35 Tips dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bermain The Last Remnant

in ,

Walau The Last Remnant telah dirilis semenjak 10 tahun yang lalu, nampaknya masih banyak yang tidak mengetahui keberadaan JRPG yang dihadirkan oleh Square Enix ini. Memang pada peluncurannya game ini memiliki banyak permasalahan seperti bug dan gameplay yang dinilai cukup tidak adil, dan membuat game ini jadi sepi akan peminat, terutama perilisannya di barat.

Setahun kemudian, muncul versi PC di Steam nya yang tentu sudah dilakukan perombakan dan menjadi game yang lebih baik. Namun beberapa bulan yang lalu Square Enix menarik The Last Remnant dari Steam untuk dibuatkan versi Remasternya pada platform PS4. Memang tidak banyak yang berubah selain grafis dan performa yang lebih bagus, namun hadirnya versi remaster ini nampaknya berhasil mengundang sejumlah pemain baru yang belum sempat memainkannya di PC ataupun konsol PS3 dan Xbox 360.

Dan kini seminggu lebih sudah semenjak versi remaster The Last Remnant diluncurkan, untuk kamu-kamu yang baru pertama kali main game ini atau kembali lagi memainkan game ini karena nostalgia, dibawah ini akan kamu temukan beberapa tips serta hal-hal yang perlu kamu ketahui saat berpetualang dalam dunia The Last Remnant.


1. Tekan L1 untuk Berlari Lebih Cepat

Fitur ini berguna untuk menjelajahi suatu map lebih cepat atau untuk menghindar dari monster-monster yang mencoba menyerang dan mengejarmu.

2. Memahami Pengelolaan Union

Union atau berarti kelompok, dimana party yang kamu kelola bisa memiliki beberapa kelompok sekaligus dengan maksimal 5 anggota tiap kelompoknya. Jumlah maksimal Union dan anggota party yang bisa kamu rekrut akan terus bertambah seiring berjalannya cerita utama.

Kamu juga bisa mengelola formasi Union yang kamu miliki, dimana terdapat beberapa formasi seperti meningkatkan serangan atau formasi yang fokus untuk bertahan. Formasi-formasi lainnya dapat kamu temukan saat menjelajahi dunia The Last Remnant.

3. Memahami Battle Rank

Mudahnya dipahami sebagai sistem leveling dalam The Last Remnant. Semakin tinggi BR yang party kamu miliki, karakter dan party mu akan mendapatkan akses untuk menggunakan berbagai kemampuan dan equipment yang lebih tinggi. Namun disaat yang bersamaan musuh-musuhmu (kecuali Last Boss) juga ikut menguat, biasanya memiliki jumlah HP yang lebih tinggi.

4. Encounter dengan Musuh

Saat kamu melakukan encounter (tekan R2) dengan satu musuh, tidak menutup kemungkinan bahwa akan hadir lebih dari satu union di dalam pertarungan dengan jumlah anggota musuh yang juga bervariasi. Jika kamu terlebih dahulu terserang, maka kamu akan membuka pertarungan dengan keadaan disadvantage.

5. Link Lebih dari Satu Musuh

Walau memang berbahaya karena kamu cenderung akan kalah jumlah, semakin banyak monster yang kamu link secara bersamaan, semakin banyak juga reward yang kamu dapatkan.

6. Gunakan Timeshift untuk Mempermudah Link

Timeshift akan memperlambat waktu dan akan otomatis melakukan link dengan semua musuh yang kamu lewati. Fitur ini juga beguna jika kamu ingin menghindari musuh di tempat-tempat sempit, dimana kamu cukup melewati mereka semua sampai Timeshift habis.

7. Lakukan Battle Chain untuk Dapatkan Bonus EXP

Semakin banyak kamu melakukan link atau terus melakukan encounter dengan musuh, semakin banyak juga bonus EXP yang kamu dapatkan setelah pertarungan selesai.

8. Serangan Mystic Arts Berguna Lawan Banyak Musuh Sekaligus

Gunakan Mystic Arts dengan target Union untuk mengenai semua anggotanya dan target Area untuk mengenai semua Union yang hadir dalam pertarungan

9. Serangan Combat Arts Berguna untuk Single Target

Hampir semua serangan Combat Arts fokus pada serangan dengan target single. Cocok untuk melawan union yang terdiri satu anggota saja, seperti boss ataupun mini boss.

10. Perhatikan AP Saat Pertarungan Berlangsung

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, party mu memiliki sejumlah AP yang akan berkurang saat mengeluarkan Combat Arts ataupun Mystic Arts. Tiap anggota partymu memiliki regen AP yang berbeda-beda yang nantinya akan bertambah pada turn baru.

11. AP Cost yang Bervariasi

Jumlah AP yang digunakan juga akan bervariasi tergantung Rank dari Arts yang kamu gunakan. Namun, semakin tinggi level suatu Arts, semakin kecil juga jumlah AP yang akan diperlukan untuk melakukan Arts tersebut.

12. Selalu Manfaatkan Critical Triggers

Critical Trigger akan muncul disaat kamu menyerang dan bertahan. Waktu akan melambat secara singkat dan kamu harus menekan tombol yang muncul di layar dengan tepat.

  • Critical Offense = Berhasil melakukan Critical Offense akan membuat urutan menyerang anggota partymu didahulukan, dan jika berhasil mendapatkan semua Critical Triggers, anggota partymu paling terakhir akan mengeluarkan Arts secara random selama masih ada sisa AP.

  • Critical Defense = Critical Defense akan muncul ketika kamu berhasil melakukan block atau menghindar. Jika behasil mendapatkan Critical Triggers, anggota partymu akan menyerang balik dan memberikan efek stun, atau bahkan memberikan damage yang sangat besar ketika parry. Namun Critical Defense lebih jarang muncul ketimbang Critical Offense.

13. Sistem Moral

Salah satu hal unik dalam The Last Remnants adalah hadirnya sistem moral, dimana jika moral partymu tinggi, maka kemampuan menyerang dan bertahanmu akan meningkat, begitu juga sebaliknya, ketika moral partymu rendah, kemampuan menyerang dan bertahanmu juga berkurang. Critical Trigger juga akan sering muncul jika moral tinggi, dan berhasil mendapatkan Critical Trigger juga akan sedikit meningkatkan moral partymu.

14. Hati-hati dengan Status Negatif

Seperti Poisoned, Frozen, Burned, Acid Burn, Paralyzed, Silenced dan sebagainya. Memang terdengar sepele, namun beberapa diantaranya bisa fatal, seperti Cursed misalnya, dimana anggota partymu bisa saja mati ketika akan menyerang tiap turnnya.

15. Sediakan Anggota Party dengan Kemampuan Herb atau Remedies

Terutama jika melawan boss atau mini boss, setidaknya setiap union yang kamu miliki punya satu anggota yang juga memiliki kemampuan remedies atau herb untuk heal atau bahkan menyembuhkan status ailments.

16. Jangan Anggap Remeh Item Arts

Salah satu keunggulan Item Arts adalah tidak memerlukan AP, namun membutuhkan bahan-bahan tertentu yang bisa kamu dapatkan saat menjelajah atau bisa kamu beli di kota-kota. Memiliki anggota yang punya kemampuan Item Arts di tiap unionnya juga sangat disarankan

17. Unique Arts

Merupakan Arts yang dimiliki oleh karakter-karakter khusus dan hanya bisa digunakan oleh Union Leader, seperi Rush yang memiliki Omnistrike, David yang memiliki Ex-Machina. Selain membutuhkan AP yang tinggi, Arts ini juga membutuhkan kondisi khsus, seperti High Moral atau saat keadaan genting.


18. Weapon Arts

Arts yang hanya bisa digunakan Union Leader, namun membutuhkan senjata yang sudah kamu upgrade hingga ke level tertinggi, atau Unique Weapon yang harus kamu dapatkan terlebih dahulu. Mengeluarkan Weapon Arts membutuhkan AP yang cukup tinggi karena memang Arts ini dapat memberikan kerusakan yang sangat besar.


19. Summon

Terdapat 3 summon yang bisa kamu dapatkan dalam game dan semuanya bisa kamu dapatkan seiring berjalannya cerita utama. Hanya satu summon yang bisa dipanggil dalam setiap pertarungan dan perlu diketahui summon tersebut tidak bisa kamu kontrol.

20. Turbo Mode

Gunakan Turbo Mode untuk mempercepat pertarungan dan semua pemilihan serangan akan dilakukan secara otomatis. Begitu juga dengan Critical Trigger, terkadang akan kena dan terkadang akan meleset.

21. Jual Monster yang Kamu Capture

Setiap kamu selesai melawan monster, kamu berkesempatan untuk menangkap beberapa monster sekaligus. Monster yang kampu tangkap tersebut dapat dijual degan harga yang lumayan tinggi. Kamu juga bisa pecahkan monster tersebut untuk mendapatkan material-material yang bisa dimanfaatkan untuk membuat atau mengembangkan equipment yang kamu pakai.

22. Farming Bahan Mentah untuk Upgrade Senjata Partymu

Pada The Last Remnants, hanya sang karakter utama yang bebas kamu kelola perkembangan equipmentnya. Anggota partymu juga tetap akan mengembangkan equipment mereka dengan meminta bahan-bahan mentah yang kamu temukan saat menjelajah dan membasmi musuh. Walau demikian, mereka juga bisa saja meminta equipment yang sedang tidak kamu kenakan untuk mereka pakai.

23. Cek Senjata yang Partymu Gunakan

Jika kamu tidak sabar untuk mengembangkan senjata partymu dan terlalu capek farming, kamu bisa cek jenis senjata yang mereka pakai dan membelikan jenis senjata yang serupa. Misal, anggotamu ada yang memakai senjata jenis Sword, kamu bisa saja belikan atau dapatkan Sword yang lebih bagus, dan anggota party yang menggunakan Sword bisa saja meminta pedang tersebut seiring berjalannya permainan.

24. Perhatikan untuk Siapa Senjata Tersebut Bisa Dipakai

Tidak semua senjata dapat kamu pakai dalam game ini walau memang tersedia untuk dibuat atau dibeli. Beberapa diantaranya yang tidak bisa kamu pakai akan bertuliskan seperti Yama Specific atau Qsiti Specific. Kamu juga bisa lihat dari ukuran yang tertera pada deskripsi senjata.

25. Tiap Jenis Senjata Memiliki Cara Wield yang Berbeda

Wield atau cara memegang senjata akan bervariasi tergantung ukurannya. Namun hal ini akan lebih mempengaruhi Combat Arts yang bisa dikeluarkan.

26. Disassemble Senjata atau Aksesoris yang Tidak Kamu Gunakan

Kamu bisa membongkar senjata atau aksesoris yang tidak kamu gunakan, siapa tahu kamu bisa mendapatkan material yang sedang kamu cari-cari.

27. Rekrut Unique Leaders

Kamu bisa merekrut berbagai NPC yang tersedia di sebuah Guild, namun sangat disarankan untuk merekrut Unique Leaders karena mereka memiliki cerita sendiri dan pengisi suara sendiri. Beberapa diantaranya memiliki side quest tambahan yang bisa meningkatkan kemampuan mereka. Hampir semua Unique Leader juga bisa menggunakan Weapon Arts jika memiliki senjatanya.

28. Selesaikan Guild Task

Saat mengunjungi Guild, pastikan untuk terus memeriksa Guild Task untuk melihat task-task apa saja yang bisa kamu selesaikan. Setiap task yang kamu selesaikan akan memberikanmu imbalan berupa uang, material, resep, hingga membuka list NPC baru yang bisa kamu rekrut.

29. Lakukan Side Quest

Sebelum melakukan progress cerita utama, sangat disarankan untuk menyelesaikan tiap side quest yang ada terlebih dahulu, untuk meningkatkan kemampuan partymu dan tentunya mendapatkan berbagai reward seperti senjata atau bahkan membuka Unique Leader yang bisa kamu rekrut. Beberapa side quest juga bisa hilang jika tidak dikerjakan sebelum quest utama. Side Quest biasanya diberikan oleh NPC yang memiliki balon dialog bergaris merah diatas kepalanya.

30. Jelajahi Map dan Buka Lokasi Baru

Ada beberapa tempat yang tidak akan terbuka walau terus menjalankan misi utama, maka dari itu, sesekali luangkan waktumu untuk menelusuri tiap map yang telah kamu dapatkan untuk membuka lokasi baru.

31. Grinding Boleh tapi Jangan Terlalu Banyak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika Battle Rank mu meningkat, maka musuh-musuh yang kamu hadapi juga ikut menguat. Maka dari itu kamu tidak perlu melawan setiap musuh yang kamu lihat, tapi jika ada lebih dari 3 musuh di lokasi tersebut, kamu bisa chain mereka semua untuk reward yang lebih besar. Kamu juga bisa grinding tapi bersamaan dengan mencari bahan-bahan atau material yang dibutuhkan oleh anggota partymu.

32. Manfaatkan Mr. Diggs

Kamu akan mendapatkan Mr. Diggs menjelang awal permainan, dimana ia berfungsi untuk mendapatkan material-material yang tidak dimiliki oleh monster. Seperti ore dan tumbuh-tumbuhan yang berlokasi pada suatau Excavation Poit. Namun perlu diketahui bahwa Mr. Diggs memiliki Charge atau penggunaan yang terbatas yang akan direset setiap kamu masuk World Map.

33. Kembangkan Mr. Diggs

Semakin sering kamu memakai Mr. Diggs, semakin meningkat pula kemampuannya untuk mengumpulkan material-material. Seperti kesempatan untuk mendapatkan material yang lebih langka, atau kesempatan untuk mengumpulkan lebih dari satu material.

34. Sisakan Charge untuk Temukan Morsel atau Harta Karun

Untuk meningkatkan jumlah Charge, Mr. Diggs harus mendapatkan Morsel yang juga tersebar di beberapa lokasi. Maka dari itu sisakan satu atau dua charges, karena kamu bisa saja menemukan Morsel tersebut dan mereset kembali semua reset yang terpakai. Kamu juga bisa temukan harta karun yang tersebar di berbagai tempat.

35. Save Sebelum Melawan Boss atau Mini Boss

Walau memang ada Auto-Save, disarankan untuk lakukan manual save, terutama sebelum melawan Boss atau Mini Boss. Jika kamu kalah, kamu dapat load save tadi agar tidak perlu mengulang dari jauh untuk mencapai boss tersebut.


Demikian sudah beberapa tips dan hal-hal yang perlu kamu ketahui saat bermain The Last Remnant. Perlu diketahui juga bahwa tips-tips diatas juga berlaku untuk kamu yang bermain pada platform PC. Nah, apakah kamu tahu lebih banyak tips yang berguna buat pemain lainnya? Yuk! Langsung aja bagi-bagi pengalamanmu tersebut di kolom komentar.



The Last Remnant Remastered sudah rilis semenjak 6 Desember 2018 yang lalu dan saat ini tersedia khusus untuk platform PS4.

Baca juga informasi menarik lainnya terkait game The Last Remnant atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]