4 Cara Atasi Internet Lambat di Ponselmu

Slow Connection As A Snail

Di era digital saat ini, internet bukan lagi menjadi hal yang istimewa di masyarakat seluruh dunia. Internet menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian orang selain kebutuhan pokok. Sebab, ada banyak hal yang mereka lakukan dengan menggunakan jaringan internet.

Internet tak hanya mampu memudahkan dan menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna. Dengan internet, tak sedikit orang yang mendapatkan penghasilan, mulai dari untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, bahkan mendapatkan kekayaan dari penggunaan internet.

Namun, tak semua wilayah di Indonesia memiliki jaringan internet yang memadai. Bahkan, beberapa wilayah terutama bagian pedalaman sama sekali tak terjangkau dengan jaringan internet. Maka tak heran jika masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut bisa dikatakan tidak melek internet.

Padahal, di era teknologi canggih seperti saat ini, internet termasuk bagian penting dalam kehidupan manusia. Terlebih saat pandemi Corona melanda. Karyawan, murid sekolah, hingga mahasiswa harus melakukan pekerjaan atau tugas mereka via online. Hal itu tentu sangat membutuhkan jaringan internet yang stabil.

Lalu, bagaimana jika jaringan internet di smartphone berjalan lambat? Hal itu tentunya sangat menggangu aktivitas yang dilakukan via online. Pekerjaan tertunda karena loading yang lama, serta beberapa kendala lainnya.

Agar pekerjaan via online berjalan lancar, Anda tentunya sangat membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil di smartphone Anda. Berikut cara atasi internet lambat:

1. Pastikan Jaringan Kalian Tinggi

Agar rapat yang dilakukan secara online berjalan lancar, tentunya sangat dibutuhkan jaringan ikat internet dengan sinyal yang tinggi. Sebab, kualitas jaringan akan mempengaruhi cepat atau lambatnya laju internet di smartphone Anda. Semakin bagus jaringan, semakin cepat pula koneksi internet. Sebaliknya, jaringan yang jelak akan membuat koneksi internet menjadi lambat.

Jika koneksi internet lambat, tentu hal itu akan menghambat kegiatan yang harus Anda lakukan via online, seperti rapat online dan lainnya. Hal itu pun akan membuat rapat jadi tidak kondusif dan tidak menghasilkan keputusan yang baik dalam waktu yang telah ditentukan.

Anda bisa mengecek kecepatan internet melalui beberapa situs pengecekan kecepatan internet yang tersedia. Jika internet lambat, Anda bisa mencari posisi atau tempat lain untuk menemukan jaringan yang bagus. Untuk pengguna wifi, berada di dekat router wifi akan meningkatkan kualitas sinyal.

2. Hapus atau Disable Aplikasi dan Widget Tak Terpakai

Cara atasi internet lambat selanjutnya adalah menghapus (disable) beberapa aplikasi yang tidak terpakai di smartphone Anda. Aplikasi yang tidak terpasang akan memakan koneksi internet karena tetap berjalan di belakang layar. Hal itu akan membuat jaringan internet di smartphone Anda melambat karena terpakai oleh banyak aplikasi.

Selain itu, terlalu banyak aplikasi juga bisa membuat smartphone menjadi nge-lag. Sebab, tak semua smartphone sanggup menampung banyak aplikasi di dalamnya. Jika sudah terjadi demikian, tak hanya jaringan internet saja yang lambat, operasi smartphone Anda juga terganggu.

3. Pastikan Untuk Matikan Tethering atau Hostspot

 

Jika koneksi internet di smartphone Anda tiba-tiba menurun, hal itu mungkin saja disebabkan oleh adanya penggunaan hotspot atau tethering. Terlebih jika pengguna hotspot atau tethering dari smartphone Anda lebih dari satu pengguna, akan membuat koneksi internet Anda menjadi sangat lambat.

Mematikan hotspot atau tethering merupakan salah satu cara atasi internet lambat. Untuk itu, jika Anda telah selesai berbagai hotspot atau tethering kepada pengguna smartphone lain, jangan lupa untuk segera mematikannya.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Apabila smartphone Android Anda mengalami masalah sambungan jaringan seluler atau wifi, besar kemungkinan terdapat masalah pada pengaturan jaringan internet di smartphone Anda. Tak perlu khawatir ponsel ikut ter-reset jika Anda mereset jaringan internet. Data-data di ponsel Anda tidak akan terhapus.

Untuk me-reset jaringan di smartphone Anda cukup mudah, buka pengaturan di smartphone Anda, lalu pilih general management atau system. Kemudian, pilih reset, lalu pilih reset network setting. Setelah itu, smartphone akan melakukan reset jaringan secara otomatis. Ponsel akan mati dan menyala kembali.

Itulah cara atasi internet lambat di smartphone Android Anda. Semoga bermanfaat.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com
Exit mobile version