4 Tahun Rilis, Game Gacha Fate/Grand Order Raih Total Keuntungan Sebesar 42 Trilliun Rupiah

in , ,

Sony pun sepertinya ikut senang ?

Kepopuleran game mobile percaya tidak percaya telah menjadi satu fenomena yang berhasil menggegerkan dunia industri game saat ini. Bila di Indonesia pengaruh game mobile lebih banyak didominasi oleh genre MOBA dan Battle Royale yang telah semakin lama menghangat, maka perhatian sebagian besar dunia akan game mobile justru malah lebih tertuju pada satu fitur yang memungkinkanmu untuk “berjudi” demi mendapatkan sebuah item atau hero karakter terlangka di dalam game.

Gacha, sebagai fitur “perjudian” yang dimaksud seakan punya efek yang sangat begitu signifikan untuk menggenjot jumlah pendapatan yang ingin diraih developer dalam menawarkan hal tersebut. Dengan mengambil game Fate/Grand Order sebagai satu contoh besarnya, coba kalian tebak berapakah total laba yang berhasil Aniplex dan Delightworks peroleh selama mereka merilis game free to play RPG mobile mengkoleksi waifu itu di bulan Agustus tahun 2015 silam ?

Dilansir melalui data yang dihimpun oleh Sensor Tower, game yang  awalnya berasal dari franchise visual novel Fate/Stay Night tersebut telah menjadi game yang sangat laris manis berkat keberadaan layanan yang mampu memberi Delightworks banyak pundi-pundi uang secara total sebesar $3 Milyar atau setara 42,6 Trilliun Rupiah. Menariknya, 82% dari jumlah yang cukup fantastis itu (atau setara $ 2,46 Milyar) berasal dari para pemain-pemain FGO di Jepang, lalu disusul dengan keganasan para pemain di negeri Cina dan Amerika serikat dengan presentase 12% ($360 juta) dan 3% ($90 juta).

Sementara 3% sisanya nampak lebih tersebar di berbagai penjuru pasar game mobile lain di kawasan benua Asia (termasuk mungkin di Indonesia). Apa yang telah berhasil dicapai Aniplex selaku publisher game ini secara otomatis juga telah prestasi tambahan yang positif untuk pihak Sony. Meski dalam bidang industri game, Sony lebih banyak dikenal dalam memproduksi konsol Playstation berserta dengan deretan game-game eksklusif di sana, Aniplex sendiri pada dasarnya adalah salah satu anak perusahaan yang dimiliki oleh Sony Music Entertainment Japan.

Hal itu jelas telah membuat Sony sebagai perusahaan multinasional raksasa juga merasa ikut diuntungkan dengan hasil pencapaian game FGO yang telah sukses mengubah sebagian besar lanskap industri game di ranah mobile. Bagaimanakah dengan kalian sendiri ? Apakah kamu mungkin juga ikut senang dan semakin merasa bangga untuk bisa selalu mengabdikan diri sebagai seorang budak Gacha di game ini ?

Sumber: Sensor Tower


Baca pula informasi lain terkait game FGO, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]