30 Tahun di Industri Komputer, Toshiba Akhirnya Pamit

Toshiba

Bila berbicara 10 tahun lalu atau lebih, nama Toshiba tentunya masuk ke jajaran brand laptop yang paling bisa diandalkan. Namun, bisa dibilang kini namanya hampir tidak pernah terdengar kecuali sebagai produsen untuk USB Flash Disk dan HDD drive.

Dan ternyata kabar terbaru yang terdengar adalah pengumuman bahwa Toshiba kini mundur penuh dari industri perkomputeran, setelah sekitar 30 tahunan aktif sebagai pemain utama di industri tersebut. Berita duka ini sendiri disampaikan lewat press release resminya yang mengumumkan bahwa mereka kini telah mentransfer sisa kepelimikan mereka di bisnis komputer personal kepada Sharp.

Toshiba sendiri ternyata telah menjual sebagian besar porsi bisnis mereka, tepatnya 80,1% kepada Sharp pada 2018 lalu. Hal ini membuat Toshiba sendiri harus memproduksi laptop mereka dibawah nama baru, yaitu Dynabook. Namun ternyata usaha re-branding Toshiba oleh Sharp ini juga tidak berhasil.

Dan akhirnya pada minggu kemarin, Toshiba mengumumkan bahwa Sharp akhirnya menggunakan haknya untuk membeli sisa saham Dynabook yang dipegang oleh Toshiba pada akhir Juni, dan telah menyelesaikan semua prosedur pengalihannya. Sehingga kedepannya, brand Dynabook akan menjadi milik Sharp secara penuh.

 

Dengan hal tersebut, berakhir juga keberadaan brand Toshiba di bisnis komputer. Meskipun begitu brand Toshiba sendiri akan terus berjalan di sub unit – sub unit mereka yang lain. Toshiba sendiri awalnya meluncurkan laptop pertama mereka pada 1985 yang bernama T1100. Sejak mengeluarkan laptop tersebut brand Toshiba meroket hingga mampu memimpin di sekitar tahun 90-an hingga awal 2000.

Sayangnya, Toshiba mulai ketinggalan diatas tahun 2010 dan seterusnya dimana brand-brand lain semakin menguatkan divisi laptop mereka dengan mengeluarkan varian khusus seperti laptop gaming, multimedia, dll. Apakah kamu punya kenangan dengan laptop Toshiba? Coba ceritakan!


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version