Teknologi 3D V Cache dari Intel Sedang Direncanakan, Kata CEO Intel

3d V Cache Dari Intel

Tidak bisa dipungkiri kalau teknologi 3D V-Cache dari AMD membawakan peningkatan yang cukup menjanjikan ketika digunakan untuk gaming. Pertama kali diluncurkan di 5800X3D, AMD pun melanjutkan seri X3D mereka ke seri 7000 prosesor Ryzen mereka.

Tapi ini bukan berita soal AMD, melainkan Intel yang sepertinya juga punya rencana untuk menerapkan sistem 3D V-Cache ke prosesor mereka. Seperti apa implementasi oleh tim biru ini nantinya?

Kata CEO Intel: Teknologi 3D V Cache dari Intel Sedang Direncanakan

Teknologi Cache tumpuk bisa direalisasikan Intel

Melansir dari Tomshardware, CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan kalau mereka memang berencana memasukkan teknologi stacked 3D Cache ini ke prosesor mereka. Menurut Pat, Intel akan melakukan pendekatan yang berbeda dibanding AMD.

Ketika ditanya soal apakah mereka akan mengadopsi sistem 3D V-Cache, Pat menjawab kalau yang dimaksud adalah V-Cache, sebuah teknologi spesifik yang TSMC kerjakan untuk beberapa customer-nya, iya mengiyakan pertanyaan tersebut.

Intel akan rilis, tapi tidak di Meteor Lake

Tetapi, teknologi itu belum hadir di Meteor Lake dan masih dalam rencana roadmap kedepan. Soal implementasinya, karena teknologi ini juga bukan paten milik AMD dan merupakan teknologi dari TSMC, tentu Intel bisa sedikit banyak mengambil ide dari sana.

3D V-Cache Bawa Banyak Manfaat bagi AMD

AMD sudah lebih dulu nikmati hasil dari teknologi Cache tumpuk

Pat kemudian menambahkan kalau mereka punya kapabilitas yang mumpuni untuk melakukannya dan akan menggunakan di produk mereka serta menjualkan jasa tersebut kepada pihak lain.

Apapun itu, teknologi yang terlebih dulu ada di AMD ini memang menguntungkan pihak tim merah. Nyatanya produk Ryzen X3D bisa dikatakan cukup bersaing untuk pasar prosesor PC terlebih untuk gaming.

Kalau Intel juga bisa memanfaatkan teknologi ini maka persaingan pasar komputasi akan semakin sengit lagi kedepannya. Mau tidak mau AMD juga harus mulai waspada dan  mengembangkan lebih lanjut teknologi yang bisa saingi rival mereka.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version