunai yang tipis dan rantai yang kecil membuat pengalaman bermain menjadi sangat realistis. Paling spesial pada saat di akhir tarikan, Scorpion akan menggunakan katana untuk gerakan akhirnya.

  13. Mortal Kombat Legends : Scorpion’s Revenge (2020)

    Scorpion’s Revenge merupakan judul film animasi untuk franchise Mortal Kombat. Film yang dianimasikan oleh studio Korea Selatan Mir dan diproduksi oleh Warner Bros. Ini merupakan pertama kalinya seri Mortal Kombat untuk dibuat di Warner Bros. Film ini mengisahkan awal mula terbentuknya nama ‘Scorpion’ dan tujuannya. Teman-teman yang ingin tahu awal kisah scorpion terbentuk, bisa langsung saja menonton filmnya ya :).

    Kembali ke topik pembahasan senjata Scorpion, disini dia juga menggunakan kunai yang dikatikan dengan rantai. Bentuk kunai yang digunakan bisa kamu lihat di bawah ini ya. Tidak hanya satu, tapi Scorpion menggunakan dua kunai sekaligus untuk dilempar ke arah lawan.

  14. Mortal Kombat (2021)

    Merupakan Live-Action terkini dari seri film Mortal Kombat. Dalam film ini menampilkan Lewis tan, Jessica McNamee, Josh Lawson, Tadanobu Asano, Mehcad Brooks, Ludi Lin, Chin Han, Hiroyuki Sanada dan yang paling kita banggakan Joe Taslim. Joe Taslim merupakan actor laga asli Indonesia yang mampu berperan sebagai karakter Sub-Zero sebagai lawan Hiroyuki Sanada yang akan memerankan karakter Scorpion.

    Senjata kunai juga tidak luput dari seri film ini. Ini dia penampakan senjata unik Scorpion yang dibalut dengan sangat epik.

Begitulah brott. Teman – teman tentu saja dapat melihat perubahan yang sangat drastis yang terjadi selama 29 tahun ini ya. Mulai dari hal yang bisa kita bilang ‘burik’ menjadi sangat menakjubkan pada saat sekarang ini. Tapi tunggu dulu, sesuatu yang kita anggap burik pada zaman sekarang tentulah pernah menjadi epik di zamannya jadi jangan salah paham ya brott. Bisa saja hal yang kita anggap bagus pada masa sekarang, menjadi ketinggalan zaman pada 10 tahun yang akan datang.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Mortal Kombat atau artikel lainnya dari Jeri. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version