3 Tahun Dikerjakan, Map GoldenEye Buatan Fans di Mode Level Editor Far Cry 5 Ditarik oleh Ubisoft

8furrhjz9u9tkk6pg6gefi

Dibuat selama 3 tahun, tepatnya 1400 jam oleh youtuber Krollywood, rekreasi GoldenEye 007 di dalam level editor Far Cry 5 kini telah dihapus oleh Ubisoft. Seperti yang kamu kira, alasan penghapusan tersebut ialah karena pelanggaran hak cipta.

Krollywood membuat semua level yang ada di game FPS klasik GoldenEye 007 yang dirilis untuk Nintendo 64. Secara gameplay memang masih sangat sesuai dengan ciri khas Far Cry 5, namun setiap aspek level telah dibuat ulang semirip mungkin bermodalkan aset yang diberikan oleh level editor dalam game.

Sayangnya karena kepemilikan IP GoldenEye 007 ini sedikit rancu, sebagian dipegang Nintendo, sebagian dipegang Microsoft dan sebagiannya lagi dipegang oleh MGM. Meskipun peta buatan Krollywood ini tidak memakai aset apapun dari game aslinya, atau bahkan dikomersilkan. Ubisoft tampaknya tetap mencari aman dan  tak mau berurusan dengan tim legal salah satu dari perusahaan tersebut.

Krollywood saat diwawancarai oleh Kotaku, menjelaskan bahwa ia hanya dapat merasa sedih atas kejadian ini. Ia mengatakan bahwa rasa sedihnya bukan karena waktu ribuan jam yang ia habiskan, melainkan melihat banyak orang yang tak dapat lagi memainkan kreasinya tersebut.

“Saya benar-benar sedih — bukan karena diri saya atau banyaknya kerja yang saya tumpahkan selama 3 tahun terakhir, [tetapi] karena banyak yang ingin memainkan [kreasi] itu atau juga membeli Far Cry hanya untuk dapat memainkan level tersebut.”

Proyek peta ini awalnya hanya dikerjakan sebagai proyek iseng untuk dirinya bersama temannya. Namun dengan banyaknya fans dari GoldenEye ditambah dengan game tak pernah dapatkan iterasi baru lagi, ia memutuskan untuk membagikannya lewat ke internet.

Level GoldenEye buatannya mungkin tidak bertahan lama setelah rilis, namun setidaknya ia senang dapat melihat banyak fans telah sempat mencoba hasil kerja kerasnya tersebut.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version