Indonesia Gagal Kirimkan Wakil untuk 4 Cabang Esports di SEA Games Vietnam 2021, Ada Apa?

Sea Games Vietnam

Berita mengejutkan datang dari cabang olahraga esports yang akan bertanding mewakili Indonesia di SEA Games Vietnam 2021. Para atlit dari 4 Cabang Olahraga (Cabor) Esports sepertinya harus gagal berangkat untuk membela tanah air.

Dilansir melalui akun Instagram Kurohiko, Berita Acara hasil rapat PBESI dan beberapa pihak memutuskan bahwa ada 4 cabor yang tidak dapat berangkat. 4 cabor tersebut adalah Arena of Valor, League of Legends PC, LoL Wild Rift Men, dan LoL Wild Rift Women. Dan dengan gagalnya keempat cabang untuk berangkat, maka program Pelatnas yang dijalankan untuk cabor tersebut harus berhenti.

Gagal Mengikuti SEA Games?

Indonesia Gagal Kirimkan Wakil untuk 4 Cabang Esports di SEA Games Vietnam 2021, Ada Apa? 2

Pihak PBESI sendiri memutuskan ini dengan berat hati. Alasan utama gagalnya berangkat dikarenakan keterbasan kuota pemain sehingga tidak semua yang dapat berangkat. Tidak hanya cabor Esports saja, namun cabor lainnya juga ada yang tidak berangkat.

Pada awalnya Kontigen Indonesia memiliki jumlah kuota 500 Atlet. Berdasarkan Berita acara, karena keterbatasan kuota maka tidak semua yang dapat berangkat. Terjadi penurunan yang cukup besar dibanding SEA Games sebelumnya karena alasan ini.

Karena alasan tadi juga maka pihak PPON Kemenpora memutuskan kuota untuk cabang esports hanya 38 atlet saja untuk mewakili 6 nomor pertandingan untuk SEA Games. 6 Cabang tersebut adalah Mobile Legends, PUBG Mobile Solo, PUBG Mobile Team, Free Fire, Cross Fire, dan FIFA Online 4.

Netizen pun sepertinya menanggapi hal ini dari berbagai sisi. Ada yang menilai bahwa hal ini sungguh disayangkan. Ada juga yang mengaitkan kejadian ini dengan konspirasi oleh salah satu game.

Hal ini dapat dilihat dari kolom komentar postingan instagram Kurohiko dimana tidak sedikit yang mengutarakan pendapat terkait konspirasi esports. Namun hal ini hanya sebatas konspirasi saja dan masih belum memiliki bukti yang jelas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version