3 Vtuber NIJISANJI Ex-ID Tiba-tiba Kembali Graduate; Riksa, Xia dan Mika

Mika Main Subnautica Nijisanji ex-ID

Kabar tidak menyenangkan kembali melanda dunia per-vtuber-an tanah air. Agensi AnyColor belakangan mengumumkan tiga anggota NIJISANJI ex-ID (mantan cabang di Indonesia) lainnya akan segera “graduate” atau lulus dalam waktu dekat.

Melansir langsung dari akun Twitter NIJISANJI Indonesia, tiga anggota tersebut adalah Riksa Dhirendra, Xia Ekavira dan Mika Melatika. Kamu bisa cek pernyataan resminya langsung di bawah ini.

Sebagai informasi, lulus dalam konteks ini mengacu pada tren idol di Jepang, yang mana mencoba menghaluskan bahasa pensiun atau mengundurkan diri, biasanya atas kemauan pribadi.

Menjadi hal yang sungguh tak terduga tentunya ketika Mika ada muncul pada deretan vtuber yang lulus kali ini. Mengingat sang vtuber dengan tema hantu lokal tersebut tidak hanya populer di ranah lokal, namun juga secara internasional.

Xia juga merupakan talent yang debut satu grup bersama Mika, bersama Hyona Elatiora yang pengumuman kelulusannya sudah diumumkan lebih dulu. Xia sendiri juga bisa dibilang vtuber yang menemukan niche-nya di antara penggemar sepak bola, terlepas dari tema karakternya yang merupakan penjual jamu berkedok ilmuan.

Riksa atau yang juga kerap dipanggil dengan “Jukut” merupakan talent NIJISANJI ex-ID gelombang kedua di tahun 2019. Sang vtuber berpenampilan tukang pukul namun aslinya baik hati ini terlihat begitu akrab dengan rekan-rekannya, seperti Siska Leontyne dan Taka Radjiman yang sudah lulus beberapa bulan sebelumnya.

Berikut tanggal kelulusan dari ketiga talent vtuber tersebut secara berurutan:

Tidak bisa dipungkiri bahwa NIJISANJI selain cabang Jepang sendiri nampaknya sedang tidak baik-baik saja, begitu banyak talent-nya keluar terlepas performanya stream-nya cukup memuaskan. Fans tentu bertanya-tanya apakah mass exodus ini terjadi by design atau memang atas kemauan para talent-nya.

Terlepas dari apa yang terjadi, kita tentu harus menghormati keputusan yang terjadi ini. Dan mungkin saja banyak dari mereka akan ‘ber-reinkarnasi’ menjadi wujud baru di ‘kehidupan’ selanjutnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Vtuber atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version