4 Alasan Mengapa Settingan Grafis Sangat Berpengaruh Pada Game Shooter


Follow Us

Masalah grafis tentu sudah menjadi masalah klasik di setiap video game, tidak hanya game bergenre shooter, melainkan hampir di sebagian besar genre yang sedang populer akhir-akhir ini. Selain memberikan nuansa yang realistis, grafis juga akan menambah aspek experience atau pengalaman bermain video game yang jauh lebih seru dan menantang.

Nulis artikel dibayar

Jika kita berbicara soal aspek grafis pada game shooter, tentu hal ini menjadi hal yang sangat krusial dan wajib diperhatikan oleh siapapun yang ingin menekuni dunia tersebut, terlebih jika orang tersebut ingin menjadi seorang pro-player. Dari segi apa sajakah grafis berpengaruh dan sejauh mana andil yang diberikan kepada game shooter khususnya? Berikut adalah penjabarannya.

1. Meningkatkan Jarak Pandang

Jarak pandang atau lebih sering kita kenal di in-game sebagai view distance adalah satu aspek yang sangat penting. Dalam berbagai kasus game shooter terutama PvP, sering terjadi situasi dimana ketika kamu berhadapan dengan musuhmu maka “hukum” yang berlaku saat itu adalah “membunuh atau dibunuh”. Disinilah kekuatan render view distance sangat dipertaruhkan, apalagi jika musuhmu tersebut merupakan seorang ‘Sultan’ lengkap dengan PC dan monitor equipmentnya yang sangat mendukung.

BACA JUGA  Tipe-Tipe Gaya Permainan Pemain PUBG di Indonesia

Selain mendapat kesempatan untuk bisa menemukan musuh yang jauh lebih besar, view distance yang ‘optimal’ juga akan berpengaruh terhadap objek yang ada dihadapanmu, sehingga kamu dapat dengan mudah membedakan antara musuh dengan objek lain seperti batu dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa dalam kasus jarak pandang ini mimin tidak bisa mengatakan harus bagus atau serba ultra ya… cukup dengan settingan opsi yang ‘pas’ sehingga akan memberikan efek yang optimal pula.

2. Meningkatkan Refleks Setiap Player

Sudah sewajarnya seorang player game shooter memiliki refleks yang bagus. Selain sebagai penambah akurasi pada target, dengan kemampuan mengendalikan refleks yang bagus juga dapat meningkatkan responmu terhadap segala sesuatu yang ada di sekitarmu.

BACA JUGA  Tipe-Tipe Gaya Permainan Pemain PUBG di Indonesia

Game shooter merupakan salah satu genre video game yang sangat dinamis dalam penerapannya. Ada kalanya kamu bisa bersantai sambil bercanda ria, namun ada kalanya pula kamu harus bergerak secepat mungkin. Ketika hal itu terjadi, bisa dibayangkan dalam waktu kurang dari satu detik apabila kamu salah dalam pengambilan keputusan maka kamu yang akan kalah

3. Kestabilan FPS

Mungkin masih banyak player shooter yang tidak begitu mementingkan FPS (Frame Per Second) terutama player yang baru saja memainkan game bergenre ini. Kenyataannya, settingan grafis yang sesuai dengan spesifikasi komputermu juga dapat dapat membuat kinerja jauh lebih optimal. Pilihlah aspek yang sekiranya penting seperti (view distance, texture, render scale, dll) untuk kamu optimalkan sebisa mungkin dan kurangilah aspek yang tidak terlalu dibutuhkan seperti (Vsync, shadow, anti-aliasing dll) sehingga kamu bisa mendapatkan FPS yang stabil dan nyaman di mata.

BACA JUGA  Tipe-Tipe Gaya Permainan Pemain PUBG di Indonesia

 

4. Improvisasi Aim

Setelah 3 poin tadi, hal terakhir yang sekaligus menjadi titik output utama yang sekaligus berdampak langsung ialah dapat meningkatkan improvisasi aim atau membidik sasaran yang jauh lebih akurat. Dengan didukung oleh grafis yang “cukup” dan FPS yang stabil, tentu kamu akan jauh lebih mudah menembak sasaran bidikmu lebih akurat lagi.

Sekian adalah 4 alasan mengapa settingan grafis sangat berpengaruh pada game shooter, baca juga artikel seputar dunia game di Gamebrott, atau artikel menarik oleh penulis Angga Riyandi.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item