3 Cara Mengatasi Emosi Saat Bermain Game

1757500

Pernahkah kamu kesal dengan game yang sedang kamu mainkan? Umumnya saat kita memainkan sebuah game, kita memiliki ambisi yang sangat besar untuk segera menyelesaikannya. Namun ketika kita kalah, terlebih kalah terus-menerus, tak jarang kita merasa kesal dan emosi sampai-sampai bisa menyalahkan orang lain karena nya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi emosi saat bermain game, berikut ulasannya:

Bermainlah dengan Teman Dekat-mu

Mungkin ini salah satu trik yang ” Kuno” , namun dapat di coba. Jika kamu bermain suatu game, pasti akan menjadi seru bila bermain dengan teman terdekatmu. Karena, meskipun kamu kalah di suatu permainan pasti emosi pada diri kita tidak akan naik karena adanya teman dekat. Selain itu juga, bermain bersama dapat membuat kita terbahak – bahak bila kita bermain dengan ” Fun” dan tidak bermain serius. Pada dasarnya, jika kita tidak menggunakan emosi saat bermain game, otomatis permainan yang sedang kita mainkan akan bisa dimenangkan dengan mudah.

 

Berkomunikasi yang ramah antar sesama

Dalam hidup ini tentunya kita butuh komunikasi antar sesama, karena manusia adalah makhluk sosial. Begitu juga didalam suatu game, kamu butuh berkomunikasi dengan player lain. Berkomunikasi yang dimaksud disini ialah, bebicara dengan ramah dan sopan antar sesama player. Usahakan menggunakan kata yang baik dan tidak kasar. Sekalipun player lain melakukan kesalahan, jangan lah kamu berkata kasar atau mensakiti hati (Membully) player lain yang nantinya akan merusak permainan kamu.  Contohnya seperti ini :

* SALAH *

A: ” Sorry guys, it’s my mistake. Im newbie on this game.”

B: ” DONT PLAY IF U CANT PLAY. NOOB! ”

 

* BENAR *

A: ” Sorry guys, it’s my mistake. Im newbie on this game. ”

B: ” It’s ok, u can learn more. Of course, i cant teach you how to play better on this game 🙂 ”

Kurang lebih seperti itu, maka dari itu kamu harus berkomunikasi ramah dengan player lain.

 

Attitude

Attitude. Yap, inilah yang sangat penting untuk mengatur emosi kamu saat bermain games. Sebelumnya, tahukah kamu apakah attitude itu? Attitude adalah tingkah laku seseorang atau perilaku seorang dalam berinteraksi antar sesama. Sebenarnya hal ini sama dengan point ke-2, namun attitude ini menggunakan pola pikir kita untuk kedepannya. Jadi,  ini mengasah apakah attitude kita “Baik” atau “Buruk” dalam suatu game. Contoh beberapa attitude yang buruk yang ada pada gamers ialah : Menyalahkan orang lain ketika permainan kalah, Rasis (SARA), dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan menurut Lakuci* Gamer professional Indonesia Dota 2 mengatakan

Lakuci (Dota 2 Pro Player)

“Saat dalam pertandingan, skill tidak menjamin kemenangan. Justru attitude dari setiap pemain lah menjadi faktor utama. Sebab attitude dapat menentukan peforma yang dihasilkan oleh tim. Jadi kalo ingin menjadi seorang pro player yang disegani, utamakanlah attitude”

*Dilansir dari website INDOGAMERS pada hari senin 14 Desember 2015

[vc_message message_box_style=”3d” message_box_color=”warning” icon_fontawesome=”fa fa-exclamation-triangle”]Artikel ini ditulis oleh contributor. Gamebrott tidak bertanggung jawab atas ketidaktepatan, pernyataan, kekeliruan isi informasi dari contributor.[/vc_message]

Exit mobile version