4 Turnamen Esports Besar Berdasarkan Total Jam yang telah Ditonton di Wilayah Barat


Follow Us

Kita tengah berada di bulan yang akan menutup tahun 2018 ini. Banyak hal yang terjadi sepanjang tahun 2018, khususnya di industri game maupun esports. Namun kali ini kita akan membahas sedikit tentang esports khususnya terkait turnamen-turnamen besar serta total penonton yang ikut meramaikan beberapa acara besar tersebut.

Nulis artikel dibayar

Seperti yang telah kita ketahui, beberapa judul game telah memiliki komunitas serta tingkat kompetisi yang besar.  League of Legends, Dota 2, Overwatch hingga Counter Strike: Global Offensive merupakan empat judul game yang memiliki tingkat kompetisi serta komunitas yang besar di barat bahkan di seluruh penjuru dunia. Tak heran jika total waktu yang mereka habiskan untuk menonton turnamen-turnamen tersebut mencapai jutaan jam bahkan jika ditotal secara keseluruhan mencapai angka hampir 200 juta jam dari empat judul game yang sempat disebutkan sebelumnya.

Data yang kita sajikan berasal dari riset salah satu platform yang memang melakukan riset di bidangnya, yaitu Newzoo. Dari data-data tersebut disajikkan empat judul game lengkap dengan jumlah penonton dari dua platform media streaming populer di wilayah barat, YouTube dan Twitch.

BACA JUGA  Vale diperkuat lagi? Ini Penampakan Rework Skill Terbaru Vale



Mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

Overwath – Overwatch League Finals

Tidak seperti di Indonesia, Overwatch memang salah satu game yang cukup populer di wilayah barat. Namu di puncak turnamen Overwatch League Finals tahun ini hanya mencapai total 5,6 juta jam saja ditotal dari dua platform YouTube dan Twitch. Meskipun begitu, hingga saat ini Overwatch masih menjadi salah satu game yang banyak dimainkan bukan hanya di wilayah barat saja, di Korea juga menjadi salah satu game wajib di setiap Internet Cafe.

Dota 2 – The International 2018

Berbicara tentang Dota 2 memang tengah hangat belakangan ini dengan hadirnya isu-isu yang kurang enak. Namun terlepas dari itu semua di pertengahan tahun 2018 tepatnya saat The International 2018 menjadi puncaknya hype dari kompetisi berskala internasional dengan total hadiah mencapai 25 juta dollar lebih. Meskipun banyak, namun total jam yang telah ditonton sepanjang The International 2018 ini hanya mencapai angka 49,3 juta jam. Setidaknya perolehan tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 43.9 juta jam.

BACA JUGA  Haus Kemenangan, BOOM.ID Amankan Tiket Utama ke Bucharest Minor

Counter Strike: Global Offensive – The ELEAGUE Major: Boston

photo credit: Stephen Mann

Masih seputar game besutan dari ValveCounter Strike: Global Offensive ternyata memiliki penggemar lebih banyak di wilayah barat ketimbang di Asia. Berdasarkan data dan grafik diatas jumlah jam yang telah ditonton bahkan melebihi game besutan Valve yang sebelumnya dibahas, yaitu Dota 2. Total jam yang telah ditonton di turnamen The ELEAGUE Major: Boston mencapai angka 54,1 juta jam dan cenderung naik cukup drastis dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 42,7 jam saja.

BACA JUGA  6 Hero - Hero Tersusah Mobile Legend Selain Fanny

League of Legends – League of Legends World Champioship

Berbeda dari jumlah jam yang telah ditonton tiga game sebelumnya, League of Legens World Championship tahun ini cenderung turun. Turunnya sendiri entah karena SKT dengan sang pemain sejuta fans “Faker” tak ikut serta di The Worlds tahun ini atau ada faktor lainnya yang mempengaruhi. Padahal konser K/DA cukup menarik ditengah panasnya kompetisi di babak grand final. Namun secara keseluruhan total jam yang telah ditonton mencapai angka 81.1 juta jam ini masih terbesar dari tiga game yang sebelumnya telah dibahas.


Demikian pembahasan mengenai total jam yang telah ditonton sepanjang gelaran turnamen esports besar di tahu 2018 ini. Total secara keseluruhan mencapai 190.1 juta jam yang telah ditonton oleh seluruh penggemar di wilayah barat, naik 6,9 % dari tahun sebelumnya.

 


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+