4 Cara Melapor Jika Kena Penipuan Online yang Wajib Diketahui Gamer


Follow Us

Penipuan memang tak ingin terjadi oleh siapapun didunia ini. Entah penipiuan tersebut mengakibatkan kerugian moneter maupun kerugian moril, siapapun tetap tak ingin merasa ditipu. Transaksi menggunakan media onlien juga sekarang sedang marak digalakan, menawarkan kemudahan serta iming-iming harga murah yang tak kalah menarik. Terutama bagi gamer seperti kita membeli part komputer, game-game digital/fisik favorit kita, item in-game dengan harga murah selalu menarik perhatian kita. Namun dibalik itu resiko penipuan selalu ada, dan apa yang terjadi jika hal tersebt terjadi ? kemana kita harus melapor ?.

Nulis artikel dibayar

1. Melalui Komunitas Kalian Tersebut

Senjata paling mudah dan juga ampuh memanglah komunitas itu sendiri menjadi tempat konfirmasi serta pelaporan terkadang malah menjadikan pilihan komunitas paling efektif. Jika kalian membeli part PC maka kalian akan bergabung kedalam grup FJB part PC tersebut, jika kalian membeli game maka carilah komunitas gamers yang memiliki koneksi teradap penjualan game dst. Kalian bisa langsung menanyakan reputasi dari penjual tersebut langsung ke grup yang bersangkutan tersebut.

Dan tentu jika suatu saat terjadi sesuatu seperti penipuan yang tidak diinginkan, kalian bisa mencari rekam jejak sang pelaku. Tak hanya itu kalian juga bisa mengumpulkan korban-korban pelaku yang serupa sepertimu, disitu kalian bisa saling koordinasi untuk mencari penyelesaian.

BACA JUGA  Seorang Ayah Tega Aniaya Gamer Ini karena Berhasil Pecundangi Anaknya di Dalam Game

2. Lapor Lewat CS Platform

Banyaknya toko online sekarang juga mempermudah kita dalam bertransaksi dan membeli apapun secara sesaat. Meski begitu tak jarang tetap adanya penipuan, mulai dari hasil barang yang tidak sesuai keinginan,

Berdasarkan komentar facebook ada user facebook yang pernah tertipu modus semacam ini, dengan dalih memperdagangkan VGA PC yang notabene mahal. Penjual menyelipkan kata-kata “hanya gambar saja” didalam deskripsi, sehingga pembeli yang kurang teliti akan terkecoh. Didalam deskprisi sang penjual bahkan secara detail memampangkan spesifikasi dari VGA tersebut, tanpa maksud yang jelas. Satu-satunya solusi disini adalah meyakinkan CS bahwa hal tersebut merupakan penipuan konsumen, dan juga bukan merupakan akad jual beli yang sah. Permasalahan ini sepertinya jika ditangani secara cepat biasanya sang platform jual beli akan berpihak kepada pembeli yang dirugikan, namun tentu melihat konteks dan juga kasusnya terlebih dahulu.


3. Lapor Secara Online Website

Metode melaporkan lain yang kami sarankan adalah kalian bisa menggunakan website-website ini.

A. Lapor.go.id

Melalui Lapor.go.id kalian para gamers yang bertransaksi secara online dapat mendapat arahan jelas dan juga bisa mentrack laporan yang telah kalian submit. Melalui Lapor.go.id kasus kalian nantinya akan dibantu oleh kementrian-kementrian terkait. Masukan kronologi, tunjukan bukti-bukti yang jelas.

BACA JUGA  Tawarkan Profesi Gamer di KTP?, Partai ini Juga Janjikan Internet Gratis Bagi Muda-Mudi Indonesia

B. Kredible.co.id

Melalui Cek rekening id kalian akan sangat terbantu oleh platform ini, hanya dengan memasukan rekening pelaku atau orang yang kalian cukup ragu. Disitu akan terlihat siapa saja ataupun berapa saja pelaporan yang pernah dilaporkan terhadap rekening tersebut. Untuk kalian yang sudah terkena kalian bisa melaporkan ke Kredible.co.id untuk membantu orang lain agar tidak terkena penipuan yang serupa.

C. Cekrekening.co.id

Website resmi milik Kemkominfo untuk menanggulangi penipuan didunia maya ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang sudah terkena tipu dalam transaksi online. Memiliki konsep yang serupa dengan Kredible.co.id kalian bisa mengecek status rekening terduga ataupun pelaku dalam website ini, jika selama perjalanan waktu pelaku pernah bermasalah dengan orang lain. Mungkin kejadian tersebut akan tercatat disini, dan untuk kalian yang ingin melaporkan pelaku supaya pelaku kapok dan tidak adanya korban lain kalian bisa melaporkan bukti-bukti serta kronologi melalui website cekrekening.co.id milik Kemkominfo ini.


4. Lapor Secara Offline

Yup tindakan prefentif dan usaha pelaporan memang bisa saja kita usahakan secara online karena memang dirasa mudah. Namun jika kasus tersebut memiliki nominal besar ataupun berpotensi merugikan lebih besar lagi, ada baiknya kalian mengurus hal ini secara offline agar ditindak secara lebih tegas.

A. Lapor Ke Kantor Polisi Langsung

Jika Nominal yang terlibat cukup besar ada baiknya kalian memperkarakan hal ini ke jalur hukum. Selain untuk memberikan efek jera, kalian juga tidak terlalu dirugikan. Dari informasi yang berhasil kami lihat berdasarkan pengalaman beberapa orang, nominal kerugian sepertinya harus diatas satu juta. Namun jalur ini akan lebih jelas kelanjutan penindakannya.

BACA JUGA  Tawarkan Profesi Gamer di KTP?, Partai ini Juga Janjikan Internet Gratis Bagi Muda-Mudi Indonesia

B. Lapor Ke Bank Pelaku

Melapor ke Bank Pelaku menjadi cara yang lumayan ampuh jika kalian terkena penipuan dengan nominal lumayan besar. Selain akan ditindak secara efektif, rekening pelaku pun bisa langsung di blokir sehingga ia tak bisa menikmati uang hasil kejahatan miliknya. Untuk segi prosedur memang setiap bank berbeda-beda, yang perlu kalian pastikan adalah menelfon call center Bank pelaku dan kalian bisa menanyakan proseur sehingga bisa menyiapkan bukti-buktinya. Bawa-bawa bukti dari kepolisian juga sehingga mudah untuk meyakinkaan pihak Bank untuk melaporkannya

Jika semua langkah ini telah kalian lakukan dan kalian tidak mendapatkan uang kalian kembali, setidaknya kalian sudah mencoba dan yang pasti membuat sang pelaku jera. Sehingga tak ada gamer lagi yang dapat ditipu atau teregenerasi sebagai penipu karena tingkah laku penipu lain. Jika kalian ingin membaca berita mengenai penipuan di dunia games kalian bsia membaca artikel disini.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+