37 Tahun Kemudian, MS-DOS Masih Kedapatan Game Baru – Planet X3

0ddc74adf618c51bcd3d129599726db7 original

Masih ingat dengan MS-DOS? Mungkin tidak karena mayoritas dari kita lebih mengenal komputer saat Windows dirilis khususnya Windows XP. MS-DOS merupakan operating sistem berbasis teks yang dirilis pada 12 Agustus 1981, hampir 37 tahun dari sekarang. Dengan tanpanya support, limitasi software, dan hampir semua orang telah gunakan OS modern, tentunya bukan ide yang baik untuk merilis game eksklusif untuk OS tersebut di tahun 2018, namun developer satu ini memberanikan diri.

Planet X3 merupakan game strategi yang dikembangkan oleh developer solo – David Murray. Game ini merupakan sekuel dari Planet X2 yang merupakan game yang dia rilis secara eksklusif untuk Commadore 64 – komputer yang dirilis tahun 1982 silam. Diumumkan lewat Kickstarter, Planet X3 telah kumpulkan uang sebanyak $113.000 dari 2500 lebih backer, hal ini menunjukkan bahwa diluar sana masih ada yang ingin bermain game dengan nuansa lawas seperti ini untuk nostalgia atau hanya karena kertertarikan semata oleh konsep game.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Baru dalam programming OS jadul ini, Murray alami banyak tantangan dalam kembangkan game ini. Melihat OS satu ini sudah sangat lawas dan hampir tidak digunakan oleh lagi, dia sulit mencari bantuan akan setiap masalah teknis yang dia hadapi. Hampir semua forum akan OS ini sudah mati dan tak bisa diakses lagi, membuatnya harus mencari tahu sendiri cara memperbaiki masalahnya atau mencari orang yang berpengalaman dalam OS ini yang tentunya menjadi hal sulit untuk dilakukan.

Game dapat dimainkan tanpa harus memasang MS-DOS pada komputer pemain lewat DOSbox, namun untuk pengalaman bermain yang autentik, bermain dengan mesin lawas menjadi rekomendasi dari developer. Planet X3 direncanakan rilis tahun depan dan kemungkinan akan dirilis di Steam dan GOG.

Exit mobile version